Obat-Maag-Alami

Kerjaan Sibuk dan Sering Lupa Makan? Yuk Simak 10 Obat Maag Alami Serta Pantangannya

Gangguan pada lambung seperti sakit maag merupakan salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang sangat merugikan dan dapat mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Sakit maag bisa menyerang siapapun, di manapun, dan kapanpun.

Ada banyak faktor yang dapat memicu penyakit satu ini, seperti merokok, stress, gaya hidup yang kurang baik, serta pola makan yang tidak teratur atau sering telat karena kesibukan sehari-hari.

Ada banyak upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengobati penyakit maag, seperti minum obat maag atau berobat ke dokter. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi bahan-bahan alami dan herbal sebagai obat maag alami.

Berikut ini 10 obat maag alami yang bisa kamu konsumsi saat sakit maag menyerang. Check these out!

10 Obat Maag Alami yang Bisa Kamu Coba

1. Kunyit

Kunyit

Sumber: Karl Solano via Pexels

Kunyit merupakan salah satu obat maag alami yang paling populer sejak dulu. Dalam tanaman ini terdapat kandungan polifenol senyawa anti-oksidan yang memiliki sifat anti-peradangan. Oleh karena itu, kunyit mampu membantu meredakan gangguan lambung dan asam lambung berlebih.

Untuk mengonsumsi kunyit sebagai obat maag alami, kamu bisa memarut kunyit untuk mengambil sarinya, lalu meminumnya langsung. Selain itu, kamu juga bisa meminum air rebusan kunyit sebagai ramuan obat maag alami. Minumlah ramuan ini setiap pagi dan malam secara rutin.

2. Chamomile

Chamomile

Sumber: Mareefe via Pexels

Selain kerap diolah menjadi minuman teh, tanaman yang satu ini pun sering digunakan sebagai obat herbal, lho. Kandungannya yang memiliki sifat anti-inflamasi menjadikan Chamomile sering dimanfaatkan sebagai obat maag alami.

Mengonsumsi obat maag alami yang satu ini dipercaya mampu meringankan gejala-gejala maag seperti sakit lambung dan mual. Tidak hanya itu, teh dari bunga yang satu ini juga dapat memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan setelah kamu meminumnya.

Baca juga: Minuman Sehat Kekinian Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Mendukung Gaya Hidup Sehat

3. Jahe Merah

Jahe

Sumber: Pixabay via Pexels

Obat alami untuk sakit maag selanjutnya adalah jahe merah. Tanaman yang satu ini memiliki sifat anti-peradangan yang sangat efektif untuk meredakan berbagai gejala gangguan lambung seperti mual dan muntah.

Selain itu, obat maag alami yang satu ini juga memiliki sifat gastroprotektif yang dapat menekan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yaitu bakteri yang hidup pada lingkungan yang asam dan dapat memicu infeksi pada lapisan dinding lambung jika jumlahnya tidak terkendali.

4. Nanas

Nanas

Sumber: Alizee Marchand via Pexels

Mungkin pada awalnya kamu akan sedikit bingung dengan obat maag alami yang satu ini karena sifatnya yang asam. Tenang saja, meski bersifat asam, nanas ternyata memiliki kandungan zat bromelain dan serat yang mampu membantu menurunkan gejala gangguan lambung seperti perut kembung.

Selain itu, buah nanas juga memiliki sifat anti-peradangan yang bisa membantu proses pemulihan kondisi lambungmu serta dapat menenangkan perutmu. Meski begitu, perlu diingat agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah ini sebagai obat alami untuk sakit maag, ya.

5. Daun Mint

Daun-Mint

Sumber: icon0 com via Pexels

Sejak dulu, tanaman herbal satu ini memang dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Oleh karena itu, banyak orang yang kerap memanfaatkan daun mint sebagai obat maag alami yang mampu meredakan berbagai gejala gangguan lambung seperti perut kembung, mual, hingga nyeri ulu hati.

Tanaman herbal satu ini juga mampu membantu mendorong keluar gas yang ada di lambung akibat perut kembung, sehingga otot perut menjadi rileks dan tidak sakit. Namun sayangnya, obat maag alami yang satu ini tidak cocok untuk kamu penderita GERD.

6. Madu dan Royal Jelly

Madu

Sumber: Pixabay via Pexels

Obat alami untuk sakit maag yang memiliki rasa manis dan enak ini juga merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mencegah kenaikan asam lambung. Selain itu, madu dan royal jelly juga dapat memulihkan peradangan dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sensasi heartburn.

Obat herbal untuk maag satu ini bekerja dengan cara melapisi dinding esofagus dan lambung, serta membantu memperbaiki fungsi dari cincin esofagus. Ini berfungsi untuk meredakan asam lambung berlebih dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Maka, obat alami untuk sakit maag ini sangat cocok untuk kamu yang menderita GERD.

7. Mentimun

Timun

Sumber: Alena Darmel via Pexels

Siapa sangka, buah yang sering dijadikan lalapan ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat maag alami. Buah ini mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh radang lambung.

Selain itu, obat maag alami yang satu ini juga dapat membuat perutmu lebih tenang dan merasakan sensasi “adem” di perut, karena banyaknya kandungan air yang terdapat dalam mentimun. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena mentimun termasuk buah rendah kalori.

Baca juga: Jaga Kondisi Tubuhmu Dengan Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini

8. Kacang Hijau

Kacang-Hijau

Sumber: Petr Ganaj via Pexels

Kabar baik untuk kamu yang doyan makan bubur kacang hijau, nih. Ternyata, jenis biji-bijian satu ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk maag, lho!

Kacang hijau yang memiliki kemampuan mengobati sakit maag, bekerja dengan menebalkan lapisan dinding lambung sehingga rasa nyeri dapat berkurang. Selain itu, obat maag alami yang satu ini juga dapat menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

9. Sari Lidah Buaya

Sari Lidah Buaya

Sumber: tvOneNews

Tanaman yang satu ini memang merupakan salah satu tanaman yang serba bisa. Selain efektif untuk berbagai perawatan kulit, lidah buaya juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi obat herbal untuk maag.

Kamu bisa membuat ramuan sari lidah buaya dengan mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar ke dalam segelas air putih. Minumlah ramuan ini secara rutin untuk mengatasi masalah lambung, mengurangi produksi asam lambung berlebih, meredakan iritasi lambung, serta untuk membantu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

10. Air Kelapa Hijau

Air Kelapa Hijau

Sumber: Augustinus Martinus Noppé via Pexels

Obat sakit maag alami terakhir yang bisa kamu coba konsumsi di rumah adalah air kelapa hijau. Obat maag alami ini efektif untuk mengatasi rasa panas serta mampu melindungi lapisan dinding lambung saat asam lambung naik. Ini dikarenakan zat anti-inflamasi yang dimiliki oleh air kelapa hijau.

Pantangan untuk Penderita Maag

Bagi kamu penderita maag atau memiliki asam lambung yang tinggi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan kamu hindari. Apa saja? Cek daftarnya di bawah ini!

  • Hindari konsumsi minuman beralkohol, bersoda, dan berkafein tinggi.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari makanan yang pedas, bersantan dan tinggi lemak.
  • Tidak langsung berbaring sehabis makan.
  • Tidak makan terlalu banyak dan terlalu cepat.
  • Hindari stress dan cemas berlebihan.
  • Hindari pakaian yang ketat, terutama di bagian dada dan perut.
  • Kurangi berat badan.
  • Tidurlah dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi.
  • Kurangi konsumsi tomat, bawang bombay, dan cokelat.

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini

Pasti Happy Staycation di Bobopod!

kamar bobobox

Menghindari stress merupakan salah satu cara biar sakit maag kamu nggak kambuh. Supaya pikiran rileks dan nggak stress, kamu butuh liburan dan staycation, lho. Dengan liburan dan staycation, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana untuk staycation. Datang aja ke Bobopod! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobopod. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobopod.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobopod! Stay healthy, stay happy!

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles