Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Terlupakan dan Ditinggalkan: 10 Kota Hilang dari Peradaban

Kota hilang dari peradaban dunia faktanya merupakan hal yang nyata!

Kota hilang dari peradaban bisa terjadi salah satunya karena ditinggalkan para penduduknya kemudian dibiarkan begitu saja. Kota tersebut pun kemudian menjadi sebuah peradaban yang terlupakan dan meninggalkan banyak misteri. Beberapa faktor yang membuat kota hilang dari peradaban dan ditinggalkan penduduknya diantaranya adalah karena faktor perang, bencana alam, wabah, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya daftar kota hilang dari peradaban faktanya ada 10 kota yang hilang dan sampai saat ini masih ramai diperbincangkan banyak orang. Kesepuluh kota hilang ini ternyata menyimpan banyak misteri dan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Lalu apa sajakah 10 kota hilang dari peradaban karena terlupakan dan ditinggalakn tersebut? Berikut adalah informasinya!

1. Kota Hilang: Atlantis

@brilio.net

Kota yang pertama adalah Atlantis yang digambarkan oleh Platos sebagai sebuah kota yang maju dan memiliki kekuatan laut yang tangguh. Atlantis diyakini pernah menaklukkan sebagian besar wilayah Eropa sebelum pada akhirnya kota ini hilang karena tenggelam ke laut. Berdasarkan mitos Atlantis tenggelam karena para para dewa kesal pada perilaku para penduduk kota ini. Sedangkan penelitian ilmiah mengasumsi kota ini tenggelam karena kejadian geologis.

2. Kota Hilang: Lemuria

Kota selanjutnya adalah sebuah kota sekaligus pulau dengan pemandangan seperi taman Eden yang tenang. Lemuria merupakan sebuah kota tropis yang berlokasi di Pasifik. Sayangnya kota ini kemudian tenggelam dan hilang dari peradaban manusia seperti halnya Atlantis. Kota Lemuria ini pada awalnya diteliti oleh seorang arkeolog bernama Augustus Le Plogeon. Augustus kemudian berkata bahwa penduduk Lemuria adalah orang yang menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir ataupun Meso-America.

3. Kota Hilang: Troy

Troy adalah salah satu kota legenda yang dikenal sebagai pusat kota dari berbagai sejarah modern. Kota Troy adalah kota tempat para pahlawan Yunani modern seperti Achilles menetap. Jika kamu familiar dengan sejarah perang kuda Trojan maka kamu pastinya sudah tidak asing dengan nama Kota Troy. Kota Troy merupakan lokasi tempat terjadinya perang kuda Trojan.

Hilangnya Kota Troy kerap kali dikaitkan dengan hilangnya Kota Atlantis. Pada tahun 1871, tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja kemudian dilakukan penelitian mengenai tembok tersebut. Salah satu alasan mengapa Kota Troy merupakan salah satu kota yang tak terkalahkan adalah karena temboknya. Tembok Kota Troy dibuat dari rerentuhan kota lain yang telah hancur berulang kali yang dibentuk kembali sehingga membuat tembok ini menjadi sangat kuat dan kokoh.

4. Kota Hilang: Sodom dan Gamora

@brilio.net

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kisah Sodom dan Gamora yang merupakan salah satu kisah dunia gama yang terkenal. Sodom dan Gamora dikisahkan sebagai sebuah kota yang dihuni oleh penduduknya yang berdosa. Hal ini kemudian membuat Tuhan murka sehingga Tuhan menghukum penduduk Sodom dan Gamora dengan hujan api yang membuat kota ini lenyap. Diyakini bahwa Kota Sodom dan gamora ini merupakan sebuah kota kuno Kana’an. Kota ini tercatat pernah mengalami bencana meteor pada tahun 3123 SM.

5. Kota Hilang: Petra

Kota Petra dikenal salah satu dari sepuluh tempat di dunia yang patut untuk dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan yang menakjubkan! Kota Petra berlokasi di bagian selatan Yordan tepatnya berdekatan dengan Laut Mati. Kota Petra hilang dari peradaban manusia karena ditinggalkan penduduknya pasca bencana gempa bumi. Kota Petra ini kemudian dikunjungi oleh seorang penjelajah bernama Ludwig Burckhardt pada abad ke 18.

Ludwig pun kemudian membesarkan Nama Kota Petra hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia. Kota Petra terletak di tengah-tengah gurun pasir dan karena banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini Kota Petra yang mati pun mulai ramai. Hal ini membuat Kota Petra tidak sepenuhnya hilang namun tetap layak masuk ke dalam salah satu daftar kota hilang paling ternama di dunia.

6. Kota Hilang: El Dorado

Kota El Dorado dikenal juga sebagai Kota Emas karena diperkirakan menyimpan banyak sekali emas di dalamnya. El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis yang diyakini berada di kawasan hutan Amazon di Amerika Selatan. Kota El Dorado disebutkan memiliki seorang raja yang kuat dan kekayaan emas yang berlimpah.

7. Kota Hilang: Memphis

Didirikan pada tahun 3100 SM, Memphis adalah ibu kota Mesir Kuno dan menjadi pusat administrasi dari peradaban tersebut selama bertahun-tahun sebelum akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya seiring dengan kemunculan Kota Thebes dan Alexandria. Di bekas kota ini banyak ditemukan reruntuhan-reruntuhan bangunan Mesir Kuno.

8. Kota Hilang: Angkor

@brilio.net

Kota hilang selanjutnya datang dari Kamboja tepatnya di daerah bernama Angkor. Angkor merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pusat industri di Asia bahkan di dunia. Salah satu peninggalan paling terkenal di kawasan Angkor ini adalah kuil Angkor Wat yang pada zaman dahulu merupakan sebuah kota. Kuil Angkor ini dianggap sebagai tempat untuk beribadah sekaligus landmark negara Kamboja.

Kuil Angkor ini memiliki sebuah misteri karena kota ini hilang bergitu saja tanpa adanya gangguan penjajahan maupun bencana. hal ini masih menjadi pertanyaan sampai saat ini karena kota hilang ini ditinggalkan begitu saja oleh para penduduknya.

9. Kota Hilang: Pompeii

Kota Pompeii merupakan kota romawi yang lenyao pada tahun 79 masehi. Kota hilang ini diperkirakan dihuni oleh sekitar 20 ribu penduduk pada saat itu. Kota Pompeii lenyap di peradaban manusia karena bencana gunung meletus dari Gunung Vesuviusyang berlokasi tidak jauh dari Pompeii sehingga mengubur seluruh komunitas di dalam abu dan batu sedalam 60 kaki.

10. Kota Hilang: Machu Picchu

Kota hilang Machu Picchu adalah salah satu kota yang hilang dengan cara yang sangat misterius. Kota ini diperkirakan telah berdiri padaabad ke-14. machu Picchu berlokasi di sekitar lembah Urubamba di Peru. Sampai saat ini belum diketahui mengapa suku asli yang menempati Machu Pichu bernama suku Inca memilih lokasi tersebut menjadi sebuah kota.

Disebutkan bahwa kota Machu Picchu ini pernah diserang oleh wabah cacar. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kota hilang ini kemudian terlantar dan tidak ditinggali lagi setelahnya. Beberapa teori mengatakan bahwa kota Machu Picchu ini dibangun untuk dijadikan sebua kuil suci, penjara, dan juga tempat tinggal kaisar bernama Pachacuti. Namun faktanya sampai saat ini keberadaan kota ini masih menjadi perdebatan dan masih menjadi misteri.

Pengalaman Menginap yang tak Terlupakan? Ya di Bobobox!

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox. Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox. Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

You might also like