10 rekomendasi film kesehatan mental

10 Film Kesehatan Mental yang Menginspirasi Perubahan!

Beberapa tahun belakangan ini, maraknya kasus yang diakibatkan dari stres, depresi, serta tekanan mental perlahan mulai membuka mata dan hati masyarakat. Sejumlah ahli masalah kejiwaan pun turut memberikan informasi serta membahas pentingnya memelihara kesehatan mental melalui berbagai media sosial.

Pendekatan lain juga banyak dilakukan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai isu kesehatan mental tersebut. Misalnya, melalui film yang dikemas dengan cerita yang apik. Nah, berikut ini akan Bob bahas 10 film tentang kesehatan mental yang bisa membantumu untuk mempelajari lebih jauh tentang isu mental illness tersebut.

10 Film Mengenai Kesehatan Mental

1. Joker (2019)

Joker (2019) seketika menyedot perhatian publik sejak perilisannya. Film garapan Todd Phillips ini mengisahkan rentetan masa lalu yang sangat kelam dari seorang Arthur Fleck (Joaquin Phoenix), yang kemudian membentuk karakter si penjahat Joker.

Arthur diceritakan mengidap skizofrenia dan pseudobulbar affect (PBA). Tak hanya itu, karirnya sebagai komedian juga mengalami masa sulit dan ia kerap kali mengalami perundungan. Kondisi tersebut membuatnya perlahan berubah menjadi sosok penjahat kejam dan bengis.

Meskipun tergolong fiksi, film ini berpesan bahwa gangguan mental bukanlah hal yang patut diremehkan. Tak hanya itu, dibutuhkan support system agar penderita gangguan mental bisa kuat menjalani hidup.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Film tentang kesehatan mental selanjutnya berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga, dengan karakteristik yang sangat berbeda dari orangtua serta ketiga anak-anaknya.

Saat menontonnya, mungkin kamu akan berpikir bahwa film ini memiliki konflik keluarga yang biasa terjadi. Namun, ternyata ada trauma masa lalu yang berpengaruh pada kesehatan mental sang ayah. Hal tersebut berpengaruh pada karakteristik ketiga anaknya, yang pada satu waktu meledak bagai bom waktu.

3. Inside Out (2015)

Ada pula film tentang kesehatan mental yang dikemas dalam animasi produksi Disney dan Pixar, berjudul Inside Out. Film ini berkisah tentang berbagai emosi yang ada pada seorang anak bernama Riley. Emosi yang dirasakan Riley digambarkan dengan karakter unik bernama Joy, Sadness, Fear, Disgust, dan Anger.

Joy selalu memaksakan bahwa Riley harus selalu merasa bahagia, serta mengacuhkan Sadness. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepribadian Riley.

Film ini memberi pengertian bahwa segala bentuk emosi penting untuk dirasakan. Kesedihan dan rasa sakit justru bisa menjadi penyeimbang perasaan dan tidak boleh diabaikan, terutama ketika anak sedang bertumbuh dan kesulitan untuk mengidentifikasi perasaannya.

4. Silver Linings Playbook (2012)

Silver Linings Playbook merupakan film tentang kesehatan mental yang secara spesifik mengisahkan tentang penyintas bipolar. Film ini menggambarkan bagaimana keseharian para penderita bipolar di masyarakat, lengkap dengan ketidakstabilan emosi yang dialami.

Adalah Pat Solatano (Bradley Cooper), seorang penyintas bipolar yang berusaha menata kembali kehidupannya. Ia bertemu dengan Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence), yang juga mengalami masalah kesehatan mental akibat ditinggal suaminya. Menariknya, film ini menunjukkan usaha penyintas bipolar untuk tetap memiliki kehidupan sosial yang baik dengan dukungan yang tepat.

5. All The Bright Places (2020)

All The Bright Places juga merupakan film yang mengisahkan tentang penderita bipolar. Bedanya, film ini menggambarkan betapa buruknya efek yang bisa ditimbulkan jika penyakit mental tersebut tidak diketahui dan didiagnosa dengan tepat.

Violet (Elle Fanning) berubah menjadi gadis murung setelah kematian kakaknya. Theodore (Justice Smith) kemudian datang di kehidupannya dan membuatnya riang kembali. Namun, Theo juga ternyata memiliki gangguan mental akibat kekerasan fisik yang dilakukan ayahnya di masa lalu, juga bullying atau perundungan. Film ini dikemas secara ringan, namun memiliki pesan yang sangat mendalam di bagian akhir.

6. The Perks of Being Wallflower (2012)

Trauma masa lalu juga dialami oleh Charlie (Logan Lerman) di film tentang kesehatan mental berjudul The Perks of Being Wallflower. Film ini menceritakan luka masa lalu Charlie yang pernah mengalami pelecehan seksual oleh kerabatnya sendiri.

Charlie menjadi remaja yang pendiam dan tidak percaya diri, sebelum kemudian Sam (Emma Watson) dan kakaknya, Patrick (Ezra Miller). Trauma masa lalu ini juga mengakibatkan Charlie mengalami depresi klinis. Menariknya, film ini mengangkat cerita yang masih jarang diperhatikan, yakni lelaki yang menjadi korban pelecehan seksual oleh perempuan.

7. Gone Girl (2014)

Aktor tampan Ben Affleck dan aktris cantik Rosamund Pike beradu akting di film bergenre thriller-psikologis berjudul Gone Girl. Tak banyak yang sadar, jika film ini pun merupakan salah satu film tentang kesehatan mental.

Nick (Ben Affleck) dan Amy (Rosamund Pike) telah menikah selama lima tahun. Hubungan mereka yang harmonis seketika berubah ketika Nick selingkuh. Namun, Amy tak tinggal diam. Ia membuat rencana balas dendam dan membuat Nick seakan menjadi seorang pembunuh.

Aksi Amy bisa dibilang nekat, akibat dari kecerdasan yang tak dibarengi dengan kondisi mental yang stabil. Ia berubah menjadi wanita yang licik karena tak bisa menerima kenyataan menghadapi suaminya sendiri, bahkan dengan segala cara.

8. Shutter Island (2010)

Leonardo DiCaprio pernah mengidap skizofrenia dalam film berjudul Shutter Island. Di film ini, ia berperan sebagai polisi bernama Teddy Daniels yang menyelidiki hilangnya salah satu pasien di sebuah rumah sakit jiwa yang terletak di pulau terpencil. Namun, penyakitnya itu kerap membuatnya bingung untuk membedakan delusi dan kenyataan.

Tidak diceritakan penyebab mengapa Teddy bisa mengalami skizofrenia. Namun, menariknya adalah film ini akan menggambarkan betapa bahayanya menyepelekan penyakit skizofrenia karena efeknya akan sangat fatal terhadap kehidupannya.

9. Trilogi Glass (Unbreakable, Split, Glass)

Trilogi Glass ini menjadi film tentang kesehatan mental yang mengisahkan seorang pria bernama Kevin Wendell Crumb (James MacAvoy) yang memiliki 23 kepribadian dalam dirinya. Kepribadian tersebut bisa berubah-ubah secara tak menentu. Kondisi ini merupakan gangguan mental yang disebut Dissociative Identity Disorder atau Kepribadian Ganda.

Tak sampai di situ, ada satu kepribadian Kevin yang sangat ganas dan membuat Kevil menjadi kanibal yang sangat membahayakan. Kondisi yang dialami Kevin bukan tanpa sebab. Ia memiliki trauma masa lalu akibat dari ibunya yang sering menganiayanya saat ia masih kecil.

10. Black Swan (2010)

Film tentang kesehatan mental yang terakhir berjudul Black Swan. Film ini dimainkan oleh Natalie Portman yang berperan sebagai seorang balerina bernama Nina Sayers. Nina mulai mengalami halusinasi dan anoreksia karena tekanan dari perjuangan dan persaingan balerina yang keras.

Ia sangat berambisi untuk mendapatkan peran menjadi Black Swan hingga merusak kuku kakinya. Film ini secara tak langsung menggambarkan efek dari ambisi yang tidak diimbangi dengan kondisi mental yang stabil.

Streaming film tentang kesehatan mental sambil staycation? Di Bobopod saja!

Streaming film sambil menikmati serunya staycation? Bobopod saja! Bobopod merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Kamu bisa merehatkan badan dengan staycation dan streaming film di sini.

Caranya, tinggal pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles