Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

4 Objek Wisata Magelang Terbaik yang Membuat Liburanmu Berkesan

Wisata Magelang

Kamu sedang suntuk dan butuh liburan untuk menyegarkan pikiran? Atau kamu memang traveller yang lagi butuh rekomendasi tempat wisata terbaik untuk destinasi wisata selanjutnya? Wisata Magelang bisa menjadi pilihannya.

Kalau berbicara tentang Magelang, daerah yang berada di Jawa Tengah ini terkenal dengan objek wisatanya yang indah. Opsinya pun beragam, dari wisata alam hingga wisata sejarah. Yuk, intip empat objek wisata Magelang terbaik rekomendasi dari Bob. Kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

1. Candi Borobudur

Sumber foto: Eugenia via Unsplash

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Berlibur ke Magelang akan kurang sempurna jika kamu melewatkan Candi Borobudur. Bangunan ini adalah salah satu destinasi wisata Magelang yang terkenal hingga mancanegara. Banyak wisatawan lokal dari berbagai kota dan turis asing dari berbagai Negara yang mengunjungi candi Budha terbesar di dunia ini.

Kamu akan menyaksikan megahnya Candi Borobudur dengan pemandangan indah di sekitarnya. Candi ini dibangun di atas bukit yang dikelilingi pegunungan seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Luas keseluruhannya sebesar 15.129 meter persegi dan tingginya mencapai 42 meter.

Wisata Magelang yang didirikan pada masa Dinasti Syailendra di abad ke-8 ini bisa membuat kamu berdecak kagum. Sebanyak 2.672 relief menghiasi dinding candi dan destinasi wisata ini awalnya memiliki 504 arca Budha. Candi Borobudur hingga sekarang masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Setiap tahunnya, banyak penganut Budha dari penjuru dunia datang ke sini untuk merayakan Hari Waisak.

Bob rekomendasiin banget kamu buat datang ke sini saat perayaan Hari Waisak karena kamu akan menyaksikan festival lampion yang menakjubkan! Objek wisata Magelang ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00. Harga tiketnya berkisar Rp 25.000 hingga Rp 135.000.

2. Gardu Pandang Silancur

Sumber foto: www.dekatour.com

Buat kamu yang ingin menikmati wisata Magelang yang indah sekaligus berburu spot foto yang keren, kamu harus banget datang ke Gardu Pandang Silancur! Lokasinya terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Kawasan ini berada di lereng Gunung Sumbing, sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Magelang.

Wisata Magelang yang juga dikenal dengan nama Silancur Highland ini memiliki daya tarik tersendiri. Area dataran tinggi ini menawarkan pesona alam yang menawan seperti panorama pegunungan, perkebunan, dan taman bunga. Bahkan, kamu juga bisa berkemah di sini. Asyik banget!

Gardu Pandang Silancur adalah tempat yang tepat buat para pemburu sunrise.  Kalau ingin menyaksikan sunrise di tempat ini, kamu bisa datang dari jam 5. Jangan lupa bawa jaket ya karena tempatnya dingin banget. Bila perlu, kamu bisa memakai kupluk, sarung tangan, dan kaos kaki agar tubuh kamu tetap hangat.

Para Instagrammers akan tambah bahagia karena destinasi wisata Magelang ini menawarkan spot foto yang banyak. Kamu bisa mengambil gambar di gardu pandang, taman bunga, dan rumah hobbit. Kamu juga bisa berfoto di hammock dan ayunan yang tersedia.

Gardu Pandang Silancur buka 24 jam. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa datang bareng teman-teman, keluarga, atau pacar untuk menikmati keindahan wisata Magelang ini.

3. Gunung Andong

Sumber foto: www.merapiadventure,com

Wisata Magelang selanjutnya adalah Gunung Andong. Tempat ini bisa menjadi destinasi bagi kamu yang menyukai wisata alam pegunungan. Gunung Andong tergolong kecil, hanya sekitar 1.726 mdpl. Karena tidak tinggi, waktu tempuh untuk menuju puncak hanya sekitar dua jam. Jadi, tempat ini cocok buat orang yang baru pertama kali mendaki atau para pendaki pemula. Walaupun begitu, kamu harus tetap dalam kondisi fit, berhati-hati, dan menyiapkan perlengkapan pendakian, ya.

Terdapat enam basecamp di Gunung Andong, yaitu Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, Dusun Temu, Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan. Lalu, jika gunung lain memiliki satu atau dua puncak, Gunung Andong uniknya memiliki empat puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap.

Walaupun tidak tinggi, pemandangan yang ditawarkan di objek wisata Magelang ini tidak kalah menakjubkan dengan gunung-gunung lainnya yang lebih tinggi. Di Gunung Andong, kamu bisa menikmati udara sejuk dan melihat panorama alam yang memesona. Pemandangan sunrise adalah momen yang ditunggu oleh para pendaki.

Kamu akan menyaksikan pemandangan gunung di sekitarnya seperti Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet. Menariknya, kamu tidak perlu khawatir bakal susah sinyal karena di Gunung Andong kamu masih bisa menggunakan internet. Jadi, kamu bisa unggah foto atau cerita di Instagram, deh! Biaya masuknya cuma Rp 3.000. Kamu bisa berkemah juga loh di sini!

4. Punthuk Setumbu

Sumber foto: www.merdeka.com

Kalau kamu menonton film Ada Apa dengan Cinta 2, kamu mungkin mengenal spot wisata ini. Ya, karena keindahannya, Punthuk Setumbu menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut. Tempat wisata Magelang ini pun semakin terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Objek wisata Magelang ini berlokasi di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Ya, letaknya berdekatan dengan Candi Borobudur. Jadi, kalau kamu mengunjungi Candi Borobudur, jangan lupa datang ke Punthuk Setumbu juga, ya!

Apa sih arti dari Punthuk Setumbu? Nama Punthuk Setumbu berasal dari bahasa Jawa. Punthuk berarti gundukan atau perbukitan dan Setumbu artinya tumbu, tempat nasi dari anyaman. Jadi, arti dari Punthuk Setumbu adalah perbukitan yang bentuknya seperti tempat nasi dari anyaman.

Punthuk Setumbu adalah bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter dpl yang merupakan bagian dari Pegunungan Menoreh. Karena berada di kawasan yang tinggi, kamu bisa merasakan udara yang sejuk dan segar. Perpaduan hijaunya alam dan kabut tipis yang menyelimuti kawasan ini menjadi keindahan tersendiri.

Selain itu, banyak orang datang ke wisata Magelang ini untuk menyaksikan sunrise Borobudur yang eksotik. Karena keindahannya yang menakjubkan, Sunrise Borobudur memang menjadi target wisatawan dan fotografer untuk diambil gambarnya.

Kawasan wisata Magelang ini awalnya merupakan ladang penduduk. Lalu, karena ada fotografer yang mengambil gambar di Punthuk Setumbu, tepatnya foto sunrise Borobudur yang kemudian dibagikan melalui media sosial, tempat ini menjadi terkenal dan kemudian dikelola menjadi objek wisata. Area ini pun berkembang menjadi wisata Magelang yang populer hingga saat ini.

Harga tiket masuknya spot wisata Magelang ini adalah Rp 20.000.  Kalau kamu pergi ke Punthuk Setumbu, jangan lewatkan momen sunrise Borobudur ini, ya!

Kesimpulan

Itulah rekomendasi destinasi wisata Magelang dari Bob. Jadi, mau pergi ke Magelang kapan? Kamu bisa merencanakan program liburan dari sekarang. Kamu bisa solo travelling atau pergi bareng teman-teman.  Atur jadwalnya dan siapkan segala kebutuhannya, ya. Kalau butuh penginapan? ada Bobobox!

Hotel dengan konsep kapsul futursitik ini menawarkan tempat beristirahat yang nyaman dan murah. Kamu tidak perlu khawatir soal keamanan karena Bobobox menggunakan QR Code di setiap kamarnya yang hanya bisa diakses melalu smartphone kamu.

Buruan unduh aplikasi Bobobox yang tersedia untuk platform Android dan iOS! Kamu juga bisa mendapat promo menarik. Ayo, pesan sekarang dan rasakan sensasi beristirahat yang unik bersama Bobobox!

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.