tips produktif dari rumah

Susah Produktif Kalau di Rumah Terus? Ini Dia 11 Tips Produktif di Rumah

Tips produktif di rumah berikut ini bisa jadi solusi bagi kamu yang sedang gelisah karena sulit fokus saat akan bekerja di rumah. Seperti yang kamu ketahui di situasi saat ini pandemi membuat ruang gerak banyak orang tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia menjadi terbatas. Adanya kebijakan social distancing, karantina, bahkan lockdown di beberapa daerah di dunia membuat banyak perusahaan mengeluarkan kebiajakan work from home atau bekerja di rumah.

Bekerja di rumah tanpa harus pergi ke kantor menjadi sebuah kemewahan bagi sebagian besar orang. Namun tak jarang juga banyak ditemui orang-orang yang mengalami kesulitan untuk bekerja di rumah karena banyaknya gangguan. Gangguan-gangguan yang ditemui di rumah ini kemudian membuat banyak pekerja merasa frustasi dan tak produktif. Untuk mengatasinya Bob sudah merangkum 10 tips produktif di rumah agar kamu bisa tetap aktif bekerja seperti berikut ini!

Tips Produktif Walau Kerja dari Rumah

Kerja di rumah telah menjadi tren belakangan ini. Fleksibilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik baik untuk perusahaan maupun karyawannya. Namun, bekerja dari rumah kerap identik dengan tidak produktif. Tapi tentu itu kembali pada sistem dan diri masing-masing.

Yuk simak tips produktif walau kerja dari rumah dari Bobobox berikut ini:

1. Persiapkan Peralatan Bekerja atau Belajar

Tips produktif di rumah yang pertama adalah dengan mempersiapkan berbagai peralatan pendukung bekerja atau belajar kamu. Siapkan laptop atau PC, mouse, keyboard, headset, serta webcam dan pastikan semuanya dapat bekerja dengan optimal. Kamu juga bisa mencoba mempersiapkan diri sebaik mungkin seperti halnya kamu sedang bekerja di kantor agar kamu menjadi lebih serius dan fokus berkerja. Rutinitas mandi sebelum bekerja sebelum pandemi bisa kamu terapkan saat di rumah.

2. Persiapkan Software untuk Video Conferencing

Tips produktif di rumah berikutnya adalah mempersiapkan berbagai software dan juga aplikasi yang akan kamu gunakan untuk bekerja atau belajar. Agar kamu dapat bekerja dengan produktif maka kamu bisa coba beberapa bantuan berupa software dan juga aplikasi yang dapat membantu kamu bekerja dengan lebih mudah. Agar kamu bisa melakukan video call lebih mudah dengan berbagai fitur yang lengkap misalnya kamu bisa coba software seperti ZOOM, Google Hangouts, dan lain sebagainya.

3. Siapkan Tempat Khusus

Walau kamu bekerja dari rumah, bukan berarti kamu harus berada di suasana ‘rumah’. Siapkanlah ruang kerja khusus di mana kamu bisa berada sedang di kantor yang bisa membuat kamu fokus untuk bekerja. Walaupun serasa di kantor, kamu tetap dapat beristirahat layaknya di rumah.

Ketika istirahat, hindari sebisa mungkin berada di area ruang kerja tersebut. Coblah untuk ke sudut lain rumah sehingga tubuh dan pikiran kamu akan mengindentikkan ruang kerja tersebut selayaknya kantor sehingga ketika kamu berada di dalamnya, tubuh dan pikiran kamu akan bisa langsung fokus.


BACA JUGA: Tidak Punya Energi Untuk Produktif? Ini Dia Ciri-Ciri Dan Cara Terbaik Untuk Mengatasi Burnout!


4. Tetapkan Pola yang Konsisten

Bicara tentang tips produktif di rumah, tips produktif di rumah ini pun tak boleh dilewatkan. saat bekerja atau belajar di rumah banyak orang yang sulit fokus dan produktif karena pola hidup yang tidak konsisten. Oleh karena itu agar kamu bisa lebih produktif bekerja atau belajar di rumah mulailah benahi pola hidup kamu secara konsisten. Susun jadwal harian kamu dengan baik lalu berkomitmenlah untuk menerapkannya sesuai jadwal.

5. Kolaborasi dengan Rekan Kerja atau Teman Sekolah

Selama bekerja atau belajar dari rumah hal lain yang membuat kamu kurang produktif adalah karena kamu melakukannya sendirian. Berbeda dengan sebelum pandemi kamu bisa bekerja dan belajar bersama teman, bekerja sendirian faktanya bagi sebagian besar orang terasa sangat sulit dilakukan.

Hal ini membuat mereka kurang bersemangat dalam bekerja atau belajar sehingga menjadi kurang produktif. Oleh karena itu untuk menanganinya kamu bisa coba melakukan kolaborasi dan berkomunikasi via WhatsApp, telepon atau SMS. Kamu pun bisa melakukan video conferencing software secara berkala.
Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Berikan Penghargaan untuk Diri Kamu

Masa pandemi ini adalah masa yang sulit bagi semua orang tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh enjuru di dunia. Merasa stres dan frustasi karena melakukan berbagai aktivitas di rumah memang sangat wajar terjadi. Namun pastikan untuk tidak membiarkan stres ini berlarut-larut. Kamu bisa memberikan reward atau penghargaan kepada diiri kamu sendiri dengan melakukan hobi yang kamu suka, membeli hal yang kamu inginkan, dan makan makanan yang enak. Tetap jaga kesehatan dan sebarkan semangat positif ke siapa saja.


BACA JUGA: 12 Tips Time Management Terbaik Agar Harimu Lebih Produktif!


7. Ambil Posisi Kerja yang Nyaman

Bagi kamu yang terbiasa bekerja di meja kantor maka kamu bisa mencoba melakukan hal yang sama saat bekerja di rumah. Sebagian lainnya mungkin merasa nyaman bekerja di sofa atau di atas tempat tidur karena adanya kebebasan. Namun Bob sangat tidak menyarankan untuk melakukan hal ini karena dikhawatirkan dibandingkan produktif bekerja kamu justru malas-malasan bekerja di atas kasur.

8. Buat Suasana Seperti Kantor

Buatlah rumah kamu sedemikian rupa memiliki suasana yang sama seperti saat kamu bekerja di kantor atau saat belajar di sekolah/kampus. Jika di kantor kamu bekerja di dekat jendela kamu bisa coba hal yang sama saat bekerja di rumah. Sinar matahari bisa membantu kamu bekerja lebih bersemangat dan membuat kamu bahagia selain membuat tubuh kamu sehat karena asupan vitamin D.

@Dragana_Gordic via Freepik

9. Hindari Kegiatan Lain

Tak kalah penting dari tips produktif di rumah di atas, tips produktif di rumah berikut ini pun sangat penting kamu perhatikan. Saat kamu memiliki tugas belajar atau bekerja pastikan untuk hindari melakukan kegiatan lain. Kamu dapat melakukan kegiatan lain hanya saat pekerjaan kamu sudah selesai agar pekerjaan kamu dapat terselesaikan dengan baik.


BACA JUGA: Ngantuk Saat Jam Kerja? Kembali Segar Dan Produktif Dengan Power Nap, Yuk!


10. Luangkan Waktu Istirahat

Tips produktif di rumah yang berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan harian kamu atas istirahat. Jangan sampai kamu bekerja terlalu keras tanpa istirahat dan waktu tidur yang cukup. Selain itu kesehatan kamu pun menjadi terkorbankan karena kamu stres tanpa adanya penyegaran otak dan ubuh yang mencukupi.

Pastikan sebelum melakukan tips-tips di atas kamu sedang berada dalam kondisi yang stabil dan tidak merasa tertekan atau stres. Jadwal yang rapi dan terorganisir tidak akan terlalu memberi pengaruh terhadap produktivitas harian kamu jika kamu sedang merasa tertekan atau stres. Oleh karena itu saat semuanya terasa melelahkan dan saat kamu sudah tidak lagi mampu menopang beban yang kamu pikul sebaiknya kamu beristirahat.

11. Menjaga Kesehatan Tubuh

Walaupun kamu berada di rumah, kamu tetap akan bekerja yang berarti tubuh dan pikiran kamu akan lelah selayaknya kamu bekerja sehari-hari di kantor. Ditambah lagi, jam kerja selama kamu bekerja di rumah akan menjadi lebih fleksibel; kadang sulit membedakan kapan waktunya berhenti bekerja dan kapan waktunya bekerja karena kamu sedang di rumah.

Situasi ini kerap membuat badan menjadi tidak bugar dan kamu akan mudah sakit. Untuk mengatasinya, tetap perhatikan pola makan dan jangan ragu untuk meminum vitamin atau obat ketika kamu sudah merasa sakit. Segera ambil waktu istirahat ketika kamu merasa pusing karena menatap layar terlalu lama dan tentunya jangan tidur terlalu malam!

Untuk menyembuhkan stres, traveling memang menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu jauh-jauh untuk traveling karena dengan staycation pun kamu bisa mendapatkan esensi traveling yang sama. Nah, salah satu tempat staycation yang bisa kamu pilih adalah Bobobox.

Hotel dengan bermaskot koala ini menyediakan fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakanmu saat menginap di sini. Dengan demikian, kualitas beristirahatmu nantinya akan tetap terjaga. Untuk memesan pod di Bobobox, cukup unduh aplikasi Bobobox. Setelah itu, kamu bisa dengan mudah untuk memesan pod yang kamu inginkan.

bobobox kebayoran baru

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri
Foto header: Sumber: our-team via freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles