Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia

Dijamin bisa bikin tidurmu lebih berkualitas

Setiap orang pasti pernah mengalami fase sulit tidur. Ini merupakan kondisi di mana kamu merasa tidak mengantuk sama sekali di malam hari, sekalipun sudah beraktivitas seharian. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti adanya masalah mental, bekerja pada shift malam, atau karena usia.

Jika kamu sedang mengalami fase sulit tidur, kamu perlu berhati-hati karena bisa menyebabkan insomnia yang berkepanjangan. Namun, jangan khawatir, karena Bob punya solusinya. Yuk, simak 5 cara ampuh tidur cepat berikut ini agar kamu bisa tidur nyenyak seperti sedia kala.

Pastikan perut sudah terisi sebelum tidur

Perut yang lapar seringkali membuatmu sulit tidur. Karenanya, pastikan kamu merasa kenyang terlebih dahulu sebelum tidur. Eits, bukan berarti kamu harus makan tepat sebelum tidur, ya. Hal tersebut justru bisa meningkatkan resiko terserang penyakit dan akan sangat berbahaya bagi tubuhmu.

Idealnya, makan malam harus dilakukan maksimal tiga hingga empat jam sebelum tidur. Pastikan juga bahwa kamu menyantap makanan yang mengandung karbohidrat. Menurut penelitian, mengonsumsi karbohidrat merupakan salah satu cara ampuh tidur cepat, lho.

Sebaiknya, utamakan mengonsumsi nasi putih dibanding karbohidrat lainnya seperti roti atau kentang. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang paling mudah dicerna sehingga cocok dimakan pada saat makan malam.

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia
@pablomerchanm via Unsplash

Tak hanya makanan berkarbohidrat, susu, telur, dan keju juga bisa menjadi cara ampuh tidur cepat. Makanan tersebut mengandung triptofan yang merupakan bahan baku zat kimia otak serotonin. Serotonin ini berperan dalam mengatur suasana hati, menimbulkan rasa tenang, serta rasa kantuk.

Kamu bisa mengonsumsinya secara bersamaan untuk mendapatkan kandungan triptofan yang cukup untuk membuatmu mengantuk. Segelas susu hangat juga bisa membuat perut terasa nyaman dan kenyang, sehingga memudahkan seseorang untuk tidur nyenyak.

Mandi air hangat

Sebuah penelitian dari Texas, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa mandi air hangat dapat menstimulasi hipotalamus otak yang mengatur sistem suhu dan siklus tidur tubuh. Stimulasi tersebut membuat tubuh secara alami berusaha mendinginkan diri ketika kamu mandi air hangat.

Secara teori, air hangat yang mengenai kulit akan melebarkan pembuluh darah di area sekitar bawah kulit. Semakin banyak darah yang mengalir, akan semakin cepat panas tubuh turun. Hal ini pula yang membuat badan terasa lebih sejuk usai mandi.

Suhu tubuh yang rendah akan membuatmu ingin segera tidur. Sementara, pada kebanyakan orang yang menderita insomnia, suhu tubuhnya cenderung tinggi di malam hari sehingga kesulitan untuk tidur. Itulah sebabnya mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara ampuh tidur cepat yang patut kamu coba.

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia
@sinileunen via Unsplash

Mencoba essential oil atau aromaterapi

Essential oil atau minyak esensial tengah populer beberapa waktu belakangan ini. Tak hanya karena berbagai aromanya yang unik, essential oil juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari essential oil adalah bisa membuatmu tidur nyenyak.

Tak hanya satu, tapi setidaknya ada tiga jenis essential oil yang bisa menjadi cara ampuh tidur cepat. Salah satu jenis minyak esensial yang paling favorit untuk tidur nyenyak adalah aroma lavender. Selain itu, ada pula aroma cedarwood atau bergamot yang dipercaya dapat mengatasi sulit tidur.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Iranian Red Crescent Medical Journal pada 2015, 159 wanita yang baru melahirkan dan diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu mengalami peningkatan kualitas tidur.

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia
@cosiela via Unsplash

Aroma cedarwood dan bergamot juga memiliki efek yang serupa dengan aroma lavender. Menurut penelitian, aroma kayu cedar atau kayu dari tumbuhan runjung serta aroma jeruk bergamot atau citrus juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

Ada banyak cara untuk menggunakan essential oil. Kamu bisa mengoleskan pada leher dan pundak, kemudian memijitnya. Bisa juga diteteskan ke bantal, bahkan ke air di bak mandi. Untuk aromaterapi, kamu bisa meneteskan dan menguapkannya menggunakan diffuser.

Buat kamarmu menjadi gelap dan sejuk

Tahukah kamu bahwa tubuh manusia didesain untuk tidur dalam gelap? Menurut situs Health, tubuh memiliki hormon melatonin yang mengendalikan pola tidur. Hormon ini membuat kamu bisa tertidur nyenyak, dan dilepaskan lebih baik saat keadaan sekitarmu gelap.

Fakta di atas menunjukkan bahwa suasana kamar yang gelap dapat membantumu untuk mengatasi sulit tidur. Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu cara ampuh tidur cepat. Tak hanya itu saja, cara ampuh tidur cepat juga bisa dilakukan dengan membuat udara kamar menjadi lebih sejuk.

Kamu mungkin sering merasakan kesulitan untuk tidur ketika cuaca sedang panas. Untuk itu, kamu perlu menyalakan AC agar suhu di dalam kamarmu menjadi lebih sejuk. Selain AC, kipas angin juga bisa digunakan karena angin sepoi-sepoi yang dihasilkan dapat membantumu untuk bisa tidur nyenyak. Namun, jangan memasang kipas angin terlalu kencang, karena justru bisa menyebabkan masuk angin.

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia
@saseko via Unsplash

Matikan hp 1 jam sebelum tidur

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh the National Sleep Foundation di Amerika Serikat, disebutkan bahwa menggunakan hp (atau laptop, tv, dan layar gawai lainnya) sekitar 1 jam sebelum waktu tidur akan membuat seseorang sulit tidur.

Faktor penyebabnya adalah sinar biru yang dihasilkan oleh hp, yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit mengantuk dan tidur. Dikutip dari jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the USA, sinar biru yang dihasilkan hp dapat menekan produksi hormon melatonin, yakni hormon yang mengendalikan rasa kantuk.

Oleh karenanya, mematikan hp 1 jam sebelum tidur merupakan cara ampuh tidur cepat. Cara ini juga bisa mengatasi ketergantungan pada hp dan meningkatkan perasaan rileks pada tubuh.

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia
@greemsky via Unsplash

Itulah 5 cara ampuh tidur cepat yang dapat Bob bagikan untukmu. Yang terpenting dari cara adalah membiarkan tubuhmu rileks, sehingga rasa kantuk bisa datang dengan sendirinya. Namun jika cara di atas tak berhasil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, ya.

Tidur berkualitas dan nyaman? Di Bobobox saja!

Cara ampuh tidur cepat di atas memang bisa sangat bermanfaat. Namun, memilih tempat yang nyaman juga penting untuk menjaga kualitas tidurmu. Yuk, menginap nyaman dan aman di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul berdesain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Enggak ada alasan untuk takut menginap di Bobobox, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan menyemprotkan disinfektan demi keamanan dan kenyamananmu. Interior Bobobox juga instagrammable banget, lho, sehingga banyak yang staycation ke Bobobox untuk mengabadikan momen dengan pod dan fasilitas yang unik.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar lewat aplikasi sekarang, yuk!

You might also like