Museum terbaik di Jogja berikut ini kini tengah bersiap menawarkan pengalaman mengunjungi museum yang menarik bagi kalian semua. Berdasarkan pernyataan dari Badan Musyawarah Museum (Barahmus) saat ini pemerintah Daerah Istimewa Jogjakarta sedang berusaha mendorong seluruh museum melakukan penyesuaian di masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 pada tahun ini faktanya membuat banyak destinasi wisata sepi pengunjung tak terkecuali museum terbaik di Jogja.

Dalam menghadapi situasi yang serba tidak pasti di masa pandemi ini banyak sektor bisnis sekaligus pariwisata yang menerpakan berbagai kebijakan dalam langkan era kenormalan baru. Era kenormalan baru ini terbukti dapat diterapkan secara efektif dan efisien terutama jika didukung oleh teknologi yang canggih. Teknologi canggih inilah yang kemudian akan dicoba diterpakan di berbagai museum terbaik di Jogja agar masayarakat tetap dapat mengunjungi museum tanpa secara jarak jauh.

Teknologi canggih yang akan diterapkan di museum terbaik di Jogja ini diantaranya adalah tekonlogi virtual reality, augmented reality, dan juga video profil museum. Ketiga teknologi ini dapat menyajikan berbagai koleksi museum terbaik di Jogja secara virtual sehingga kamu akan tetap dapat mengakses secara jarak jauh.

Harapannya pada tahun 2021 nanti sekitar 38 museum terbaik di Jogja dapat menawarkan teknologi vitual museum ini kepada masyarakat luas. Penasaran museum terbaik di Jogja mana sajakah yang akan menerapkan teknologi ini? Berikut adalah beberapa museum terbaik di Jogja diantaranya!

@Hargatiket.net

1. Museum Terbaik di Jogja: Taman Pintar

Museum terbaik di Jogja yang pertama akan Bob bahas adalah Taman Pintar. Di sini kamu bisa menemukan banyak koleksi benda-benda bersejarah dari zaman dahulu kala. Selain itu jika kamu langsung berkunjung ke sana kamu juga bisa mencoba berbagai wahana sains terkini yang keren lho. Hal unik yang bisa kamu ditemukan di sana diantaranya adalah terowongan ilusi, generator Van De Graaf dan juga simulasi gempa bumi.

2. Museum Terbaik di Jogja: Museum Affandi

Museum Affandi adalah museum yang wajib masuk daftar museum yang harus kamu kunjungi jika kamu merupakan salah satu pecinta seni. DI museum ini kamu bisa menemukan banyak karya seni khusunya lukisan yang dibuat langsung oleh salah satu seorang pelukis terkenal di Indonesia. Sesuai dengan nama museum ini pelukis tersebut bernama Affandi dan karya-karya lukisannya tak hanya dikenal di Indonesia tapi juga diakui oleh para pecinta seni dunia, lho.

3. Museum Terbaik di Jogja: Museum Sandi

Bagi kamu yang ingin menyelami lebih banyak sejarah tentang Indonesia terutama saat berjuang meraih kemerdekaan maka Bob akan merekomendasikan museum yang satu ini. Apakah kamu pernah mempelajari mengenai sandi-sandi saat sekolah terutama dalam kegiatan pramuka?

Jika iya kamu akan menemukan lebih banyak lagi sandi yang mungkin tidak kamu pelajari di sekolah saat berkunjung ke museum ini. Sandi memegang peran penting dalam kelancaraan pengaturan strategi masayarakat Indonesia pada dahulu kala untuk merebut kemedekaan. Melalui sandi-sandi tersebut maka strategi para pahlawan kita tidak dapat terbaca oleh musuh.

museum terbaik di jogja
@Tribun Jogja – Tribunnews.com

4. Museum Terbaik di Jogja: Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Siapa di antara kalian yang merupakan pengagum pesawat sejak kecil sampai sekarang? Faktanya Indonesia memiliki museum pesawat yang keren lho di Jogjakarta! Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ini memiliki banyak sekali koleksi pesawat bersejarah. Museum ini berdiri sejak tahun 1978. Kota Ypgyakarta merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Angkatan Udara Republik Indonesia lahir. Di museum ini kamu bisa menyaksikan berbagai jenis pesawat termasuk pesawat tempur.

5. Museum Terbaik di Jogja: Museum Benteng Jogjakarta

Museum ini memiliki nama lengkap Museum Benteng Vredeburg dan berlokasi tak jauh dari pusat keramaian Titik Nol Kilometer Jogja. Sebelum menjadi sebuah museum, gedung tersebut adalah salah satu benteng pertahanan pasukan penjajah pada dahulu kala. Selain menyaksikan beragam koleksi benda bersejarah di dalamnya, bentuk bangunan museum ini yang klasik dan menawan dijamin bikin banyak orang tak kuasa untuk tidak memandangnya.

6. Museum Terbaik di Jogja: Museum Monumen Jogja Kembali

Ayo siapa di antara kalian yang pernah mengunjungi Museum Monumen Jogja kembali? Monumen Jogja Kembali adalah simbol sejarah kembalinya kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1949 saat Jogja masih menjadi ibukota Indonesia. Di dalam museum monumen ini kamu bisa menyaksikan beragam koleksi benda bersejarah dan mempelajari sejarah perjuangan rakyat Indonesia khususnya Jogjakarta dalam merebut kembali kemerdekaan.

7. Museum Terbaik di Jogja: Museum Ullen Sentalu

Museum terbaik di Jogja yang satu ini menawarkan suasana yang berbeda dan unik karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat museum ini dikenal memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Museum ini menampilkan banyak koleksi dokumentasi dari evolusi budaya Jawa. Beberapa evolusi budaya Jawa sejak Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, dan masih banyak lagi bisa kamu temukan di museum ini.

8. Museum Terbaik di Jogja: Museum Keraton Jogjakarta

Tentu rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Jogjakarta tanpa mengunjungi Keraton Jogjakarta. Tak hanya sebagi bangunan bersejarah dan ikonik dari kota Jogjakarta, di sana kamu bisa berkunjung ke Museum Keraton Jogjakarta juga, lho. Museum ini tergolong istimewa karena merupakan museum yang memiliki banyak koleksi benda bersejarah sejak dahulu kala. Museum ini terdiri dari empat bagian yaitu Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik dan Museum Pameran Lukisan dan Foto.

9. Museum Terbaik di Jogja: Museum Sonobudoyo

Museum terbaik di Jogja yang terakhir adalah Museum Sonobudoyo yang dikenal sebagai museum kebudayaan Jawa yang terlengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Museum ini menawarkan koleksi benda bersejarah yang mencapai jumlah 43,600 koleksi. Setiap tahunnya bahkan jumlah koleksi benda bersejarah di museum ini terus bertambah. Bob jamin deh setelah kamu mengunjungi museum ini baik itu secara langsung ataupun virtual akan memperkaya wawasan kamu.

Jika Berkunjung ke Jogjakarta Jangan Lupa Mampir Dulu ke Bobobox!

Setelah seharian berkeliling kota Jogjakarta dan mengunjungi museum di sana kamu tentunya butuh tempat istirahat yang nyaman dan juga terjangkau. Apalagi buat kamu yang sengaja datang ke Jogjakarta dari luar kota. Nggak perlu bingung karena Bobobox kini hadir di Kota Jogjakarta , lho! Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu rileks. Meskipun terletak di tengah kota, suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya.

Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox sekarang juga!