tips menjadi travel blogger

Ingin Bercerita tentang Travelling? Berikut 10 Tips Menjadi Travel Blogger!

Menjadi travel blogger merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Siapa yang tidak mau menghasilkan uang sambil jalan-jalan? Walau demikian, menjadi travel blogger bukanlah pekerjaan yang mudah tercapai. Kamu membutuhkan dedikasi dan kemampuan yang tepat untuk bisa mencapai impian tersebut.

Dengan mengetahui tips menjadi travel blogger kamu tak hanya dapat memberi informasi yang bermanfaat kepada setiap pembaca tapi juga kamu berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Simak tips menjadi travel blogger berikut!

Tips menjadi Travel Blogger bagi Pemula

Jalan kamu untuk menjadi travel blogger adalah jalan yang panjang. Untuk membantu kamu mencapai impian tersebut, berikut adalah beberapa tips dari Bobobox untuk membantu kamu mencapai impian tersebut!

1. Tips Banyaklah Membaca Berbagai Bacaan Berbeda

pria membaca buku

Sumber: Aaron Owens via Unsplash

Travel blogger adalah seseorang dengan pengetahuan yang luas. Dengan pengetahuannya yang luas tersebut, Ia akan dapat menemukan berbagai destinasi unik dan menggali cerita unik di berbagai penjuru dunia.

Jika kamu bermimpi untuk dapat menjadi seperti itu, mulai sekarang juga dengan memperbanyak bacaan terkait berbagai topik, seperti sejarah, sastra, geografi, sastra, dan topik lainnya yang bisa kamu angkat di dalam blog travel kamu. Seiring kamu membaca banyak tulisan, kamu nantinya bisa menemukan gaya menulis yang sekiranya sesuai dengan gaya penulisan yang kamu inginkan.

2. Berfikir Berbeda dan Lakukan Inovasi!

Tips menjadi travel blogger selanjutnya adalah dengan berpikir out of the box. Cobalah lakukan inovasi dengan blog kamu yang mungkin tidak banyak blogger Indonesia lain lakukan. Dengan berpikir berbeda dan melakukan beberapa gebrakan inovasi maka blog kamu akan memiliki ciri khas tersendiri yang menarik. Hal ini akan mengundang banyak pengunjung membaca setiap content yang kamu buat di blog kamu.

3. Lakukan Investasi Terhadap Travel Blog Kamu

Untuk membuat travel blog yang sukses kamu harus rela melakukan pengorbanan, seperti uang dan waktu.

Karena kunci dari mengembangkan blog yang baik adalah dengan konsisten memberi perhatian kepadanya dan mengelolanya dengan baik. Kamu bisa lebih serius mengelola blog kamu salah satunya dengan membuat ilustrasi profesional yang bisa kamu buat sendiri. Jika kamu serius ingin membuat desain blog atau ilustrasi yang lebih profesional kamu bisa bekerja sama dengan designer atau ilustrator yang mungkin kamu kenal.

Untuk memberikan identitas yang lebih jelas dan terpercaya, belilah domain website dengan ekstensi terpercaya, seperti .com atau .id. Domain website yang terpercaya bisa membantu blog kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Saat memilih nama blog, pastikan kamu menggunakan nama yang unik. Tidak perlu nama yang belum pernah orang dengar, kamu misalnya bisa menggunakan nama kamu sendiri atau menggunakan nama panggilan biar blog kamu terdengar lebih personal.

Totalitas pengelolaan blog yang kamu kelola tentu akan menarik banyak pengunjung untuk mengikuti setiap update blog kamu. Hal ini juga memperbesar peluang kerjasama dari berbagai instansi ataupun iklan yang ingin melakukan penawaran terhadap kamu dengan blog yang kamu miliki. Oleh karena itu pikirkan secara serius setiap detail yang ada di blog kamu ya agar hasilnya pun maksimal!

4. Fokuskan Travel Blog Kamu

seseorang fokus bekerja

Sumber: Bonnie Kittle via Unsplash

Salah satu hal yang membuat seorang travel blogger gagal membangun blognya adalah kehilangan fokus. Dalam hal ini yang dimaksud fokus adalah fokus pembahasan. Kamu tentunya sudah membayangkan akan membahas banyak hal dalam blog kamu, mulai cerita perjalanan, sejarah destinasi, kuliner yang menarik, dan lainnya.

Topik-topik tersebut tentu memang tepat untuk kamu bahas. Namun, pastikan kamu fokus pada satu atau dua hal lebih dahulu. Jangan coba untuk membahas banyak hal sekaligus! Bangun dulu reputasi kamu sebagai seorang sosok travel blogger yang terpercaya pada suatu bidang.

Bangun karakter yang bisa melekat dengan pembaca yang membuat mereka selalu ingin tahu hal apa yang akan kamu bahas selanjutnya. Baca dan pelajari travel blogger lainnya dan lihat apa yang mereka bahas dan bagaimana mereka membahas hal tersebut. Kamu tidak perlu sungkan untuk meniru blogger lain pada awalnya namun pastikan kamu menemukan jati diri kamu agar bisa sukses sebagai diri kamu sendiri.

5. Buat Produk

Tak kalah penting dengan tips-tips di atas, tips menjadi travel blogger ini pun penting kamu miliki untuk mengembangkan bisnis blog kamu. Jika kamu memiliki jiwa bisnis kamu bisa memanfaatkan produk yang kamu milliki untuk kemudian kamu tawarkan ke setiap pengunjung yang mengunjungi blog kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir mencemaskan penghasilan travel blog hanya dari uang sponsor saja tetapi juga dari produk yang kamu jual sendiri.

6. Jangan Terlalu Sering Mengambil Sponsor

Saat kamu mengembangkan blog kamu cukup lama kamu mungkin akan mendapatkan tawaran sponsor. Bukan sesuatu hal yang salah bagi kamu untuk mengambil penawaran sponsor namun ada baiknya kamu pun memiliki porsi tersendiri untuk membahas berbagai hal sesuai dengan opini kamu sendiri tanpa tergiring sponsor. Hal ini kemudian akan membangun kepercayaan pengunjung blog kamu bahwa kamu mampu memberikan opini yang dapat dipercayai oleh mereka.

7. Jaringan di Luar Travel Blog

Bagi kamu yang sudah mulai mengembangkan blog kamu, cobalah untuk mulai membangun relasi dengan banyak orang. Tidak hanya dengan sesama travel blogger kamu juga bisa membangun relasi dengan pihak-pihak yang berkecimpung di bidang industri travel, pemilik restoran, dan masih banyak lagi. Hal ini akan membuat lingkar jaringan kamu semakin luas dan akan memberikan dampak yang baik terhadap pengembangan blog kamu.
Bobobox Maximum Comfort Banner

8. Berhenti Untuk Membicarakan Diri Sendiri

Saat kamu mulai menulis konten di blog pastikan kamu menulis apa yang ingin dibaca oleh pembaca. Tempatkan posisi pembaca di dalam diri kamu kira-kira apa sih yang ingin pembaca ketahui mengenai topik yang akan kamu angkat? Jangan sampai kamu hanya fokus membahas mengenai diri kamu. Hal ini akan membuat pembaca bosan membaca isi tulisan kamu. Tulislah sebuah cerita yang mampu melibatkan pembaca untuk dapat membayangkan apa yang kamu alami selama travelling agar terbentuk sebuah emosi yang menyatu.

9. Tetap Berusaha

Masih merasa belum puas dengan apa yang kamu tulis di blog? Jangan patah semangat dan tetaplah berusaha. Kamu bisa manfaatkan banyak waktu untuk mempelajari blog lain untuk kemudian kamu ambli beberapa hal yang menarik kemudian modifikasi sesuai selera kamu. Jatuh itu wajar tapi kembali bangkit itu adalah sebuah semangat yang luar biasa!

10. Langsung Mulai dan Jangan Ditunda!

Tips menjadi travel blogger yang terakhir adalah dengan langsung memulai mengembangkan travel blog kamu tanpa menundanya! Seringkali orang menghabiskan banyak waktu mempelajari semua seluk beluk sebuah pekerjaan namun pada akhirnya urung dilakukan karena berbagai alasan seperti menundanya untuk beberapa waktu.

Gimana, siapkah kamu menarapkan tips menjadi travel blogger di atas? Saat kamu ingin menghasilkan uang di internet, otomatis kamu harus memiliki koneksi internet yang sangat cepat. Selain itu, bisnis melalui internet yang sangat fleksibel menuntutmu untuk terus online. Bahkan bisa sampai 24 jam atau saat kamu sedang liburan.

Jika kamu sedang liburan dan masih ingin mengurusi blog travelling kamu, mudah saja, kamu bisa menginap di Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul yang telah teintegrasi IoT dan tentu memiliki koneksi internet yang sangat cepat di setiap podsnya. Tunggu apalagi, pilih Bobobox untuk menjadi tempat menginap selama liburanmu dan cek terus promonya di sini.

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri
Foto header: Simon English via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles