Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Misteri yang Belum Terpecahkan

Hanya teori, spekulasi, atau memang terjadi?

Setiap peristiwa yang terjadi di dunia ini tentu memiliki penyebab yang bisa dijelaskan, namun nyatanya masih banyak misteri belum terpecahkan hingga kini. Zaman yang sudah modern serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang tidak serta merta mengungkap tabir di balik misteri-misteri belum terpecahkan tersebut.

Mau tahu contoh-contoh misteri yang belum terpecahkan ini? Berikut ini Bob sudah merangkum 10 misteri belum terpecahkan dari Indonesia dan juga dunia. Yuk simak informasinya!

Suku Lingon

@kuzelevdaniil

Ada sebuah misteri belum terpecahkan yang datang dari pedalaman Indonesia, tepatnya di Halmahera, Maluku Utara. Hal ini berkaitan dengan salah satu suku penghuni hutan pedalaman Halmahera yang bernama suku Lingon.

Yang membuatnya unik adalah ciri fisik mereka yang cukup berbeda dengan fisik suku-suku Indonesia pada umumnya. Mereka ikabarkan memiliki perawakan layaknya orang Eropa. Kulitnya putih, rambutnya pirang dan matanya biru.

Konon katanya, suku tersebut bukanlah suku asli Indonesia melainkan orang-orang Eropa yang terdampar. Kabarnya, ratusan tahun lalu ada sebuah kapal asal Eropa yang terdampar di sekitar Halmahera. Mereka pun menepi agar bisa bertahan hidup dan lama-lama masuk ke dalam hutan. Akses yang sulit menjadi salah satu alasan mereka menetap dan membentuk koloni di sana.

Meskipun cerita ini begitu kuat, namun kebenarannya masih diragukan apakah suku tersebut memang ada, sudah punah, atau memang tidak pernah ada. Hal ini lantaran sulitnya memperoleh bukti tentang keberadaan mereka.

Misteri Gunung Padang

allthatsinteresting.com

Banyak bangunan bersejarah di Indonesia yang menyimpan teka-teki dan misteri belum terpecahkan. Salah satunya adalah Gunung Padang yang berada di Cianjur, Jawa Barat.

Situs sejarah ini sempat diteliti oleh sejarawan Belanda pada tahun 1914 silam. Dari kejauhan, Gunung Padang memang tampak seperti bukit biasa. Meski begitu, berdasarkan penelitian terbaru, situs sejarah ini merupakan struktur piramida tertua di dunia yang dibangun sekitar 9.000 hingga 20.000 tahun lalu.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa struktur keseluruhannya bukan hanya yang tampak di atas saja, tetapi masih dalam ke bawah. Luasnya sendiri diperkirakan 10 kali luas Candi Borobudur dan tingginya bahkan tiga kali candi Buddha tersebut.

Sampai sekarang, Gunung Padang masih menjadi misteri belum terpecahkan dan menjadi teka-teki bagi para tim peneliti. Jika peradaban dari situs ini terungkap, maka hal ini diyakini akan menghebohkan dunia.

Misteri Pembunuhan Akseyna

liputan6.com

Meskipun terbilang baru, kasus pembunuhan Akseyna masih menjadi misteri belum terpecahkan di Indonesia. Peristiwa yang terjadi pada 26 Maret 2015 silam itu awalnya dianggap sebagai kasus bunuh diri biasa. Akseyna, mahasiswa UI berumur 19 tahun, ditemukan mengambang di Danau Kenanga, Universitas Indonesia dengan tas berisi batu bata yang dianggap sebagai pemberat.

Selain itu, ditemukan juga surat wasiat di kamar kos Akseyna yang semakin menguatkan bahwa ini memang murni kasus bunuh diri. Namun, orangtua dan teman-temannya tidak meyakini bahwa Akseyna bunuh diri.

Penyelidikan pun diambil alih oleh Bareskrim Polri lalu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa Akseyna meninggal akibat dibunuh. Sayangnya, hingga kini pelaku pembunuhan mahasiswa Bilogi tersebut masih belum terungkap.

Kapal Hantu Ourang Medan

mundofreak.com

Misteri tidak melulu tentang kriminal dan sejarah, Indonesia juga memiliki misteri belum terpecahkan yang berbau mistis. Salah satunya adalah misteri kapal hantu S. S. Ourang Medan. Kisah ini sendiri terjadi pada tahun 1947 di mana dua kapal Amerika (City of Baltimore dan Silver Star) yang sedang berlayar di Selat Malak memperoleh sinyal darurat dari kapal dagang Belanda bernama S. S. Ourang Medan.

Pos pengawasan yang juga bisa mendeteksi sinyal tersebut pun melacak sumber sinyal tersebut yang ternyata berasal dari Selat Malaka. Sebagai kapal terdekat, Silver Star pun dikirim untuk menyelidik kapal tersebut.

Kapal Ourang Medan pun ditemukan. Awak kapal Silver Star yang memeriksa kapal tersebut dibuat kaget dengan penemuan mayat dengan kondisi yang mengerikan dan mata menonjol tanpa ada indikasi kekerasan.

Setelah pemeriksaan menyeluruh, tidak ada kehidupan yang ditemukan di sana. Silver Star juga mencoba untuk menarik kapal tersebut ke pelabuhan untuk penyelidikan lanjutan. Namun, kapal Ourang Medan tiba-tiba meledak dan meninggalkan misteri belum terpecahkan.

Saranjana

amalia.blogspot

Kota Saranjana adalah kota gaib yang masih menjadi misteri belum terpecahkan di Indonesia. kota ini sendiri diyakini berada di Kalimantan Selatan. Kisah tentang kota ini sendiri sudah banyak beredar dan menimbulkan teka-teki bagi yang mendengarnya. Kabarnya, kota ini merupakan kota yang sangat maju dan modern yang dihuni oleh penduduk yang sangat tampan dan cantik dengan ciri fisik seperti manusia.

Salah satu kejadian menarik yang berkenaan dengan kota ini adalah saat ada pesanan alat berat yang datang dari Jakarta dengan tujuan kota Saranjana. Alat-alat tersebut juga diketahui memiliki nilai yang sangat mahal dan sudah dibayar lunas.

Yang membingungkan adalah kota tersebut tidak terdaftar secara administratif. Namun anehnya, kota Saranjana sempat ada dalam peta tahun 1845 buatan Salomon Muller dengan nama Tandjong Serandjana.

Pembunuhan Elisa Lam

crime scene database

Yuk lanjut ceritanya dengan misteri belum terpecahkan dari luar Indonesia. Salah satunya adalah kasus kematian Elisa Lam pada tahun 2013. Wanita berusia 21 tahun tersebut ditemukan tewas dalam tangki air di atap Cecil Hotel, Los Angeles, Amerika Serikat. Bagaimana jenazah gadis tersebut bisa masuk ke dalam tangki air yang digunakan untuk kamar tamu, dapur dan kedai kopi hotel tersebut sampai sekarang masih menjadi misteri belum terpecahkan.

Selain itu, video cctv saat Elisa berada dalam lift hotel juga cukup menarik perhatian. Dalam video tersebut, Elisa terlihat sedang memasuki lift lalu dan memencet beberapa tombol. Hanya saja, lift tidak kunjung tertututp.

Elisa kemudian melangkah ke depan dan membungkukkan kepala sambil melihat ke kiri dan kanan. Dia masuk kembali ke dalam lift, menyender di salah satu sudut lift dan terlhat ketakutan. Karena setelah beberapa lift tidak juga menutup, Elisa pun memutuskan keluar dari sana. Tak berapa lama, pintu lift pun tertutup.

Suku Sentinel

listverse.com

Misteri belum terpecahkan lainnya datang dari suku Sentinel yang terkenal sangat primitif dan kejam pada mereka yang mendekati pulau mereka dan mencoba mengenal suku ini. Karena sulitnya mendekati suku Sentinel, informasi tentang cara hidup mereka, bahasa yang mereka gunakan, dan ritual budaya mereka pun kini masih menjadi misteri.

Segitiga Bermuda

Lauri Wiberg

Segitiga Beruda mungkin merupakan salah satu misteri belum terpecahkan yang menghasilkan banyak teori dan spekulasi liar. Perairan di Samudera Atalantik ini tepatnya terletak di antara Bermuda, Florida dan Puerto Rico. Kabarnya, sekitar 50 kapal dan 20 pesawat telah hilang tanpa jejak di sana.

Teori-teori tentang hilangnya pesawat dan kapal tersebut pun bermacam. Sebagian menjelaskannya secara ilmiah, sebagian yang lain mengaitkannya dengan fenomena supernatural hingga ekstraterestrial.

Wabah Menari

Bettman Archive

Pada bulan Juli 1518, ratusan orang menari sampai mati di jalanan kota Strasbourg, Prancis. Hal ini dikenal dengan nama wabah menari dan diawali dengan seorang wanita bernama Frau Troffea yang tiba-tiba turun ke jalan dan menari tanpa henti sekitar empat hingga enam hari.

Aksinya pun diikuti oleh banyak orang dan mereka pun ikut menari hingga mati terutama karena kelelahan. Dalam satu bulan, ada sekitar 400 orang yang bergabung dan meninggal akibat wabah tersebut. Yang menjadi misteri belum terpecahkan dari wabah ini adalah alasan terjadinya wabah tersebut dan bagaimana seseorang bisa terus menari hingga enam hari tanpa henti.

Beberapa alasan yang diajukan tentang wabah ini adalah adanya semacam histeria masal atau tindakan yang dilakukan untuk menyenangkan sang ilahi. Namun, tidak ada yang benar-benar meyakinkan.

Malaysian Airlines MH370

airlineratings.com

Pada tanggal 8 Maret 2014, pesawat Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 dinyatakan menghilang saat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Saat menghilang dari radar tanpa alasan yang jelas, pesawat berada di kawasan Laut China Selatan di antara pesisir timur Semenanjung Malaysia dan ujung selatan Vietnam.

Pesawat tersebut menghilang meskipun tidak ada turbulensi, kerusakan mesin, atau semacamnya. Baik penumpang maupun badan pesawat sampai kini belum ditemukan. Karenanya, tragedi ini menjadi salah satu misteri belum terpecahkan terbesar di abad ini.

Ingin cari-cari informasi tentang misteri-misteri belum terpecahkan tapi dengan suasana baru? Yuk menginap di Bobobox! Selain menawarkan akomodasi nyaman yang terintegrasi dengan teknologi canggih, hotel kapsul Bobobox juga menawarkan fasilitas Wi-Fi yang bisa kamu kamu akses di seluruh area hotel.

Dengan begitu, kamu bisa bebas mendalami informasi tentang misteri-misteri dunia. Jika ingin lebih privat, kamu bisa browsing sambil leyeh-leyeh di dalam pod kamu saja. Di dalamnya, kamu juga akan menemukan fitur yang tak kalah menarik yaitu moodlamp.

Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk mengatur cahaya lampu sesuai mood kamu. Cukup atur lewat ponsel pintar kamu atau panel yang ada di dekat jendela pod. Makin asyik deh baca-bacanya.

Tunggu apalagi? Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  atau App Store dan rasakan pengalaman menginap yang menyenangkan!

You might also like