makanan cupang

10 Jenis Ikan Cupang yang Paling Banyak Dicari Versi Bob!

Jenis ikan cupang hias banyak dicari oleh pencinta dan kolektor ikan-ikan hias. Memang, memelihara ikan hias telah telah menjadi tren mengisi waktu dan menyegarkan pikiran selama work from home karena pandemi COVID-19 dua tahun ini. Tapi belakangan, hobi memelihara ikan hias semakin digemari, lho!

Ikan hias yang memiliki nama latin Betta splendens ini memang memiliki bentuk teramat cantik, apalagi jika dikombinasikan dengan aquascape yang indah sebagai latarnya. Kali ini, Bob sudah merangkum 10 jenis ikan cupang paling unik yang dijamin bikin kamu terpesona!

Sumber: PintarPet

Motif Warna Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki berbagai jenis motif warna. Ini penting kamu ketahui agar tidak bingung harus memelihara yang mana:

  • Bi-color/Dua warna: Ikan cupang dengan motif ini memiliki dua warna yang berbeda, satu warna pada tubuh dan satu warna lagi pada sirip.
  • Koi: Ikan cupang dengan motif warna koi memiliki pola dan warna layaknya ikan koi.
  • Solid: Seperti namanya, ikan cupang dengan motif ini hanya memiliki satu warna di seluruh tubuh.
  • Butterfly/Kupu-kupu: Ikan cupang ini dapat memiliki dua hingga tiga warna di bagian tubuh, dan warna lain di ekor atau sirip (biasanya putih atau transparan).
  • Dragonscale/Sisik naga: Ikan cupang ini biasanya memiliki profil sisik yang tegas. Sisik tersebut umumnya memiliki garis hitam di bagian ujung serta tubuh warna metalik.
  • DalmatianIkan cupang ini memiliki bercak-bercak hitam atau merah dengan warna dasar putih.
  • Marble: Ikan cupang motif ini memiliki bercak-bercak putih di seluruh bagian tubuh dan sirip.
  • Full mask/Topeng: Ikan cupang dengan motif warna ini memiliki wajah yang berwarna hitam dan tubuh dengan aneka warna.
  • Piebald: Mirip full mask, ikan cupang motif ini memiliki tubuh dan sirip beraneka warna. Tapi, ikan cupang piebald memiliki wajah berwarna putih.
  • GrizzleMemiliki dua atau lebih warna yang terkesan bercampur.

Selanjutnya, mari kita bahas jenis-jenis ikan cupang yang cantik dan paling unik versi Bob!

1. Halfmoon

Ciri khas ikan cupang halfmoon adalah ekornya yang berbentuk setengah lingkaran bagaikan fase bulan separuh. Sirip punggung jenis ikan cupang ini biasanya cukup besar dan cenderung berbentuk melingkar.

Sementara itu, bentuk sirip bawah jenis ikan cupang halfmoon menyerupai tirai yang membentang di bawah perut. Ikan cupang ini cukup umum dan dapat kamu temukan di pet shop atau penjual ikan cupang. Walau begitu, tampilan mereka tetap unik dan penuh daya tarik!

2. Crowntail

Jenis ikan cupang crowntail terbilang eksotis dan elegan. Kamu dapat dengan mudah melihat sirip dan ekornya yang terbelah-belah bagaikan mahkota.

Bentuk sirip dan ekor yang menyerupai mahkota tersebut tampak megah saat ikan ini mengembangkan sirip dan ekor saat berenang. Kamu bisa melihat keindahan dan kemegahan jenis ikan cupang ini pada gambar dibawah ini.


Baca Juga: 5 Tips Pelihara Ikan Cupang, Cukup Mudah Lho!


3. Double Tail

Jenis ikan cupang double tail termasuk unik. Kamu dapat melihat bentuk ekornya yang terbelah menjadi dua. Posisi belahan ekornya pun berada tepat di tengah.

Ekor yang terbelah ini adalah hasil mutasi genetik yang mungikin terjadi pada tiap ikan cupang. Maka dari itu, ikan cupang double tail dapat memiliki bentuk sirip dan ujung ekor yang berbeda-beda.

Twin Tail Betta Siamese Fighting Fish: Tropical Fish for Freshwater Aquariums

Sumber: LiveAquarria

4. Over Halfmoon

Jenis ikan cupang yang satu ini memang sangat mirip dengan jenis halfmoon. Ikan cupang over halfmoon juga memiliki bentuk ekor mirip halfmoon, tapi ekornya dapat dibentangkan hingga melebihi setengah lingkaran.

5. Plakat

Ikan cupang plakat adalah salah satu jenis ikan cupang liar. Ikan cupang ini banyak dibiakkan di Asia Tenggara, dan sering kali dijadikan sebagai cupang adu alih-alih ikan hias. Hal ini dikarenakan sifat ikan cupang plakat yang agresif dan punya tendensi meloncat keluar dari air.

Secara fisik, ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang lebih kecil, serta badan yang lebih besar dan kuat dibandingkan jenis ikan cupang lainnya. Namun, bukan berarti jenis ikan cupang ini tidak memiliki bentuk yang indah.

6. Spade Tail

Ikan cupang spade tail memiliki ciri khas bentuk ekor yang menyerupai sekop. Jenis ikan cupang ini merupakan jenis yang cukup langka. Unsur elegannya sangat menonjol di bagian ekor yang melancip.

7. Veil Tail

Veil tail memiliki sirip dan ekor yang menjuntai dan lebar. Ikan cupang ini adalah jenis ikan cupang yang paling umum dibiakkan oleh para breeder ikan cupang. Veil tail yang unik adalah yang memiliki kombinasi motif warna marble dan koi.

8. Dumbo

Ikan cupang dumbo memiliki sirip samping yang lebar, bahkan bisa 5 kali lebih besar bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Bentuk sirip samping ini biasanya memiliki tekstur bergerigi.

Dengan sirip samping yang lebar, ikan cupang dumbo berenang bagaikan penari kipas yang berlenggok dalam akuarium!

dumbo, salah satu jenis ikan cupang

Sumber: Pinterest


Baca Juga: Kenali 7 Jenis Ikan Hias yang Bisa Kamu Pelihara dalam Akuarium


9. Halfmoon Plakat

Ikan cupang ini memiliki karakteristik campuran dari jenis plakat dan halfmoon. Bentuk badannya besar dan kokoh, tapi bentuk ekornya melingkar, walau tidak selebar ekor halfmoon. Bentuk ekor ikan ini menyerupai huruf kapital D.

halfmoon, salah satu jenis ikan cupang

Sumber: Pinterest

10. Half Sun

Ikan cupang half sun merupakan hasil perkawinan silang antara half moon dan crowntail. Ikan cupang half sun memiliki bentuk ekor menyerupai halfmoon, hanya saja terdapat belahan-belahan mirip mahkota pada ujung ekor dan siripnya. Bentuk sirip dan ekor tersebut sangat mirip dengan matahari.

Jika kamu bingung mencari jenis-jenis ikan cupang unik seperti di atas, kamu dapat mengunjungi media sosial dan situs-situs lelang khusus ikan cupang, seperti akun YouTube Fishkinian offcial.


Yuk, Menginap di Bobocabin!

Saksikan Keindahan Danau Toba di Bobocabin Kaldera!

Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati liburan dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia pun sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Atur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar dari kabin di pagi hari.

Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang? Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial! Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini!

 

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles