Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Versi Bob

Cukup pakai bahan-bahan yang ada di rumah aja, kok. ;)

Memiliki bekas luka terkadang membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Berbagai upaya akan dilakukan demi mendapatkan kembali kulit yang mulus tanpa bekas luka.

Eits, tapi sebaiknya jangan dulu melakukan prosedur-prosedur yang bisa menguras kantong, ya. Cobalah 10 tips menghilangkan bekas luka secara alami versi Bob ini!

1. Madu

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Photo by @AlexanderMils via Unsplash)

Tak diragukan lagi, madu memang memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain untuk menjaga stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh, madu juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami.

Sebab, madu mengandung zat-zat alami yang berguna untuk membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel. Kandungan zat antibiotik yang terdapat dalam madu sangat efektif untuk membantu menghilangkan bekas luka.

Zat antibiotik ini juga mampu membantu penyembuhan luka secara alami. Tips menghilangkan bekas luka secara alami menggunakan madu ini juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, lho.

2. Lidah Buaya

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @FranziskaIngold via Pixabay)

Selain menggunakan madu, kamu juga bisa menggunakan tanaman yang satu ini sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami. Sebab, lidah buaya memiliki senyawa aloin dan asam salisilat di dalamnya.

Kedua senyawa ini mampu bekerja untuk menghilangkan bekas luka serta membantu memudarkan bekas luka yang menghitam pada kulit. Selain itu, menggunakan lidah buaya sebagai tips menghilangkan bekas luka secara alami juga dipercaya ampuh karena sifat antiinflamasi-nya yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.

Tak hanya itu, sifat antiinflamasi pada lidah buaya ini juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari bekas luka, mengurangi pembengkakan, serta membantu memperbaiki kerusakan kulit.

3. Minyak Zaitun

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @SteveBuissinne via Pixabay)

Tips menghilangkan bekas luka secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya ampuh untuk menghilangkan bekas luka karena mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kulit.

Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun di antaranya adalah vitamin E dan vitamin K, zat antioksidan, serta zat linoleic acid yang efektif untuk memudarkan dan menghilangkan bekas luka. Selain itu, terdapat pula kandungan zat polifenol yang berfungsi melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

4. Lemon

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Photo by @LisaFotios via Pexels)

Selain baik untuk kesehatan, buah berwarna kuning yang satu ini juga bisa banget untuk kamu gunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami, lho. Ini karena lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang efektif untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta mengangkat sel kulit mati.

Tips menghilangkan bekas luka secara alami dengan menggunakan lemon juga terbilang mudah untuk dilakukan. Kamu tinggal menggosokkan secara lembut irisan buah lemon pada bekas lukamu.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa lakukan ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Cuka Apel

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @MikeGoad via Pixabay)

Untuk kamu yang punya masalah dengan jerawat atau bekas jerawat, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan cuka apel untuk menghilangkan kedua masalah tersebut pada wajahmu. Namun, tahukah kamu bahwa cuka apel juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami?

Yup! Cuka apel memang dapat kamu gunakan sebagai tips menghilangkan bekas luka secara alami, karena cuka apel mengandung zat antimikroba dan antioksidan. Kedua zat ini dipercaya ampuh untuk membantu proses penyembuhan luka, serta efektif untuk menghilangkan bekas luka dan meringankan pigmentasi.

Namun, jangan langsung mengoleskan cuka apel begitu saja pada bekas lukamu, ya. Kamu harus mencampurnya terlebih dahulu dengan air, yaitu dengan perbandingan 2:1 (airnya lebih banyak).

6. Kentang

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @Couleur via Pixabay)

Siapa sangka, kentang yang selama ini hanya kita gunakan sebagai bahan makanan, ternyata juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami. Sebab, terdapat kandungan vitamin C, vitamin B6, niacin, dan potasium yang mampu membantu memudarkan bekas luka pada kulit.

Selain itu, kentang juga mengandung enzim katekolase yang dipercaya efektif untuk membantu menekan produksi pigmen melanin pada kulit.

Cara melakukan tips ini pun terbilang mudah, lho. Kamu cukup menggosok irisan kentang pada bekas lukamu selama kurang lebih 20 menit, dan biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan tips menghilangkan bekas luka secara alami yang satu ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Bawang Merah

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @MarcoCostanzi via Pixabay)

Selain kentang, bahan makanan atau masakan lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami adalah bawang merah. Sifat antiinflamasi yang dimiliki bawang merah ternyata mampu membantu menghambat kolagen pada bekas luka dan membuatnya menjadi samar.

Caranya pun sama seperti menghilangkan bekas luka dengan menggunakan kentang, yaitu dengan menggosokkannya langsung pada bekas luka. Namun, sebaiknya hindarilah tips menghilangkan bekas luka secara alami yang satu ini pada bekas luka yang ada di wajah.

Sebab, kulit wajah cenderung lebih tipis dan sensitif, sehingga mudah terkena iritasi atau alergi. So, sebaiknya diskusikan dulu hal ini dengan dokter kulit, ya.

8. Mentimun

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @MonikaSchröder via Pixabay)

Mentimun memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, tak heran jika mentimun sering digunakan sebagai masker wajah. Ternyata, buah satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami, lho.

Kandungan bahan alami yang terdapat dalam mentimun seperti vitamin dan mineral diyakini ampuh untuk menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit.

Tips menghilangkan bekas luka secara alami dengan menggunakan mentimun juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebab, mentimun tidak menyebabkan iritasi, serta baik sebagai pencerah alami kulit dan mampu membuat kulit terasa kenyal.

9. Teh Hijau

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @dungthuyvunguyen via Pixabay)

Tidak hanya digemari karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, tanaman herbal yang satu ini juga ternyata bisa digunakan sebagai salah satu tips menghilangkan bekas luka secara alami. Ini karena teh hijau mengandung zat Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau yang bisa juga disebut katekin.

Zat ini merupakan zat yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Untuk melakukan tips menghilangkan bekas luka secara alami yang satu ini pun cukup mudah, kamu cukup menggosokkan ampas teh hijau pada bekas lukamu secara rutin setiap hari.

10. Putih Telur

tips menghilangkan bekas luka secara alami

(Image by @Couleur via Pixabay)

Tips menghilangkan bekas luka secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur dipercaya ampuh sebagai bahan alami penghilang bekas luka secara cepat karena kandungan protein dan mikronutrien yang terdapat di dalamnya.

Caranya pun cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu mengoleskan putih telur pada bekas luka dan membiarkannya hingga mengering, lalu membilasnya dengan air bersih.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan tips menghilangkan bekas luka secara alami menggunakan putih telur karena baunya yang amis, kamu bisa menambahkan 1 sdm perasaan air lemon atau jeruk nipis ke dalamnya.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Terkadang, bekas luka memang bikin kita stress dan kepikiran. Tapi, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiranmu, salah satunya adalah dengan staycation! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like