Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Cobalah 10 Posisi Tidur Ini!

Posisi tidur berikut ini dijamin bikin tidur lebih nyenyak!

Posisi tidur faktanya dapat menentukan kualitas tidur kamu agar lebih nyenyak. Saat tidur kamu berkualitas maka kamu akan terbangun dengan tubuh yang segar dan bugar. Pikiran pun terasa lebih jernih dengan tidur yang berkualitas. Selain menunjang kualitas tidur, posisi tidur yang tepat pun dapat berkontribusi terhadap kesehatan tubuh kamu. Uniknya setiap posisi tidur memiliki manfaat terhadap kesehatan yang berbeda terhadap tubuh manusia.

Tak mengherankan jika setiap kamu berbaring dengan posisi tidur yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula terhadap kesehatan kamu. Oleh karena itu tak sedikit pakar kesehatan kerap kali menyarankan beberapa posisi tidur tertentu terhadap pasiennya untuk mendapatkan manfaat kesehatan tertentu. Posisi tidur seperti apa sajakah yang kira-kira akan meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak sekaligus membuat tubuh sehat? Berikut adalah 10 posisi tidur diantaranya!

1. Posisi Tidur Janin

Tidur dengan posisi seperti bayi dalam kandungan yang meringkuk merupakan salah satu posisi saat tidur yang cukup populer dan banyak dilakukan orang. Tidur dengan posisi seperti janin ini pun faktanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat kamu tidur dengan posisi ini kamu dapat meredakan nyeri pada punggung sekaligus membantu mengurangi dengkuran.

Namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan di atas kamu perlu memastikan untuk tidur dengan rileks. Hal ini akan membantu kamu terhndar dari gangguan dan keselitan saat bernapas. Jika kamu memiliki masalah atau nyeri pada bagian sendi kamu mungkin perlu menghindari tidur dengan posisi ini. Hal ini dikarenakan kamu akan cenderung terbangun dengan rasa nyeri ataupun linu pada beberapa bagian tubuh kamu.

2. Posisi Tidur Menyamping

Sering tidur dengan posisi menyamping? Tidur dengan posisi ini pun dikenal memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kamu, lho. Beberapa manfaat kesehatan diantaranya adalah membantu mengurangi dengkuran dan juga bagus untuk pencernaan tubuh kamu. Sangat disarankan untuk tidur menyamping ke kiri dibandingkan ke kanan agar kamu lebih nyaman saat bernapas.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa tidur dengan posisi menyamping ke sebelah kanan cenderung meningkatkan rasa mulas dan refluks asam lambung. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika tidur menyamping ke sebelah kiri akan lebih baik untuk menjaga pencernaan kamu dan akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Tidur dalam posisi ini bisa jadi membuat bahu kamu terasa kaku sehingga kamu perlu memastikan tubuh kamu rileks terlebih dahulu sebelum tidur.

3. Posisi Tidur Telentang

Tidur dengan posisi telentang disinyalir menawarkan manfaat kesehatan paling banyak dibandingkan posisi lainnya. Tidur dengan posisi ini akan melindungi tulang belakang sekaligus meringankan sakit pinggul dan lutut. Hal ini terjadi dikarenakan tidur telentang memanfaatkan gravitasi untuk menjaga tubuh tetap sejajar di atas tulang belakang. Oleh karena itu tidur dengan posisi telentang dapat membantu mengurangi tekanan yang tidak perlu pada punggung dan persendian.

Tidur menyamping diyakini memiliki kelemahan dapat membuat kulit lebih mudah keriput dan mengendur karena gaya gravitasi. Sebaliknya, tidur dengan posisi telentang akan menghindari kulit wajah mengendur sehingga kulit akan senantiasa terlihat segar dan kencang. Meskipun demikian, tidur telentang tidak disarankan bagi mereka yang memiliki sleep apnea dan juga kamu yang mungkin memiliki masalah pada bagian punggung.

posisi tidur

4. Posisi Tidur Tengkurap

Sebaliknya dari tidur posisi telentang, tidur dengan posisi tengkurap memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi kamu yang memiliki masalah dengan dengkuran atau sleep apnea. Beberapa kelemahan dari tidur posisi tengkurap diantaranya adalah dapat membuat leher dan punggung terasa sakit. Jika kamu tidur dengan posisi ini terlalu lama maka kamu akan merasakan beberapa ketegangan pada otot dan persendian. Kamu pun cenderung akan merasa lelah dan linu pada beberapa bagian tubuh setelah terbangun dari tidur.

5. Posisi Tidur dengan Bantal di Bagian Bawah Perut

Kamu mungkin salah satu orang yang menyukai tidur dengan support bantal di bagain bawah perut. Faktanya tidur dengan posisi ini mampu meningkatkan kualitas tidur kamu agar lebih nyenyak. Selin bantuan support bantal, upayakan untuk hindari konsumsi kafein berlebih, lakukan olahraga secara teratur, dan buat rutinitas malam yang membantu kamu lebih mudah rileks sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak.

6. Tidur Miring Memeluk Pasangan (Spooning)

Bagi kamu yang sedang mengalami stres sehingga sulit untuk tidur kamu bisa coba tidur sambil memeluk pasangan secara menyamping. Tidur dengan posisi ini tidak hanya akan menambah keharmonisan rumah tangga tetapi juga sangat baik untuk memperbaiki suasana hati kamu. Tidur dengan posisi ini akan membantu menghasilkan zat kimia otak yang disebut oksitosin. Oksitosin kemudian membantu menurunkan stres, membuat perasaan bahagia, dan membantu tidur lebih nyenyak.

7. Posisi Tidur di Atas Perut

Apakah kamu lebih menyukai tidur tengkurap atau tertelungkup di atas perut? Faktanya posisi tidur ini kurang baik dilakukan. Saat kamu tidur dengan posisi ini kamu akan cenderung merasa gelisah dan lebih sering berganti posisi tidur sehingga tidur pun semakin tidak nyaman. Posisi ini juga cenderung menekan bagian leher dan punggung bawah sehingga membuat kamu lebih rentan merasa sakit leher dan punggung. Oleh karena itu pastikan untuk menghindari posisi tidur ini.

Cara Unik Tidur Berkualitas (pixabay.com)

8. Posisi Tidur Bintang Laut

Saat kamu tidur telentang dengan lengan tangan dan tungkai kaki yang terbuka lebar maka kamu telah membentuk posisi tidur bintang laut. Jika kepala kamu diganjal dengan bantal yang cukup tinggi maka posisi ini dapat membantu mencegah asam lambung naik ke tenggorokan. Posisi ini baik untuk penderita GERD atau dispepsia namun dapat menyebabkan seseorang mendengkur sehingga tidak disarankan bagi penderita obstructive sleep apnea (OSA).

9. Tidur dengan Lengan ke Atas

Posisi tidur ini dilakukan dengan mengangkat lengan ke atas yang bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki masalah punggung. Posisi ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan keriput karena kulit terhindar dari kontak langsung dengan bantal tidur kamu. Namun posisi tidur ini dapat membuat kamu mendengkur dan berpotensi menaikkan asam lambung.

10. Tidur dengan Bantal di Bawah Lutut

Tidur dengan posisi meletakkan bantal di bawah perut disarankan bagi kamu yang kerap kali merasa nyeri pada punggung dan suka tidur telentang tanpa menggunakan bantal. Tidur dengan posisi ini akan membantu tidur kamu lebih nyanyak. Kamu bisa letakkan bantal atau guling di antara kaki untuk membantu menyelaraskan pinggul sekaligus menghindari nyeri punggung bagian bawah.

Yuk jaga kesehatan kamu dengan memenuhi kebutuhan tidur malam yang cukup dan juga berkualitas. Pastikan kualitas tidur kamu meningkat dengan beristirahat di tempat tidur yang nyaman senyaman menginap di Bobobox! Agar tidak ketinggalan informasi menarik mengenai promo-promo yang bisa kamu gunakan di Bobobox, ayo segara unduh aplikasi Bobobox sekarang!

 

You might also like