Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bikin Rindu! Ini Dia 10 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Hits dan Bikin Betah di Bandung!

Jajanan mana yang paling kamu suka?

Bukan Bandung namanya jika tanpa kuliner khas yang selalu bikin betah dan kangen. Untuk kamu yang punya rencana berkunjung ke Bandung, Bob punya 10 rekomendasi jajanan khas Bandung hits yang wajib kamu coba. Langsung intip aja di bawah ini, ya!

1. Seblak

jajanan khas Bandung hits

(Image by @foodgallerybdg via Instagram)

Siapa sih yang nggak kenal dengan jajanan khas Bandung hits yang satu ini? Apa lagi kalau bukan seblak! Jajanan khas Bandung hits ini bahkan sudah sangat populer di daerah lain di luar kota Bandung, contohnya saja di Jakarta.

Tetapi, seblak buatan Bandung memang selalu jadi juaranya! Bagaimana tidak berhasil merebut banyak hati para pecinta jajanan Bandung, makanan yang satu ini memang memiliki cita rasa menarik dan ngangenin di setiap suapannya.

BACA JUGA: Rasakan Seblak Yang Sebenarnya, Ini Dia 10 Rekomendasi Tempat Seblak Terenak Di Bandung

Sebenarnya bahan dasarnya sederhana saja, yakni kerupuk yang sudah direndam air, lalu dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang, kencur, dan cabai yang sudah ditumis. Namun, kini seblak sudah mulai banyak varian topping-nya, mulai dari ceker, batagor, suki, jamur, kikil, bahkan hingga spaghetti.

Nah, untuk kamu yang ingin jajan seblak enak di Bandung, kamu bisa coba Seblak Bunda yang ada di jalan Astanaanyar. Selain enak dan variannya beragam, harga Seblak Bunda juga nggak akan bikin dompetmu meringis. Sebab, harganya dibandrol mulai dari 10.000 rupiah aja per porsinya. Murah, kan?

2. Surabi

jajanan khas Bandung hits

(Image by @originstory.csl via Instagram)

Jajanan khas Bandung hits selanjutnya adalah surabi. Meskipun jajanan ini terbilang jadul dan tradisional, namun surabi memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner Bandung.

Jika dulu surabi hanya ber-topping-kan oncom dan kinca (air gula aren), surabi yang sekarang justru sudah semakin variatif dengan berbagai topping yang kekinian dan unik. Sebut saja misalnya surabi Toblerone, surabi ayam mayonnaise, surabi pisang cokelat, surabi tuna keju, dan masih banyak lagi.

Di Bandung, kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan surabi yang lezat, salah satunya adalah Surabi Cihapit yang berada di Jalan Cihapit. Warung tempat makan surabi yang satu ini ternyata telah berdiri sejak tahun 1991, loh. Nggak heran jika kualitas surabi di sini selalu terjaga dan dibuat dari bahan-bahan dasar pilihan.

3. Kue Balok

jajanan khas Bandung hits

(Image by @official_kuebalokcihapit via Instagram)

Selain surabi, di daerah Cihapit juga terdapat jajanan khas Bandung hits yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Kue Balok Cihapit. Kue balok ini sebenarnya sudah cukup hits dan populer sejak pertama kali dibuka tahun 2007. Namun, jajanan khas Bandung hits yang satu ini semakin meroket namanya karena dijadikan sebagai salah satu latar tempat syuting sinetron Preman Pensiun.

Kue balok memang sangat cocok disantap hangat-hangat di tengah cuaca Bandung yang sejuk. Rasanya yang lezat, empuk, namun renyah di luar pasti mampu bikin kamu ketagihan dan ingin beli lagi. Belum lagi aromanya yang khas karena dibakar di atas tungku dengan bara api arang menjadikan jajanan khas Bandung hits satu ini makin nggak terlupakan.

4. Perkedel Bondon

jajanan khas Bandung hits

(Image by @sutisnohanny via Instagram)

Bagi kamu yang suka kuliner malam, maka jajanan khas Bandung hits yang legendaris satu ini pastinya wajib banget masuk ke dalam list jajanan kamu. Jajanan khas Bandung hits yang berada di daerah Andir ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1970-an!

Yang menjadikan perkedel ini khas dan lain daripada yang lain adalah teksturnya yang garing di luar namun lembut di dalam. Jangan lupa dicocol ke sambal terasinya, biar tambah mantap! Uniknya, mereka masih menggunakan tungku dan arang untuk menggoreng perdekel-perkedel tersebut, loh.

Selain perkedel, kamu juga bisa mencoba makanan berat seperti ayam goreng dan gepuk. Jika kamu berniat mencoba, warung Perkedel Bondon ini buka dari pukul 10 malam hingga pukul 4 subuh.

5. Batagor

jajanan khas Bandung hits

(Image by @batagorisanbandung via Instagram)

Jajanan khas Bandung hits yang satu ini memang selalu menjadi salah satu primadona jajanan Bandung. Banyak sekali wisatawan yang datang untuk mencoba dan bahkan membawanya pulang sebagai buah tangan.

BACA JUGA: 10 Tempat Kuliner Legendaris Bandung Yang Wajib Kamu Coba

Salah satu Batagor yang menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Bandung adalah Batagor Haji Isan yang telah berdiri sejak tahun 1968. Pelopor penjual batagor yang awalnya berjualan di gerobak ini sekarang telah sukses memiliki beberapa kedai yang tersebar di Bandung.

Pokoknya, kamu yang sudah mencoba Batagor Haji Isan pasti akan ketagihan deh dengan kelezatan batagornya yang kenyal dengan rasa ikan yang gurih, lalu disiram saus kacang yang medok dan enaaak banget!

6. Cuanki Serayu

jajanan khas Bandung hits

(Image by @alejenes via Instagram)

Selain batagor, jajanan khas Bandung hits yang satu ini tentu juga merupakan salah satu primadona jajanan Bandung yang selalu dicari setiap orang yang sedang jalan-jalan ke Bandung. Yup! Apa lagi kalau bukan Cuanki Serayu yang terkenal itu!

Lezatnya semangkuk bakso, tahu aci, pangsit rebus dan goreng, kemudian disiram dengan kuah kaldu yang gurih, menjadikan jajanan khas Bandung hits satu ini selalu jadi kuliner favorit banyak orang. Kalau kamu bosan dengan yang kuah-kuah, kamu juga bisa cobain batagornya yang juga nggak kalah nikmat!

7. Es Cendol Elizabeth

jajanan khas Bandung hits

(Image by @foodiary.msn via Instagram)

Nah, jajanan khas Bandung hits yang satu ini sih cocoknya disantap saat cuaca Bandung lagi panas. Kebayang dong segarnya segelas Es Cendol Elizabeth yang diseruput saat lagi haus dan gerah? Apalagi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es cendol ini pun merupakan bahan alami dan pilihan, jadi bebas dari kandungan pengawet atau bahan kimia.

Namun, kamu harus sedikit waspada, sebab lumayan banyak penjual cendol di seluruh penjuru Bandung yang “ngaku-ngaku” sebagai Es Cendol Elizabeth. So, kalau kamu tertarik mencoba jajanan khas Bandung hits yang satu ini, datang langsung aja ke pusatnya yang berlokasi di Jalan Inhoftank Astanaanyar.

8. Kue Cubit

jajanan khas Bandung hits

(Image by @sweetgola.id via Instagram)

Bandung memang jagonya berinovasi dalam bidang kuliner. Bagaimana tidak, jajanan kue cubit yang mungkin dulu hanyalah jajanan SD yang biasa aja, namun sekarang bisa disulap menjadi salah satu jajanan khas Bandung hits yang memiliki banyak penggemar.

Jajanan khas Bandung hits satu ini mulai naik daun lagi saat dibuat dalam varian rasa yang kekinian, seperti green tea, red velvet, Oreo, taro, Toblerone, dan masih banyak lagi. Belum lagi kalau dimasaknya setengah matang. Duh, kelezatannya lumer banget di mulut!

9. Tahu Susu Lembang

jajanan khas Bandung hits

(Image by @perutgede_ via Instagram)

Jajanan khas Bandung hits dan yang nggak pernah ngebosenin salah satunya adalah Tahu Susu Lembang. Yang membuat Tahu Susu Lembang berbeda dari tahu biasanya tentu saja bahan dasar tahu yakni kedelai yang diolah bersama susu. Dengan begitu, rasa tahunya menjadi lebih gurih, lembut, dan lezat banget pas sampai di lidah.

Selain tahu susu, ada juga varian tahu mentega yang nggak kalah lezat meski tanpa campuran susu. Harga yang dibandrol untuk bisa membawa pulang jajanan khas Bandung hits satu ini pun cukup terjangkau, yakni 20.000an saja per kotaknya.

10. Bolu Bakar Tunggal

jajanan khas Bandung hits

(Image by @bolubakartunggal_ via Instagram)

Jajanan khas Bandung hits terakhir yang nggak boleh ketinggalan tentunya adalah Bolu Bakar Tunggal! Pokoknya, kamu pasti jatuh cinta banget dengan kelezatan bolu bakar yang lembut dan ditambah dengan berbagai isian yang lezat, seperti cokelat, keju, kacang, nanas, stroberi, durian, hingga isian yang paling spesial yakni roombutter.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kuliner Sarapan Bandung Yang Dijamin Bikin Ngidam

Kalau kamu nggak terlalu suka manis, kamu bisa pesan isian varian asin, yakni abon dan tuna. Selain rasanya yang lezat dan wanginya yang menggugah selera, isian dari Bolu Bakar Tunggal ini benar-benar generous alias nggak pelit, loh! Kamu juga bisa mix berbagai varian isian kalau ingin mencoba beberasa rasa sekaligus.

Untuk harganya memang terbilang agak pricey, yaitu mulai dari 35.000 hingga 150.000 rupiah untuk satu porsinya. Tetapi sebanding kok dengan kualitas dan kelezatannya, alias worth it banget!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Habis cobain berbagai jajanan khas Bandung hits, enaknya santai-santai dan istirahat, dong. Bosan santai-santai di rumah aja? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox!

Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like