Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Ide Kreatif Membuat Aquascape yang Menakjubkan

Berikan sentuhan kesegaran di rumahmu!

Dalam masa pandemi COVID-19 ini banyak orang mencari atau melakukan hobinya untuk mengisi waktu luang sembari bekerja dari rumah. Salah satu hobi yang cukup populer di masa ini adalah membuat aquascapeAquascape atau dalam bentuk kata kerjanya aquascaping adalah kegiatan menyusun berbagai macam elemen natural dalam aquarium agar menghasilkan suatu pemandangan bawah air yang indah. Bahan-bahan yang biasa digunakan dalam aquascaping sendiri meliputi tanaman air, lumut, ranting atau dahan pohon, bebatuan, hingga berbagai macam bahan-bahan organik dan media tanam.

Kegiatan aquascaping sendiri membutuhkan tingkat ketekunan, presisi, dan kesabaran yang tinggi agar dapat menghasilkan sebuah karya yang indah. Buat kamu yang mau mencoba aquascaping atau para hobbyist aquascape, Bob sudah persiapkan rangkuman beberapa ide kreatif membuat aquascape cantik yang dapat menjadi referensi proyek aquascaping-mu berikutnya!

Iwagumi style

Gaya aquascaping yang pertama adalah Iwagumi style. Gaya ini dapat menjadi salah satu referensi ide kreatif membuat aquascape cantik untuk memberikan sentuhan kesegaran di rumahmu! Iwagumi style dikembangkan oleh Takashi Amano, seorang tokoh besar dalam dunia aquascaping. Iwagumi style memiliki ciri khas berupa jajaran objek asimetris yang disusun berdasarkan Golden Ratio atau Rule of Thirds layaknya digunakan dalam fotografi. Objek utama tersebut harus berjumlah ganjil guna mencegah tampilan aquascape menjadi simetris.

Pada umumnya, bebatuan digunakan sebagai objek utama dalam gaya aquascaping ini. Kita juga harus memperhatikan ukuran serta letak dari bebatuan tersebut. Biasanya, Iwagumi style aquascape menggunakan setidaknya tiga batu. Batu yang pertama adalah Father stone atau batu utama yang berukura paling besar bila dibandingan dengan batu lainnya. Kemudian batu tersebut akan ditemani dengan jajaran batu sekunder. Seperti yang telah disinggung di atas, jumlah batu yang digunakan sendiri sebenarnya tidak ada batasan, asalkan tetap berjumlah ganjil.

Iwagumi Style via totalupdate.blogspot.com

Pemilihan jenis ikan juga sangatlah penting dalam aquascaping. Dalam Iwagumi style disarankan untuk memilih ikan dengan ukuran kecil seperti Neon Tetra, agar memberikan impresi ruang yang luas.

Tidak hanya itu, Iwagumi style juga cenderung membawa unsur minimalis, di mana jumlah dan jenis tanaman yang digunakan relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan gaya lainnya. Kamu dapat membuat aquascape menyerupai hamparan padang rumput berbatu yang hijau, taman modern minimalis, dan berbagai desain minimalis lainnya yang pasti dapat menjadi referensi Ide kreatif membuat aquascape cantik untukmu!

Dutch style

Referensi ide kreatif membuat aquascape cantik berikutnya datang dari negeri kincir angin, Belanda. Dutch style dalam aquascaping mengedepankan penggunaan variasi tanaman air dengan bentuk dan warna daun yang beragam. Tanaman-tanaman tersebut kemudian disusun secara berlapis yang dikenal sebagai Dutch streets. Dalam aquascape Dutch style umumnya digunakan tanaman pengalas atau karpet pada bagian dasar aquarium. Tanaman atau karpet tersebut kemudian menjadi alas dari tumbuhnya tanaman-tanaman yang berukuran lebih besar di sisi paling belakang aquarium dan menurun secara bertahap hingga tanaman yang paling kecil di posisi paling depan.

Dutch Style via aquascapeindo.com

Aquascape yang mengusung Dutch style juga pada umumnya tidak menggunakan objek-objek rigid mencolok atau yang dikenal dengan hardscape seperti batu atau kayu. Hal tersebut dikarenakan gaya aquascaping ini lebih mengedepankan vegetasi tanaman air yang bervariasi.

Nature aquarium

Gaya aquascaping Nature aquarium merupakan salah satu gaya yang banyak digandrungi para hobbyist aquascape hingga orang awam sekalipun. Seperti pada namanya, gaya aquascape Nature aquarium mengangkat pemandangan-pemandangan alam yang indah yang dapat kamu temui di dunia nyata seperti perbukitan, pegunungan, dataran tinggi dan lain sebagainya. Gaya ini menuntut tingkat kreatifitas yang cukup tinggi karena kamu harus memadukan berbagai elemen dalam aquascape mu agar dapat tercipta pemandangan yang indah dan terkesan alami.

Nature Aquarium via aquascapinglove.com

Jungle style

Seperti pada namanya, gaya aquascape Jungle style akan merekonstruksi pemandangan hutan belantara yang asri nan indah. Gaya ini umunya dibuat pada aquarium dengan ukuran yang cukup besar, agar memberikan impresi yang megah, dan natural tanpa mengurangi esensi dari keindahan hutan itu sendiri. Referensi dari gaya aquascaping Jungle sendiri pada umumnya diambil dari hutan yang sebenarnya seperti hutan Amazon, atau juga jenis hutan seperti hutan hujan tropis.

Jungle Style via aquadesigntp.com

Biotope

Inspirasi aquascape berikutnya merupakan gaya yang cukup unik. Secara garis besar, gaya Biotope dapat diumpamakan sebagai cuplikan habitat ekosistem perairan yang kita angkat dan kita bawa ke rumah. Tujuan dari gya aquascape Biotope adalah mereplikasi ekosistem perairan asli yang dapat kamu temukan di alam. Maka dari itu, tidak jarang ditemukan aquascape Biotope yang terkesan kurang rapi. Untuk membuat aquascape Biotope diperlukan ketelitian yang ekstra dalam mengamati tiap unsur yang ada di dalamnya. Tetapi di sisi lain perawatan dan proses pembuatannya juga dapat menjadi relatif lebih mudah. Kamu dapat menambahkan berbagai tanaman-tanaman dan ikan yang memang sebenarnya hidup berdampingan di alam liar.

Aquascape Biotope via aquascapeideas.blogspot.com

Rasakan kesegaran dan ketenangan beristirahat di Bobobox!

Bobobox menghadirkan hotel kapsul futuristik layaknya hotel-hotel kapsul di Jepang. Bobobox adalah pilihan penginapan yang sangat cocok buat kamu para milennial travellers! Lokasi Bobobox yang prima juga sangat mempermudah mobilitasmu untuk mencapai berbagai destinasi tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Selain itu kamu bisa staycation sambil bersantai dan berfoto di setiap sudut Bobobox yang instagrammable. Apalagi di pod-nya, dengan warna lampu yang bisa diatur sesuai dengan mood kamu, dijamin foto-foto yang kamu ambil bakal instagrammable banget. Istirahat kamu juga akan sangat nyaman dan makin adem dengan fitur suara-suara alam yang dapat kamu dengarkan dari B-Pad di pod-mu!

hotel kapsul untuk keluarga

Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Kamu pasti mendapatkan kesempatan istirahat yang berkualitas tanpa gangguan karena Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan, keamanan dan didukung dengan integrasi dengan sistem berteknologi tinggi. Kamu bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker, mengubah warna lampu pod-mu sesuai mood, bahkan streaming film tanpa gangguan dengan koneksi internet super cepat!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk pesan pod kamu sekarang!

You might also like