Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Indah, Hutan-Hutan Berikut Ini Juga Memiliki Keunikan Tersendiri

Keunikan yang membuatnya tampak tidak nyata

Hutan bisa menjadi salah satu pilihan liburan saat kamu merasa penat dengan keseharian kamu. Suasananya yang teduh dan liar menjadi surga ketenangan saat ingin menjauh dari hikuk pikuk perkotaan. Hutan sendiri identik dengan pepohonan hijau yang rimbun dan lebat. Namun, tahukah kamu sejumlah hutan justru memiliki tampilan unik yang membuatnya seperti tempat misterius bahkan negeri dongeng. Berikut ini adalah 10 hutan terunik di dunia yang perlu kamu tahu!

Witsman’s Wood, Inggris

via sarahbeekmans.co.id

Salah satu hutan terunik di dunia bisa kamu jumpai di Dartmoor, Inggris dengan nama Wistman’s Wood. Hutan satu ini dihuni oleh pohon-pohon oak kerdil dengan tinggi tidak lebih dari 5,5 meter. Cabang-cabang pohonnya berkelok-kelok dan tanah di sekitarnya dipenuhi bebatuan berbalut lumut. Dalam sekali lihat, hutan satu ini tampak aneh, mistis namun indah dengan caranya sendiri. Kehadiran bebatuan tersebut sebenarnya menyulitkan akses bagi hewan ternak dan kuda. Namun, karena itu pula kehadiran pohon-pohon yang diduga menjadi sisa dari hutan purba ini dengan mudah terlindungi sehingga membuatnya masih hidup hingga sekarang.

Arashiyama Bamboo Grove, Jepang

@thessd via Unsplash

Jika pada umumnya hutan dipenuhi pepohonan berbatang tebal, hal ini tidak berlaku bagi Arashiyama Bamboo Grove. Sesuai dengan namanya, salah satu hutan terunik di dunia ini merupakan hutan bambu dengan batang pohon menjulang. Pepohonan tersebut akan bergoyang-goyang saat angin menerpa sehingga menimbulkan nyanyian alam yang menenangkan dan membuat cahaya matahari mengintip di sela-selanya.

Dancing Forest, Rusia

via atlasobscura.com

Di Rusia, kamu bisa menjumpai sebuah hutan terunik di dunia yang dinamai Dancing Forest (di Rusia disebut Drunken Forest) karena bentuknya yang aneh. Hutan satu ini diisi oleh pohon pinus berbatang meliuk hingga melingkar, membuatnya seperti pohon-pohon yang tengah menari. Pohon-pohon ini kabarnya ditanam sejak tahun 1960-an untuk menstabilkan bukit pasir. Alasan di balik keanehan tersebut masih menjadi misteri. Sebagian meyakini bukit pasir yang tidak stabil menjadi penyebabnya. Anggapan lainnya yang beredar di masyarakat adalah ulah angin kencang, ulat pine shoot moth, campur tangan manusia hingga legenda yang menyebutkan tempat tersebut sebagai tempat menari pepohonan untuk membuktikan kekuatan Tuhan Kristus.

Crooked Forest, Polandia

via krzywylas.pl

Sama halnya seperti Dancing Forest, pohon-pohon pinus di Crooked Forest, Polandia juga memiliki bentuk yang tidak biasa. Hutan tersebut dipenuhi sekitar 400 pohon pinus yang diperkirakan ditanam seja tahun 1930-an dan berbatang bengkok yang bermula dari pangkal membentuk huruf C. Lengkungan biasanya mencapai 2,7 meter sebelum kembali berdiri tegak menghadap matahari. Meski unik, pohon-pohon dengan tinggi 15 meter ini terbilang sehat. Tidak ada yang tahu alasan pasti di balik keunikannya tersebut. Salah satu alasan paling logis adalah campur tangan manusia. Poho-pohon tersebut sengaja dibentuk saat sedang tumbuh oleh para petani untuk kemudahan pembentukan bahan konstruksi, terutama pembuatan kapal.

Kaindy, Kazakhstan

via discovery.com

Danau Kaindy,merupakan sebuah hutan bawah air yang berada di kawasan Pegunungan Tian Shan, Kazakhstan. Hutan terunik di dunia ini terbentuk akibat gempa bumi pada tahun 1911 yang memicu longsor dan kemudian membentuk bendungan alami sepanjang 400 meter. Bendungan perlahan terisi oleh air hujan hingga akhirnya merendam hutan cemara di sana. Pohon-pohon mati namun tidak membusuk. Akarnya terkubur dalam di bawah air sementara bagian atas pohon mencuat keluar seperti tiang kapal atau tomba raksasa. Alhasil, selain menguarkan keindahan, hutan danau satu ini juga tampak mengerikan terlebih saat kabut datang atau kala musim dingin membekukan danau.

Baca Juga: Ini Dia 10 Hutan Paling Angker Di Indonesia. Berani Untuk Datang Ke Sini?

Avenue of the Baobabs, Madagaskar

@zhesterev via Unsplash

Avenue of the Baobabs berisikan sekumpulan pohon baobab, pohon eksotis nan endemis dari Madagaskar. Pepohonan tersebut memiliki tinggi rata-rata 30 meter dengan umur mencapai 800 tahun. Bentuknya unik dengan batang besar yang mengecil ke atas layaknya botol. Rantingnya yang bercabang seperti akar juga membuatnya tampa seperti pohon terbalik. Hutan terunik di dunia satu ini selalu sukses menimbulkan decak kagum para pengunjung. Sayangnya, hutan ini hanya terisi oleh sekitar 20 pohon saja akibat deforestasi menahun.

Baca Juga: Pohon Paling Eksotis Di Dunia. Serasa Di Negeri Dongeng, Ya?

Deadvlei Forest, Namibia

Ashim D’Silva via Unsplash

Berbeda dengan hutan-hutan terunik di dunia sebelumnya, kesan  teduh dan menyegarkan tidak akan kamu dapati di Deadvlei Forest, Namibia. Hutan satu ini berdiri di atas tanah liat yang terbentuk akibat banjir dari Sungai Tsauchab setelah hujan lebat. Setelah perubahan iklim 900 tahun lalu, hujan pun berhenti dan kawasan tersebut mengering. Bukit-bukit pasir yang terbentuk di sekitarnya dengan tinggi mencapai 400 meter kemudian menghalangi masuknya air dari sungai. Akibatnya, terbentuklah hutan tandus berisikan pohon-pohon mati yang dipercaya sudah berumur sekitar 1.000 tahun.

Dragon’s Blood Forest, Yaman

via unesco.org

Dragon’s Blood Forest bisa kamu temukan di Socotra, sekitar 354 km tenggara daratan Yaman. Pemandangan jejeran pohon berbentuk payung atau jamur raksasa ini akan membuat kamu seperti tengah di planet asing bersama para alien. Selain bentuknya yang unik, pohon ini juga dikenal karena getahnya yang berwarna merah seperti darah. Getah tersebut dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka, disentri dan demam. Sayangnya, keberadaan hutan ini mulai terancam terutama karena perubahan iklim, invasi spesies lain serta gembala ternak yang memakan pohon-pohon muda. Sementara itu, pohon ini sendiri membutuhkan waktu hingga setengah abad untuk berkembangbiak.

Baca Juga: Terisolasi Sejak 20 Juta Tahun Yang Lalu, Ini Dia Misteri “Pulau Alien” Bernama Socotra

Hallerbos Forest, Belgia

via orangesmile.com

Meski dianggap sebagai salah satu hutan terunik di dunia, Hallerbos Forest ini tidak memiliki pohon berbentuk aneh. Yang membuatnya unik adalah kehadiran bunga bluebell yang bermekaran di musim semi sehingga membuat hutan satu ini tampak seperti negeri dongeng. Kamu mungkin akan merasa seperti Princess Disney yang siap bercengkarama, menyanyi dan menari bersama para teman hewannya.

Yili Apricot Valley, China

via boredpanda.com

Jika bosan dengan warna hijau, Yili Apricot Valley, Xinjiang, China mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Saat musim semi tiba, hutan seluas 5.000 acre ini akan dipenuhi warna putih dan pink dari bunga-bunga pohon apricot yang tengah bermekaran. Berdiri di atas perbukitan berselimutkan rumput hijau, pemandangan satu ini akan terasa seperti negeri dongeng. Keindahan ini tak kalah dengan pemandangan bunga sakura atau ceri yang biasa dijumpai di Jepang.

Ingin merasakan kesegaran alam tapi tidak mau ribet? Cobain Bobocabin yuk, produk terbaru dari Bobobox yang menawarkan konsep glamping. Sama halnya seperti Bobobox, Bobobocabin juga dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Karena itu, meskipun kamu berada di alam, kamu akan tetap merasakan sentuhan teknologi modern sehingga segalanya tetap terasa mudah, aman dan nyaman. Teknologi tersebut dapat digunakan untuk pengaturan lampu, pintu, jendela dan Bluetooth speaker.

Bobocabin  juga dilengkapi dengan smart glass yang memberi kamu pilihan untuk beristirahat dalam kesendirian atau sambil menikmati pemandangan alam di hadapan kamu. Jangan khawatir soal masalah internet. Bobocabin juga dilengkapi dengan Wi-Fi kencang lho! Selain itu, ada juga fasilitas area parkir, kamar mandi bersama yang diakses dengan QR code, pembersihan berkala, serta api unggun untuk mengusir rasa dingin yang menyusup ke tulang kamu. Tertarik mencoba? Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like