Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah; Jangan Memborong Tiket!

Berikut 10 tips mendapatak tiket pesawat murah yang patut kamu coba!

Tiket pesawat murah menjadi buruan banyak orang terutama mejelang masa liburan. Saat berburu tiket pesawat murah kamu tidak bisa hanya mengandalkan keburuntungan saja. Kamu memerlukan beberapa strategi untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan tiket pesawat murah. Harga tiket pesawat memang sulit ditebak karena sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan.

Namun ketidakpastian harga tiket pesawat ini bisa kamu siasati dengan mengikuti beberapa strategi dalam mencari tiket pesawat murah. Saat salah satu tips di bawah ini tidak mampu menambah peluang kamu mendapatkan tiket pesawat murah kamu bisa mencoba tips lainnya yang akan Bob jelaskan di bawah ini. Berikut 10 tips jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah ala Bob!

1. Pastikan Waktu dan Tujuan Keberangkatan Kamu Fleksibel

Hotel-Backpacker-Bandung-yang-Recommended-Untuk-Liburan-Memilih

Jika kamu memiliki waktu dan tujuan yang fleksibel maka peluang untuk kamu mendapatkan harga tiket pesawat murah menjadi lebih besar. Kamu bisa mulai dengan berburu tiket pesawat dengan jadwal keberangkatan pada hari Rabu. Biasanya harga tiket pesawat akan cenderung melonjak menjelang akhir pekan.

Selain memilih opsi keberangkatan pada weekday kamu juga bisa memilih jadwal keberangkatan setelah hari libur nasional. Jadwal penerbangan pertama pada dini hari dan jadwal penerbangan terakhir menjelang tengah malam menjadi opsi yang kurang diminati banyak orang. Bisa jadi pada waktu-waktu tersebut kamu bisa beruntung mendapatkan tiket pesawat murah.

2. Update dan Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

berburu tiket pesawat murah
Photo by Christin Hume on Unsplash

Jadilah member dan aktifkan fitur newsletter di agen travel online atau website resmi maskapai pilihan kamu untuk mendapatkan informasi terkini mengenai promo tiket pesawat yang sedang berlaku. Kamu juga bisa mengikuti akun sosial media agen travel dan maskapai-maskapai tersebut seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk lebih meningkatkan peluang kamu mendapatkan informasi mengenai promo tiket pesawat.

Akun-akun sosial ini pun kerap kali mengadakan giveaway dengan mengikuti beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku seperti kuis atau dengan syarat memposting ulang postingan yang dibagikan media sosial agen travel dan maskapai. Memang tidak mudah, para traveler profesional pun bisa mendapatkan tiket pesawat murah dengan mempelajari tren maskapai, musim promo, dan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Jangan malas mencari informasi ya!

3. Hindari Memborong Tiket

stasiun kereta api
Photo by 🇨🇭 Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash

Jika kamu akan pergi menggunakan pesawat beserta rombongan keluarga atau teman-teman maka hindari untuk memesan tiket pesawat sesuai jumlah rombongan kamu. Pasalnya hal ini akan membuat tiket pesawat kamu menjadi lebih mahal dibandingkan jika kamu memesan satu tiket saja.

Solusinya adalah kamu dapat membuka website dengan jumlah window yang terbuka sesuai jumlah rombongan. Selanjutnya carilah pilihan tiket pesawat murah secara bersamaan. Window yang kamu tersebut maka akan menunjukkan harga yang sama. Kamu tinggal mengklik satu persatu untuk melanjutkan pemesanan tiket dan membelinya.

4. Jangan Ragu Memilih Dua Maskapai yang Berbeda

Mungkin terkesan merepotkan jika kamu memesan tiket pesawat keberangkatan dan kepulangan dengan maskapai yang berbeda. Namun ternyata trik ini bisa kamu coba untuk mendapatkan peluang tiket pesawat murah. Kamu bisa melakukan pemesanan tiket pesawat melalui agen travel online atau langsung memesan tiket di website maskapai. Selanjutnya lakukan perbandingan harga antar maskapai.

Kamu mungkin akan menemukan salah satu tiket pesawat keberangkatan atau kepulangan cenderung lebih murah pada salah satu maskapai di bandingkan maskapai yang lainnya. Hal ini yang membuat tiket pesawat murah bisa kamu dapatkan dengan memesan tiket pesawat dari dua maskapai berbeda untuk keberangkatan dan kepulangan kamu.

5. Gunakan Kartu Kredit

Fleksibel saat memesan tiket pesawat murah tidak hanya terbatas pada waktu dan tujuan saja tapi juga fleksibel dalam urusan metode pembayaran. Cobalah untuk menggunakan metode pembayaran kartu kredit yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Penggunaan layanan kartu kredit ini biasanya akan memberikan kamu poin yang bisa ditukarkan untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat sehingga harganya menjadi jauh lebih murah.

6. Pesan Tiket Pesawat Murah di Waktu yang Tepat

Semakin awal kamu memesan tiket pesawat maka peluang kamu untuk mendapatkan tiket pesawat murah semakin besar. Sudah menjadi hal umum yang diketahui banyak orang jika kamu memesan tiket pesawat berdekatan dengan tanggal keberangkatan pesawat maka tiket pesawat tersebut akan ditarif dengan harga yang cenderung lebih tinggi.

Bob saranin kamu untuk memesan tiket pesawat minimal 2 bulan atau 60 hari sebelum jadwal keberangkatan untuk penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional sebaiknya kamu memesan tiket 150 hari atau sekitar 5 atau 6 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

Selain itu tiket pesawat pun memiliki peluang lebih tinggi ditawarkan dengan harga murah jika kamu pesan pada hari Selasa pada tanggal 20 dan selanjutnya. Beberapa maskapai bahkan menawarkan harga tiket dengan harga yang sangat miring jika kamu pesan setahun lebih awal.

7. Pesan Secepatnya!

Saat kamu sudah menemukan tiket pesawat murah dengan waktu keberangkatan dan tujuan yang sesuai dengan kamu maka jangan tunda pesananmu! Jangan sampai kamu menyesal menunda pesanan kamu disaat tiket pesawat murah tersebut sudah terlanjur sold out.

8. Manfaatkan Program Frequent Fly

Program Frequent Fly merupakan salah satu program yang dibuat untuk mempertahankan loyalitas pelanggan suatu maskapai. Prosedurnya cukup sederhana, saat kamu sudah cukup sering menggunakan jasa sebuah maskapai atau maskapai lainnya yang beraliansi maka kamu akan mendapatkan poin loyalitas yang akan terakumulasi.

Poin-poin ini kemudian dapat kamu tukarkan untuk mendapatkan potongan harga pemesanan tiket pesawat ataupun penawaran upgrade kelas dari kelas ekonomi ke kelas bisnis tanpa biaya tambahan. Beberapa maskapai bahkan tidak tanggung-tanggung menawarkan para pelanggannya kesempatan terbang secara cuma-cuma atau gratis jika poin loyalitas yang sudah dikumpulkan sudah memenuhi persyaratan.

9. Pilih Bandara Sekunder

Beberapa kota besar biasanya memiliki bandara sekunder yang lebih kecil. Maskapai penerbangan yang mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder cenderung mengeluarkan biaya lebih sedikit di bandingkan dengan bandara utama. Hal ini pun akan mempengaruhi harga tiket pesawat yang ditawarkan di bandara sekunder maupun bandara utama.

10. Booking Tiket Pesawat Murah Melalui Agen Travel Online

Seperti yang sudah Bob jelaskan di atas selain memesan tiket pesawat melalui maskapai kamu juga memesannya melalui agen travel online. Saat ini banyak bermunculan agen travel online di Indonesia dan agar tidak kalah saing dengan agen travel lainnya tidak jarang agen travel ini menawarkan berbagai promo menarik.

Kamu bisa mendapatkan promo-promo tersebut dengan memesan tiket pesawat lewat website resmi travel online tersebut ataupun dengan mengunduh aplikasinya di smartphone. Selain aplikasi agen travel kamu pun bisa mengunduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi menginap dengan harga yang juga murah. Tiket pesawat murah dan penginapan murah sudah di tangan, kini saatnya kamu untuk mulai berpetualang!

kualitas tidur

You might also like
Comments
Loading...