Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Memiliki Gejala Reumatik? 5 Bahan Tradisional Ini Bisa Meredakannya!

Yuk, jaga kesehatan dan cegah reumatik dari sekarang!

Apa itu Reumatik?

Reumatik atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan sebuah penyakit radang sendi kronis akibat gangguan autoimun. Reumatik kerap kali menyerang sendi-sendi di pergelangan tangan, jari tangan, sendi lutut, hingga pergelangan kaki.

Uniknya, penyakit satu ini biasanya terjadi di tubuh secara simetris. Ini berarti bahwa jika lutut kanan terserang reumatik, maka lutut kiri juga akan merasakan hal yang sama.

Gejala Reumatik

Banyak sekali gejala yang dapat ditimbulkan saat terserang reumatik. Biasanya, gejala awal yang akan dirasakan oleh penderita reumatik adalah gejala seperti flu, yakni kelelahan, turun berat badan, dan juga disertai demam.

Gejala reumatik lainnya yang tentunya jelas sekali terasa adalah kekakuan sendi yang timbul pada pagi hari. Biasanya gejala ini akan berlangsung selama setengah hingga satu jam.

Selain itu, akan muncul pula gejala-gejala lainnya seperti pembengkakan dan nyeri sendi, timbulnya benjolan di bawah kulit akibat peradangan pembuluh darah kecil, hingga penumpukkan cairan di daerah pergelangan kaki.

Penyebab Reumatik

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena reumatik, salah satunya adalah faktor usia. Meski reumatik sebenarnya dapat menyerang di usia berapa saja, namun risikonya tentu akan lebih tinggi pada orang dewasa atau lansia, karena fungsi dan kesehatan sendi tentunya akan menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, faktor gen dan jenis kelamin juga merupakan salah satu penyebab timbulnya reumatik. Hal ini berkaitan dengan sistem imunitas tubuh dan hormon yang berbeda-beda pada setiap individu.

Faktor-faktor selanjutnya adalah faktor gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok dan obesitas. Dan yang terakhir, bisa juga diakibatkan oleh adanya trauma seperti patah tulang, dislokasi sendi, atau kerusakan ligament.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit reumatik ini secara alami, ada beberapa bahan tradisional yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk meredakan gejala reumatik. Langsung saja cek penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Jahe

meredakan gejala reumatik

(Image by @siala from Pixabay)

Jahe merupakan salah satu rempah yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan tradisional. Mulai dari meredakan gejala pilek, mual, hipertensi, dan lain-lain. Maka, nggak heran jika jahe juga termasuk salah satu bahan tradisional yang bisa kamu gunakan untuk meredakan gejala reumatik.

Manfaat jahe sebagai bahan tradisional untuk meredakan gejala reumatik ini dikarenakan oleh adanya kandungan senyawa gingerol, shogaol, serta proanthocyanidin yang terdapat di dalamnya. Ketiga senyawa kimia tersebut ternyata mampu memberikan efek antiradang bagi sendi-sendi tubuh.

Memanfaatkan jahe untuk meredakan gejala reumatik pun terbilang sangat mudah. Caranya, kamu cukup merebus satu ruas jahe ukuran sedang dengan air secukupnya. Agar rasanya lebih enak, tambahkanlah madu sesuai selera pada ramuan jahemu. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari untuk meredakan gejala reumatik dan menjaga kesehatan sendi.

2. Kunyit

meredakan gejala reumatik

(Image by @SteveBuissinne from Pixabay)

Selain menjadi bumbu dapur yang banyak digunakan pada masakan nusantara, ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk meredakan gejala reumatik. Sebab, kunyit mengandung bahan aktif bernama kurkumin yang dapat membantu meredakan nyeri serta mengurangi pembengkakan sendi. Kurkumin juga memiliki efek antiinflamasi, dengan cara memblokir sitokin dan enzim-enzim penyebab radang lainnya.

Selain bersifat antiinflamasi, kunyit juga ternyata memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antijamur, serta mampu bekerja sebagai analgesik alami. Maka tak heran jika penelitian menyebutkan bahwa produk-produk yang mengandung bahan alami kunyit sangat efektif sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala reumatik.

Meski mengandung berbagai zat alami yang mampu meredakan gejala reumatik, namun bumbu dapur berwarna kuning yang satu ini ternyata tidak dapat bekerja sendiri secara optimal. Sebab, kandungan-kandungan pada kunyit ternyata agak cukup sulit untuk diserap tubuh.

Maka, agar dapat diserap maksimal oleh tubuh, tambahkanlah lada hitam pada ramuan kunyitmu. Lada hitam mengandung senyawa aktif bernama piperin yang mampu membantu mengoptimalkan khasiat kunyit sebagai obat alami untuk meredakan gejala reumatik.

3. Kayu Manis

meredakan gejala reumatik

(Image by @ДарьяЯковлева from Pixabay)

Bahan tradisional selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan gejala reumatik adalah kayu manis. Sama seperti jahe dan kunyit, kayu manis juga memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan dan pembengkakan pada sendi.

Selain memiliki sifat antiinflamasi, kayu manis juga kaya akan zat antioksidan yang mampu menghambat kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Maka, tak heran jika kayu manis termasuk dalam salah satu bahan tradisional yang bermanfaat untuk meredakan gejala reumatik.

Meski begitu, kamu perlu sedikit waspada dalam mengonsumsi kayu manis. Sebab, jika dikonsumsi secara berlebihan, kayu manis malah akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Contohnya seperti penggumpalan darah, hingga menyerang kesehatan ibu hamil.

Agar dapat tetap aman dalam mengonsumsi bahan tradisional yang berguna untuk meredakan gejala reumatik satu ini, cukup konsumsi kayu manis sebanyak 2 gram saja per harinya. Kamu bisa menambahkannya pada roti dan kue, atau bisa juga mencampurkannya pada susu, teh, atau kopi.

4. Bawang Putih

meredakan gejala reumatik

(Image by @SteveBuissinne from Pixabay)

Bumbu dapur lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan tradisional untuk membantu meredakan gejala reumatik secara alami adalah bawang putih. Sebab, selain memiliki cita rasa yang dapat menyedapkan setiap masakan, bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi yang sangat berguna untuk mengobati nyeri sendi akibat reumatik.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh bumbu dapur satu ini mampu menekan produksi sitokin yang dapat memicu peradangan pada sendi serta kerusakan pada tulang rawan akibat reumatik. Perlu diingat juga, agar manfaat bawang putih sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala reumatik bisa diperoleh secara optimal, sebaiknya konsumsilah bawang putih saat masih mentah.

5. Teh Hijau

meredakan gejala reumatik

(Image by @TeeFarm from Pixabay)

Bahan alami terakhir yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala reumatik adalah teh hijau. Tak heran jika minuman herbal satu ini memiliki khasiat yang mampu membantu meredakan gejala reumatik. Sebab, teh hijau kaya akan kandungan polifenol yang merupakan zat antioksidan alami.

Zat tersebut sangat berguna untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga membantu melawan infeksi. Selain itu, sifat antiinflamasi pada teh hijau juga sangat efektif untuk mencegah peradangan dan nyeri sendi yang diakibatkan oleh reumatik.

Agar manfaat teh hijau sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala reumatik ini lebih efektif, konsumsilah teh hijau dengan dibarengi olahraga teratur. Namun, ada satu hal yang perlu diingat, yaitu bahwa teh hijau merupakan minuman yang mengandung kafein cukup tinggi. Oleh karena itu, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui anjuran batas konsumsi yang tepat untukmu.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan sendi, kesehatan hati dan jiwa juga penting banget untuk dijaga, loh. Supaya kamu bisa happy terus. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga suasana hati tetap happy, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung mau staycation di mana? Datang aja langsung ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like