@katieanalyzes/Unsplash

Percantik Rumahmu dengan Jenis-Jenis Sukulen Berwarna Merah Berikut Ini!

Sukulen merupakan salah satu tanaman hias yang cukup diminati baik sebagai dekorasi rumah. Tanaman satu ini  identik dengan daun yang tebal serta minim penyiraman. Sukulen juga biasanya hadir dengan warna hijau yang memberikan kesan tropis dan menyegarkan mata. Bagi kamu yang ingin menambah koleksi baru, namun bosan dengan warna hijau, sukulen warna merah mungkin bisa menjadi pilihan.

Berikut ini adalah beberapa jenis sukulen warna merah yang bisa mempercantik rumahmu.

Sempervivum heuffelii ‘Chocolate Sundae’

sukulen warna merah, chocolate sundae

via mountaincrestgardens.com

Sempervivum heuffelii ‘Chocolate Sundae’ merupakan jenis sukulen warna merah dengan tinggi dewasa mencapai kurang dari 7,6 cm. Bentuk sukulen ini melebar menyerupai bunga dengan diameter mencapai 10 cm.

Daun sukulen Sempervivum heuffelii berwarna merah di ujung dan hijau limau di bagian tengahnya. Warna merah tersebut biasa semakin menggelap tergantung pada musim. Memiliki nama lain “Jobs Beard”, sukulen ini terkenal tahan banting dan mampu bertahan dengan sedikit air. Cocok banget untuk pemula!


Baca Juga: Suka Memelihara Sukulen? Ketahui Jenis-Jenis Sukulen Yang Unik Dan Tidak Biasa Berikut Ini


Echeveria agavoides ‘Romeo’

via succulentsnetwork.com

Sama halnya seperti Sempervivum heuffelii, Echeveria agavoides ‘Romeo’ juga berbentuk seperti bunga. Daun-daunnya saling bertumpukan dengan warna merah hingga ungu. Sukulen warna merah ini bisa tumbuh hingga 12 cm dan melebar hingga diameter 30 cm.

Di musim semi dan awal musim panas, Echeveria agavoides ‘Romeo’ bisa menghasilkan bunga kecil dengan rona serupa daun sukulen tersebut. Perawatannya terbilang mudah. Kamu perlu menyiramnya saat sudah kering. Jika ingin diperbanyak, kamu bisa memotong daunnya atau menumbuhkannya langsung dari benih.

Crassula capitella ‘Red Pagoda’

via worldofsucculents.com

Selanjutnya, ada Crassula capitella ‘Red Pagoda’, sukulen asal Afrika Selatan dengan bentuk yang menarik. Sesuai dengan namanya, sukulen warna merah ini tampak bertumpuk-tumpuk sehingga menyerupai sebuah pagoda merah.

Sukulen tersebut memiliki batang panjang (bisa tumbuh hingga 20 cm) dengan tumpukan daun merah berbentuk segitiga. Bagian dalam daun berwarna hijau sementara bagian luarnya memancarkan warna merah tua sehingga tampak kontras dengan warna hijau tersebut.

Untuk perawatan, Crassula membutuhkan tanah dengan drainase yang baik serta banyak cahaya. Semakin banyak cahaya, semakin baik sebab rona merah tersebut bisa menggelap menjadi burgundi di bawah sinar matahari penuh.

Sempervivum ‘Red Lion

sukulen warna merah, red lion

@estufinhadesuculentas/Instagram

Sama halnya dengan Sempervivum heuffelii ‘Chocolate Sundae’, Sempervivum ‘Red Lion’ juga berbentuk melebar menyerupai bunga. Tanaman satu ini memiliki daun berwarna merah cerah, terkadang dengan ujung daun berwarna hijau atau gradasi warna kuning.

Saat dewasa, sukulen warna merah ini bisa memiliki diameter hingga 15 cm. Selain itu, daunya juga dipenuhi bulu-bulu halus sehingga membuatnya memperoleh nama Red Lion atau singa merah.

Red Lion biasanya menghasilkan offset (tanaman baru) yang bisa kamu biarkan tumbuh berdempetan atau pindahkan ke tempat lain. Tanaman ini juga termasuk tidak beracun bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.


Baca Juga: 30 Jenis Sukulen Untuk Dekorasi Kamarmu! Ini Dia Gambarnya, Dan Cara Terbaik Untuk Merawatnya


Aloe ‘Christmas Sleigh’

@martianplants/Instagram

Mendengar kata aloe, kam mungkin langsung teringat dengan tanaman lidah buaya dengan warna hijaunya. Berbeda dengan sukulen tersebut,  Aloe ‘Christmas Sleigh’ justru memberikan warna berbeda untuk kebun kamu.

Christmas Sleigh ini sama-sama memiliki daun berbentuk segitiga memanjang. Hanya saja, daunnya berwarna hijau tua dengan duri-duri berwarna merah cerah hingga oranye di bagian tepiannya. Di musim tertentu seperti musim gugur, sukulen warna merah ini akan menghasilkan bunga berwarna pink kemerahan yang cerah.

Sedum rubrotinctum ‘Aurora’

via succulentplantcare.com

Sedum rubrotinctum ‘Aurora’ merupakan sukulen warna merah yang berasal dari Meksiko. Sukulen satu ini memiliki batang yang bisa tumbuh hingga 15 cm. Daun-daun berbentuk bulat gemuk memenuhi batang dari pangkal hingga ujung.

Daun Aurora memiliki beragam warna mulai dari merah muda hingga merah tua. Semakin banyak cahaya matahari yang mengenainya, semakin gelap warna sukulen tersebut.

Euphorbia trigona ‘Royal Red’

Euphorbia trigona ‘Royal Red’ adalah sukulen warna merah lainnya yang bisa mempercantik rumah kamu. Tanaman satu ini memilki batang panjang lebar yang terdiri dari tiga sudut. Warnanya cukup beragam, mulai dari hijau, kuning hingga burgundi tua.

Batang Royal Red ditumbuhi dengan daun-daun berwarna merah kehijauan. Jika berada di kondisi yang tepat, Red Royal bisa tumbuh hingga 182 cm saat mencapai umur dewasa. Tanaman satu bisa tumbuh tinggi hanya dalam waktu kurang dari lima tahun.

Kamu bisa menanamnya di dalam pot maupun di kebun. Semakin banyak sinar matahari, semakin gelap warna yang dihasilkan Royal Red.

Mammillaria spinosissima ‘Red-headed Irishman’

via waterwhendry.blogspot.com

Kalau kamu penyuka sukulen unik, Mammillaria spinosissima ‘Red-headed Irishman’ mungkin bisa menjadi pilihan. Sukulen ini memiliki batang yang bisa tumbuh mencapai 30 cm dengan diameter hingga 10 cm.

Duri lebat berwarna merah keoranyean menutupi batang sukulen tersebut sehingga membuatnya nyaris tidak terlihat. Karena itu, orang-orang menamai sukulen asal Meksiko ini dengan sebutan Red-headed Irishman atau orang Irlandia berambut merah. Di musim berbunga, sukulen sekaligus kaktus ini akan menghasilkan bunga berwarna merah cerah hingga pink.


Baca Juga: Lucu Dan Menggemaskan! Yuk Kenalan Dengan Lithops, Si Batu Hidup


Kalanchoe thyrsiflora (paddle plant)

sukulen warna merah, paddle plant

@sevimlikaktusgiller/Instagram

Paddle plant merupakan sukulen yang terdiri dari daun-daun pipih bundar dengan diameter hingga 15 cm. Bagian tengahnya berwarna hijau sedangkan tepian berwarna merah keoranyean. Daun tersebut kemudian meneumpuk, namun tidak rapat, membentuk bunga yang aneh.

Rona merah tersebut akan semakin indah saat tanaman berada di bawah sinar matahari. Sukulen warna merah ini bisa tumbuh hingga 30 cm dan menghasilkan bunga berwarna kuning pucat.

Euphorbia tirucalli ‘Rosea’ (firestick)

@theplantfairies/Instgaram

Sesuai dengan namanya, firestick merupakan jenis sukulen dengan batang bercabang seperti stick atau pensil. Tanaman ini berasal dari Afrika Timur dan Selatan tumbuh vertikal dengan tinggi mencapai 91 cm. Selain berbentuk stick, sukulen ini juga menyerupai terumbu karang dan jika patah, batang akan mengeluarkan getah beracun yang bisa mengiritasi kulit.

Ujung batang firestick biasanya berwarna kuning saat musim panas lalu berubah merah memasuki musim dingin. Warna merah tersebut merupakan hasil dari berkurangnya klorofil yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan. Karena itu, ukuran sukulen warna merah ini terbilang kecil.

Sedum spurium

sukulen warna merah, sedum spurium

@sucuconcreto/Instagram

Selain Sedum rubrotinctum ‘Aurora’, ada juga Sedum spurium yang terkenal dengan warna merahnya. Sukulen warna merah ini bisa tumbuh mencapai 10 cm dengan lebar mencapai 48 cm.

Daun Sedum spurium berbentuk bulat pipih dan saling menumpuk menyerupai bunga. Selain memiliki warna merah yang indah, sukuen ini juga bisa menghasilkan bunga kecil berwarna pink, biasanya di awal musim panas.

Untuk mengusir jenuh dan penat, kamu bisa sesekali meluangkan waktu mengunjungi taman atau hutan yang menyegarkan mata atau sekadar staycation. Masalah akomodasi, jangan ragu untuk menjadikan Bobobox sebagai tempat menginap andalan kamu!

Tempatnya nyaman dan Instragammable, pelayanannya ramah, kebersihan dan keamanan terjamin, dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa menemukan hotel kapsul berlogo koala ini di beberapa kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Medan.

Selain itu, Bobobox juga menawarkan produk lainnya bertajuk Bobobocabin, yakni pengalaman glamping dengan teknologi Internet of Things. Meski berada di tengah alam terbuka dengan segala kesegaran dan ketenangannya, kamu akan tetap merasakan sentuhan teknologi modern sehingga segalanya tetap terasa mudah, aman dan nyaman. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles