dampak mengonsumsi garam berlebihan

Hati-Hati, Ini 7 Dampak Mengkonsumsi Garam Berlebihan!

Dampak mengkonsumsi garam berlebihan berikut ini seringkali disepelekan banyak orang. Garam memang merupakan salah satu bumbu masak yang sangat sering digunakan dalam masakan termasuk dalam ragam kuliner khas Indonesia. Masakan rasanya tidak lengkap tanpa penggunaan garam. Apakah konsumsi garam itu berbahaya? Tentu saja konsumsi garam tidaklah berbahaya jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup.

Faktanya garam mengandung sodium dan juga klorida yang memiliki peranan penting bagi kesehatan manusia. Natrium dapat menjaga fungsi tubuh dan keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu kerja saraf dan otot, dan mengendalikan tekanan dan volume darah. Di sisi lain klorida memiliki kemampuan embantu tubuh dalam mencerna setiap makanan yang dikonsumsi. Namun hal ini bukan menjadi landasan bahwa konsumsi garam yang banyak berdampak pada peningkatan kondisi kesehatan.

Sebaliknya terdapat dampak negatif dari makan garam berlebihan terhadap kesehatan jika kamu tak mengatur jumlah asupan hariannya. Lalu sebenarnya apa alasan garam disukai oleh banyak orang? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebenarnya otak merespon zat sodium dalam garam sama seperti zat nikotin. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa sulit untuk berhenti menikmati makanan yang asin atau gurih karena dapat menimbulkan efek kecanduan.


Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!


Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk mulai membatasi konsumsi garam per harinya dan mengendalikan rasa candu kamu terhadap makanan dan camilan asin. Di balik manfaatnya yang baik untuk kesehatan, garam juga bisa menjadi hal buruk bagi kesehatan kamu jika dikonsumsi berlebihan. Berikut ini adalah 5 dampak mengkonsumsi garam berlebihan terhadap kesehatan.

ilustrasi jantung

Sumber: sergey_kandakov via freepik

Dampak Konsumsi Garam Berlebih bagi Kesehatan

1. Risiko Penyakit Jantung

Dampak mengkonsumsi garam berlebihan yang pertama adalah meningkatkan risiko penyakit jantung. Seperti yang kamu tahu salah satu penyebab timbulnya serangan jantung sangat erat kaitannya dengan kondisi tekanan darah. Saat seseorang mengkonsumsi garam secara belebihan maka hal ini akan meningkatkan tekanan darah orang tersebut terutama mereka yang memiliki kondisi kesehatan hipertensi.

Fakta lainnya adalah bagi sebagian orang kosumsi sodium dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan penahanan cairan (edema) dan peningkatan tekanan darah yang cepat. Kondisi ini merupakan tanda bahwa ia memiliki sensitiivitas yang tinggi saat mengkonsumsi garam. Jika kebiasaan mengkonsumsi garam secara berlebih ini dibiarkan begitu saja maka hal ini akan meningkatkan risiko terkena stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.


Baca Juga: Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu


Ketiga penyakit berat tersebut merupakan beberapa contoh dampak mengkonsumsi garam berlebihan. Serangan jantung dapat terjadi setelah mengkonsumsi garam tinggi diakibatkan karena setiap kali tekanan darah naik maka jantung harus bekerja lebih keras. Peningkatan kerja jantung ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan otot jantung itu sendiri.

2. Dehidrasi

Salah satu gejala dari mengonsumsi garam secara berlebihan adalah dehidrasi. Kandungan natrium pada garam memiliki sifat menyerap cairan yang sangat kuat. Ketika di dalam tubuh terdapat banyak natrium, tubuh akan bekerja keras untuk memproduksi banyak cairan agar tubuh tetap normal.

Karena terlalu banyak mengeluarkan cairan, kamu akan mengalami dehidrasi yang dapat mengakibatkan kamu lemas dan tidak dapat beraktivitas.

3. Demensia Vaskular

Dampak mengkonsumsi garam berlebihan selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit bernama demensia vaskular. Seperti yang mungkin kamu ketahui demensia merupakan kondisi terjadinya penuruan fungsi otak yang memengaruhi ingatan, pemikiran, bahasa, penilaian, dan juga perilaku. Dampak mengkonsumsi garam berlebihan berupa demensia vaskular ini terjadi karena adanya pembuluh darah di otak tersumbat.

seseorang olahraga di treadmill

Sumber: KamranAydinov via freepik

4. Massa Tulang Menipis

Dampak mengkonsumsi garam berlebihan berikutnya adalah kondisi massa tulang yang mengalami penipisan. penipisan pada massa otot ini terjadi karena tingginya kadar kalsium yang diekskresikan dalam urine. Selain itu, beberapa studi juga sudah menemukan bahwa garam dapur faktanya dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium. Dampak mengkonsumsi garam berlebihan ini kemudian membuat tulang menjadi semakin lemah dan dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

5. Fungsi Ginjal Terganggu

Konsumsi garam yang berlebih dapat mengganggu fungsi ginjal dan membuatnya rentan terhadap berbagai jenis macam penyakit. Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh dalam keadaan baik. Di sisi lain garam juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi garam maka garam dapat memberikan isyarat kepada ginjal kapan harus menahan air dan kapan harus membuang air.

Hal ini tak menjadi masalah sampai pada suatu saat kamu mengkonsumsi garam secara berlebihan. Dampak mengkonsumsi garam berlebihan ini kemudian dapat mengganggu fungsi tersebut sehingga ginjal akan menyerap lebih banyak air (retensi). Kondisi inilah yang menyebabkan volume darah meningkat.
Bobocabin Bobobox

6. Kanker Perut

Dampak mengkonsumsi garam berlebihan yang terakhir adalah dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius bernama kanker perut. Mungkin dari beragam jenis kanker, kanker perut ini adalah salah satu jenis kanker yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Berdasarkan sebuah studi tahun 1996 yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology ditemukan bahwa kematian akibat kanker perut pada pria dan wanita berkaitan erat dengan konsumsi garam berlebih.

Selain kanker perut, dampak mengkonsumsi garam berlebihan juga seringkali dikaitkan dengan penyakit perut lainnya seperti sakit maag. Dikutip melalui laman livestrong.comhal ini dapat terjadi karena faktanya garam dapat memberikan efek buruk pada lapisan mukosa lambung sehingga menyebabkan jaringan lambung menjadi tidak normal dan tidak sehat.

7. Rentan Sakit Kepala

Konsumsi garam berlebihan dapat membuat kamu menjadi lebih rentan sakit kepala. Jumlah garam yang berlebihan pada tubuh dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Hal ini karena kandungan natrium pada garam menyerap banyak air dan tubuh kemudian mengeluarkan lebih banyak cairan yang berujung pada dehidrasi dan otak berkontraksi. Kondisi dehidrasi ini jika tidak segera di atas dapat membuat otak berkontraksi yang kemudian membuat kamu merasa pusing.

steak yang telah digarami

Cara Mengurangi Asupan Garam

Agar kamu bisa terhindar dari dampak mengkonsumsi garam berlebihan di atas, menjalankan gaya hidup yang sehat merupakan solusi terbaik yang bisa kamu lakukan. Tak hanya makanan, konsumsi natrium juga bisa ditemukan di beberapa jenisu minuman seperti minuman pengganti ion tubuh. Oleh karena itu sangat penting bagi kita semua untuk mulai melakukan seleksi atas pilihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan pertimbangkan juga jumlah garamnya.


Baca Juga: Tak Hanya Mengenyangkan, Ini Dia Manfaat Kentang Bagi Kesehatan


Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat melalui pengurangan konsumsi makanan maupun minuman olahan kaya natrium dapat membantu menyeimbangkan kadar mineral dalam tubuh. Jangan lupa juga iringi dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar yang cukup. Selain garam, kamu juga bisa bisa mulai beralih menggunakan pilihan bumbu dapur lain sebagai alternatif bumbu masak.

Untuk memperkaya masakan dan pengganti garam kamu bisa menambahkan rasa dengan memasukkan perasan lemon, air jeruk nipis, bawang putih yang ditumis, lada, jahe, lengkuas, atau rempah-rempah lain. Kamu juga bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi garam yang diperbolehkan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri
Foto header: Racool_studio via freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles