pexels-cottonbro-3171837

Lagi Zaman Nikahan? Ini Dia Tips Menjaga Diri Dari Penularan Virus Corona Saat Menghadiri Resepsi

Setelah masa karantina yang cukup panjang, beberapa daerah di tanah air mulai menerapkan sejumlah kebiasaan baru di era new normal ini. Pemerintah pun mulai mengizinkan diselenggarakannya berbagai kegiatan publik seperti resepsi pernikahan.

Namun, tentu saja dengan syarat semua yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan yang sesuai. Berikut sudah Bob rangkum untuk kamu 10 tips menjaga diri saat nikahan yang bisa kamu terapkan nanti. Check these out!

1. Memakai Masker

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @cottonbro via Pexels)

Tips menjaga diri saat nikahan yang pertama adalah dengan selalu memakai masker. Tidak hanya saat menghadiri nikahan saja, kamu wajib memakai masker kemanapun kamu pergi demi terhindar dari paparan virus corona.

Selalu memakai masker pun bukan semata-mata hanya demi dirimu saja, tapi juga untuk menjaga orang lain di sekitarmu agar tidak tertular. Sebab, bukan tidak mungkin bahwa kamu adalah salah satu OTG atau Orang Tanpa Gejala yang berisiko menularkan virus ini ke orang lain.

Agar tips menjaga diri saat nikahan ini lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan alat pelindung diri lainnya seperti face shield, untuk melindungi dirimu saat menyantap jamuan. Sebab, nggak mungkin dong kamu makan tapi masih pakai masker? Hihihi.

2. Menjaga Jarak

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @KarolinaGrabowska via Pexels)

Meski terdengar sulit karena pasti akan ada banyak tamu undangan yang hadir, namun tips menjaga diri saat nikahan ini wajib banget untuk selalu kamu patuhi. Nggak mau kan kalau harus bawa pulang penyakit setelah menghadiri perayaan hari bahagia seperti ini?

Seperti yang selalu diimbau oleh pemerintah untuk menjaga jarak minimal 1 meter, patuhi juga tips menjaga diri saat nikahan ini. Sebab, banyak kasus penularan virus corona ini dari kelompok orang-orang yang berkerumun, tidak menjaga jarak, dan lalai menjalankan protokol kesehatan.

3. Membawa Hand Sanitizer

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @cottonbro via Pexels)

Karena pandemi Covid-19 ini, daftar barang bawaan yang ada di tas memang jadi bertambah ya. Salah satunya, kita jadi wajib membawa hand sanitizer kemana-mana demi menjaga tangan kita selalu bersih dari virus dan kuman.

Nah, membawa hand sanitizer di tas juga merupakan salah satu tips menjaga diri saat nikahan yang ngga boleh sampai kamu lupakan, lho. Bawalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol tinggi (70%) untuk  membunuh virus yang ada di tanganmu.

Tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini terbilang sangat penting, karena virus yang tak terlihat oleh mata bisa saja menempel pada benda-benda di tempat resepsi yang kemungkinan tersentuh oleh kita. Selain hand sanitizer, kamu juga bisa membawa pembersih lainnya, seperti tissue basah, tissue kering, dan lain-lain.

4. Membawa Alat Makan Sendiri

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @PhotoMIXCompany via Pexels)

Tips menjaga diri saat nikahan yang selanjutnya adalah dengan membawa alat makan sendiri, seperti sendok garpu, sumpit dan pisau makan. Memang, ini terdengar agak lebay. Tapi lebih baik lebay daripada menyesal, kan?

Tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini memang sebisa mungkin dilakukan karena kita tidak tahu apakah peralatan makan yang disediakan di tempat resepsi benar-benar bebas dari virus atau tidak.

Namun, jika kamu tetap memutuskan untuk menyantap hidangan atau makanan kecil yang ada tanpa membawa peralatan makan sendiri, ingatlah untuk selalu membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau tissue basah sebelum dan sesudah makan.

5. Salam Namaste

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @RaaminKa via Pexels)

Sama halnya dengan selalu menjaga jarak minimal 1 meter, melakukan tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini juga terbilang susah-susah gampang. Sebab, resepsi pernikahan bisa menjadi semacam acara reuni dimana kita pasti akan bertemu banyak orang di sana.

Belum lagi jika ada kawan lama yang sudah lama tidak bertemu, pasti ingin sekali untuk cipika-cipiki atau bahkan berpelukan. Nah, tapi tahan diri dulu ya, karena tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini juga demi keselamatan bersama. Kalau rindu, sebaiknya ngobrol di chat atau social media aja, ya. 😉

6. Angpao Non Tunai

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @SoraShimazaki via Pexels)

Jika sebelum pandemi kita terbiasa untuk memberikan angpao dalam amplop dan memasukkannya ke dalam kotak angpao, maka sekarang sebaiknya kebiasaan tersebut kamu hindari dulu. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini, yaitu memberikan angpao non tunai.

Tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini bertujuan untuk menjaga kedua belah pihak, lho, baik itu tamu undangan dan juga pengantinnya. Selain itu, memberi angpao non tunai juga lebih praktis dan cepat di era digital serba canggih seperti sekarang ini, karena kamu tinggal transfer saja uangnya. 😉

7. Hindari Menyentuh Benda-Benda yang Tidak Perlu

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @EdwardJenner via Pexels)

Tips menjaga diri saat nikahan yang berikutnya adalah hindari menyentuh benda-benda yang ada di tempat resepsi jika memang tidak perlu. Contohnya meja-meja tempat hidangan, gagang pintu, atau bahkan bunga-bunga yang menjadi hiasan di tempat resepsi, karena ada saja beberapa orang yang sering gemes lihat bunga-bunga yang cantik.

Sebab, virus corona yang menempel pada permukaan benda bisa bertahan hidup hingga 9 jam, lho. So, jangan lupa untuk selalu menerapkan tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini, ya. Sebelum menyentuh benda-benda tersebut, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan tissue basah atau semprotan disinfektan.

8. Hindari Ke Toilet Jika Tidak Perlu

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @ElleHughes via Pexels)

Tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini memang terdengar sepele dan tidak penting. Padahal, menghindari pergi ke toilet umum di tempat resepsi juga merupakan salah satu hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk meminimalisir risiko tertular virus corona.

Selain karena toilet merupakan tempat yang paling banyak terdapat kuman, toilet juga sangat sering disinggahi orang-orang. So, sebaiknya hindari pergi ke toilet umum sebagai salah satu tips menjaga diri saat nikahan. Kamu bisa lakukan hal-hal seperti buang air kecil di rumah sebelum berangkat ke pesta, ya.

9. Jangan Terlalu Lama Berada di Pesta

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @АннаХазова via Pexels)

Tips menjaga diri saat nikahan selanjutnya adalah sebisa mungkin jangan terlalu lama berada di pesta. Tentunya hal ini juga dilakukan demi menghindari risiko penularan akibat berkerumun dengan tamu lainnya.

Jangan takut dianggap tidak sopan karena buru-buru pergi dari pesta. Tetaplah lakukan tips menjaga diri saat nikahan yang satu ini, sebab, tuan rumah atau pihak penyelenggara pesta pun pasti akan sangat mengerti kondisi yang ada saat ini.

10. Jangan Datang Jika Tidak Fit

tips menjaga diri saat nikahan

(Photo by @AndreaPiacquadio via Pexels)

Terakhir, tips menjaga diri saat nikahan yang patut kamu lakukan adalah jangan memaksakan diri untuk datang jika sedang tidak fit. Sebab, saat sistem imun tubuh lemah, tubuh akan lebih mudah terserang virus dan berbagai penyakit.

Tentu saja, datang ke nikahan yang pasti penuh dengan banyak orang akan sangat berisiko. Selain itu, sebisa mungkin jangan mengajak anggota keluargamu yang masih kecil atau lansia saat datang ke nikahan, ya, karena mereka pun berisiko tinggi untuk tertular.

Pasti happy menginap di Bobobox!

Niat karantina mandiri sepulang kondangan? Tapi bosan kalau harus karantina mandiri di rumah? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama menginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay happy, stay healthy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles