Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

15 Hewan yang Paling Unik dan Paling Seram yang Bisa Ditemukan Di Dasar Lautan

Gimana? Berani menjelajah dasar laut dan bertemu hewan seram ini?

Lautan merupakan salah satu tempat yang paling misterius di bumi. Baru sebanyak kurang dari 10 persen saja yang sudah dijelajahi oleh manusia. Banyak hal di dalamnya, terutama di dasar laut, yang belum dan sulit dijamah oleh manusia, termasuk hewan-hewan dasar laut paling seram seperti di bawah ini.

1. Anglerfish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @_anglerfish via Instagram)

Anglerfish merupakan hewan dasar laut paling seram yang bisa mengeluarkan cahaya dari antena yang ada di kepalanya. Cahaya itu digunakannya untuk mencari makan.

Selain untuk mencari makan, cahaya tersebut juga digunakan untuk melindungi diri dari predator, lho. Hewan dasar laut paling seram ini biasanya akan menembakkan cairan bercahaya yang mampu membuat musuh yang menyerangnya pingsan seketika.

2. Hatchetfish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @immortalzoddo via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram ini sering pula disebut sebagai ikan hantu karena wajahnya yang cukup menakutkan. Ikan ini memiliki sepasang mata yang besar dan mulut yang terbuka, sehingga membuatnya terlihat menyeramkan seperti hantu.

Hewan dasar laut paling seram ini hidup di laut dalam yang gelap dan bisa ditemukan di kedalaman 180 hingga 1.370 meter. Oleh karena itu, hewan satu ini juga bisa mengeluarkan cahaya dari tubuhnya, yang berguna untuk melindungi diri dan membantunya saat mencari makanan.

3. Barreleye Fish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @frog_mud via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram satu ini punya tampilan yang cukup unik, lho. Beda dengan ikan lainnya, ikan barreleye memiliki kepala transparan yang berisi cairan bening dan sepasang mata di dalamnya. Yup! Betul, mata ikan barreleye memang berada di dalam kepalanya.

Ikan satu ini biasanya ditemukan di Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia pada kedalaman 600 hingga 800 meter. Ikan barreleye juga merupakan makhluk soliter, yaitu hidup sendiri-sendiri. Sang jantan dan betina hanya bertemu saat musim kawin saja.

4. Spothead Lanternfish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @sonybbcearth via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram selanjutnya adalah spothead lanternfish. Ikan satu ini hidup di lautan Atlantik pada kedalaman hampir 800 meter di bawah permukaan laut. Seperti ikan-ikan yang hidup di dasar laut pada umumnya, spothead lanternfish juga dapat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya.

5. Giant Isopod

hewan dasar laut paling seram

(Image by @carim_nahaboo via Instagram)

Giant isopod atau kutu laut raksasa merupakan hewan dasar laut paling seram yang mampu bertahan hidup hingga di kedalaman 6000 meter di bawah laut, sehingga sulit dijangkau oleh manusia. Hewan dasar laut paling seram ini biasa ditemukan di laut Pasifik, India, dan Atlantik.

Tidak seperti kutu yang pada umumnya berukuran mungil, giant isopod bisa tumbuh hingga mencapai 40 cm atau seukuran kucing dewasa. Giant isopod juga biasanya memakan bangkai paus atau ikan yang sudah mati.

6. Vampire Squid

hewan dasar laut paling seram

(Image by @worldoceansday via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram satu ini berbeda dengan cumi-cumi biasa. Cumi-cumi satu ini hidup di kedalaman 600 hingga 900 meter, di mana kadar oksigen dan cahayanya sangat minim.

Tubuh hewan dasar laut paling seram satu ini berwarna gelap dengan tentakel yang memiliki selaput mirip jubah. Selain itu, berbeda dengan cumi-cumi yang hanya bertelur satu kali saja dalam musim tertentu, cumi-cumi vampir ini mampu bertelur hingga 100 kali.

7. Black Seadevil

hewan dasar laut paling seram

(Image by @instacheez via Instagram)

Black seadevil merupakan salah satu hewan dasar laut paling seram yang dapat ditemui di kedalaman 600 meter. Meski nama dan tampilannya cukup menyeramkan, ikan ini ternyata memiliki panjang tubuh hanya sekitar 9 cm saja.

Black seadevil memiliki bagian kepala yang besar dan lebar, dengan mulut bergigi yang juga besar. Selain itu, terdapat pula sebuah antena dengan bola bercahaya pada bagian atas mulutnya. Bola bercahaya pada antena tersebut digunakan sebagai umpan untuk menarik mangsa.

8. Blackmouth Catshark

hewan dasar laut paling seram

(Image by @bigfishexpeditions via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya. Namun wajahnya memang cukup menyeramkan dengan sepasang mata melotot dan moncong cukup panjang. Blackmouth catshark tinggal di kedalaman sekitar 1.500 meter di bawah laut.

9. Blobfish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @blobfishlivesmatter via Instagram)

Ikan yang satu ini memang memiliki tampilan yang aneh dan menyeramkan. Tak heran, jika blobfish masuk ke dalam daftar hewan dasar laut paling seram.

Bobot tubuh ikan yang dapat dikonsumsi ini masa jenisnya lebih ringan daripada air. Oleh karena itu, blobfish bisa melayang di dasar laut tanpa harus mengeluarkan tenaga berlebih.

Hewan ini biasanya ditemukan di sekitar perairan Australia dan Tasmania pada kedalaman 600 hingga 1.200 meter di bawah laut. Meski jauh di dasar laut, ternyata kelestarian ikan blobfish hampir terancam punah karena tingkat reproduktifnya yang lambat dan kerap menjadi korban jeratan pukat nelayan.

10. Gulper Eel

hewan dasar laut paling seram

(Image by @sandbar_conservation via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram lainnya adalah gulper eel. Hewan ini hidup di kedalaman 3000 meter di bawah permukaan laut.

Hewan dasar laut paling seram satu ini mampu memansa hewan-hewan yang lebih besar darinya. Padahal, ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, dan tidak memiliki tulang belakang.

11. Stargazer Fish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @romanhurghada via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram satu jni memiliki tubuh gepeng dan sepasang mata melotot di kepalanya, oleh karena itu, ikan satu ini diberi nama stargazer fish. Ikan ini termasuk ikan yang sangat berbahaya, sebab bisa berkamuflase dengan pasir untuk menjebak mangsanya.

Ikan yang hidup di perairan Atlantik Utara ini akan membuat tubuh gepengnya terkubur di bawah pasir dasar laut, lalu dengan cepat dan sigap menyambar mangsa yang lewat.

12. Ghost Shark

hewan dasar laut paling seram

(Image by @sharkguardian via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram satu ini jarang terlihat pada siang hari dan juga jarang ditemui oleh manusia. Hiu ini ditemukan jauh di lepas pantai California dan hidup di kedalaman sekitar 2.500 meter di bawah laut.

Hiu misterius satu ini dianggap sebagai salah satu sisa hewan purba yang belum punah dan sudah ada di bumi sejak 400 juta tahun lalu. Sama seperti hiu biasa, hiu hantu juga sangat mengerikan dan mematikan.

13. Pacific Dragonfish

hewan dasar laut paling seram

(Image by @prototypes.ltd via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram satu ini hidup di kedalaman hampir 5.000 meter. Sebagian besar mangsa dari hewan dasar laut paling seram yang satu ini adalah ikan-ikan atau hewan dasar laut yang mengeluarkan cahaya.

Meski begitu, perut sang naga laut ini ternyata mampu untuk mencegah keluarnya cahaya dari mangsa yang telah ditelannya tersebut. Wah! Hebat, ya.

14. Dumbo Octopus

hewan dasar laut paling seram

(Image by @dailyanimalfactss via Instagram)

Seperti tokoh animasi Dumbo, gajah kecil dengan telinga sangat lebar, gurita yang satu ini juga memiliki sepasang “telinga” yang lebar. Tetapi, “telinga” tersebut sebenarnya adalah sirip yang digunakan untuk berenang.

Hewan dasar laut paling seram ini juga tidak menyemburkan tinta untuk melindungi dirinya dari ancaman musuh, seperti gurita lainnya. Gurita dumbo biasanya melindungi diri dengan cara berkamuflase dan mengubah warna kulitnya, seperti yang dilakukan oleh bunglon.

15. Bearded Fireworm

hewan dasar laut paling seram

(Image by @sea_hawkes via Instagram)

Hewan dasar laut paling seram yang terakhir adalah bearded fireworm atau cacing api bercambang. Seperti namanya, hewan satu ini memiliki bulu-bulu di tubuhnya yang mengandung racun, dan sangat berbahaya bila tersentuh oleh kulit.

Hewan satu ini hidup di perairan samudera Atlantik. Mereka biasanya banyak ditemui di bawah bebatuan di dasar laut yang berlumpur dan di karang-karang.

Pasti happy nginap di Bobobox!

Mau explore video bawah laut dan hewan dasar laut paling seram di tempat yang nyaman dan internetnya kenceng? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa membuat kegiatan nonton kamu jadi lebih seru, deh.

Selain bisa santai di pod-nya yang unik dan nyaman, kamu juga bisa streaming terus tanpa hambatan setiap waktu, karena Bobobox dilengkapi jaringan WiFi yang pastinya lancar banget. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo datang di Bobobox!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like