Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Wisata Kuliner Di Solo Yang Wajib Dicoba

Kota Solo memang memiliki daya tariknya tersendiri. Tapi kamu sudah pernah coba kuliner khas Kota Solo belum?

Kekayaan kuliner Indonesia memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Dari ujung Sabang hingga Merauke, setiap daerah memiliki cita rasanya tersendiri. Nah, kali ini Bob akan membahas keunikan kuliner yang sudah sangat terkenal dari Kota Solo.

Serabi Notosuman

kuliner Solo
https://jabar.tribunnews.com/2017/11/23/serabi-notosuman-di-jalan-bengawan-sudah-bertahan-10-tahun-murah-dan-rasanya-tak-mengecewakan

Nama Serabi Notosuman memang sudah melekat dengan Kota Solo. Rasa manisnya yang unik dan khas hasil dari campuran santan, gula, dan susu membuat siapa saja pasti akan datang lagi untuk mencicipi.

Terdapat dua varian rasa kuliner Solo yang satu ini, yaitu original dan cokelat. Harganya yang terjangkau pun menjadi alasan kenapa Serabi Notosuman selalu laris didatangi pembeli. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp20.000 untuk serabi original atau Rp25.000 untuk rasa coklat dan kenikmatan Serabi Notosuman sudah bida kamu dapatkan.

Jika berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk mampir ke Serabi Notosuman di Jalan Muhammad Yamin no.28, Solo. Di tempat produksi kuliner Solo ini, kamu bisa melihat pembuatan serabi yang masih tradisional yaitu dengan menggunakan tungku.

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Mencari cemilan segar di Kota Solo sangat mudah, loh. Jika kamu berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk mencicipi kesegaran Es Gempol Pleret Pak Suhar sebagai pelepas dahaga saat siang hari.

Kuliner Solo yang satu ini merupakan perpaduan tepung beras dan gula jawa yang disajikan dengan santan cair dan es batu. Baru mendengar penyajiannya saja, Bob sudah bisa membayangkan kesegaran Es Gempol Pleret Pak Suhar saat disantap di tengah udara panas siang hari.

Saat ini tidak mudah untuk menemukan penjual es gempol pleret di Kota Solo. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan kuliner Solo ini dengan mudah di samping Masjid Tegalsari Solo.

Timlo Sastro

kuliner Solo
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/19/01/22/plpxjt328-timlo-sup-yang-hanya-ada-di-solo

Bagi kamu pecinta makanan berkuah, kamu wajib mencoba kuliner Solo yang satu ini. Timlo merupakan kuliner Solo yang berupa sup kuah bening dengan beragam topping seperti ayam suwir, sosis, hati ampela, dan telur pindang.

Salah satu timlo yang paling terkenal di Kota Solo adalah Timlo Sastro yang terletak di belakang Pasar Gedhe, Solo. Dengan hanya membayar Rp20.000 saja, kamu bisa menyantap puas kuliner Solo yang satu ini. Tidak heran Timlo Sastro selalu penuh oleh pengunjung karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau.

Sate Kambing Hj. Bejo

Kuliner Solo yang satu ini tidak perlu diragukan lagi rasanya. Bahkan, Sate Kambing Hj. Bejo ini sudah menjadi langganan Bapak Presiden Joko Widodo sebelum beliau menjabat menjadi Walikota Solo. Sate kambing ini berbeda karena satenya berbentuk sate bunthel atau daging kambing yang dilapisi lemak kemudian dibakar.

Selain menjual sate kambing, kuliner Solo yang berlokasi di Pasar Kliwon ini pun menyediakan beragam menu berbahan daging kambing. Di sini, kamu juga bisa mencicipi tongseng, gulai, dan tengklengnya yang tak kalah lezat, loh.

Soto Gading

kuliner solo
https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/10/soto-gading

Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Solo tanpa mampir mencicipi Soto Gading. Kuliner Solo yang satu ini tersebar di berbagai penjuru Kota Solo, namun yang paling terkenal terletak di Jalan Brigjen Sudiarto, Pasar Kliwon.

Kuliner Solo ini selalu menjadi pilihan warga Solo untuk sarapan. Kuah beningnya yang kaya rempah serta beragam macam topping seperti ayam suwir, tempe, jeroan, sapi, hingga perkedel kentang akan menambah kelezatan Soto Gading ini.

Kabarnya, Soto Gading ini menjadi langganan para pejabat juga, loh. Maka dari itu, jangan sampai terlewat mencicipi kuliner ini saat berkunjung ke Solo ya.

Tengkleng Bu Edi

Jika kamu mengunjungi Pasar Klewer, Solo dan menemukan sudut dimana banyak orang berkumpul, mungkin itu adalah lokasi Tengkleng Bu Edi. Kuliner Solo yang satu ini memang sangat terkenal kelezatannya hingga bisa habis dalam hitungan jam sejak mulai dibuka pada pukul 14.00 WIB.

Tengkleng Bu Edi ini memang istimewa. Terdiri dari jeroan kambing dan tulang yang disiram kuah kuning, membuat kuliner Solo yang memiliki cita rasa gurih dan pedas ini menjadi tujuan siapa saja yang ingin berburu kuliner Solo.

Cabuk Rambak

kuliner solo
https://jogslo.wordpress.com/2019/06/24/cabuk-rambak-khas-solo-yang-mulai-jarang-ditemui/

Bagi kamu yang sedang berjalan-jalan di sekitar Stadion Manahan, Solo, jangan lupa untuk mencari penjual Cambuk Rambak. Kuliner Solo ini merupakan kudapan khas yang terdiri dari ketupat yang disiram sambal wijen dan dilengkapi karak.

Karak sendiri adalah kerupuk khas Solo yang terbuat dari nasi kukus yang diberi bumbu. Rasanya? Jangan ditanya, deh. Paduan rasa gurih dan pedas akan memanjakan lidahmu. Kuliner Solo ini sangat cocok dijadikan cemilan ataupun sebagai menu sarapan atau makan malam.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Satu lagi kuliner Solo andalan yang akan menolong perutmu saat lapar tengah malam. Gudeg Ceker Bu Kasno menyediakan berbagai menu gudeg pada umumnya ditambah dengan menu cekernya yang terkenal.

Tak tanggung-tanggung, meskipun kuliner Solo ini hanya buka dari jam 1 malam hingga jam 4 pagi, namun biasanya dagangan Bu Kasno selalu habis terjual. Gudeg ceker yang sudah buka sejak tahun 1970an ini berlokasi di Jalan Monginsidi, Solo, tepatnya sebelah barat SMA Negeri 1 Solo.

Sepiring nasi gudeg ceker lengkap harganya hanya sekitar Rp20.000 saja. Jadi tunggu apalagi, bagi kamu yang selalu lapar tengah malam dan sedang berkunjung ke Solo, Gudeg Ceker Bu Kasno solusinya.

Nasi Liwet Wongso Lemu

kuliner solo
https://www.viva.co.id/indepth/sorot/792679-rasa-tak-luntur-nasi-liwet-solo

Satu lagi kuliner Solo yang buka pada malam hari. Nasi Liwet Wongso Lemu yang terletak di Jalan Teuku Umar Keprabon ini buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari. Jangan heran jika kuliner Solo ini selalu penuh pengunjung karena kelezatan nasi liwetnya hampir tak ada tandingan.

Nasi gurih dengan lauk ayam suwir, sayur labu, dan tellur bisa kamu nikmati dengan harga sekitar Rp10.000 saja.

Warung Selat Mbak Lies

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Selat Solo, kamu bisa mendatangi Warung Selat Mbak Lies. Selat Solo sering disebut juga sebagai steaknya Solo. Kuliner Solo yang satu ini dapat dijumpai di Serengan, Solo. Kamu bisa bertanya warga sekitar dimana letak Warung Mbak Lies karena memang lokasinya cukup sulit untuk ditemukan.

Selat Solo sendiri terdiri dari semur daging sapi, kentang goreng, wortel, buncis, dan masih banyak lagi pelengkap kuliner Solo yang satu ini. Pokoknya Selat Solo tidak kalah rasanya dengan steak luar negeri. Siapapun yang ke Solo, wajib coba steak lokal ini.

Santap Kuliner Bersama Teman di Bobobox

kuliner Solo

Bisa berkumpul dengan teman sambil menyantap menu yang lezat memang menyenangkan, Apalagi jika kamu sedang liburan bersama. Di Bobobox, kamu bisa melakukan semuanya karena hotel kapsul Bobobox juga dilengkapi ruang komunal untuk berkumpul dengan teman ataupun pasangan.

Pokoknya Bobobox akan memfasilitasi kebutuhanmu mulai dari kenyaman dan keamanan tempat menginap hingga pengalaman-pengalaman seru lainnya yang hanya akan kamu temui di Bobobox. Sebagai hotel kapsul bertema futuristik dan sudah terintegrasi IoT, kamu akan merasakan sensasi menginap seperti di dalam pesawat ruang angkasa.

Penasaran? Tunggu apalagi, selalu cek info tentang Bobobox di sini.