rekomedasi wisata sekitar danau toba

Sedang Liburan Ke Danau Toba? Jangan Lupa Kunjungi Objek-Objek Wisata Sekitar Danau Toba Berikut Ini Ya!

Danau Toba di Sumatra Utara merupakan danau terbesar di Indonesia dan kedua terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Berlokasi di Sumatra Utara, danau satu ini menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan, mulai dari perbukitan hijau, pulau vulkanik di tengahnya, serta hamparan air bak lautan luas.

Selain menikmati pesona menakjubkan tersebut, kamu juga bisa sekalian menengksplorasi wisata sekitar Danau Toba yang tak kalah menarik. Berikut adalah 14 di antaranya.

Rekomendasi Wisata Sekitar Danau Toba yang Menarik

1. Sapo Juma Tongging

Wisata Danau Toba - Sapo Juma Tongging

@beritamedan/Instagram

Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo

Tiket: Rp 20.000,00 per orang

Sapo Juma sebenarnya merupakan penginapan yang terletak di pinggiran Danau Toba. Selain menyuguhkan kecantikan danau, penginapan tersebut memiliki area taman bunga aneka warna yang menarik perhatian pengunjung untuk berfoto. Wisata sekitar Danau Toba tersebut memiliki kontur melandai dan telah dilengkapi dengan jalan setapak sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan bunga dalam jarak dekat tanpa merusak tatanannya.


Baca Juga: Menginap Di Bobocabin Signature Toba? Jangan Lupa Bawa Pulang Oleh-Oleh Khas Toba Samosir Berikut Ini Ya!


2. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara - Wisata Danau Toba

@espix/Instagram

Lokasi: Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan

Tiket: Rp 7.000,00

Lembah Bakkara diapit oleh dataran tinggi Toba serta dua aliran sungai, yaitu Aek Silang yang lebih besar dan Aek Simangira yang lebih kecil. Kedua sungai tersebut mengaliri beberapa desa sebelum akhirnya bermuara di Danau Toba. Tempat wisata sekitar Danau Toba ini juga merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, salah satu pahlawan nasional yang berjuang melawan Belanda. Di tempat ini, kamu juga bisa menjumpai Aek Sipongalu, sumber mata air yang keluar dari bebatuan dan terus mengalir sepanjang masa yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun

Foto: kompas.com

Lokasi: Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba

Air terjun Situmurun juga dikenal dengan nama air terjun Binangalom karena airnya yang berasal dari desa Binangalom. Berbeda dengan kebanyakan air terjun, aliran air setinggi 70 meter ini langsung jatuh ke Danau Toba. Keunikan tersebut membuat banyak orang rela merogoh kocek antara Rp 1.000.000,00 – 2.000.000,00 untuk mencapai wisata sekitar Danau Toba tersebut. Agar lebih murah, sebaiknya datang dalam rombongan. Setibanya di sana, kamu bisa memancing atau berenang di sekitar air terjun asal tidak terlalu mendekat ke tempat air jatuh sebab pusaran airnya sangat kencang.

Bobocabin Bobobox

4. Air Terjun Binanga Bolon

via atourin.com

Lokasi: Desa Nagori Purba, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun

Tiket: Gratis (kamu bisa memberi uang tip seikhlasnya)

Air terjun Binanga Bolon merupakan wisata sekitar Danau Toba yang tersembunyi di belantara hutan yang penuh semak dan pepohonan hijau termasuk bambu. Dalam perjalanan menuju air terjun, kamu akan menjumpai sejumlah desa pemukiman warga seperti Liang Deak Horison, Raja Konta, Paga Bangun dan Salbeta. Dengan tinggi sekitar 80 meter, air terjun bersumber dari perbukitan sekitar yang kemudian akan mengalir menuju Danau Toba. Karena itu, kamu bisa menyaksikan keindahan danau dari balik rimbunan pohon.

5. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata - Wisata Danau Toba

via natamagazine.com

Lokasi: Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

Tiket: Rp 8.000,00

Air terjun Efrata merupakan salah satu tempat wisata sekitar Danau Toba yang cukup populer. Selain lokasinya yang begitu dekat dengan danau dan Menara Pandang Tele, air terjun setinggi 20 meter ini juga menyuguhkan keindahan karena diapit perbukitan hijau yang memanjakan mata. Kayu-kayu besar serta bebatuan di sekitar air terjun kerap menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.

 


Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu 

6. Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)

via kendhil.com

Lokasi: Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan

Tiket: Rp 9.000,00 – 15.000,00

Dibandingkan dengan air terjun lainnya, air terjun Turbo belum diketahui oleh banyak orang. Karena itu, wisata sekitar Danau Toba ini masih terbilang sangat asri dengan trek yang cukup terjal serta rimbunan pohon dan tebing menjulang di sekitarnya. Dengan ketinggian hingga 30 meter, air terjun Turbo terbilang memiliki volume besar serta arus yang deras. Karena itu, kamu harus berhati-hati saat berenang di tepian sungainya.

7. Pusuk Buhit

via merdeka.com

Lokasi: Kecamatan Sianjur Mulamula, Kecamatan Penguruan, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir

Tiket: sekitar Rp 10.000,00

Pusuk Buhit sebenarnya merupakan gunung berapi aktif yang akan memberi kamu pengalaman menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian 1.972 mdpl. Berlokasi di tiga kecamatan sekaligus, gunung satu ini rupanya diyakini sebagai tempat lahirnya Suku Batak. Menurut kepercayaan setempat, Si Raja Batak pertama kali diturunkan ke bumi di kaki gunung tersebut. Dalam perjalanan menuju Pusuk Buhit, kamu juga akan menjumpai spot wisata lain seperti Menara Tele, pemandia Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan Rumah Parsakitan.


Baca Juga: Berlibur Ke Danau Toba? Lakukan Kegiatan-Kegiatan Seru Berikut Ini Yuk!


8. Bukit Holbung

via sumut.indozone.id

Tiket: Rp 5.000,00

Pemadangan Danau Toba bisa kamu saksikan dari berbagai sisi di tujuh kabupaten. Salah satunya adalah melalui Bukit Holbung yang ada di Desa Holbung, Kabupaten Samosir. Tempat wisata sekitar Danau Toba ini menyuguhkan pemandangan perbukitan yang mungkin mengingatkan kamu pada Bukit Teletubbies. Di tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan danau dan kegiatan para nelayan dari ketinggian serta pemandangan Pusuk Buhit.

9. Desa Wisata Tomok

via kompas.com

Lokasi: Pulau Samosir

Tomok merupakan sebuah desa wisata di pesisir timur Pulau Samosir. Pengunjung yang berkunjung ke wisata sekitar Danau Toba ini bisa lebih mengenal budaya serta peninggalan leluhur suku Batak melalui kawasan kampung Batak yang menyuguhkan rumah adat, patung Sigale-gale, pemakaman kuno raja-raja Batak, dan Museum Batak.

10. Desa Tuktuk Siadong

via batakpedia.org

Lokasi: Pulau Samosir

Desa Tuktuk Siadong berlokasi di pesisir Pulau Samosir yang berbentuk seperti tanjung. Wisata sekitar Danau Toba ini sangat populer di kalangan pelancong lokal maupun mancanegara. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah kegiatan air di sekitar pantai desa tersebut. Sebut saja berenang, menyelam, kano, jet-ski, waterbike, dan memancing. Selain itu, di sini juga terdapat Bukit Beta Tukktuk yang menyuguhkan hamparan rumput hijau yang luas serta pepohonan di sekitarnya.

11. Desa Paropo

via medanheadlines.com

Lokasi: Kecamatan Silalahi, Kabupaten Dairi

Tiket: Rp 10.000,00-15.000,00

Paropo merupakan salah satu destinasi wisata sekitar Danau Toba yang mendapat julukan Ranu Kumbolonya Sumatara Utara. Hal ini berkaitan dengan pemandangan danau yang akan mengingatkan kamu pada danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Jawa Timur. Karena itu, jangan heran jika banyak yang berkemah di sini sebab Paropo memang terkenal dengan camping ground-nya.

12. Pantai Batu Hoda

via travelspromo.com

Lokasi: Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir

Tiket: Rp 20.000,00

Selain keindahan Danau Toba, Batu Hoda juga menawarkan pemandangan pantai putih dengan pepohonan serta perbukitan hijau di sekitarnya. Di pantai yang melandai ini, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Salah satunya adalah berfoto di spot-spot kekinian yang tersedia.

13. Aek Rangat Panguruan

via andalastourism.com

Lokasi: Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir

Tiket: Rp 50.000,00-100.000,00 untuk kolam pemandian

Di tengah sejuknya suhu di sekitar Danau Toba, kamu bisa menghangatkan diri di Aek Rangat Panguruan. Wisata sekitar Danau Toba ini menawarkan kawasan pemandian air panas yang berlokasi di lereng gunung Pusuk Buhit. Air panasnya keluar dari bebatuan putih atau batu kapur yang kemudian dialirkan ke kolam-kolam pemandian. Kolam-kolam tersebut memiliki tingkat panas yang berbeda-beda sehingga kamu bebas memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Dari tempat ini, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Toba serta berfoto dengan latar bebatuan putih tersebut. Meski tidak dikenakan biaya masuk, kamu bisa membeli minuman dan makanan yang dijual penduduk setempat sebagai bentuk terima kasih.


Baca Juga: Berendam Di Gunung? Ini Dia Manfaat Mandi Air Belerang Menyehatkan!


15. Pemandian Bukit Gibeon

Wisata Danau Toba - Pemandian Bukit Gibeon

via tourtoba.com

Lokasi: Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba

Tiket: Rp 10.000,00

Pemandian Bukit Gibeon berada dalam kompleks Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG). Meski begitu, wisata sekitar Danau Toba ini bisa dikunjungi oleh wisatawan terutama untuk menikmati pemandiannya. Di tempat ini, air terjun Bukit Gibeon mengalir jatuh pada kolam renang yang dibagung di bawahnya. Airnya yang sejuk tentu bikin pengunjung betah berlama-lama menceburkan diri di kolam.

Lepas Penatmu di Bobocabin Signature Toba!

Bobocabin Toba

Bobocabin hadir menawarkan kenyamanan cabin modern dengan keindahan Danau Toba di depan mata. Akomodasi yang berlokasi di kawasan The Kaldera Nomadic Space ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur Smart Window yang bisa kamu atur untuk menikmati privasi atau ke mode transparan sehingga kamu bisa menikmati keindahan alam di depan mata. Klik di sini, untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles