negara

10 Kata Bahasa Inggris Jakarta Selatan Mainstream

Bahasa Inggris Jakarta Selatan menjadi salah satu topik yang banyak dibahas dan disoroti masyarakat karena fenomenanya yang unik. Seperti yang kita ketahui bersama bahasa merupakan sebuah identitas sang pengguna yang akan menunjukkan budayanya sendiri seperti halnya kamu ketika mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan asal daerah kamu. Namun bagaimana jadinya jika bahasa yang digunakan merupakan bahasa campuran seperti bahasa Inggris Jakarta Selatan?

Penggunaan bahasa campuran dikenal dengan istilah campur kode atau code mixing dalam ilmu linguistik. Campur kode ini dilakukan dengan berbagai alasan. Salah satu alasan penggunaan bahasa Inggris Jakarta Selatan yang banyak disoroti adalah untuk dapat bergaul dan menunjukkan kemampuannya berbahasa Inggris. Lalu seperti apakah perkembangan bahasa Inggris Jakarta Selatan ini? Yuk simak infonya berikut ini!

Pekembangan Bahasa Inggris Jakarta Selatan

Apakah fenomena bahasa Inggris Jakarta Selatan ini perlu dikhawatirkan? Tentunya kamu tak perlu khawatir dengan fenomena ini karena hal ini umum terjadi tak hanya di Indonesia tapi juga di belahan negara lain. Perbedaan latar belakang pendidikan, budaya, dan juga ekonomi tak bisa disanggah mempengaruhi cara seseorang berbahasa. Tak heran jika sebagian orang memanfaatkan bahasa campuran ini untuk menunjukkan status sosialnya.

Lalu apakah kita perlu khawatir dengan penggunaan campur kode ini merusak akar bahasa kita? Tentu jelas tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena faktanya setiap generasi pasti memiliki perkembangan bahasa gaulnya tersendiri. Waktu yang akan menunjukkan tren bahasa gaul tersebut akan bertahan sejauh dan selama apa. Oleh karena itu dari pada menghabiskan waktu mengolok-olok mereka yang menggunakan bahasa campur ini lebih baik kita pelajari fenomenanya, yuk!

Penggunaan bahasa campuran ini kerap kali dianggap sebagai bahasa gaul. Padahal pada kenyataannya kosakata bahasa Inggris yang digunakan dalam bahasa campur Jakarta Selatan umumnya merupakan kosatakata dasar. Ii dia 10 contoh kosakata bahasa Inggris Jakarta Selatan yang perlu kamu ketahui!bahasa inggris jakarta selatan

1. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Which Is

Kosakata bahasa Inggris Jakarta Selatan yang pertama adalah penggunaan ‘which is‘ untuk menggantikan kosakata ‘yang’ atau ‘yang mana’. Apakah kamu pernah mencampurkan bahasa Indonesia dengan kosakata ini juga?

Penggunaan kata which is dalam bahasa Inggris Jakarta Selatan juga ternyata tidak selalu benar, lho! Karena, penggunaan makna ‘yang’ dan ‘yang mana’ dalam bahasa Indonesia pergaulan dapat mengacu pada kata lain seperti ‘karena’, ‘maka’, bahkan ‘meski’. Makna-makna tersebut tidak sama dengan makna ‘which is’ yang merupakan relative pronoun atau kata pengganti. Kata pengganti ‘which is’ mengacu pada subjek berupa hewan atau benda atau bahkan menjelaskan kalimat itu sendiri. 

2. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Literally

Kosakata bahasa Inggris Jakarta Selatan selanjutnya adalah penggunaan kosakata ‘literally‘ yang memiliki arti ‘secara harfiah’ dalam bahasa Indonesia. Umumnya kosakata ini digunakan anak Jakarta Selatan untuk dalam konteks menyetujui suatu hal atau benar-benar tepat menjelaskan maksud dari perbincangan anak Jaksel.

3. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Prefer

Kosakata ‘prefer‘ umumnya menunjukkan ketertarikan seseorang terhadap salah satu hal dibandingkan hal lainnya. Penggunaannya biasanya akan menampilkan keberpihakan seseorang atas pilihan di hadapannya karena mengandung arti ‘lebih menyukai’. Namun seringkali anak Jakarta Selatan menambahkan kata ‘lebih’ sebelum kata ‘prefer‘ yang membuat kata ini tidak efisien karena adanya pengulangan kata yang mubazir.

4. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Actually

Kamu tentu sudah familiar dengan kata dasar ‘actually‘ yang memiliki makna ‘sebenarnya’. Kata ini umum digunakan anak Jakarta Selatan untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya mereka maksud.

5. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: You Know

Kosakata yang satu ini lebih bersifat sisipan dan biasanya diucapkan sebagai pengatar atau pengakhir kalimat. Ayo siapa yang pernah ngegosip sambil menggunakan kosakata yang satu ini?

6. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Like

Kosakata ‘like’ yang seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari anak Jakarta Selatan ini bukanlah ‘like‘ dalam arti ‘suka’ tetapi dalam arti ‘seperti’. Kata ini dugunakan untuk mengganti kata ‘kayak/kek’ yang juga menjadi ciri bahasa yang seringkali dugunakan anak Jakarta Selatan.

7. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Probably

‘Probably’ memilki arti ‘mungkin’ atau ‘barangkali’ dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk menungkapkan ketidakyakinan seseorang saat akan memilih atau melakukan sesuatu.

8. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: It Means

Kosakata ‘it means‘ pada dasarnya memiliki arti ‘berarti’ dalam bahasa Indonesia, namun tak sedikit anak Jakarta Selatan menggunakannya dalam artian ‘maksudnya’.

9. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Worth It

Ayo ngaku siapa di antara kalian yang pernah salah menulis kata ‘worth it‘ dengan ‘worthed‘? Penulisan yang tepat adalah ‘worth it’ yang memiliki arti ‘layak’. Kata ‘worth it’ ini pada dasarnya memiliki arti ‘sepadan’ dalam bahasa Indonesia.

10. Bahasa Inggris Jakarta Selatan: Honestly

Kosakata bahasa Inggris Jakarta Selatan yang terakhir ini pun seringkali digunakan yaitu ‘honestly‘ yang berarti ‘sejujurnya’. Kosakata ini biasaya digunakan saat pembicara akan mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi.

bahasa indonesia

@BadanBahasa

Bahasa Inggris Jakarta Selatan, Salah atau Tak Masalah?

Gimana pendapat kamu tenyang fenomena campur bahasa ini? Apakah menurut kamu ini merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan atau menggangu sehingga rasanya menjadi masalah? Faktanya Ivan Lanin yang merupakan seorang pemerhati dan pencinta bahasa Indonesia menanggapi fenomena ini sebagai hal yang tidak tepat untuk dilakukan. Pasalnya kebiasaan campur bahasa ini akan membuat perbincangan menjadi tidak efektif dan tidak efisien sekaligus sulit untuk dimengerti.

Penggunaan bahasa campur seperti bahasa Jakarta Selatan ini pun menunjukkan ketidakmampuan seseorang dalam menyusun kalimat, memilih kosa kata, dan menunjukkan ketidakteraturan dalam berpikir. Hal ini dikarenakan banyak diantara pola bahasa Jakarta Selatan ini mengalami pengulangan sehingga komunikasi pun menjadi tidak lagi efektif.

Namun di sisi lain, seorang Psikolog Klinis Kasandra Putranto, dilansir dari laman tirto.id menyatakan bahwa gaya berbahasa anak Jakarta Selatan itu sah-sah saja dilakukan. Justru fenomena ini dipandang sebagai salah satu metode pembelajaran bahasa yang bisa dipilih anak muda sehingga kurang tepat jika fenomena ini disebut negatif. Selama penggunaan pola bahasa ini hanya digunakan dalam komunitasnya saja maka hal ini tidak menggangu

Penggunaan bahasa campuran ini dalam sisi positif dapat membantu anak muda memperkaya kosa-kata dan belajar bertutur bahasa Inggris dalam prakteknya. Tak dipungkiri jika banyak orang yang merasa kesulitan menemukan lingkungan yang tepat untuk mempraktekan pembelajaran bahasa Inggris. Jadi hal ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka.

Belajar Bahasa Sambil Menginap di Bobobox!

Supaya kamu cepat mahir belajar bahasa, kamu harus terus latihan. Akan tetapi, kamu juga butuh tempat yang nyaman untuk belajar sekaligus istirahat dan liburan. Nggak perlu ribet kalau soal liburan. Staycation aja di Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles