Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tanda-Tanda Kamu Harus Check Up Kesehatan Mental Kamu ke Psikolog atau Psikiater

Segera periksakan dirimu jika mengalami tanda-tanda seperti ini, ya!

Bagi sebagian orang, memiliki masalah kesehatan mental masih membawa stigma negatif di masyarakat. Oleh karena itu, banyak yang tidak cenderung menutupi dan tidak ingin membicarakan masalah yang selama ini sedang dihadapi oleh jiwanya.

Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang harus senantiasa dijaga. Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan dari para tenaga profesional jika kamu merasakan berbagai tanda harus ke psikolog seperti di bawah ini.

tanda harus ke psikolog dan psikiater

(Photo by @KatJayne via Pexels)

1. Sulit Tidur atau Tidur Terlalu Lama

Tidur yang nyenyak merupakan salah satu tanda bahwa diri kita sehat secara fisik maupun mental. Jika kamu selalu mengalami masalah tidur setiap malam, maka bukan tidak mungkin bahwa hal tersebut adalah salah satu tanda harus ke psikolog yang mesti kamu perhatikan.

Tanda harus ke psikolog yang pertama ini mengakibatkan kamu mengalami sulit tidur atau malah tidur terlalu lama. Menurut penelitian, sulit tidur merupakan salah satu tanda dari gangguan kecemasan. Sedangkan, jika cenderung tidur terlalu lama dan terus-menerus, maka ini adalah salah satu tanda dari depresi.

2. Tidak Selera Makan

Jika kamu kehilangan selera makan drastis tanpa alasan yang jelas seperti sedang sakit, maka ini bisa jadi salah satu tanda harus ke psikolog yang tidak boleh kamu anggap enteng. Menurut penelitian, kehilangan selera makan drastis adalah pertanda masalah mental seperti depresi, gangguan kecemasan, serta gangguan makan.

Gangguan semacam ini bisa membuatmu melewatkan makan seharian penuh tanpa merasa ada sesuatu yang salah. Jika tanda harus ke psikolog semacam ini terus dibiarkan, tentu saja ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

3. Sedih Terus-Menerus

Sedih memang suatu hal yang wajar dalam hidup. Dalam hidup ini, senang dan sedih akan selalu datang silih berganti dan membuat hidup jadi lebih berwarna dan tidak monoton.

Namun, hati-hati jika kamu mengalami rasa sedih mendalam yang terus-menerus tanpa kamu sendiri tahu apa penyebabnya. Ini merupakan salah satu tanda harus ke psikolog yang mesti cepat kamu sadari.

Normalnya, kesedihan akan menghilang seiring berjalannya waktu. Jika kamu terus-menerus merasakan kesedihan yang sama selama lebih dari dua minggu, maka ini merupakan salah satu tanda harus ke psikolog, agar kamu bisa dibantu untuk terbebas dari kesedihanmu.

tanda harus ke psikolog dan psikiater

(Photo by @KatJayne via Pexels)

4. Tidak Mau Keluar Kamar

Tanda harus ke psikolog selanjutnya adalah saat kamu merasa tak ingin keluar kamar atau bahkan beranjak dari tempat tidur. Suasana hatimu yang murung membuatmu enggan pergi keluar dan bertemu orang-orang.

Apalagi saat kamu merasakan kesedihan dan kesepian yang tiba-tiba melanda, padahal kamu sendiri tidak tahu apa penyebabnya. Sehingga, kamu merasa lebih nyaman menarik diri dan mengurung diri di kamar bersama pikiranmu yang berkecamuk.

Menurut penelitian, kehilangan semangat dan penurunan energi merupakan tanda awal depresi, yang juga berarti tanda harus ke psikolog. Jangan sampai tanda harus ke psikolog semacam ini dibiarkan, sebab bisa mengganggu kehidupan sosialmu.

5. Tidak Lagi Semangat Menjalani Hal-Hal yang Dulu Disukai

Coba ingat-ingat lagi, apakah kamu masih semangat dan penuh gairah untuk menjalani hobi atau hal-hal yang sejak dulu kamu sukai? Atau jangan-jangan sekarang kamu malah kehilangan hasrat untuk menjalani itu semua?

Ini bisa jadi merupakan salah satu tanda harus ke psikolog, lho. Beda dengan bosan sesaat, rasa tidak semangat ini biasanya akan berlangsung terus-menerus dan bahaya jika dibiarkan.

Menurut penelitian, tanda harus ke psikolog yang satu ini juga merupakan salah satu gejala depresi dan gangguan kecemasan. Maka, segera periksakan dirimu ke psikolog atau psikiater untuk segera menemukan solusinya. Jangan self-diagnose apalagi menunda-nunda, ya.

6. Sulit Mengendalikan Rasa Cemas

Rasa cemas atau was-was yang terkadang dirasakan merupakan hal yang sangat wajar. Tidak jadi masalah jika kamu kerap merasa cemas saat menghadapi hal-hal yang besar, atau saat tampil di depan umum.

Namun, jika perasaan cemas berlebih ini kamu rasakan terus menerus setiap saat, ini bisa jadi merupakan tanda harus ke psikolog yang harus segera kamu sadari. Perasaan cemas berlebihan ini biasanya dipicu oleh trauma masa lalu yang masih membelenggumu sampai sekarang.

Ini menjadikanmu selalu merasa cemas atau bahkan mengalami panic attack setiap kamu menghadapi sesuatu yang menegangkan. Oleh karena itu, jika kamu mengalami tanda harus ke psikolog yang semacam ini, tidak usah malu untuk langsung berkonsultasi dengan ahlinya, ya.

7. Mood Swing yang Ekstrem

Perubahan suasana hati merupakan sesuatu yang sangat wajar untuk dirasakan. Tetapi tidak lagi jika kamu mengalami perubahan suasana hati atau mood swing yang ekstrem.

Berbeda dengan perubahan suasana hati pada umumnya, mood swing yang ekstrem biasanya membuatmu merasakan kebahagiaan yang sangat menggebu-gebu, lalu tiba-tiba berubah menjadi kesedihan mendalam hanya dalam satu kedipan mata.

Jika mengalami tanda harus ke psikolog yang seperti ini, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dan mencari penanganan dari ahlinya, ya. Jangan sampai mood swing-mu ini dibiarkan terlalu lama, karena ini bisa memicu masalah psikologis lainnya, contohnya saja bipolar.

tanda harus ke psikolog dan psikiater

(Photo by @KatJayne via Pexels)

8. Menyakiti Diri Sendiri

Ada sebagian orang yang cenderung melakukan hal-hal berbahaya untuk lari dari perasaan putus asa, depresi, dan masalah mental lainnya yang sedang dihadapi. Salah satu hal berbahaya yang dilakukan adalah self harm atau menyakiti diri sendiri.

Tanda harus ke psikolog yang seperti ini menunjukkan adanya masalah atau penyakit psikologis yang sedang diderita, baik berat maupun ringan. Jika self harm dibiarkan, maka ini akan sangat membahayakan jiwa.

Oleh karena itu, jika kamu atau orang di sekitarmu ada yang sedang mengalami tanda harus ke psikolog seperti ini, jangan ragu untuk membimbing dan menemaninya untuk mendapatkan penanganan dari profesional.

9. Mengonsumsi Alkohol dan Obat-Obatan Secara Berlebihan

Sebagian orang berpikir bahwa alkohol dan obat-obatan terlarang merupakan solusi untuk segala permasalahan mereka. Padahal, kedua hal tersebut tidak menyelesaikan apapun, melainkan hanya untuk kabur atau lari sejenak dari masalah.

So, jika saat kamu menemui masalah hidup lalu pelarianmu adalah alkohol dan obat-obatan terlarang, tidak salah lagi, itu adalah tanda harus ke psikolog yang harus kamu tanggapi dengan serius. Sebab, kecanduan dua hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi kehidupanmu.

Jika tanda harus ke psikolog yang semacam ini tidak segera kamu tanggapi secara serius, maka, bukan tidak mungkin kamu akan terjerumus dalam masalah lainnya. Contohnya, kamu akan terjerumus dalam pergaulan yang salah, kecanduan judi, dan masalah-masalah lainnya yang semakin membebani hidupmu.

10. Orang Lain Melihat Ada yang Berubah di Dirimu

Tanda harus ke psikolog yang satu ini biasanya tidak disadari atau bahkan cenderung diabaikan olehmu. Ini karena kamu merasa semua baik-baik saja, sementara orang lain bisa melihat bahwa ada yang berubah dari dirimu.

Tentu saja mengubah diri menjadi lebih baik itu memang perlu. Namun, jika perubahanmu malah membuatmu tidak bahagia dan tidak seperti dirimu yang biasa, atau malah membawa vibes yang negatif, maka kamu sebaiknya segera membicarakannya dengan psikolog atau psikiater.

Sebab, ini bisa jadi merupakan salah satu tanda harus ke psikolog yang hanya disadari oleh orang-orang terdekatmu. So, jangan langsung merasa tersinggung atau marah jika ada yang bilang kamu berubah, ya.

tanda harus ke psikolog dan psikiater

(Photo by @DanielReche via Pexels)

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bukan hanya kesehatan fisik yang mesti kamu jaga di masa sulit seperti ini, namun kesehatan mental juga sangat penting. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay Happy, Stay Healthy!

kamar bobobox

You might also like