Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makanan Sehat Bisa Enak Juga, Lho! Ini Dia 5 Makanan Enak yang Baik Untuk Kesehatan Jantungmu

Yuk, mulai rutin konsumsi makanan sehat untuk jantung di bawah ini! ;)

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Banyak hal yang menjadi pemicu penyakit mematikan satu ini, salah satunya adalah pola hidup yang tidak baik, seperti merokok, makan makanan yang tidak sehat, jarang berolahraga, dan lain-lain.

Untuk melindungi diri dari penyakit jantung, ada baiknya untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang, termasuk makan makanan sehat untuk jantung. Ini dia 5 makanan sehat untuk jantung yang juga enak untuk dimakan. Check these out!

MAKANAN UNTUK KESEHATAN JANTUNG

1. Salmon

makanan sehat untuk jantung

(Photo by: @MalidateVan via pexels.com)

Makanan sehat untuk jantung satu ini merupakan makanan yang mengandung nutrisi paling baik untuk jantungmu. Dalam makanan sehat untuk jantung yang satu ini terkandung nutrisi penting yaitu asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah sekitar jantung. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat untuk jantung satu ini juga berfungsi untuk mengurangi tekanan darah, mencegah pembekuan darah, mengurangi kadar trigliserida, dan menormalkan irama detak jantung.

Dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin, maka risiko serangan jantung dan penyakit jantung dapat diminimalisir. Kamu bisa mengolah bahan makanan satu ini menjadi sup ikan salmon, atau di-grill sebentar dengan sedikit minyak zaitun. Dijamin enak, deh! 😉

2. Brokoli

makanan sehat untuk jantung

(Photo by: @slon_dot_pics via pexels.com)

Meski sebagian orang tidak menyukai citarasa dari sayuran satu ini, namun brokoli adalah salah satu makanan sehat untuk jantung yang wajib untuk rutin kamu konsumsi. Dalam makanan sehat untuk jantung yang satu ini terkandung senyawa sulforaphane yang dapat mencegah penyumbatan dalam pembuluh arteri.

Jika penyumbatan seperti itu dibiarkan, maka akan mengakibatkan penyakit stroke, bahkan serangan jantung yang berujung kematian. Untuk mencegah hal tersebut, mulailah untuk rutin mengonsumsi makanan sehat untuk jantung seperti brokoli. Kamu bisa menumisnya bersama daging rendah lemak, atau mengukusnya dan dijadikan sebagai pendamping makan salmon. 😉

3. Oatmeal

makanan sehat untuk jantung

(Photo by: @KeeganEvans via pexels.com)

Oatmeal memang sudah terkenal sebagai makanan sehat untuk jantung yang sebaiknya rutin dikonsumsi. Makanan sehat untuk jantung yang satu ini mampu menyerap kolesterol dalam darah yang dapat menimbulkan plak di pembuluh arteri.

Ini dikarenakan adanya kandungan beta-glukan pada oatmeal yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, ada pula senyawa anti-oksidan dan anti-radang pada makanan sehat untuk jantung satu ini yang mampu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan terhindar dari plak.

Meskipun oatmeal adalah makanan sehat untuk jantung dan kedengarannya membosankan, tapi kamu bisa membuatnya menjadi enak, lho. Kamu bisa berkreasi dengan toppingnya, seperti menambahkan buah-buahan, biji-bijian, dan madu.

Kalau bosan dengan yang manis-manis, kamu bisa membuat makanan sehat untuk jantung satu ini menjadi mirip bubur, lho, yaitu ditambah ayam atau daging kukus. Be creative aja! 😉

4. Alpukat

makanan sehat untuk jantung

(Photo by: @ValeriaBoltneva via pexels.com)

Alpukat merupakan makanan sehat untuk jantung lainnya yang enak dan bisa kamu andalkan. Sebab, buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan jantungmu.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat untuk jantung satu ini di antaranya adalah asam lemak tak jenuh, polifenol, karotenoid, vitamin E, pitosterol, lipofilik, serta squalene yang baik untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, makanan sehat untuk jantung satu ini juga mengandung senyawa penting bernama acetogenin yang berguna untuk menghambat penggumpalan keping darah.

Maka, mulai sekarang cobalah untuk rutin mengonsumsi buah alpukat untuk menjaga kesehatan jantungmu. Kamu bisa mengolah buah satu ini menjadi berbagai olahan yang enak dan nggak membosankan, lho, seperti dijadikan isian sandwich atau sushi, dijadikan salad, atau kalau mau yang klasik, tinggal dibuat jadi jus aja! 😀

5. Tahu

makanan sehat untuk jantung

(Photo by: @Yoav Aziz via unsplash.com)

Tahu? Iya, tahu. Jangan underestimate dulu, ya, mendengar makanan yang satu ini. Sebab, tahu juga ternyata masuk ke dalam daftar makan sehat untuk jantung, lho.

Selain murah dan mudah ditemukan, makanan sehat untuk jantung satu ini juga kaya akan nutrisi. Tahu mengandung protein tinggi, mineral dan serat, serta lemak tak jenuh yang sangat baik untuk jantung.

Membuat menu makanan sehat untuk jantung dari bahan satu ini juga termasuk gampang dan bisa dibuat menjadi banyak varian, lho. Misalnya, kamu bisa mengolah tahu menjadi aneka tumisan bersama sayur, atau menjadikannya topping pada sup miso.

CARA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Pernah dengar kata pepatah yang berbunyi “lebih baik mencegah daripada mengobati”, kan? Nah, oleh karena itu, ada baiknya kamu mengikuti tips-tips berikut ini agar terhindar dari penyakit jantung.

Berolahraga

Olahraga teratur sangat baik untuk kesehatan jantungmu, karena dapat membantu melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dan lain-lain. Dengan rutin berolahraga, maka jantungmu akan tetap sehat dan dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Hindari Stress

Stress berlebih memang tidak baik dan bisa mempengaruhi kesehatanmu, termasuk kesehatan jantung. Belum lagi, jika pelarian stress-mu adalah banyak makan makanan yang tidak sehat. Waduh, bahaya banget! Untuk itu, cobalah belajar mengelola stress dan melakukan hobby yang bisa bikin pikiranmu rileks dan bahagia.

Hindari Rokok

Di bungkusnya saja sudah ada peringatan bahwa merokok bisa menyebabkan penyakit jantung. Maka, merokok memang sudah seharusnya dihindari agar jantungmu senantiasa sehat.

Ini karena kandungan nikotin dan tembakau yang ada pada rokok dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi sempit, yang berujung pada kerusakan jantung. So, berhentilah merokok agar terhindar dari risiko penyakit jantung, ya.

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan juga sangat penting untuk menjaga jantungmu tetap sehat, lho. Ini bertujuan agar jantungmu tidak bekerja terlalu keras hingga kamu berisiko terkena darah tinggi. Sebab, orang dengan berat badan berlebih cenderung memerlukan darah lebih banyak, sehingga jantung harus bekerja keras agar bisa memompa darah yang lebih banyak ke seluruh tubuh.

Makan Makanan Sehat

Selain mengetahui berbagai makanan sehat untuk jantung, ada baiknya juga kamu mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya kamu hindari untuk menjaga jantungmu tetap sehat. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti produk daging olahan, mentega dan margarin, makanan yang mengandung minyak kelapa, kue, serta biskuit.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan jantung yang harus dijaga dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk jantung, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, lho. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like