Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bingung Tanaman yang Aman Untuk Kamar Kosan? Cek 10 Tanaman Hias Minim Sinar Matahari Ini!

Poison ivy pasti akan bangga!

Memasang tanaman hias di kamar tidur dapat membantu meningkatkan kualitas istirahat kalian. Dengan adanya tanaman pada kamar, kalian bisa mendapatkan banyak oksigen segar dan bersih yang membantu menenangkan dan mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Selain itu, tanaman hias pun punya fungsi untuk membantumu mendekorasi kamar agar menjadi lebih indah. Baik disimpan dalam pot minimalis atau pot tanah liat yang kalian cat sendiri, ini dia daftar rekomendasi tanaman hias tanpa matahari untuk kalian!

 

Tanaman Hias Tanpa Matahari yang Cocok Untuk Anak Kosan!

 Monstera

Magali Merzougui via Unsplash

Salah satu tanaman hias tanpa matahari ini merupakan tanaman yang cukup beken, bahkan versi plastiknya saja banyak dijual di online shop. Daripada menghabiskan uang kalian dengan membeli Monstera palsu karena takut layu di ruangan tertutup, coba pelihara satu pot Monstera saja!

Monstera merupakan tanaman yang berasal dari Mexico dan negara-negara tropis dan juga punya ketahanan yang cukup kuat, baik di dalam rumah maupun di luar. Tanaman hias tanpa matahari ini juga punya perawatan yang mudah. Selain hanya perlu disiram beberapa kali saja dalam seminggu, tanaman ini cukup kuat untuk disimpan dalam ruangan tanpa cahaya alami. Hanya saja, coba sesekali jemur Monstera agar dia bisa berfotosintesis, tapi jangan disimpan di bawah sinar matahari langsung ya!

 

Kalatea

Magali Merzougui via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari yang satu ini punya berbagai macam jenis dan corak yang berbeda-beda. Kalatea terkenal dengan corak pada daunnya yang rapih dan proporsional seperti dilukis oleh seorang seniman. Banyak orang juga memanggil tanaman hias tanpa matahari ini sebagai daun zebra.

Sama seperti Monstera, Kalatea tidak membutuhkan sinar matahari langsung, akan tetapi dia butuh frekuensi terkena sinar matahari lebih banyak dari Monstera. Selain itu, tanaman ini pun harus selalu dalam keadaan lembab. Tidak basah, tapi lembab. Coba simpan spray bottle di dalam kamar dan semprotkan air sedikit sedikit untuk tanaman dengan corak daun yang keren ini.

Daun Bahagia

Byron Co via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari selanjutnya ini punya corak yang mirip dengan Kalatea, meskipun sedikit lebih abstrak dan tidak beraturan. Harganya pun jauh lebih murah dari Kalatea, dan tidak perlu disiram terlalu sering. Hanya saja, Dieffenbachia atau Daun Bahagia ini perlu frekuensi terkena cahaya lebih sering daripada Kalatea. Dan jika tanaman ini mati, proses regenerasinya cukup cepat.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan dari tanaman hias tanpa matahari ini adalah bulu-bulu halus yang terdapat pada daunnya. Bulu-bulu halus pada tanaman ini bisa membuat iritasi ringan. Tapi hati-hati ya jika kalian punya hewan peliharaan, karena jika dikonsumsi, daun ini beracun!

 

Spider Plant

Lucian Alexe via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari yang satu ini super lucu dan super mudah untuk dirawatnya. Spider Plant atau Chlorophytum merupakan salah satu tanaman umum yang sering kamu temukan di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan maintenancenya yang nggak macem-macem dan pertumbuhannya yang cepat jika kamu merawatnya dengan baik!

Spider Plant aman-aman saja sebagai tanaman hias tanpa matahari, tapi jika kamu rajin memberikan cahaya matahari secara berkala, waktu pertumbuhannya akan sangat cepat dan kamu bisa melihat tunas-tunas kecil dari tanaman ini tumbuh juga! Harganya pun sangat murah, tidak aneh, tanaman yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena simpel tapi mudah untuk disayang.

 

Lidah Mertua

Severin Candrian via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari ini merupakan salah satu tanaman paling tangguh di luar sana dan benar-benar cocok banget untuk kamu simpan dalam kamar kos! Lidah Mertua atau Sanseviera mungkin mendapatkan namanya karena ketangguhan tanamannya kuat seperti…lidah mertua! Hahahaha!

Lidah mertua bisa tumbuh tanpa masalah bahkan di ruangan yang jarang terkena sinar matahari, tapi dia akan sedikit lambat jika ditempatkan di ruangan yang gelap. Dia juga tidak perlu sering-sering untuk disiram air. Mudah sekali bukan cara merawatnya?

 

Bromelia

Jonatan Lewczkuk via Unsplash

Untuk kalian yang bosen dengan dedanunan hijau, tanaman hias tanpa matahari yang satu ini punya bentuk yang lucu banget untuk dipajang di kamar kalian! Meskipun Bromelia meliputi tanaman seperti tanaman nanas yang besar banget, ada salah satu tanaman turunannya bernama Cryptanthus Bivittatus. Tanaman hias tanpa matahari ini biasanya tumbuh di jenis penanaman terarium dan merupakan salah satu jenis sukulen juga.

Bromeliad ini mungkin perlu sedikit perawatan pada awal tumbuhnya, seperti disiram pada akar karena tidak mempunyai kantung cadangan air seperti sukulen pada umumnya.Tanaman ini aman tanpa cahaya matahari sama sekali, tapi lama kelamaan warnanya akan pudar, jadi coba biarkan dia bermain sebentar di pagi atau sore hari ya!

 

Sri Rejeki

David Clode via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari yang bernama Aglaonema atau Sri Rejeki ini punya banyak corak warna. Selain tampilannya yang lucu, tanaman hias tanpa matahari ini sangat aman ketika disimpan di ruangan dengan cahaya minim, dan perawatannya juga mudah sekali. Hanya saja, tanaman ini tidak dianjurkan untuk kamar tidur yang tidak ada jendelanya sama sekali. Namun, kamu dapat mensiasatinya dengan menjemur tidak pada sinar matahari langsung sesekali agar dia tetap segar.

Selain itu, tanaman ini punya fungsi sebagai tanaman yang dapat membersihkan udara sekitarnya. Kamu pun tidak perlu menyiramnya terlalu banyak, cukup jaga tanahnya agar tetap lembab saja yaa.

 

Aspidistra

Tom Knight via Our House Plants

Tanaman hias tanpa matahari selanjutnya adalah Aspidistra atau Cast Iron Plant. Tanaman hias tanpa matahari ini merupakan turunan dari tanaman sejenis lily dan berasal dari Jepang juga Cina. Tanaman ini dinamakan Cast Iron Plant karena memang benar-benar kuat seperti besi. Dia bisa bertahan di dalam ruangan tanpa cahaya alami dan juga tidak rewel dalam urusan penyiraman air.

 

Devil’s Ivy

Zinah Insignia via Unsplash

Tanaman hias tanpa matahari yang lucu selanjutnya adalah Devil’s Ivy. Tanaman ini merupakan turunan yang mirip dengan tanaman sirih, dan disebut Devil’s Ivy bukan tanpa alasan. Tanaman hias tanpa matahari ini sanggup terus bertumbuh bahkan tanpa adanya cahaya matahari sekalipun. Jika kamu lihat rumah yang terbengkalai, biasanya ada sejenis tanaman ini yang tumbuh di dalam ruangan gelapnya. Meskipun begitu, dengan perawatan yang tepat, tanaman ini bisa mempercantik kamarmu!

 

Peace Lily

Maria Eliz via Unsplash

Peace Lily merupakan tanaman hias tanpa matahari yang bisa kamu simpan di dalam ruangan tanpa harus khawatir. Tanaman hias tanpa matahari ini pun merupakan salah satu tanaman favorit banyak orang karena perawatannya yang nggak ribet dan juga murah. Selain itu, bunganya juga cantik bukan?

 

Lelah Habis Hunting Tanaman Hias Tanpa Matahari? Staycation Yuk!

Untuk kamu yang kecapean dan mager pulang atau memang ingin staycation, Bobobox merupakan pilihan tepat! Dilengkapi dengan bedding yang nyaman, bluetooth speaker, serta adjustable LED lights, dijamin kamu akan merasa recharged kembali! Download aplikasinya untuk menemukan berbagai promo menarik! Cek juga virtual tournya di sini ya!

 

You might also like