Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kamu Berharga! Coba 9 Tips Melawan Rasa Self-Hatred

Tips melawan rasa self-hatred agar kamu menjadi lebih bahagia

Tips melawan rasa self-hatred berikut ini bisa membantu kamu mengatasi kegelisahan yang ada di dalam diri yang berujung dengan membenci diri sendir. Rasa benci ini kemudian akan terasa seperti seseorang mengikuti kamu sepanjang hari dan setiap hari. Muncul suara-suara di dalam pikiran kamu yang mengkritik semua kekurangan yang kami miliki dan akhirnya kamu merasa malu dan merasa takut melakukan kesalahan.

Kebencian terhadap diri kamu sendiri ini kemudian menjadi sebuah beban yang sangat berat untuk kamu pikul setiap harinya. Kebiasaan menilai diri sendiri yang terasa tidak sebaik orang-orang lain ini kemudian akan membuat kamu merasa sangat lelah.

Padahal faktanya kamu memiliki banyak sekali kebaikan dan juga hal-hal yang tak banyak orang miliki dan patut dibanggakan. Namun kamu tidak bisa melihat kebaikan pada diri kamu karena besarnya rasa benci terhadap diri kamu sendiri. Jika kamu merasa seperti itu kamu harus coba beberapa tips melawan rasa self-hatred seperti beirkut ini.

1. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Kontrol Kritik Batin

Tips melawan rasa self-hatred yang pertama adalah dengan mencoba mengontrol kritik di dalam batin. Kamu bisa coba mempraktekkan tips ini dengan mencoba mengontrol diri dan membedakan antara perasaan dan fakta. Rasa benci pada diri sendiri ini umumnya mudah timbul saat kamu berada di tengah banyak orang. Cobalah kontrol kritik batin kamu saat rasa benci itu timbul.

2. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Kuatkan Diri

Tips melawan rasa self-hatred selanjutnya adalah dengan membangun kekutan di dalam diri yang akan membantu kamu untuk menenangkan kebencian diri sendiri. Saat kamu merasa kewalahan dan tak mampu membangun kekuatan untuk melawan rasa benci terhadap diri sendiri maka jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Kekuatan dalam diri ini terkadang memang bisa muncul dari orang lain.

3, Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Belajar Menerima Pujian

Tips melawan rasa self-hatred berikutnya adalah dengan belajar menerima pujian dan tidak menyangkalnya. Selama ini mungkin kamu sering mendapatkan pujian namun kamu menyangkalnya karena kamu memiliki penilaian yang bertolak belakang dengan apa yang orang lihat tentang kamu. Dengan belajar menerima pujian kamu bisa mencoba untuk merasa lebih baik dan menilai diri kamu lebih baik pula.

4. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Kembangkan Rasa Belas Kasih

Ketika kamu dipenuhi dengan rasa benci terhadap diri sendiri hal ini menandakan bahwa kamu tak memiliki belas kasih pada diri kamu sendiri. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk mulai mencoba mengembangkan rasa belas kasih kamu dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengembangkan rasa belas kasih pada diri kamu sendiri ini adalah dengan berpikir tentang bagaimana diri kamu akan memperlakukan seorang teman yang kamu sayangi.

5. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Praktekkan Kemampuanmu

Tak kalah penting dengan tips melawan rasa self-hatred di atas, tips melawan rasa self-hatred ini juga bisa coba kamu ikuti. Bob sangat mengerti rasa benci yang kamu rasakan ini mungkin sudah kamu rasakan sejak lama dan mungkin muncul karena pengalaman di masa lalu yang menyakitkan. Rasa sakit, malu, bersalah, marah, kecewa, dan takut ini kemudian menjadi kegelisahan yang perlahan-lahan membuat rasa percaya diri kamu hilang.

Jika hal ini kamu rasakan kamu bisa coba meningkatkan kembali rasa percaya diri kamu dengan mempraktekkan beberapa kemampuan kamu. Dengan fokus mempraktekkan berbagai macam kemampuan kamu maka kamu akan menjadi lebih mudah merasa percaya diri kembali dan perlahan rasa benci terhadap diri sendiri tersebut dapat hilang. Tentunya hal ini pada kenyataannya tidak mudah namun jika kamu selalu praktekkan maka hasilnya akan memuaskan.

6. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Pahami Asal Rasa Bencimu

tips melawan rasa self-hatred

Memiliki rasa benci pada diri sendiri ii juga bisa kamu tangani dengan cara menulis mood journal. Mood journal yang kamu tuls akan membantu kamu mencari sumber perasaan benci yang timbul pada diri kamu. Kamu bisa mencoba membentuk kebiasaan menulis mood journal ini pada malam hari sebelum tidur sambil mencoba memikirkan baik-baik apa saja yang terjadi hari ini dan bagaimana perasaanmu.

7. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Habiskan Waktu dengan Orang-orang Terkasih

Tips melawan rasa self-hatred ini juga sangat penting untuk kamu lakukan. Rasa benci terhadap diri kamu sendiri ini akan menjadi sebuah kolam besar yang menarik kamu tenggelam makin dalam jika dibiarkan berlarut-larut. Kamu bisa menarik diri kamu sendiri dari kolam kebencian itu dengan berusaha selalu dikelilingi oleh orang-orang yang kamu sayangi. Dengan menghabiskan waktu dengan orang tersayang kamu akan merasa bahagia.

8. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Menerima Kesalahan

Rasa benci terhadap diri sendiri yang selama ini kamu rasakan bisa jadi timbul karena kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu. Oleh karena itu salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa benci kepada diri sendiri ini adalah dengan mencoba menerima kesalahan. Tips melawan rasa self-hatred ini akan mengingatkan diri kamu bahwa melakukan kesalahan adalah suatu hal yang wajar dan semua hal pasti memiliki hikmah yang bisa kamu pelajari.

9. Tips Melawan Rasa Self-Hatred: Cari Bantuan Profesional

Tips melawan rasa self-hatred yang terakhir adalah dengan mencoba mncari bantuan profesional jika kamu merasa beberapa tips melawan rasa self-hatred di atas tidak akan cukup membantu kamu. Bantuan tenaga profesional akan membantu kamu agar kualitas hidup kamu mengalami peningkatan dan membantu kamu memahami diri kamu sendiri lebih baik lagi. Jangan ragu untuk mencari pertolongan ya karena kamu sangat berharga! 

Pulihkan Diri dengan Beristirahat

Hal positif lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan memulihkan diri dan beristirahat yang cukup. Kamu mungkin terlalu keras pada diri kamu sendiri agar kamu dapat selalu memiliki kegiatan produktif selama di rumah saja sehingga kamu mulai merasa lelah dan stres. Ambillah waktu libur sejenak dan memanjakkan diri kamu.

Bukan hanya kesehatan fisik yang mesti kamu jaga di masa sulit seperti ini, namun kesehatan mental juga sangat penting. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay happy, stay healthy!

You might also like