Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Saksikan Pesona Keindahan 5 Kuil Terindah di Indonesia

Manjakan mata kamu dengan mengunjungi 5 kuil terindah di Indonesia ini!

Kuil terindah di Indonesia berikut ini menunjukkan bahwa keberagaman agama, budaya, dan arsitektur di Indonesia turut mewarnai kebhinekaan Indonesia. Seperti yang mungkin kamu ketahui kuil merupakan salah satu tempat ibadah yang juga bisa dibilang umum ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Kuil umumnya digunakan sebagai tempat peribatan bagi penganut agama buddha, konghucu, dan tao atau dikenal juga dengan kuil tridarma atau tiga agama. Beberapa kuil di Indonesia pun merupakan tempat peribadatan para penganut agama Hindu.

Keberagaman kepercayaan di Indonesia menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh negara kita. Kuil terindah di Indonesia ini pun bahkan tak hanya dikenal di Indonesia tapi juga dikenal di tengah masuarakat internasional. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia salah satunya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata religinya. Penasaran apa sajakah kuil terindah di Indonesia tersebut? Berikut adalah 5 kuil terindah di Indonesia versi Bob!

@Wira Rental Mobil Bali

1. Kuil Terindah di Indonesia: Candi Singosari

Kuil terindah di Indonesia yang pertama adalah Candi Singosari yang terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Candi yang megah ini terlihat cantik dan menyatu dengan alam karena berada pada lembah di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna pada ketinggian 512 mdpl. Kuil terindah di Indonesia ini merupakan salah satu candi tertinggi pada masanya dan memiliki luas 200 meter x 400 meter.

Pada bagian tengah halaman kuil terindah di Indonesia inilah candi berdiri di atas batur kaki setinggi 1,5 meter. Tak seperti candi-candi lain di Indonesia, candi yang satu ini tak memiliki hiasan atau relief pada kaki candi. Memasuki tangga naik keselasar, kaki candi ini tidak diapit oleh pipi tangga dengan hiasan makara seperti yang candi pada umumnya di Indonesia. Hal inilah yang membuat kuil terindah di Indonesia ini terlihat istimewa.


Baca Juga: Sejarah Imlek Sejak Dahulu Yang Belum Kamu Tahu


2. Kuil Terindah di Indonesia: Kelenteng Sam Poo Kong

Kuil terindah di Indonesia berikutnya adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Seperti yang Bob jelaskan di atas kuil pun merupakan salah satu tempat ibadah para pengantut agama konghucu. Di Kota Semarang terdapat salah satu kuil terindah di Indonesia yang kaya akan budaya dan memiliki arsitektur yang sangat cantik. Destinasi wisata religi ini dibangun salah satunya untuk mengenang salah satu figur terkenal bernama Laksamana Cheng Ho.

Laksamana Cheng Ho pada zaman dahulu sempat berlabuh di bagian utara Jawa. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata religi ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada sore hari. Kuil terindah di Indonesia ini berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang ini adalah pada sore hari.

Di kuil terindah di Indonesia ini kamu bisa mengunjungi total empat kelenteng di Sam Poo Kong dan kelenteng yang paling besar di sana adalah Kelenteng Sam Poo Tay Djien. Kelenteng paling besar ini juga dikenal dengan nama Kelenteng Sam Poo Kong.

@TravelsPromo

3. Kuil Terindah di Indonesia: Pura Besakih

Kuil terindah di Indonesia Berdiri selanjutnya berada di kawasan Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dipenuhi dengan kuil. Kuil ini adalah tempat peribadatan para penganut agama Hindu di Bali. Kuil ini berdiri dengan sangat megah di lereng barat Gunung Agung. Selain Pura Besakih, nama lain dari kuil ini adalah Kuil Ibu Bali Hindu atau Kuil Besakih.

Kuil ini banyak menarik perhatian wisatawan karena menawarkan pemandangan pegunungan yang menakjubkan yang mengelilingi komplek kuil yang indah ini. Kompleks kuil agung ini telah lama di puja sebagai tempat suci sejak zaman kuno yaitu sejak tahun 1007 AD berdasarkan catatan prasasti yang ada. Selain itu sejak abad ke-15, Pura Besakih dianggap sebagai candi sentral Hindu di Bali. Letaknya yang menghadap langsung ke laut membuat kuil ini tampak memukau.

4. Kuil Terindah di Indonesia: Candi Prambanan

Kuil terindah di Indonesia yang satu ini tentunya sudah familiar di telinga kamu. Candi Prambanan atau juga dikenal dengan nama lain Candi Roro Jongrang adalah candi hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 masehi dan berlokasi di Kecamatan Prambanan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Prambanan ini dinobatkan sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Candi Prambanan kamu bisa mengamati arsitektur candi ini secara detail dengan berjalan kaki mengelilingi candi.

Komplek candi ini sangat luas dengan luas 39,8 hektar dan halaman utama Candi Prambanan ini terdiri tiga candi utama dan tiga candi pendamping, dua kuil apit dan delapan kuil Patok yang dikelilingi oleh pagar. Selain itu saat kamu memasuki halaman kedua kamu bisa menyaksikan sekitar 224 candi Pewarna lainnya. Berkeliling disekitar Candi Prambanan di sini serasa memasuki lorong waktu ke masa lampau!

Kuil Terindah di Indonesia
Candi Borobudur – Steffen B / Unsplash

5. Kuil Terindah di Indonesia: Candi Borobudur

Siapa sih yang tak kenal dengan kuil terindah di Indonesia yang satu ini? Candi Borobudur merupakan salah satu kuil dan candi terbesar dan termegah di dunia sehingga tak heran jika sempat dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Di Dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur ini berdiri di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan berdiri anggun di atas bukit yang menghadap ke hutan hijau dan bukit-bukit indah di kejauhan.


Baca Juga: Berani Tahan? Yuk Coba Cicipi 5 Makanan Pedas Khas Tionghoa Ini!


Candi Borobudur ini di bangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra dan memiliki gaya arsitektur Gupta sehingga bisa dibilang jika candi ini memiliki pengaruh dari India. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu dari lima kuil indah di Indonesia ini?

Liburan Aman dan Nyaman dengan Bobobox

Ngomong-ngomong soal wisata di era kenormalan baru atau new normal, kamu tentu harus menyiapkan penginapan yang aman juga kan? Tidak usah bingung-bingung. Ke Bobobox yuk! Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox agar pengunjung tetap aman dan nyaman.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tamu lain, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu.

Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi. Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like