fakta tentang kucing

Berencana Adopsi Kucing? Ini Dia 11 Fakta Tentang Kucing yang Harus Kamu Ketahui

Fakta tentang kucing berikut ini akan sangat membantu kamu yang memiliki rencana untuk mengadopsi hewan lucu satu ini. Dengan mengetahui kebiasaan dan fakta-fakta mengenai kucing setidaknya kamu akan lebih telaten dan mengenal bagaimana cara kamu merawat dan berinteraksi dengan mereka. Binatang menggemaskan ternyata memiliki beberapa fakta yang unik dan menarik. Langsung saja yuk kita bahas 13 fakta kucing berikut ini!

Fakta unik tentang kucing yang hraus kamu tahu

Kucing merupakan hewan peliharaan yang mungkin paling banyak digemari oleh orang. Kucing menyimpan aura misterius namun juga menggemaskan di saat yang sama. Yuk sama-sama simak fakta unik tentang kucing biar kamu makin kenal dengan hewan menggemaskan satu ini!

1. Tidak Bisa Merasakan Manis

Fakta tentang kucing yang pertama adalah kucing tidak bisa merasakan manis lewat lidahnya. Padahal faktanya setiap mamalia memiliki gen yang membuatnya bisa menerima rasa manis yang dirasakan oleh reseptor di ujung sel perasa bernama T1R2 dan T1R3. Namun hal ini tidak terjadi pada kucing karena sel perasa tersebut tidak berfungsi dengan baik terutama pada gen T1R2. Inilah mengapa kucing tidak bisa merasakan rasa manis.

2. Menghabiskan 70% Hidupnya untuk Tidur

Fakta tentang kucing selanjutnya adalah kucing menghabiskan waktu selama 15 jam per hari. Hal ini dikarenakan kucing membutuhkan tenaga lebih untuk berburu. Kucing termasuk lebih aktif pada jam-jam fajar dan senja.

3. Kucing Memiliki Gen 95,6% yang Sama dengan Harimau

Fakta tentang kucing berikutnya adalah fakta bahwa kucing memiliki gen 95,6% yang sama dengan harimau. Fakta tentang kucing ini dibuktikan dengan debuah penelitian yang menemukan bahwa seekor kucing kecil rumahan memiliki gen yang nyaris mirip dengan harimau. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kucing memiliki perilaku yang kurang lebih sama dengan harimau seperti senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya.


Baca Juga: Pelihara Kucing di Rumah? Hati-Hati 7 Tanaman Beracun untuk Kucing


4. Kucing Bisa Berlari Sangat Cepat

Sebagai hewan yang memiliki gen hampir serupa dengan harimau, tidak mengherankan kalau kucing memiliki kemampuan berlari yang luar biasa. Kucing dapat menggunakan kemampuan ini untuk membantu memenuhi naluri berburunya saat Ia berada di alam liar.

Fakta tentang kucing ini menunjukkan bahwa kucing dapat berlari dengan kecepatan 30 mph atau setara dengan 48 km/jam jika mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang.

5. Kucing Tertua di Dunia Hidup Selama 38 Tahun

Berapa lama kucing bisa hidup? Kucing dikenal memiliki usia yang cukup panjang. Slah satu kucing tertua di dunia berada di Austin, Texas, Amerika Serikat, dengan umur 38 tahun lebih 3 hari. Kucing ini bernama Créme Puff dan telah bertahan hidup dari tahun 1967 sampai tahun 2005. Jika kamu merawat kucing dengan baik maka kucing pun bisa bertahan hidup dengan lama.

6. Cara Tercepat Bersahabat dengan Kucing

Fakta Tentang Kucing

Sumber: @aoshima_cat via Instagram

Bagi kamu yang ingin menjalin persahabatan yang baik dengan kucing kamu bisa mencoba metode mengedipkan mata secara lambat kepada kucing. Para ilmuwan menemukan bahwa fakta kucing ini adalah cara terbaik untuk membangun hubungan persahabatan dengan kucing. Dalam sebuah studi oleh universitas Portsmouth dan Sussex, peneliti menemukan bahwa teknik tersebut meniru apa yang dikenal sebagai senyuman kucing dan membantu membentuk ikatan antara manusia dan kucing.

7. 1 dari 10 Kucing Mengalami Kegelisahan akan Perpisahan

Faktanya lebih dari satu dari 10 kucing peliharaan yang disurvei dalam sebuah penelitian \memperlihatkan perubahan perilaku saat terpisah dari pemiliknya untuk sementara. Ciri-ciri perilaku kegelisahan ini ditunjukkan dengan mengeong berlebihan, buang air kecil atau besar di tempat yang tidak tepat, agresif, dan mondar-mandir. Depresi-apatis juga bisa terjadi yang ditandai dengan kurangnya energi dan kehilangan minat saat mengalami perpisahan.

8. Kucing Benar-benar Bisa Menyayangi Kita

Jika kamu beranggapan kucing adalah hewan yang cuek, malas, dan tidak peduli dengan manusia maka anggapan ini tak sepenuhnya benar. Pada September 2019, para ilmuwan menyatakan bahwa kucing menunjukkan ciri-ciri secure attachment atau keterikatan yang  kuat terhadap manusia sama seperti yang terlihat pada anjing. Fakta tentang kucing ini menunjukkan bahwa kehadiran manusia pemeliharanya memicu perilaku yang menandakan keamanan dan ketenangan.

9. Kucing Bisa Merasakan Tanda Datangnya Hujan Badai

Dibandingkan manusia dan beberapa hewan lainnya, kucing lebih sensitif terhadap suara, bau, dan perubahan tekanan atmosfer. Fakta tentang kucing berupa kekuatan indra mereka inilah yang memungkinkan mereka menangkap petunjuk bahwa badai akan datang jauh sebelum pemiliknya mengetahui hal itu. Sesaat sebelum badai, telinga bagian dalam kucing akan mendeteksi penurunan tekanan atmosfer yang tiba-tiba dan membuatnya waspada akan kemungkinan badai yang akan datang.
Bobocabin Bobobox

10. Kucing Tak Bisa Makan Sayur dan Buah

Saat kamu mengadopsi kucing jangan pernah memberikan kucing makanan berupa sayur. Hal ini dikarenakan kucing sepenuhnya adalah hewan karnivora karena ia membutuhkan beberapa asam amino yang hanya ditemukan dalam daging. Oleh karena itu fakta tentang kucing ini membuat perawat kucing harus menjaga pola makan kucing yang harus disesuaikan dengan sangat hati-hati berdasarkan usia dan berat badannya..

11. Kumis Kucing Membuat Mereka Menjadi Pembunuh Handal

Fakta tentang kucing yang terakhi adalah kemmpuan kucing dalam memantau keadaan sekitarnya melalui kumis yang dimilikinya. Kumisnya yang tebal ini terhubung dengan saraf yang kemudian membantu kucing melakukan perburuan bahkan di kondisi gelap gulita. Selain itu kumis mereka juga mampu memantau aliran udara untuk mengoordinasikan pergerakannya.

12. Punya Hari Sedunia

Saking populernya, ada hari kucing sedunia untuk memperingati hewan imut dan menggemaskan satu ini. Spesifiknya, hari kucing sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang tentang kesejahteraan dan kesehatan kucing, baik itu kucing liar maupun kucing yang telah menjadi peliharaan. Hari kucing sedunia sendiri jatuh pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya.

13. Dianggap sebagai Dewa

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa pada jaman Mesir Kuno, kucing dianggap sebagai jelmaan dewa. Ternyata, hal itu bukanlah lelucon belaka! Diceritakan terdapat seekor kucing bernama Mafdet yang dianggap sebagai dewa kucing pertama. Ia dianggap sebagai pelindung berbagai hewan mematikan seperti ular, kalajengking, serta hewan dengan bisa mematikan lainnya.

Orang-orang Mesir Kuno menyembah dewa Mafdet untuk mendapatkan perlindungan dari hewan-hewan tersebut dan mendapatkan keadilan di dunia.


Baca Juga: Inilah 7 Spesies Kucing Paling Lucu yang Bikin Kamu Gemes Terus!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri
Foto header: Freepik via freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles