Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’

Jika salah mengaplikasikannya, bisa-bisa riasanmu justru terlihat tidak natural.

Riasan bergaya natural sangatlah populer dan digemari oleh kaum hawa. Tak hanya memberikan efek effortless beauty, tampilan makeup ini juga menimbulkan kesan sederhana dan cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, banyak pula orang yang masih melakukan kesalahan dalam mengaplikasikan gaya makeup ‘no makeup’ ini. Tanpa berlama-lama, ini dia 10 kesalahan umum makeup natural yang harus kamu hindari untuk mendapatkan tampilan makeup ‘no makeup’ yang sempurna.

1. Tidak memaksimalkan penggunaan skincare

Penggunaan makeup bergaya natural bertujuan untuk menampilkan kesan cantik sempurna tanpa menggunaan produk kecantikan yang banyak dan tebal. Sering kali, tampilan makeup ‘no makeup’ ini tidak bisa menutupi masalah kulit seperti bekas jerawat atau bruntusan sepenuhnya.

Solusinya, kamu bisa mengandalkan rutinitas skincare supaya polesan makeup di wajah terlihat maksimal. Hal ini jelas akan memudahkanmu untuk mengaplikasikan makeup natural, karena kondisi kulitmu sudah sehat dan terawat sebelumnya. So, yes, mengabaikan penggunaan skincare menjadi  kesalahan umum makeup natural yang pertama.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@good_citizen via Unsplash

2. Memilih sunscreen dengan kandungan SPF tinggi

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus mengunci skincare supaya dapat bekerja secara maksimal. Sunscreen menjadi tahapan penutup pada rutinitas skincare, sebelum mengenakan makeup di pagi atau siang hari.

Namun, tahukah kamu jika memilih sunscreen ber-SPF yang terlalu tinggi bisa menjadi kesalahan umum makeup natural? Faktanya, semakin tinggi kandungan SPF, sunscreen akan semakin lengket dan terasa menumpuk di wajah. Kamu bisa memakai sunscreen dengan jumlah SPF tak lebih dari 50 untuk hasil makeup yang maksimal.

3. Menggunakan foundation terlalu tebal

Alas bedak atau foundation menjadi kunci untuk penggunaan riasan bergaya apapun. Itu karena foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit supaya kulitmu terlihat lebih sempurna. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam mengaplikasikannya, karena menggunakan foundation terlalu tebal bisa menjadi kesalahan umum makeup natural selanjutnya.

Untuk penggunaan makeup dengan tampilan yang natural, pilihlah foundation ringan yang berupa tinted moisturizer atau pelembab berwarna. Jenis foundation yang satu ini akan membuat riasan naturalmu terlihat lebih sempurna, namun tetap bisa menutupi masalah pada kulit wajah.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@kerenlevend on Unsplash

4. Memakai concealer terlalu banyak

Bekas jerawat atau mata panda menjadi masalah kulit yang cukup sukar untuk ditutupi dengan makeup natural. Oleh karenanya, memakai concealer bisa menjadi cara untuk menyamarkan masalah tersebut. Namun, jika memakai concealer terlalu banyak, itu justru menjadi sebuah kesalahan umum makeup natural, lho.

Concealer berbentuk cair adalah pilihan tepat untuk tampilan makeup ‘no makeup’ ini karena lebih mudah diratakan. Aplikasikan sedikit saja pada bekas jerawat, bawah mata, atau bagian lain yang diinginkan, kemudian blend menggunakan beauty blender atau kuas.

5. Salah memilih warna maskara

Kesalahan umum makeup natural selanjutnya adalah sering kekeuh menggunakan maskara berwarna hitam. Bukan tak boleh, hanya saja maskara berwarna hitam malah menimbulkan efek dramatis dan membuat bulu mata terlihat lebih panjang, tebal, dan hitam. Hal tersebut tentu saja malah menambah kesan bold yang nanggung.

Sebaiknya, pilihlah maskara berwarna coklat tua atau transparan. Dua warna maskara ini mampu melentikkan bulu mata tanpa menimbulkan kesan berlebihan pada makeup natural. Tak hanya itu, dua warna tersebut akan menampilkan kesan mata yang terlihat lebih segar alami.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@anniespratt via Unsplash

6. Memakai eyeliner tebal

Eyeliner menjadi salah satu produk kosmetik yang sebenarnya tak terlalu diperlukan dalam tampilan riasan natural. Eyeliner berfungsi mempertegas garis mata, dan produk ini akan memberi tampilan wajah yang maksimal pada makeup semi-bold atau bold. Penggunaan eyeliner yang tebal tentu saja menjadi kesalahan umum makeup natural.

Namun jika kamu membutuhkan sentuhan eyeliner pada riasan naturalmu, sebaiknya gunakan eyeliner berbentuk pensil. Aplikasikan setipis mungkin pada garis mata dan jangan dibuat melebar. Meskipun tipis, pulasan eyeliner pasti akan tetap terlihat kok pada riasan makeup natural tanpa terlihat berlebihan.

7. Membentuk alis tidak natural

Makeup terasa kurang tanpa adanya alis yang rapi, tebal serta on fleek. Namun, untuk mendapatkan makeup yang terlihat natural, membentuk alis dengan tebal dan on fleek menjadi kesalahan umum makeup natural.

Hindari kesalahan tersebut dengan menyikat alis dan mengisi bagian yang kosong saja. Untuk mengisinya, gunakan pensil alis berwarna coklat tua dan arsir tipis-tipis saja agar jauh dari kesan berlebihan. Jadi, kamu tak perlu banyak kehilangan waktu karena repot membentuk alis.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@ihadissafari via Unsplash

8. Salah memilih warna blush on

Siapa bilang tampilan makeup ‘no makeup’ tak membutuhkan sentuhan blush on? Blush on justru diperlukan untuk memberikan efek rona pipi yang segar. Namun, kamu juga perlu memilih warna blush on yang tepat. Memilih warna blush on yang terlalu terang justru menjadi kesalahan umum makeup natural karena akan menonjolkan bentuk pipimu secara berlebihan.

Untuk memberikan tampilan flawless alami, kamu bisa memilih warna blush on yang terlihat natural seperti coral atau peach. Kedua warna ini sangat aman dan cocok dipakai untuk gaya makeup alami, sehingga kamu tak terlihat terlalu menor.

9. Memakai lipstik berwarna bold

Dari semua kesalahan yang telah disebutkan, lipstik menjadi hal yang paling penting untuk menghindari kesalahan umum makeup natural. Pemilihan warna lipstik yang salah bisa sangat menentukan tampilan makeup di wajah, sekalipun telah menghindari semua kesalahan di atas.

Hindari lipstik berwarna terlalu cerah seperti merah dan shocking pink, atau terlalu gelap seperti marun atau terra mauve. Sebaliknya, pilihlah lipstik berwarna nude atau lipgloss untuk memberikan warna dan efek bibir yang berkilau alami.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@laurachouette via Unsplash

10. Tak bisa membedakan jenis kosmetik yang dewy dan matte

Riasan ‘no makeup’ akan terlihat maksimal jika menggunakan efek dewy atau kulit yang terlihat berkilau dan segar alami. Oleh karenannya, penting bagimu untuk bisa memilih produk makeup yang bisa menonjolkan efek tersebut.

Caranya, kamu bisa mengganti beberapa produk yang berbentuk powder menjadi cream. Misalnya, powder blush bisa diganti dengan cream blush untuk hasil yang lebih natural. Produk berbentuk cream akan mudah diserap oleh kulit wajah, sehingga hasilnya akan lebih terlihat menyatu dengan kulit alami.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@bigvicmedia via Unsplash

Itulah 10 kesalahan umum makeup natural yang kadang tak disadari dan justru membuat makeup terlihat terlalu berlebihan. Selamat mencoba, ya!

Staycation asyik di Bobobox, yuk!

Menghindari kesalahan umum makeup natural tak sesusah itu kok. Sama seperti mencari tempat staycation yang seru, instagrammable, serta dilengkapi dengan fasilitas yang unik. Staycation saja di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Enggak ada alasan untuk takut menginap di Bobobox, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan menyemprotkan disinfektan demi keamanan dan kenyamananmu. Interior Bobobox juga instagrammable banget, lho, sehingga banyak yang staycation ke Bobobox untuk mengabadikan momen dengan pod dan fasilitas yang unik.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di sini sekarang, yuk!

Lorong Pods bobobox bandung

You might also like