Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Jamu Paling Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuhmu!

Jaga daya tahan tubuh kamu dengan mengonsumsi jamu paling sehat berikut ini!

Jamu paling sehat berikut ini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik terhadap kesehatan terutama untuk menjaga imunitas tubuh. Jamu adalah minuman herbal khas Indonesia yang diramu sedemikian rupa dengan memanfaatkan berbagai macam tanaman herbal dan rempah pilihan. Indonesia memang kaya akan beragam jenis tanaman herbal dan juga rempah-rempah yang tak hanya bermafaat untuk digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga sebagai minuman kesehatan.

Jamu sudah banyak digunakan oleh leluhur kita sebagai solusi untuk meredakan dan juga mencegah timbulnya bebagai penyakit. Jamu paling sehat yang akan Bob bahas pada kesempatan kali ini pun tidak kalah manfaatnya dengan obat-obatan di apotek, lho. Kamu tak perlu ragu dan takut untuk mengonsumsi jamu paling sehat beriku ini karena Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun mendukung masyarakat untuk mengonsumsi jamu.

Selain memberikan dampak positif terhadap kesehatan, mengonsumsi jamu pun merupakan sebuah upaya melestarikan budaya dan warisan bangsa dari para leluhur kita. Selain menggunakan tanaman herbal dan rempah-rempah, beberapa jamu tradisional pun kerap kali memanfaatkan beberapa bahan yang berasal dari hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 60% penduduk Indonesia yang berumur lebih dari 15 tahun pernah minum jamu. Dari data tersebut didapatkan sekitar 95% dari mereka yang minum jamu telah merasakan manfaatnya. Data tersebut mengindikasikan bahwa jamu sejak dahulu kala hingga saat ini masih menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia. Lalu seperti apakah jamu yang paling sehat yang bisa kamu coba diantaranya? Yuk, simak!.

5 Jamu Paling Sehat

1. Jamu Paling Sehat: Kunyit Asam

Jamu paling sehat yang pertama akan Bob bahas dikenal sebagai jamu yang kerap kali dikonsumsi oleh para wanita. Jamu kunyit asam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya adalah dengan membantu melancarkan siklus menstruasi. Setiap bulan beberapa wanita sering kali merasa nyeri dan keram yang muncul selama menstruasi dan jamu kunyit asam ini mampu meredakannya.

Tak hanya itu, kandungan jamu paling sehat ini juga berguna untuk membakar lemak dan mempercepat proses pencernaan yang cocok untuk dikonsumsi jika kamu sedang dalam program diet. jamu paling sehat ini pun memiliki kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang baik bagi kesehatan kulit sehingga dapat membuat kulit kamu lebih sehat, bersih dan cerah.

2. Jamu Paling Sehat: Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan yang sering kali dugunakan dalm proses pembuatan jamu paling sehat. Jamu yang terbuat dari bahan dasar jahe dikenal memiliki aroma yang harum dan segar baunya sehingga diyakini mampu mencegah mual bagi ibu hamil (morning sickness). Selain itu, mengonsusmi jamu jahe dipercaya dapat mengatasi radang sendi, nyeri menstruasi, serta mual dan muntah setelah operasi.

3. Jamu Paling Sehat: Beras Kencur

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama jamu paling sehat berikut ini. Jamu beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang banyak diminati masyarakat Indonesia baik dewasa maupun anak-anak. jame beras kencur faktanya mengandung banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Jamu beras kencur ini terbuat dari ekstrak kencur, beras, asam jawa, gula kelapa dan ekstrak jahe.

Banyak orangtua yang sering kali membuat jamu paling sehat ini untuk anak-anak karena jamu ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi masuk angin serta flu. Selain itu jamu beras kencur ini pun dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual.

Kandungan antioksidan dalam jamu paling sehat ini juga berguna untuk meredakan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Rasanya yang manis dan segar pasti akan membuat anak-anak maupun orang dewasa semangat meminum jamu paling sehat ini. Bob jamin tubuh kamu akan kembali bugar terutama ketika diminum saat merasa lelah!

Temulawak

4. Jamu Paling Sehat: Temulawak

Jamu paling sehat berikutnya adalah jamu yang terbuat dari bahan temulawak. Temulawak merupakan salah satu bahan rempah-repah yang cukup populer di Indonesia yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. Jamu paling sehat ini memiliki beragam manfaat yang sudah banyak dirasakan oleh lelhur kita sejak dahulu kala sebagai obat tradisional khas Indonesia.

Jamu temulawak ini sama halnya dengan jamu beras kencur memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan. Selain itu jamu paling sehat ini mampu mengobati gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angin. Jika dikonsumsi secara rutin jamu temulawak dapat membantu pengobatan kanker, memengaruhi metabolism lemak, dan mengatasi radang sendi.

5. Jamu Paling Sehat: Brotowali

Jamu brotowali adalah jamu yang diramu dari tanaman obat tradisional dan sudah dimanfaatkan selama bertahun-tahun oleh banyak masyarakat Indonesia. Jamu ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit salah satunya diantaranya adalah diabetes. Selain itu jamu brotowali ini baik untuk dikonsumsi orang-rorang yang memiliki gangguan hipertensi, mengobati penyakit kulit, dan melawan alergi.

6. Jamu Cabe Puyang

Jamu cabe puyang dikenal oleh masayarakat Indonesia sebagai jamu pegal linu ini. Hal ini dikarenakan salah satu khasiat utama jamu cabe puyang ini adalah dapat menghilangkan pegal-pegal yang timbul karena lelah maupun sakit pinggang. Selain itu jamu cabe puyang pun bermanfaat untuk menghilangkan kesemutan. Jamu paling sehat ini terbuat dari campuran cabe, puyang, dan ditambahkan rempah juga bahan lainnya.

7. Jamu Uyup-uyup

Jamu uyup uyup merupakan salah satu jamu yang melegenda karena sudah sangat dikenal oleh masyarakat pedesaan dan digunakan secara turun temurun. Banyak masayarakat Indonesia terutama wanita mengonsumsu amu uyup-uyup ini secara rutin trutama paska melahirkan karena memiliki khasiat melancarkan produksi ASI. Jamu uyup uyup ini serig kali disebut dengan nama lain gepyokan yang terbuat dari empon-emponan atau akar akaran.

Beberapa rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan jamu uyup-uyup ini diantaranya adalah kencur, jahe, lengkuas, daun katuk, cabe puyang, temugiring, bangle dan juga kunyit. Masing-masing rempah yang digunakan dalam jamu ini memiliki kegunaan yang berbeda- beda untuk tubuh.

8. Jamu Pahitan

Jamu terakhir ini bernama jamu pahitan karena memiliki citarasa pahit yang khas. namun dibalik rasa pahitnya, jamu ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kamu, lho. Jamu pahitan ini terbuat dari tanaman sambiloto yang membuat jamu ini terasa sangat pahit. Jamu ini memiliki kandungan yang bermanfaat sangat baik untuk kulit karena dapat menjaga kebersihan dan kecantikan kulit wajah kamu dengan cara membersihkan darah kotor di dalam tubuh.

Redakan Stress dengan Menginap di Bobobox

Jangan biarkan stress menjadi pemicu timbulnya gejala penyakit! Berlibur atau staycation bisa bantu kamu untuk mengurangi stress. Lepaskan tekanan batin dalam dirimu dengan menginap di Bobobox. Bobobox memberikan kenyamanan dengan fasilitasnya yang lengkap. Pesan pods -nya sekarang di aplikasi bobobox atau klik di sini. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

You might also like