Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Diet? Coba 4 Jenis Yoghurt Ini!

Jangan sampai salah pilih yoghurt untuk dietmu, ya!

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi bakteri penghasil asam laktat. Tak hanya lezat, yoghurt tentunya kaya akan nutrisi yang sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya seperti kalsium, zat besi, vitamin B, protein, dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam yoghurt, tak heran jika banyak orang yang sedang dalam program diet juga memanfaatkan yoghurt sebagai salah satu makanan diet mereka. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebuah penelitian di University of Tennessee menunjukkan bahwa yoghurt dapat membantu mengurangi jumlah lemak perut sebanyak kurang lebih 81 persen jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Namun, memilih yoghurt untuk menemani program dietmu juga nggak boleh asal-asalan. Kamu harus betul-betul memerhatikan kandungan nutrisi dalam yoghurt tersebut. Jangan sampai yoghurt yang kamu pilih untuk diet adalah yoghurt yang tinggi lemak atau gula.

Dan ternyata, nggak semua jenis yoghurt bagus untuk diet, loh. So, yoghurt jenis manakah yang cocok dikonsumsi saat diet? Daripada bingung, langsung aja yuk simak penjelasan Bob tentang 4 jenis yoghurt bagus untuk diet di bawah ini. Check these out!

1. Plain Yoghurt

yoghurt bagus untuk diet

(Image by @lidl_hellas via Instagram)

Yoghurt bagus untuk diet yang pertama tentunya adalah yoghurt yang tidak mengandung tambahan pemanis atau perasa buatan di dalamnya. Itu sebabnya yoghurt bagus untuk diet yang satu ini dikenal dengan nama plain yoghurt, karena rasanya yang tawar dengan 0 persen kandungan gulanya di dalamnya.

Dengan begitu, yoghurt bagus untuk diet yang satu ini tidak akan menyumbang banyak kalori untuk tubuh, sehingga program dietmu tidak akan terganggu. Kabar baiknya lagi, jenis yoghurt yang satu ini pun memiliki harga yang cukup terjangkau dan biasanya mudah untuk ditemukan di supermarket-supermarket terdekat.

Karena rasanya yang plain dan tawar, sebaiknya yoghurt bagus untuk diet satu ini tidak kamu makan langsung begitu saja, ya. Kamu bisa mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman sehatmu.

Menambahkan beberapa jenis buah-buahan atau beri-berian seperti blueberry dan strawberry tentunya bisa jadi ide yang bagus. Bisa juga ditambahkan kacang almond agar lebih bergizi dan lebih enak. Namun perlu diingat, takarannya tidak boleh lebih dari satu ons, ya.

2. Non-Fat Yoghurt

yoghurt bagus untuk diet

(Image by @kleines_kulinarium via Instagram)

Selain plain yoghurt, yoghurt bagus untuk diet lainnya adalah non-fat yoghurt. Ini merupakan jenis yoghurt tanpa atau rendah lemak. Kandungan susu pada jenis yoghurt yang satu ini biasanya hanya sekitar 2 persen saja. Bahkan, terkadang yoghurt bagus untuk diet jenis satu ini hanya menggunakan susu skim saja.

Selain dapat membantu menjaga berat badanmu karena kandungannya yang rendah lemak, yoghurt bagus untuk diet yang satu ini juga kaya akan probiotik yang sangat baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, probiotik dalam yoghurt juga ternyata mampu melepaskan hormon penurun nafsu makan, membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh, serta membuatmu merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, yoghurt bagus untuk diet jenis satu ini memang baik jika dikonsumsi secara rutin.

Meskipun klaim yoghurt ini tidak mengandung lemak, namun bukan berarti tidak mengandung gula, ya. Maka, sebaiknya perhatikanlah kandungan yoghurt secara seksama sebelum kamu membelinya. Pastikan yoghurt tanpa lemak tersebut benar-benar tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan gula di dalamnya.

3. Non-Dairy Yoghurt

yoghurt bagus untuk diet

(Image by @sky_simple_eats via Instagram)

Yoghurt bagus untuk diet selanjutnya yang bisa jadi referensi untuk kamu adalah jenis non-dairy yoghurt. Yoghurt satu ini merupakan jenis yoghurt yang tidak mengandung campuran susu di dalamnya. Bukan hanya susu sapi, tetapi juga termasuk susu kedelai serta susu kelapa.

Yoghurt bagus untuk diet yang satu ini tentunya juga rendah lemak dan tidak mengandung laktosa. Maka dari itu, yoghurt bagus untuk diet jenis satu ini aman untuk kamu yang lactose intolerant. Selain itu, jenis yoghurt satu ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk para vegetarian.

Sayangnya, yoghurt bagus untuk diet jenis satu ini biasanya tidak mengandung kalsium seperti yoghurt-yoghurt berbahan dasar susu pada umumnya. Kecuali non-dairy yoghurt yang berbahan dasar susu almond, sebab almond milk dikenal kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Namun, jika kamu alergi terhadap kacang-kacangan, sebaiknya hindari yoghurt jenis ini, ya.

4. Greek Yoghurt

yoghurt bagus untuk diet

(Image by @kostarelosgr via Instagram)

Yoghurt bagus untuk diet yang terakhir adalah greek yoghurt. Mengapa? Sebab, greek yoghurt merupakan jenis yoghurt yang rendah karbohidrat, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan greek yoghurt, yoghurt jenis ini biasanya memiliki tekstur yang jauh lebih kental dan lembut daripada yoghurt-yoghurt lain pada umumnya. Ini disebabkan oleh pembuatannya yang melalui tiga kali proses penyaringan.

Sayangnya, jenis yoghurt bagus untuk diet yang satu ini juga memiliki kandungan kalsium yang lebih sedikit daripada jenis yoghurt biasa. Meski begitu, yoghurt bagus untuk diet satu ini cukup baik untuk membantu memenuhi kandungan gizimu selama diet, karena greek yoghurt merupakan yoghurt yang sangat kaya akan protein.

Nah, meskipun bagus untuk diet, kamu harus tetap mengonsumsi yoghurt-yoghurt tersebut dalam porsi yang pas dan sesuai kebutuanmu, kira-kira 200-450 ml per hari. Ingat, jangan sampai berlebihan, ya!

Tak hanya itu, selain rutin mengonsumsi yoghurt sehat saat menjalani program diet, memerhatikan asupan nutrisi dan gizi seimbang dari makanan sehat selama dietmu tetaplah menjadi hal utama yang mesti kamu lakukan. Tidak lupa, lakukanlah olahraga rutin selama 30 hingga 60 menit, minimal 3 sampai 5 hari setiap minggunya agar program dietmu berjalan semakin maksimal.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Dengan berdiet dan makan makanan sehat seperti yoghurt yang bagus untuk diet, maka bukan hanya kesehatan tubuhmu saja yang meningkat, namun kamu juga pasti akan merasa lebih percaya diri dan bahagia, loh. Sebab, healthy body sama dengan healthy soul.

Masih banyak cara lainnya yang juga bisa bikin kamu semakin bahagia, salah satunya adalah dengan liburan dan staycation! Bingung mau staycation di mana? Mau pilih hotel, tapi bosan karena hotelnya gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox!

Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like