Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Dari Serial Queens Gambit & Dewa Kipas, Ini 10 Manfaat Bermain Catur!

Tak hanya menghibur, berikut adalah 10 manfaat bermain catur bagi kesehatan!

Manfaat bermain catur faktanya bukan sekedar memberikan hiburan semata namun jauh daripada itu memiliki peran dalam kehidupan terutama kesehatan. Belakangan ini permainan catur banyak menarik perhatian masyarakat dunia dan juga Indonesia. Drama series Netflix yang berjudul The Queen’s Gambit merupakan salah satu alasan mengapa pencarian dengan kata kunci chess atau catur meningkat di mesin pencarian Google.

Selain itu pertandingan antara Dewa Kipas atau Dadang Subur dengan Women Grandmaster Irene Sukandar juga berkontribusi membuat permainan catur menjadi semakin populer. Ingin tahu apa saja manfaat bermain catur bagi kesehatan? Berikut sejumlah manfaat bermain catur untuk kesehatan yang telah Bob rangkum dari berbagai sumber.

1. Manfaat Bermain Catur: Melatih Otak

Manfaat bermain catur bagi kesehatan yang pertama adalah melatih otak yang kemudian akan berkontribusi terhadap keseimbangan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa untuk bermain catur dengan baik seseorang harus mampu menyeimbangkan sisi otak kiri dan kanan.

Sisi otak kiri memiliki peran pengenalan objek dan sisi otak kanan memiliki peran pengenalan pola. Dikutip dari The Chess World, berkat aturan dan teknik permainan, seiring berjalannya waktu bermain catur akan secara efektif melatih dan mengembangkan dua sisi otak.

2. Manfaat Bermain Catur: Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat bermain catur berikutnya adalah meningkatkan daya ingat seseorang. Saat kamu bermain catur kamu dituntut untuk menghafal berbagai kombinasi gerakan untuk menentukkan dan memprediksi kemungkinan pergerakkan selanjutnya. Oleh karena itu tak mengherankan jika kebanyakan para pemain catur memiliki kekuatan memori yang baik. Dilansir dari laman Healthline, memori auditori adalah kemampuan untuk mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Para pemain catur umumnya memiliki keterampilan mengingat di atas rata-rata sehingga mereka mampu mengingat dan mengenali pola dengan cepat. Sebuah studi membuktikan bahwa pemain catur lebih pandai dalam mengingat kembali kata-kata yang pernah didengar dibandingkan orang yang tidak bermain catur sama sekali.

3. Manfaat Bermain Catur: Meningkatkan Kreativitas

Manfaat bermain catur selanjutnya adalah meningkatkan kreativitas sebagaimana yang ditunjukkan oleh studi di India. Studi ini dilakukan untuk menguji tingkat kreativitas terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok yang dilatih untuk bermain catur dan kelompok yang tidak. Dalam tes tersebut siswa diminta untuk menemukan penggunaan alternatif untuk item umum dan menafsirkan pola dan makna dari bentuk abstrak. Hasilnya mereka yang bermain catur memiliki pemikiran yang berbeda dan kreatif.

4. Manfaat Bermain Catur: Mencegah Alzheimer, Dimensia, dan AHD

Manfaat bermain catur pun dapat dirasakan oleh para manula sesuai dengan hasil studi medis yang melibatkan 448 manula oleh Albert Einstein College of Medicine. Studi tersebut menunjukkan bahwa bermain catur dapat merangsang fungsi otak dan menurunkan resiko demensia. Manfaat bermain catur ini pun berkontribusi terhadap peningkatan fungsi otak dan mengurangi resiko penyakit alzhaimer, depresi, dan kecemasan.

Selain itu bagi mereka yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) juga dapat diatasi dengan bermain catur. Sebuah studi menunjukkan bahwa bermain catur mampu meredakan gejala ADHD pada anak-anak. Dalam studi tersebut para pasien ADHD mengalami penurunan gejala ADHD sebanyak 41 persen setelah bermain catur.

5. Manfaat Bermain Catur: Mengatasi Skizofrenia

Manfaat Bermain Catur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Center of Cognitive Neuroscience di Prancis melakukan tes yang melibatkan pasien skizofrenia yang bermain catur setiap hari, Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kondisi pada pasien skizofrenia yang bermain catur dibandingkan dengan pasien yang tidak bermain. Pasien yang bermain catur mengalami peningkatan perhatian, perencanaan, dan kemampuan penalaran yang baik.

6. Manfaat Bermain Catur: Mencegah Serangan Panik

Sebuah studi kasus pada 2017 menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki serangan panik dapat menggunakan aplikasi catur pada telepon genggamnya. Saat seseorang merasa panik, bermain catur dapat membantu meningkatkan rasa tenang dan mencegah serangan panik. Selain itu bermain catur juga dapat membuat seseorang menyibukkan diri dari perhatian dan rasa tidak menyenangkan.

7. Manfaat Bermain Catur: Membangun Percaya Diri, Perkembangan Kognitif, dan Mental

Dalam permainan, kalah dan menang adalah hal yang biasa. Saat mengalami kekalahan bermain catur seseorang akan cenderung mencatat dan menganalisis kesalahan yang dilakukan. Pengalaman kekalahan bermain catur membuat seseorang memiliki kesempatan untuk menganalisis, meningkatkan kekuatan mental, dan juga meningkatkankepercayaan diri.

Saat bermain catur, kesehatan mental pun dapat mengalami perkembangan seperti halanya peningkatan kognitif pada otak. Tak hanay bagi orang dewasa dan manula seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat bermain catur juga bisa dirasakan oleh anak-anak seperti yang dijelaskan oleh sebuah studi. Studi ini menunjukkan bahwa bermain catur dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, sosialisasi, dan cara berpikir pada anak-anak.

8. Manfaat Bermain Catur: Melatih Diri untuk Melihat dari Sudut Pandang Orang Lain

Saat bermain catur, kamu harus dapat membaca situasi dan mengantisipasi gerakan lawan. Hal ini membuat kamu dituntut untuk mampu memprediksi strategi lawan dan belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Kemampuan ini disebut sebagai theory of mind yang sangat penting untuk membangun rasa empati dan hubungan sosial yang sehat.

9. Manfaat Bermain Catur: Meningkatkan Kecerdasan

bahasa paling sulit dipelajari di dunia
Sumber: Generation Study

Orang yang sudah berpengalaman bermain catur ternyata memiliki kemampuan berpikir yang bernama fluid intelligence dan processing speed. Fluid intelligence adalah kemampuan mempertimbangkan masalah baru dan menggunakan nalar dalam menyelesaikannya. Sedangkan processing speed adalah kemampuan memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien. Umumnya para pemain catur yang sudah berpengalaman memiliki kedua kemampuan berpikir ini.

10. Manfaat Bermain Catur: Melatih Kemampuan untuk Membuat Perencanaan

Manfaat bermain catur yang terakhir adalah melatih kemampuan seseorang dalam membuat perencanaan. Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat harus membuat perencanaan dan mengambil keputusan. Faktanya bermain catur membutuhkan waktu yang lama dalam membuat perencanaan strategi agar pemain mampu mengalahkan lawannya. Sebuah riset membuktikan bahwa mereka yang sering bermain catur dapat membuat perencanaan yang lebih baik dibandingkan mereka yang jarang bermain catur. 

Main Catur Sambil Menginap di Bobobox Yuk!

Bagi kamu yang ingin menonton film The Queen’s Gambit ataupn pertandingan catur Dewa Kipas kamu bisa coba pengalaman seru nonton sambil menginap di Bobobox. Meskipun berkonsep hotel kapsul, nyatanya Bobobox juga menyediakan pods untuk kamu dan temanmu sehingga liburanmu akan makin seru.

Semua aktivitas yang kamu lakukan di Bobobox bisa langsung tersambung dengan smartphonemu. Contohnya, kamu hanya bisa membuka kunci podsmu melalui smartphonemu saja. Hal ini membuat Bobobox menjadi hotel kapsul dengan keamanan yang paling tinggi.

Bobobox juga dilengkapi Wi-Fi yang super kencang cocok untuk kamu yang mau staycation sambil menonton serial-serial Netflix. Di Bobobox, kamu bisa menonton langsung film miniseri The Queen’s Gambit ditemani sinyal internet anti lemot. Masih penasaran dengan Bobobox? Cek dulu infonya di sini dan jangan lupa booking Bobobox untuk liburan selanjutnya.

Communal Area – Bobobox Pods Paskal

You might also like