Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Gunung Paling Angker di Jawa Timur, Berani Gak Kamu Mendakinya?

Duh, Bob jadi merinding nyeritainnya...

Gunung di Jawa Timur merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di provinsi tersebut. Tentu masih ada banyak alternatif wisata di Jawa Timur yang bisa dikunjungi tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak energi dan persiapan matang seperti mendaki gunung.

Namun, mendaki gunung memiliki tantangan dan pesonanya tersendiri apalagi kini kegiatan tersebut menjadi tren yang digandrungi para kawula muda. Selain mendapatkan asupan oksigen yang menyegarkan, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Rasa lelah selama mendaki jalanan yang terjal seolah terbayar dengan keindahan dan kesegaran yang tersaji di sana.

Jawa Timur sendiri memiliki banyak gunung dengan keindahan tiada duanya serta kontur curam yang wajib untuk ditaklukkan. Karenanya, fisik dan perbekalan yang cukup harus kamu siapkan dengan matang.

Namun, tidak hanya kedua hal tersebut yang kamu butuhkan. Kamu juga perlu keberanian, bukan hanya keberanian untuk menghadapi medan yang berat, tetapi juga kemungkinan bertemu dengan yang tak kasat mata dan menyeramkan.

Sebagaimana kamu tahu, gunung adalah tempat liar yang lekat dengan hal-hal berbau mistis, tidak terkecuali gunung-gunung di Jawa Timur. Peristiwa-peristiwa janggal seringkali menemani momen pendaki selama  berada di gunung, mulai dari penampakan, kesurupan, hingga tersesat.

Nah, biar kamu tidak menjadi korban makhluk-makhluk mistis, kamu harus tahu gunung apa saja yang paling angker di Jawa Timur biar kamu bisa bersikap saat mendaki di sana. Yuk simak informasinya!

Gunung Arjuno

@petualang_custom via Instagram

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang menjadi favorit lokasi pendakian. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, 3.339 mdpl, Gunung Arjuno menyimpan banyak keindahan yang tak boleh dilewatkan.

Namun, di balik keindahannya, gunung di Jawa Timur ini juga dikenal sebagai salah satu gunung terangker di provinsi tersebut. Hal ini bukan desas-desus belaka karena sebagian pendaki mengungkapkan bahwa mereka pernah mengalami kejadian mistis selama pendakian.

Salah satunya adalah di kawasan Alas Lali Jiwo (hutan lupa diri) yang dipenuhi dengan pepohonan cemara. Banyak yang dikabarkan tersesat hingga hilang dan tak pernak ditemukan lagi di tempat tersebut.

Hal tersebut rata-rata diakibatkan oleh ketidaksopanan mereka dengan berkata kotor, mengumpat, mengeluh, memaki, atau memiliki niat tidak baik saat melewati kawasan tersebut. Karenanya, kamu harus menjaga kesopanan selama berada di sana serta tetap fokus dan jangan sampai terpencar.

Setelah melewati Alas Lali Jiwo, kamu akan memasuki pasar setan yang juga sangat angker karena memiliki banyak makam serta tempat transaksi perdagangan para makhluk halus.

Selain itu, kamu juga mungkin akan mendengarkan suara gamelan baik siang maupun malam hari. Konon katanya, hal ini merupakan pertanda bahaya karena bisa jadi ada yang tersesat saat mendengar alunan tersebut.

Gunung Semeru

@hanifalam_ via Instagram

Selain Gunung Arjuno, Gunung Semeru juga dikenal sebagai gunung di Jawa Timur yang paling angker. Gunung tertinggi  di Pulau Jawa ini menyimpan berbagai kisah mistis seperti peristiwa kesurupan, pendaki yang tersesat, terjatuh hingga hilang, penampakan, penunggu Ranu Kumbolo, patung kembar Majapahit, dan masih banyak lagi.

Lokasi patung kembar yang dibuat oleh prajurit Majapahit terkenal dengan nama Arcapada, di mana hanya orang-orang yang punya mata batin saja yang bisa melihat keberadaan patung kembar tersebut. Banyak pendaki yang mengaku pernah melihat patung tersebut namun dengan ukuran yang berbeda. Ada yang bilang seukuran anak kecil, ada juga yang bilang seukuran raksasa.

Nah, kalau di Danau Ranu Kumbolo ada mitos tentang ikan mas gaib yang merupakan dewi penunuggu danau sehingga tidak boleh ditangkap. Selain itu, ada juga kemunculan sesosok wanita berkebaya kuning yang ditemani dengan kepulan asap saat bulan purnama di danau tersebut.

Selain itu, ada juga kawasan yang disebut Kelik yang seringkali menjadi tempat terjadinya kesurupan serta pendaki yang terjatuh, tersesat bahkan hilang. Lalu, Puncak Mahameru, titik tertinggi Pulau Jawa, dipercaya sebagai tempat bersemayam para dewa. Untuk bisa mendengarkan suara para dewa, kamu harus semedi dulu di puncak tersebut.

Gunung Lawu

@malimaftuh via Instagram

Tak kalah angker dari Gunung Arjuno dan Semeru, Gunung Lawu juga memiliki banyak cerita mistis yang bikin merinding. Gung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dikenal memiliki pasar setan. Kabarnya, banyak pendaki yang mendengar suara riuh layaknya di pasar. Jangan sampai kamu tersesat di sini ya, karena pulang-pulang bisa tinggal nama saja.

Selain itu, ada juga Bulak Peperangan, tempat sebelum puncak di mana sering terdengar suara gaduh seperti sedang terjadi pertempuran. Lebih lanjut, gunung di Jawa Timur ini juga memiliki banyak makam para raja zaman dulu. Karenanya, ada banyak pantangan saat melakukan pendakian di sini seperti larangan bicara sembarangan, memakai pakaian warna hijau, dan mendaki dengan jumlah ganjil.

Gunung Welirang

@rozi.schatzi via Instagram

Gunung Welirang merupakan gunung di Jawa Timur dengan kisah mistis yang sudah akrab di telinga para pendaki. Sama halnya dengan gunung-gunung sebelumnya, gunung ini juga memiliki pasar setan yang sering terdengar riuh di telinga para pendaki.

Selain itu ada juga cerita ngunduh mantu di mana pendaki mendengar suara gamelan dan gending seperti dalam pertemuan pengantin Jawa. Jika kamu mendengar suara itu saat mendaki, sebaiknya turun dan jangan teruskan acara pendakian kamu. Jika bersikeras meneruskan, pendaki bisa tersesat bahkan hilang karena sudah diambil menjadi mantu.

Gunung Penanggungan

@mas_haq.robi via Instagram

Salah satu cerita mistis yang cukup populer tentang  Gunung Penanggungan adalah pengalaman kakak beradik yang berada di pucncak gunung tersebut. Saat sedang beristirahat di malam hari, mereka mendengar suara orang-orang yang sedang mengobrol serta adanya lampu-lampu senter yang menyinari jalur pendakian.

Mereka beranggapan bahwa suara dan cahaya tersebut berasal dari para pendaki lain meskipun selama pendakian mereka tidak melihat adanya pendaki lain selain mereka berdua. Hal itu pun terbukti di pagi hari, mereka tidak menemukan siapapun di sana.

Gunung Bromo

@tomas_malco_malik via Instagram

Salah satu kisah mistis paling terkenal tentang Gunung Bromo adalah adanya akar gaib yang seringkali menjadi penyebab para pendaki tersesat. Konon, akar tersebut panjang melintang dan berada di lautan pasir. Orang-orang yang tersesat biasanya memang orang-orang sembarangan yang memiliki niat jahat atau iseng dan tidak menghormati penjaga gunung di Jawa Timur itu.

Selain itu, ada juga kisah penampakan sesosok berkulit pucah, rambut panjang dan baju putih yang menunjukkan dirinya di kala dia terganggu dengan suara berisik para pendaki. Nah, hati-hati ya biar kamu tidak terlalu mengganggu yang ada  di sana.

Lalu, Gunung Bromo juga dipercaya memiliki kerajaan gaib lho. Menurut kepercayaan warga setempat, saat gunung erupsi artinya sedang ada pembangunan istana di sana.

Gunung Kawi

@_masbrend via Instagram

Gunung Kawi merupakan salah satu gunung paling angker di Jawa Timur yang juga terkenal dengan pesugihannya. Konon katanya, jika kamu melihat banyak monyet di gunung tersebut, berarti kamu melihat para korban yang menjadi tumbal pesugihan.

Pelaku pesugihan juga seringkali memberikan sesajen yang akan dimakan oleh monyet-monyet yang kemudian akan menyantapnya sambil menangis. Selain itu, pendaki juga kerap mendengar tangisan yang dipercaya berasal dari suara para tumbal praktik tersebut.

Gunung Raung

@achmdfhrji via Instagram

Jalur pendakian Gunung Raung memiliki empat pos yang terdiri dari Pondok Sumur, Pondok Mayit, Pondok Dhemit dan Pondok Angin. Di Pondok Sumur, pendaki biasanya akan mendengar suara ringkik kuda meskipun di sana tidak ada kuda sama sekali. Kalau Pondok Mayit, dulunya di tempat itu penduduk seringkali menemukan mayat yang tergantung di pohon.

Selanjutnya, di Pondok Dhemit, kamu mungkin akan mendengar suara riuh pasar si malam tertentu. Selain itu, sering juga terdengar suara musik. Namun, saat didekati, kamu tidak akan menemukan apapun, hanya keheningan hutan.

Semenatara itu di Pondok Angin, pendaki kemungkinan akan mendengar suara angin kencang yang mengaum seperti suara macan. Saking kencangnya, pendaki bisa jatuh ke dasar jurang akibat tiupan angin tersebut.

Gunung Ijen

@ali_olfat via Instagram

Gunung di Jawa Timur yang satu ini juga kerap kali membuat banyak pendaki tersesat. Tersesatnya para pendaki dipercaya merupakan ulah setan penyesat di Gunung Ijen. Seta penyesat tersebut terkenal jahil dan kerap kali menunjukkan diri sebagai seorang tentara dengan membawa pedang. Sosok tersebut dulunya dipercaya merupakan seorang tentara VOC.

Gunung Wilis

@godonggaring_ via Instagram

Salah satu yang cukup menyeramkan dari Gunung Wilis adalah mitos tentang munyuk bertapa. Munyuk bertapa merupakan makhluk tak kasatt mata dengan perwujudan kulit hitam legam dan sekujur tubuhnya dipenuhi dengan bulu berwarna abu-abu.

Badanya tidak pernah bergerak dan selalu menghadap kea rah matahari tenggelam. Konon katanya, munyuk atau monyet tersebut sudah bertapa selama ratusan tahun dan hanya dapat dilihat oleh orang-orang dengan indra ke enam.

Kalau sudah puas dengan yang mistis dan berbau alam, kini saatnya kamu kembali memanjakan diri kamu dengan kasur empuk yang nyaman nan luas, Wi-Fi kencang, suara musik favorit dari Bluetooth speaker, dan cahaya lampu LED dengan warna pilihan kamu. Temukan semuanya di Bobobox.

Belum terbayang? Yuk ikutan dulu Bobobox 360 ° virtual tour di sini! Dijamin gak akan nyesel!

You might also like