minuman sehat

Ini Dia 13 Minuman Sehat untuk Menjaga Kondisi Tubuhmu

Pandemi COVID-19 yang telah berlalu mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan badan kita semua. Menjaga kesehatan tidak hanya melulu soal olahraga, namun juga tentang apa yang kita konsumsi baik itu makanan atau minuman. Di artikel kali itu Bobobox akan membagikan berbagai jenis minuman sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga tubuh tetap fit.

Minuman sehat itu tidak selalu tidak enak atau mahal seperti yang kamu bayangkan. Ada jenis minuman sehat yang enak serta bermanfaat dan baik bagi tubuh, lo.

Daftar Minuman Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Minum-minuman sehat tidak hanya untuk kegiatan olahraga, diet, atau terapi saja. Berikut adalah beberapa minuman sehat yang bisa kamu konsumsi setiap harinya:

1. Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minuman sehat tidak harus selalu mahal. Kamu bisa mengonsumsi air putih kurang lebih 2 liter dalam satu hari untuk membantu badan kamu tetap sehat dan bugar.

Minum air putih telah terbukti membawa banyak manfaat bagi tubuh mulai dari sirkulasi darah yang lebih lancar, mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, hingga melembabkan dan menjaga kulit kamu agar tetap sehat. Jika kamu beraktivitas di tempat yang panas, maka tidak ada salahnya kamu minum lebih banyak. Intinya, selama kamu masih merasa haus atau dehidrasi jangan sungkan untuk minum air putih.

2. Air Lemon

Kalau kamu masih merasa tidak puas dengan air putih, kamu bisa mencoba campuran air lemon atau infused water untuk melepas dahaga kamu. Cukup peras 2 buah lemon dan campurkan dengan air 200 mililiter. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu sebaiknya menggunakan air hangat dan meminum air lemon 15 hingga 30 menit sebelum kamu beraktivitas.

Meminum campuran air lemon dapat membantu kamu meningkatkan energi serta membantu pencernaan tubuh. Walaupun memiliki khasiat yang baik, namun sebaiknya kamu jangan meminum campuran lemon terlalu sering dan hanya meminumnya sekali dalam sehari.

3. Air Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Air kelapa kaya akan kandungan elektrolit, sehingga cocok untuk rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh. Adanya kandungan bio aktif enzim dalam air kelapa juga dapat membantu metabolisme tubuh.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengontrol tekanan darah karena mengandung banyak magnesium dan potasium. Magnesium tersebut juga dapat membantu meredakan sakit kepala atau migrain.

4. Jus Buah Buahan dan Sayuran

Buah dan sayuran memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Namun, terkadang menyiapkan dan memakan buah dapat menjadi kegiatan yang merepotkan. Kalau begitu, kenapa tidak kamu buat jus saja?

Jus buah dan sayuran seperti jus apel, lemon, wortel, dan pepaya memiliki banyak khasiat. Buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas maksimal sehari-hari.

5. Teh Hitam

Kalau kamu sedang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, teh hitam dapat menjadi teman pendamping yang tepat. Selain aroma yang menenangkan, teh hitam dikenal dapat mencegah radikal bebas dan mencegah penyakit, khususnya penyakit pencernaan seperti penyakit usus.

6. Teh Hijau

Teh yang sangat terkenal dari Jepang ini memiliki manfaat yang tak main-main, lo. Teh hijau memiliki kandungan yang dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dengan merangsang respon antiinflamasi atau antiperadangan.

Tak hanya itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan begitu, teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi arteri dan dapat mencegah penyakit jantung.
Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Cokelat Panas

Selain cocok dinikmati saat udara sedang dingin, cokelat panas juga kaya akan manfaat, lo. Menurut penelitian, kandungan flavonoid dalam cokelat panas dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi kerja otak serta meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Rutin mengonsumsi cokelat panas juga dapat memperbaiki suasana hati, sehingga dapat mengurangi stres, kecemasan, serta depresi.

8. Susu Rendah Lemak

Tak selamanya susu mengandung banyak lemak, lo. Ada pula susu dengan kadar lemak rendah, yang justu baik untuk kesehatan tubuh. Seperti kebanyakan produk susu, susu rendah lemak juga dapat menjadi sumber kalsium dan vitamin D. Namun, susu rendah lemak juga mengandung protein dan mikronutrien yang penting bagi tubuh.

Susu rendah lemak ini juga mengandung jauh lebih sedikit lemak jenuh daripada susu murni atau susu full cream. Hal ini menjadikan susu rendah lemak lebih sehat ketimbang susu biasa.

9. Jus Delima

Tahukah kamu bahwa buah delima dikenal sebagai superfruit? Dikatakan demikian karena buah delima memiliki banyak manfaat yang bisa sangat berguna untuk tubuh. Buah delima memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah delima juga dapat melawan infeksi virus dan bakteri.

Tak sampai di situ saja, buah delima juga memiliki kandungan polifenol yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi jus buah delima secara rutin bahkan dapat mencegah dan menghancurkan sel kanker payudara, lo.

10. Teh Jahe

Selain berguna untuk menghangatkan badan, ternyata jahe juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena adanya kandungan antioksidan. Mengonsumsi teh jahe juga bisa meredakan stres dan menimbulkan sensasi rileks pada tubuh.

Mengonsumsi teh jahe juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Teh jahe juga merupakan minuman sehat yang bisa membantu tubuh melawan pertumbuhan sel kanker.

11. Campuran Air dan Cuka Apel

Cuka apel memang memiliki kadar asam yang sangat tinggi. Itu sebabnya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi cuka apel tanpa campuran apapun karena akan berbahaya bagi lambung. Namun, jika kamu mencampurnya dengan air, cuka apel akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Terlebih jika kamu mencampurnya dengan madu, campuran cuka apel tersebut bisa meringankan alergi serta gejala flu dan batuk. Ini karena campuran cuka apel tersebut memiliki kandungan antimikroba alami.

12. Teh Kamomil

Gejala insomnia bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Jika kamu memiliki gejala insomnia, cobalah untuk rutin meminum teh kamomil sebelum tidur karena teh kamomil bisa membantu menenangkan saraf dan membuat tidur lebih nyenyak.

The kamomil juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung senyawa fenolik dan vitamin C.

13. Jus Kale

Kale merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus untuk mendapatkan beragam manfaat untuk tubuh. Jus kale bisa membantu memelihara kesehatan rongga mulut, seperti mencegah sariawan, melindungi enzim dan menjaga kondisi gusi.

Di samping itu, jus kale merupakan minuman sehat yang sangat bagus untuk tulang karena kale kaya akan vitamin K. Mengonsumsi jus kale secara rutin juga dapat membantu proses pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

Itulah minuman sehat yang bisa kamu minum secara rutin untuk menjaga kondisi tubuhmu agar tetap sehat. Kamu bisa mengonsumsinya secara bergantian untuk mendapatkan beragam manfaat dalam minuman tersebut.

Selain menjaga kesehatan tubuh, jaga kesehatan pikiran dengan staycation seru, yuk!

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting, tapi pikiran yang sehat juga enggak kalah penting, lo. Yuk, staycation seru di Bobobox untuk melepas penat. Bobobox adalah hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Kamu bisa pesan kamar melalui aplikasi atau website Bobobox, kemudian langsung melakukan pembayaran. Kamu akan otomatis mendapatkan QR code pada aplikasi tersebut. QR code itu bisa digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Tak hanya itu, Bobobox juga menggunakan IoT untuk kemudahan mengakses berbagai fasilitas di dalam kamarmu. Mulai dari lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginan, hingga menghubungkan smartphone-mu dengan audio musik yang ada di setiap pod.

Podnya juga super nyaman, dengan kasur berukuran single atau king size serta kondisi kamar yang bersih dan rapi. Tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu dengan rutin melakukan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan.

Dengan begini, kamu enggak perlu khawatir untuk menginap di Bobobox saat kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Yuk, pesan kamar sekarang!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita
Foto header: Dominik Martin via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles