Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

20 Fakta Unik dan Menarik yang tidak Banyak Orang Tahu

Fakta unik berikut ini dijamin bikin kamu terheran-heran!

Fakta unik bisa kamu temukan di mana saja bahkan pada hal yang tak kamu duga. Menelusuri fakta unik memang menarik karena tak henti membuat kita terpukau dengan segala keanehannya yang mengesankan. Faktanya masih banyak fakta-fakta unik di bumi ini yang jarang dibicarakan. Pada kesempatan kali ini Bob telah merangkum 20 fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui seperti berikut ini!

1. Meskipun Berat Bumi Bergerak Cepat

Massa bumi mencapai 5.972.190.000.000.000.000.000.000 kg. Mesekipun sedemikian berat, faktanya bumi memiliki kecepatan 107.281 km per jam untuk mengitari matahari. Cepat sekali, bukan?

2. Fakta Unik Bumi Semakin Kurus

Massa berat bumi didominasi debu-debu antariksa dan dapat berkurang akibat gas seperti hidrogen yang berkurang tiga kilogram setiap detiknya. Fakta unik ini menunjukkan bahwa bumi akan kehilangan 95 ribu ton massa setiap tahunnya.

3. Massa Manusia Tidak Mempengaruhi Massa Bumi

Pada 2018 populasi manusia diperkirakan mencapai 7,6 miliar orang. Meskipun bumi dipenuhi manusia, fakta unik mengungkapkan bahwa manusia tidak memengaruhi massa bumi. Hal ini dikarenakan manusia terbentuk dari atom dalam bentuk oksigen 65 persen, karbon 18,5 persen, dan hidrogen 9,5 persen.

tempat wisata kesennuma
Sumber: Airbnb

4. Bumi adalah Planet Air

Fakta unik selanjutnya adalah bumi dipenuhi oleh 70 persen air sehingga kerap wajar jika bumi disebut dengan nama planet air. Lautan bumi yang paling dalam adalah Palung Mariana dengan kedalaman 10.994 meter di bawah air. Fakta unik dibalik Palung Mariana adalah jika kamu meletakkan Gunung Everest di sana, puncak tertingginya bahkan masih berada di bawah permukaan laut sejauh 1,6 kilometer!

5. Manusia Hidup di Satu Persen Bagian Bumi

Fakta unik ini dijamin bikin kamu terkaget-kaget. Faktanya bumi yang manusia tinggali hanya satu persen bagian dari keseluruhan planet bumi. Fakta unik ini menunjukkan bahwa masih banyak bagian bumi yang memiliki misteri kehidupan. Tertarik melakukan penjelajahan untuk menguak misteri sekaligus fakta unik di bagian bumi lainnya?

6. Fakta Unik Kota Catur di Rusia

Terdapat sebuah kota di Rusia yang jalanannya tertata rapi dengan sebuah istana yang didesain seperti catur yang megah. Pembuatan pemukiman tersebut didalangi oleh presiden yang terobsesi dengan catur bernama Kirsan Ilyumzhinov.

7. Keju Mozzarella Berasal dari Kerbau

Apakah kamu tahu fakta unik mengenai mozzarella yang dibuat dari susu kerbau dan bukan susu sapi? Sekitar 500 tahun yang lalu di Campania, Italia, mozzarella dibuat pertama kali menggunakan susu kerbau. Fakta unik dibalik penggunaan susu kerbau ini karena kandungan protein susu kerbau 10-11% lebih banyak daripada susu sapi.

8. Bali Memiliki Banyak Hari Libur

Bali memiliki fakta unik karena memliki banyak hari libur yang disumbangkan oleh sejumlah hari raya besar keagamaan. Hampir setiap hari besar keagamaan ini setiap orang akan mendapatkan libur. Beberapa hai libur diantaranya adalah hari raya galungan, kuningan, nyepi, pagerwesi, saraswati, dan sejumlah upacara besar lainnya seperti piodalan (pujawali).

negara
Photo by ekoherwantoro on Unsplash

9. Fakta Unik Perubahan Nama Ibukota Indonesia

Ibukota Jakarta memiliki banyak pesona juga fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Sebelum diberi nama Jakarta, Ibukota Indonesia ini telah memiliki beberapa kali perubahan nama. Nama Ibukota Indonesia sesuai urutan perubahannya diantaranya adalah Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, Betawi, Jacatra, Jayakarta, dan Jakarta.

10. Satu-satunya Presiden Indonesia yang Terlahir diluar Pulau Jawa

Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal dengan nama Habibie merupakan satu-satynya Presiden Indonesia yang terlahir dluar Pulau Jawa, tepatnya di Parepare, Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin negeri.

11. Indonesia Satu-satunya Negara yang Keluar Masuk Keanggotaan PBB

Indonesia terdaftar sebagai anggota ke-60 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 28 September 1950. Pada tahun 1965, Indonesia memutuskan keluar dari keanggotaan PBB karena kemarahan Soekarno atas terpilihnya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pada tahun 1966, Indonesia kemudian kembali menjadi anggota PBB.

12. Presiden Indonesia Mengalahkan Presiden Amerika dalam Gelar Pendidikan

Amerika Serikat hanya memiliki satu orang presiden dengan gelar doktor akademik yaitu Woodrow Wilson dintara 43 presiden lainnya. Sedangkan Indonesia memiliki dua orang presiden bergelar doktor yaitu Presiden Habibie dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

13. Nagreg memiliki Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia

Stasiun Nagreg dikenal sebagai stasiun kereta api tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 848 meter di atas permukaan laut.

14. Indonesia Menjadi Finalis Piala Dunia

Tahun 1938, Indonesia yang masih bernama Hindia-Belanda telah mencatat prestasi dalam sejarah sebagai salah satu finalis Piala Dunia. Pada saat itu tuan rumah piala dunia adalah Perancis. Peristiwa tersebut kemudian menorehkan sejarah Indonesia sebagai negara Asia pertama yang berhasil lolos menembus piala dunia.

fakta unik
Pintu dan Jendela Darurat Pesawat (Photo by Tim Gouw on Unsplash)

15. Fakta Unik Dibalik Mengapa Jendela Pesawat Dirancang Bulat

Pada tahun 1952 jendela pesawat didesain dalam bentuk persegi namun penggunaannya dinilai cacat sehingga tidak  diterapkan kembali. Jendela yang bulat dirancang untuk menyiasati perbedaan tekanan udara dalam dan luar pesawat untuk menghindari kegagalan struktural yang dapat menyebabkan kecelakaan pesawat.

16. Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit Manusia

Makanan utama dari nyamuk jantan dan betina pada umumnya adalah nektar dan zat manis yang sebagian besar diperoleh dari tanaman. Namun nyamuk membutuhkan protein tambahan unuk bertelur yang bisa didapatkan dari manusia sedangkan nyamuk jantan tidak membutuhkan zat protein tambahan untuk bertelur.

17. Fakta Unik Negeri dengan Mayoritas Orang Gemuk

Nauru merupakan sebuah negara kecil yang terletak di bagian timur Papua Nugini. Negara ini secara geografis unik karena memiliki pemandangan pantai dan alamnya yang menawan. Selain pemandangan alamnya, negara ini dikenal unik karena mayoritas penduduknya adalah orang-orang yang gemuk.

18. Pangeran Philip Sebagai Dewa di Vanuatu

Vanuatu adalah negara yang letaknya berdekatan dengan Australia. Salah satu suku Vanuatu yang bernama Yaohnanen dikenal memiliki kebiasaan memajang foto Pangeran Philip untuk kemudian disembah seperti dewa. Orang Yaohnanen meyakini bahwa sang pangeran adalah salah satu keturunan dari dewa.

19. San Marino Dihuni Lebih Banyak Mobil daripada Manusia

Negara ini unik karena populasi penduduknya tidak jauh lebih besar dibandingkan jumlah mobil yang dimiliki penduduknya. Bob tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya jika seluruh masyarakatnya turun ke jalan dengan mobil miliknya dalam waktu bersamaan. Pasti macet sekali!

20. Niger, Negara Paling Belia di Dunia

Jangan heran jika kamu mengunjungi negara ini kamu akan cukup sulit menemukan orang dewasa. Faktanya negara Niger dihuni dengan mayoritas anak-anak yang sangat muda yaitu di bawah 14 tahun. Jumlahnya anak-anak muda ini bahkan lebih dari 50 persen!

Yuk Menginap di Hotel yang Unik!

Masih penasaran dengan hal-hal unik lainnya? Cobain deh berkunjung ke Bobobox! Tak kalah unik dengan fakta unik di atas, Bobobox menawarkan kamu akomodasi minimalis yang terintegrasi dengan teknologi canggih. Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

You might also like