Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Kuliner Malam Jogja yang Gak Boleh Kamu Lewatin

Makin malam, makin lezat

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit untuk berburu kuliner malam Jogja. Sebagian orang mungkin sengaja berburu kuliner malam Jogja daripada hanya berdiam diri di hotel. Sebagian yang lain berburu kuliner malam Jogja untuk mengisi perut setelah lelah seharian menjelajahi wisata-wisata yang ditawarkan Kota Gudeg ini.

Nah, jika kamu berencana untuk liburan ke Yogyakarta, jangan sampai lewatkan 10 kuliner malam Jogja berikut ini!

Gudeg Pawon

@hasan.pradana

Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak memasukkan gudeg ke dalam daftar kuliner malam Jogja kamu. Salah satu tempat gudeg yang wajib kamu kunjungi adalah Gudeg Pawon yang sudah ada sejak tahun 1958.

Yang unik dari kuliner malam Jogja ini adalah cara penyajiannya yang dilakukan langsung dari pawon atau dapur. Karenanya, kamu bisa melihat sendiri pembuatan gudeg yang menggunakan tungku tradisional sehingga memberikan cita rasa yang nikmat.

Menu yang ditawarkan sama saja seperti warung gudeg pada umumnya yaitu nasi gudeg basah dengan tambahan lauk telur dan ayam kampung serta sambal krecek. Kalau kamu mau merasakan nikmatnya kuliner malam Jogja legendaris ini, kamu harus siap mengantre.

Gudeg Pawon ini buka pukul 21.30. Agar tidak kehabisan, sebaiknya kamu datang satu jam lebih awal dari jam buka. Kadang-kadang jika datang pukul 22.00, pengunjung sudah dianggap kehabisan karena antreannya sudah megekor hingga keluar rumah.

Gudeg Mercon

@gudeg_mercon_mbak_yuni

Ketika mendengar kata gudeg, kamu pasti langsung teringat dengan makanan khas Jogja dengan cita rasanya yang terkenal manis. Bagi sebagian orang, rasa manis pada makanan berat mungkin tidak cocok dengan lidah mereka.

Nah, kalau kamu termasuk yang kurang cocok dengan rasa manis pada gudeg tapi ingin mencoba makanan khas tersebut, gudeg mercon bisa jadi alternatif kuliner malam Jogja kamu, apalagi buat kamu penyuka makanan pedas. Lauk yang ditawarkan sebenarnya sama saja dengan menu gudeg pada umumnya, yaitu nasi, saus kental (areh), dan nangka muda.

Agar semakin nikmat, biasanya ada menu tambahan berupa telur, tahu, tempe, ayam, gorengan, aneka jeroan, beberapa pilihan satai dan lain-lain. Hanya saja, untuk gudeg mercon ini ada lagi tambahan berupa oseng-oseng mercon yang membuat gudegnya semakin menggigit.

Oseng-oseng tersebut biasanya berupa olahan kikil yang dicampur dengan rempah-rempah dan cabai yang pedasnya bakal bikin kamu banjir keringat. Jika tertarik mencoba, kamu bisa menyambanginya di Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Mercon Mbak Yuni, Gudeg Mba Pirang, dan Gudeg Mercon Yu Yah.

Sate Klathak

@satepakpongpusat

Saat pertaa mendengar sate klatak, bagi sebagi orang mungkin terdengar seperti sate “katak”. Eits, tidak usah khawatir! Kuliner malam Jogja yang satu ini tidak mengandung daging katak sama sekali.

Sate klathak sendiri merupakan sate yang terbuat dari daging kambing muda yang kemudian ditusuk dengan jeruji sepeda, bukan bambu seperti sate pada umumnya. Dengan menggunakan jeruji besi, maka kematangan sate akan lebih merata.

Potongan dagingnya juga besar sehingga satu porsinya hanya terdiri dari dua sampai tiga tusuk sate. Selain itu, bumbu yang digunakan pun cukup sederhana, yakni hanya garam dan merica. Lalu, untuk penyajiannya, sate klathak akan ditemani dengan kuah kare.

Jika tertarik mencoba, kamu tidak akan kesulitan menemukan kuliner malam Jogja ini karena sudah banyak warung yang menjual makanan tersebut. Beberapa di antaranya adalah warung Sate Klathak Pak Bari, Sate Klatak Pak Pong, Sate Klatak Pak Jupaini, Satte Klatak Pak Jede dan masih banyak lagi.

Soto Sampah

@injogjafood

Meskipun namanya terdengar kotor, soto sampah wajib masuk kuliner malam Jogja kamu. Tenang saja, makanan ini bersih kok! Yang membuatnya diberi nama soto sampah adalah banyaknya lauk yang dimasukkan ke dalam soto tersebut sehingga menyerupai sampah.

Soto ini sendiri pada dasarnya terdiri dari nasi putih, bihun, kubis, tauge, seledri, bawang goreng serta pilihan daging (gajih sapi, daging ayam, dan daging sapi) yang disiram dengan kuah segar nan gurih. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lauk-lauk tambahan seperti gorengan, oseng, sate usus, sate ati, telur dadar, dan lain-lain.

Jika tertarik, kamu bisa menikmati kuliner malam Jogja ini dengan harga sekitar Rp 10.000,00 di Jalan Kraggan No. 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Oseng-Oseng Mercon

@tyasabrina

Buat kamu penyuka pedas, wajib banget nih kamu mencoba kuliner malam Jogja satu ini. Namanya Oseng-Oseng Mercon Bu Narti dan letaknya ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Isian oseng yang ditawarkan adalah gajih, kikil, kulit dan tulang muda yang dimasak dengan campuran minyak, cabai, dan bumbu lainnya sehingga siap membakar lidah kamu. Agar semakin nikmat, kamu bisa menambahkan lauk-lauk lainnya seperti ayam, bebek, lele, burung puyuh, burung dara, dan jeroan.

Nasi Kuning Bu Tuminem

@jogjafood

Kalau kamu tidak sempat menyantap nasi kuning di pagi hari, kamu bisa banget nih menggantinya di malam hari. Datang saja ke Nasi Kuning Bu Tuminem di Jalan Asam Gede, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Jika kamu membeli nasi kuning lengkap, kamu akan mendapatkan nasi kuning dengan lauk kering kentang, kacang tanah goreng, irisan telur dadar, ayam suwir, telur rebus dengan bumbu pedas, irisan timun, dan taburan abon. Selain itu, warung ini juga mejual gorengan agar semakin melengkapi santapan kuliner malam Jogja kamu.

Mie Nyemek Bu Siti

@jogjabikinlaper

Malam-malam itu enaknya makan Indomie. Tentunya banyak warmindo yang bisa kam sambangi jika kamu ingin makan Indomie saat berada di Jogja.

Salah satu yang bisa kamu coba ada Warmindo Bu Siti yang menawarkan menu mie nyemek. Kuliner malam Jogja ini kabarnya sudah ada sejak tahun 2002 dan menjual olahan mi instan yang dimasak dengan bumbu racikan khas Bu Siti yang disebut mie nyemek.

Berbeda dengan olahan mi instan pada umumnya, di tempat ini mi tersebut direbus lalu dimasak dengan mencampurkan bumbu mi dengan bawang putih, kecap, cabai rawit, dan tambahan sayuran. Di sini tentu ada tambahan telur dan kamu bisa memilih ingin pakai telur ayam atau telur bebek. Selain itu, warmindo ini juga menjual menu tambahan seperti gorengan, bakso, sate usus, dan sate ati.

Angkringan Lik Man

@briandsumito

Selain terkenal dengan gudegnya, sudah bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta juga terknal karena angkringannya. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk memasukkan angkringan ke dalam daftar kuliner malam Jogja kamu.

Salah satu yang cuku populer adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man yang terletak di Jalan Wongsodirjan. Menu yang ditawarkan pun beragam dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa membeli menu nasi kucing (nasi bungkus ukuran kecil), nasi oseng, sambal teri, sate-satean (usus, ati, dan telur puyuh), aneka gorengan, serta berbagai minuman panas dan dingin.

Buat para pecinta kopi, pas banget nih karena tempat kuliner malam Jogja ini menawarkan menu andalan bernama kopi Jos. Kopi ini sendiri merupakan kopi hitam yang diseduh dengan air panas lalu ditambahkan dengan arang panas. Selain menghasilkan rasa yang khas, kamu juga akan mendengar suara joss ketika arang tersebut menyentuh air kopi.

Mie Ayam Grabyas Red Door

@jogjafood

Kalau kamu akan menginap di sekitar Mailoboro, kamu bisa nih berburu kuliner malam Jogja yang satu ini. Namanya adalah Mie Ayam Grabyas Red Door.

Tempat ini menyajikan berbagai menu mie ayam yang siap menggoyang lidah kamu. Beberapa di antaranya adalah mie ayam grabyas, mie ayam grabyas pangsit goreng, mie ayam grabyas pangsit rebus, mie ayam grabyas bakso, dan mie ayam grabyas komplit (lengkap dengan bakso dan pangsit). Grabyas sendiri merupakan lemak ayam yang digoreng hingga kering.

Sate Samirono

@samirono_sate

Kalau kamu ingin berburu kuliner berbau daging, kamu bisa mendatangi Sate Samirono, warung sate legendaris yang sudah ada sejak tahun 1977. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam sehingga kamu bisa memilih menu sesuai selera kamu.

Untuk menu sate, kamu bisa memilih sate ayam, kambing, sapi hingga sate goreng. Selain itu, tempat ini juga menyajikan menu lainnya seperti tengkleng, tongseng, hingga nasi goreng.

Setelah puas berburu kuliner malam, kini saatnya kamu mencari tempat untuk beristirahat dan tidur dengan nyaman. Jangan bingung-bingung, ke Bobobox saja!

Hotel kapsul yang satu ini memiliki desain yang minimalis namun terintegrasi dengan teknologi yang canggih. Fasilitasnya pun memadai sehingga kamu akan betah berlama-lama di sana apalagi setelah seharian kamu berwisata dan menghabiskan malam dengan makanan yang lezat.

Agar memudahkan para pelanggan, kamu bisa langsung pesan lewat situs resmi atau aplikasi Bobobox. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan memperoleh QR code untuk kemudian kamu gunakan sebagai akses ke dalam pod pilihan kamu. Simple kan!

Di Bobobox, kamu juga akan menemukan fitur moodlamp. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur warna cahaya lampu dalam pod sesuai dengan mood kamu. Bisa kamu gunakan untuk latar foto kamu nih biar hasilnya maki instragammable.

Yuk segera unduh aplikasinya di Play Store atau App Store dan dapatkan promo-promo yang menarik dari Bobobox!

You might also like