Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

15 Tempat Misterius di Dunia yang Melarang Pengunjung. Ada Apa, Ya?

Dilarang mendekat!

Banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi dan nikmati pesonanya, namun tidak untuk sejumlah tempat misterius di dunia ini. Tidak satu orang pun diperbolehkan masuk atau hanya segelintir saja yang mendapatkan izin tentu dengan syarat yang ketat.

Banyak alasan yang mendasari pelarangan tersebut, bisa jadi karena alasan keamanan, perlindungan, atau merupakan pangkalan militer rahasia pemerintah. Jika memaksa, mungkin kamu akan mendapatkan masalah atau justru meregang nyawa.

Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Yuk simak 15 tempat misterius di dunia yang sudah Bob rangkum berikut ini!

Area 51

via CNN

Area 51 adalah salah satu tempat misterius di dunia yang tidak memperbolehkan adanya pengunjung sama sekali. Sifatnya yang misterius menimbulkan berbagai teori konspirasi tentang fungsi dari tempat ini, seperti anggapan bahwa tempat itu merupakan pusat penelitian UFO dan alien serta bahwa pendaratan Neil Amstrong dan Buzz Aldrin dilakukan di Area 51 ini.

Area yang berlokasi di Gurun Nevada ini sebenarnya merupakan pangkalan militer rahasia Amerika Serikat. Kabarnya, tempat ini dijadikan sebagai pusat uji coba senjata nuklir dan pesawat tempur. Maka dari itu,tempat ini sangat dijaga ketat oleh penjaga bersenjata. Bagi yang tetap nekat mendekat akan dikenakan denda cukup besar.

Metro-2

via orangesmile.com

Metro-2 adalah tempat misterius di dunia yang berupa jalur bawah tanah. Tempat tersebut berlokasi di Moskow, Rusia dan dibangun di masa pemerintahan Joseph Stalin dengan nama D-6 oleh KGB (badan intelijen Uni Soviet).

Kabarnya, jalur ini menghubungkan Kremlin langsung dengan gedung-gedung penting Rusia sehingga pemerintah dapat menggunakannya tanpa gangguan macet dan risiko bahaya. Salah satu yang membuatnya menarik dan misterius adalah rumor tentang adanya tes genetik pada tikus raksasa, banyaknya rahasia pemerintah yang tersimpan di sana, hingga adanya jasad Stalin yang telah dibekukan.

The Negev Nuclear Research Center

Tempat misterius di dunia lainnya ada di negara Israel. Tempat tersebut bernama The Negev Nuclear Research Center, sebuah instalasi nuklir yang terletak di kawasan gurun Negev. Sudah dibangun sejak tahun 1958, instalasi ini diyakini menjadi tempat untuk mengembangkan senjata nuklir rahasia. Karenanya, tempat ini sangat tertutup dan terlarang bagi umum.

Room 39

via factrepublic.com

Mengingat reputasinya yang sangat tertutup, sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak rahasia yang tersimpan di Korea Utara. Salah satunya adalah Room 39, sebuah organisasi rahasia yang kabarnya berlokasi Pyongyang, ibu kota negara tersebut.

Berdasarkan rumor yang beredar, di dalam ruangan tersebut terjadi aktivitas hitam seperti pencucian uang, transaksi narkoba dan senjata, penyelundupan, pemalsuan, hingga kerja paksa. Selain itu, ruangan ini juga dipercaya sebagai tempat penyusunan strategi, salah satunya adalah percobaan nuklir beberapa waktu yang lalu.

The Doomsday Vault

via seedvault.no

Doomsday Vault atau Global Seed Vault adalah salah satu tempat misterius di dunia yang menarik untuk kamu ketahui. Lokasinya beradi di Norwegia dan dibangun sebagai gudang yang dikhususkan untuk menyimpan segala kebutuhan manusia untuk menghadapi kiamat.

Beberapa yang tersimpan di antaranya adalah makanan kering, cadangan air, pakaian, berbagai bibit tumbuhan dan obat-obatan dan bahkan sampel DNA manusia, hewan, dan tumbuhan untuk kebutuhan rekayasa genetik jika diperlukan.

Pulau Surtsey

via whc.unesco.org

Pulau Surtsey merupakan salah satu pulau yang dianggap sebagai tempat misterius di dunia karena adanya larangan memasuki pulau tersebut. Umur pulau ini terbilang masih muda karena baru terbentuk sejak 14 November 1963 lalu akibat erupsi gunung berapi bawah laut.

Pulau di Islandia ini dibiarkan tidak berpenghuni untuk keperluan penelitian sehingga hanya sejumlah peneliti saja yang diperbolehkan masuk ke sini dengan peraturan ekstra ketat agar kelestariannya tetap terjaga. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengamati terbentuknya kehidupan secara alami di pulau tersebut. Bakteri, jamur dan lumut merupakan yang pertama kali mendiami pulau tersebut kemudian disusul dengan sejumlah hewan dan tumbuhan lainnya.

Pulau Ular

Dari namanya, kamu pasti sudah bisa membayangkan bahwa Pulau Ular ini dihuni oleh hewan melata yang dianggap menjijikkan sekaligus menakutkan oleh sebagian orang. Pulau dengan nama Ilha da Queimada Grande ini terletak di Brazil dan sudah lama tidak berpenghuni karena kehadiran ribuan ular yang mendiami tempat tersebut. Per meter perseginya, ada satu sampai lima ular di tempat tersebut.

Kengerian tidak sampai di situ, ular-ular yang hidup di sana merupakan salah satu yang paling mematikan di dunia, yakni ular viper emas berkepala tombak (golden lancehead pit viper). Karenanya, pemerintah Brazil melarang keras adanya pengunjung ke pulau tersebut, kecuali sejumlah peneliti.

Pulau Sentinel Utara

via theguardian.com

Pulau lainnya yang dianggap sebagai tempat misterius di dunia adalah Pulau Sentinel Utara. Terletak di Kepulauan Andaman, India, pulau tersebut dihuni oleh suku Sentinel yang sangat tertutup. Mereka dikenal tidak suka melakukan kontak dengan orang asing. Karenanya, siapapun yang mendekat ke pulau tersebut akan dihujani dengan berbagai senjata sperti batu dan panah.

Pulau Poveglia

via travelchannel.com

Selain dianggap sebagai tempat misterius di dunia, Pulau Poveglia juga terkenal menyeramkan. Pulau di Italia ini dulunya digunakan sebagai tempat karantina para korban wabah pes hingga mereka meninggal dan dikuburkan bahkan dibakar secara masal. Kabarnya, 50% tanah di pulau tersebut merupakan abu manusia. Karena banyaknya manusia yang terbunuh di sana, kamu masih bisa menjumpai tulang belulang di sekitar pesisir pulau tersebut.

Selain itu, tempat ini juga sempat dijadikan sebuah rumah sakit jiwa. Namun, kabarnya terjadi penyiksaan, pembunuhan hingga eksperiemen tidak manusiawi terhadap para pasien hingga akhirnya tempat tersebut ditutup.

Berbagai usaha untuk mengubah image pulau tidak berhasil, karena orang-orang yang dikirim ke sana tidak kuat dengan jeritan yang mereka dengar serta penampakan di pulau tersebut. Karenanya, pemerintah pun tidak memberikan akses masuk ke pulau tersebut dan kamu akan ken sanksi jika melanggar.

Pulau Heard

via whc.unesco.org

Pulau Heard merupakan salah satu pulau paling terpencil di dunia. Pulau yang dimiliki oleh Australia ini sangat sulit untuk dijangkau. Selai itu, pulau tersebut juga menjadi rumah bagi sebuah gunung berapi aktif dengan cuaca yang sangat ekstrim.

Sekitar 80% daratan di pulau tersebut tertutupi oleh es. Ada api dan juga es, salah satu alasan pulau ini sangat dilarang untuk dikunjungi. Jika ingin berkunjung, kamu harus memperoleh izin dari pemerintah Australia.

The Grand Shrine of Ise

via isejingu.or.jp

Tempat misterius di dunia yang satu ini hanya terbuka bagi keluarga dan pendeta kekaisaran Jepang. Kuil yang berlokasi di Jepang ini merupakan tempat sakral untuk menghormati Amaterasu, sang Dewi Matahari.

Yang unik dari kuil ini adalah kuil tersebut selalui dibangun ulang dari nol setiap 20 tahun sekali untuk menghormati konsep kematian dan kelahiran Shinto. Selain itu, pembangunan juga dilakukan dengan hanya menyatukan potongan-potongan kayu, tanpa menggunakan paku.

Museum Pendidikan Keamanan Nasional Jiangsu

via The Telegraph

Museum yang satu ini dikhususkan untuk menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan mata-mata. Beberapa di antaranya adalah senjata api dalam bentuk lisptik, koin berlubang untuk menyembunyikan dokumen, kamera mata-mata, dan peta yang disamarkan menjadi setumpuk kartu.

Sayangnya, museum ini tidak dibuka untuk turis asing. Warga asli Tiongkok yang bisa masuk pun tidak diperbolehkan untuk mengambil foto di dalam museum.

Gua Lascaux

via ancient.eu

Gua Lascaux di Prancis merupakan salah satu tempat misterius di dunia yang tidak bisa dikungjungi. Gua tersebut memiliki lukisan pra-histori yang berumur sekitar 17.000 tahunan. Lukisan-lukisan tersebut didominasi oleh gambar hewan, manusia serta cetakan tangan. Alasan pelarangan masuk ke gua tersebut adalah kehadiran manusia yang justru dapat menghancurkan karya seni kuno tersebut.

Gua Kristal Raksasa

Javier Trueba via cen.acs.org

Gua Kristal yang ada di Meksiko merupakan salah satu tempat misterius di dunia ini. Gua tersebut terhubung dengan Tambang Naica. Di dalamnya, terdapat kristal selenit raksasa yang merupakan salah satu kristal alami terbesar di dunia.

Suhu di dalam gua juga sangat panas hingga mencapai 58 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban lebih dari 99%. Selain panas, kondisinya juga gelap gulita dan asam. Akibatnya, tidak ada yang bisa bertahan lebih dari 10 menit di dalam sana, meskipun dengan pakaian pelindung yang memadai.

Vatican Apostolic Archive

via history.com

Vatican Apostolic Archive adalah tempat yang menyimpan berbagai dokumen yang berhubungan dengan Gereja Katolik dan sejarah dunia sejak Gereja Katolik didirikan. Hanya peneliti yang memiliki izin bisa masuk dan mengakses sejumlah dokumen yang tersimpan di sana. Vatican Apostolic Archive diduga sebagai salah satu tempat yang menyimpan banyak rahasia dunia yang hanya dapat diakses oleh kalangan tertentu.

bobobox juanda

Meskipun tempat-tempat misterius tersebut tidak dapat kamu kunjungi, masih banyak kok tempat-tempat lainnya yang bisa kamu nikmati. Kalau sudah memutuskan tempatnya, jangan sampai lupa mencari penginapan yang nyaman untuk mengistirahatkan tubuh lelah kamu.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah hotel kapsul Bobobox. Hotelnya nyaman, harganya terjangkau. Kamu bisa menemukannya di empat kota besar Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Semarang dan Yogyakarta.

Banyak fasilitas menarik dan canggih yang akan menemani kamu selama di Bobobox. Yuk segera unduh aplikasinya dan dapatkan pengalaman menginap yang menarik bersama Bobobox.

You might also like