Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Selalu Lucu dan Meriah, Ini Dia 10 Film Disney Paling Menyeramkan Sepanjang Sejarah

Bisa seram juga

Film-film produksi Walt Disney biasanya identik dengan adegan lucu dan meriah, para putri pemberani, serta akhir kisahnya yang selalu diliputi dengan kebahagiaan. Karena itu, film-film Disney bisa dinikmati oleh segala usia dan kalangan, terutama anak-anak.

Namun, tahukah kamu bahwa Disney tidak melulu memproduksi film-film bahagia, sebagian justru sangat menyeramkan dan terkesan gelap meski masih ada bumbu komedi dan akhir yang melegakan. Apa saja film-film Disney paling menyeramkan itu? Berikut adalah 10 di antaranya.

The Black Hole (1979)

via movies.disney.com

The Black Hole merupakan film yang dirilis pada 1979 silam dan menjadi langkah Disney untuk meramaikan jagat perfilman dengan tema petualangan sci-fi layaknya Star Wars yang sudah mendahuluinya di tahunn 1977. Hanya saja, film yang digadang-gadang akan memperlihatkan petualang seru dan menyenangkan ini ternyata berakhir menjadi salah satu film Disney paling menyeramkan.

Dikisahkan, satu kru pesawat ruang angkasa tidak sengaja menjumpai sebuah pesawat terbengkalai di tepian lubang hitam atau black hole. Pesawat itu ternyata berisi sejumlah robot menakutkan yang kemudian membunuh salah satu kru pesawat tersebut. Selanjutnya, terungkaplah bahwa robot-robot itu dulunya merupakan awak pesawat yang mencoba memberontak namun kemudian diubah menjadi zombie. Ketidaknyamanan terus berlanjut hingga kru pesawat ruang angkasa itu terseret ke dalam lubang hitam.

The Watcher in the Woods (1980)

via movies.disney.com

Film Disney paling menyeramkan lainnya sepanjang sejarah adalah The Watcher in the Woods yang rilis pada 1980 silam. Bergenre horor dengan sedikit sentuhan sci-fi, film ini membuktikan bahwa Disney juga bisa memproduksi film berbau hantu seperti yang lainnya. Secara garis besar, The Watcher in the Woods ini memiliki faktor-faktor film hantu yang menjanjikan.

Rumah berhantu dengan sejarah yang kelam, misteri anak pemiliki rumah lama yang menghilang 30 tahun silam, dan adanya mahluk yang menguntit sang pemeran utama sudah pasti menarik perhatian para pecinta horor. Sementara itu, sentuhan sci-finya ditunjukkan lewat kehadiran alien yang ternyata juga ikut mengawasi pergerakan si pemeran utama. Hanya saja, efeknya dinilai cukup buruk hingga adegan alien digantikan dengan cahaya kabur.

Something Wicked This Way Comes (1983)

via movies.disney.com

Something Wicked This Way Comes merupakan film produksi Walt Disney yang diadaptasi dari novel karya Ray Bradbury dengan judul yang sama. Film bergenre dark fantasy ini bercerita tentang dua anak laki-laki, Will dan Jim, yang tumbuh bersama di sebuah kota kecil di Illinois. Semua berjalan manis pada mulanya hingga datanglah sebuah grup karnaval yang dipimpin oleh Mr Dark.

Sesuai dengan namanya, Mr Dark seolah membawa ‘kegelapan’ ke dalam kota tersebut dengan segala keanehan yang ada dalam karnavalnya, terlebih beberapa orang yang dikenal Will dan Jim harus kehilangan jiwa mereka sebagai imbalan dari harapan yang terkabul dengan bantuan Mr Dark. Film ini memang tidak menampilkan kematian tragis atau kekerasan dan akhirnya pun berakhir baik. Namun, kemunculan kelompok sirkus Mr Dark di dalam adegan film seolah membawa perasaan tidak nyaman yang membuat Something Wicked This Way Comes layak disebut salah satu film Disney paling menyeramkan.

Return to Oz (1985)

via movies.disney.com

Return to Oz bisa dibilang merupakan sekuel tidak resmi dari film the Wizard of Oz yang diproduksi oleh Metro-Goldwyn-Mayer. Jika dalam film the Wizard of Oz kamu akan melihat petualangan seru menyenangkan khas anak-anak, maka tidak dengan Return to Oz.Film arahan editor legendaris Walter Murch yang release pada tahun 1985 ini justru penuh ketakutan.

Dorothy yang dianggap delusi karena terus membahas petualangannya di Emerald City dikirim ke dokter untuk menjalani terapi kejut listrik. Dia kemudian melarikan diri dan berakhir ke Emerald City yang ternyata hancur dan penduduknya yang menjadi batu. Selain itu, Dorothy juga bertemu penyihir yang hobi mengoleksi kepala. Hal-hal tersebut tentu bukanlah sesuatu yang bisa kamu sebut menyenangkan. Karenanya, tidak bisa dipungkiri bahwa Return to Oz ini merupakan salah satu film Disney paling menyeramkan.

Hocus Pocus (1993)

via movies.disney.com

Hocus Pocus merupakan film bergenre komedi horor dengan tema Halloween namun memiliki jadwal perilisan di bulan Juli (1993), yang terasa aneh mengingat perayaan Halloween jatuh di bulan Oktober. Namun, Disney mengungkapkan bahwa jadwal perilisan ini memang menyasar masa liburan anak-anak.

Film ini sendiri bercerita tentang kebangkitan tiga penyihir Sanderson bersaudara setelah tertidur 300 tahun lamanya. Dikisahkan, ketiga penyihir tersebut memang suka memangsa anak kecil untuk menyerap energi mereka demi tetap menjadi muda.

Di awal film, kamu sudah akan disuguhkan dengan adegan menakutkan. Para penyihir yang membunuh anak kecil kemudian tertangkap dan digantung kemudian dibakar hidup-hidup bukanlah awal yang ringan untuk menyambut anak-anak. Karena itu, film ini juga biasa dianggap sebagai salah satu film Diney paling menyeramkan.

The Skeleton Dance (1929)

via IMDb

Sesuai dengan namanya, The Skeleton Dance mempertontonkan tarian para kerangka manusia dengan irngan lagu konyol di sekitar kuburan. Di satu sisi, film ini memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, di sisi lain hal ini juga menimbulkan rasa takut terutama pada diri anak-anak. Saat pertama dirilis pun, film ini dianggap terlalu kelam dan gila hingga sempat dilarang tayang di Denmark. Namun, sekarang ini film Skeleton Dance sudah dianggap sebagai film animasi klasik dan tontonan wajib saat Halloween.

Pinocchio (1940)

@disney via Instagram

Film Disney paling menyeramkan berikutnya adalah Pinocchio, kisah tentang boneka kayu yang berharap bisa menjadi manusia seutuhnya. Pinocchio ini terkenal dengan sikap bandel serta hidung panjangnya tatkala berbohong. Akibat kenakalannya, Pinocchio pun berakhir di Pleasure Island bersama dengan anak-anak bandel lainnya.

Yang tidak mereka tahu adalah Pleasure Island yang digadang-gadang sebagai tempat hiburan menyenangkan itu sebenarnya merupakan pulau yang penuh mimpi buruk untuk anak-anak. Ana-anak yang nekat pergi ke sana akan diubah menjadi keledai dan dijual untuk dijadikan budak di pertambangan. Berat banget deh ceritanya kalau buat anak-anak.

Bambi (1942)

@disney via Instagram

Bambi memang bukan merupakan film bergenre horor ataupun thriller namun bisa dikategorikan sebagai salah satu film Disney paling menyeramkan sepanjang masa. Ceritanya manis tentang seekor rusa muda dengan sahabat kelincinya, namun bikin trauma terutama saat sang ibu harus mati di tangan pemburu.

Lewat adegan tersebut, anak-anak diberikan gambaran yang jelas tentang sebuah kehilangan yang tragis. Hal ini sudah pasti membekas di hati dan pikiran mereka. Meski begitu, adegan ini memang membawa pesan tersendiri tentang ancaman manusia pada alam seperti saat hutan terbakar dan anjing-anjing pemburu berusaha menangkap Bambi dan keluarganya.

The Adventure of Ichabod and Mr. Toad (1949)

via disneyplus.com

The Adventure of Ichabod and Mr. Toad merupakan film yang terdiri dari dua segmen. Segmen pertama diadaptasi dari novel berjudul The Wind in the Willows sementara segmen kedua dari novel The Legend of Sleepy Hollow. Nah, di segmen kedua inilah film Disney ini berubah menyeramkan.

Segmen kedua ini bercerita tentang Ichabod Crane yang tengah melakukan pendekatan pada seorang wanita cantik bernama Katrina van Tassel. Sayangnya, Ichabod kemudian berjumpa dengan penunggang kuda tanpa kepala atau Headless Horseman yang melemparkan labu berapi (Jack-o-lantern) pada wajahnya. Semenja kejadian itu, Ichabod tidak pernah terlihat lagi dan lemparan labu berapi itu menjadi salah satu adegan paling menyeramkan sekaligus mengesankan hingga digunakan sebagai referensi dalam film Tim Burton.

The Black Cauldron (1985)

via movies.disney.com

Film animasi The Black Cauldron bisa dibilang merupakan salah satu film Disney paling kelam hingga hampir mendapatkan R-rating (terbatas untuk 17 tahun ke  atas). Namun ahirnya, film ini diberi diberi PG-rating (di bawah pengawasan orang tua).

Filmnya sendiri bercerita tentang  seroang anak laki-laki bersama dengan teman-teman pemberani lainnya yang mencoba menghentikan Horned King yang jahat agar tidak mendapatkan kuali sakti yang akan memberinya kekuasan penuh pada dunia. Cerita ini tentu sangat jauh dari certa dongeng khas Disney karena dipenuhi dengan makhluk-mahluk menakutkan serta kekerasan dalam kartun.

Obrolan tentang film bikin kamu ingin menonton namun bosan dengan suasana rumah? Cobain nonton sambil menginap di Bobobox yuk! Wi-Finya kencang dan suasananya nyaman banget buat nonton dalam posisi apapun. Kehadiran fitur moodlamp bisa kamu gunakan untuk mengatur warna cahaya lampu dalam pod sehingga suasananya bisa kamu sesuaikan dengan genre film yang kamu tonton.

Tunggu apa lagi? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox biar kamu bisa pesan kamar yang kamu mau dan dapatkan informasi serta promo-promo terbaru Bobobox.

You might also like