Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bagaikan Khayangan, Ini Dia 10 Fakta tentang Negara Mauritius!

Yuk pelajari 10 fakta tentang negara Mauritius berikut ini!

Fakta tentang negara Mauritius berikut ini akan menambah wawasan kamu mengenai negara unik ini. Tak hanya memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, masih banyak lagi fakta tentang negara Mauritius yang menarik untuk kamu kenali lebih jauh lagi. Seperti yang mungkin telah kamu ketahui sebelumnya, negara Mauritius ini berlokasi di bagian barat daya Samudra Hindia dan sebelah timur Madagaskar.

Negara Mauritius ini kerap kali disebut-sebut sebagai surganya dunia! Penasaran ingin tahu lebih banyak mengenai fakta tetang negara Mauritius lainnya? Yuk langsung saja kita bahas 10 fakta tentang negara Mauritius yang patut kamu ketahui berikut ini!

1. Fakta tentang Negara Mauritius: Dihuni Pertama Kali Oleh Orang Arab

Fakta tentang negara Mauritius yang pertama mengungkapkan bahwa pulau indah ini pertama kali ditemukan dan dihuni oleh para pelaut Arab. Namun meskipun demikian, sebagian peneliti menyanggah kebenaran fakta tentang negara Mauritius yang satu ini. Fakta ini merujuk pada penemuan tablet lilin yang ada di sekitar pulau Mauritius. Para peneliti yang menyanggah kebenaran fakta ini mengungkapkan bahwaa orang Portugis lah yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini pada tahun 1507.

2. Fakta tentang Negara Mauritius: Negara yang Dijajah oleh Tiga Negara

Sama dengan negara kita Indonesia, fakta tentang Negara Mauritius berikutnya mengungkapkan sejarah penjajahan negara ini oleh tiga negara yang berbeda. Salah satu negara yang menjajah negara ini adalah Belanda dan berhasil menduduki Mauritius sejak tahun 1638 hingga tahun 1710 atau sekitar 72 tahun lamanya. Setelah itu, Prancis berhasil merebut Mauritius hingga tahun 1810. Mauritius kemudian bertumbuh menjadi negara yang berkembang dengan pesat lalu berhasil menjadi wilayah kekuasaan Inggris.

3. Fakta tentang Negara Mauritius: Produksi Gula Terbesar bagi Kerajaan Inggris

Dibawah kolonial Prancis, para penduduk Mauritius didorong untuk menanam tebu. Hal inilah yang kemudian memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor pertanian tebu di Mauritius. Kualitas tebu yang baik dan jumlah produksi tebu yang berlimpah kemudian menjadikan Mauritius sebagai salah satu negara produksi gula terbesar bagi kerajaan Inggris. Perkembangan teknologi di sektor pertanian tebu ini berkembang sangat pesat hingga mencapai angka produksi 415.000 ton gula.

4. Fakta tentang Negara Mauritius: Berperan Penting dalam Perang Dunia II

Tak banyak orang tahu fakta tentang negara Mauritius yang memegang peran penting saat perang dunia kedua terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sejarah mencatat bahwa saat perang dunia kedua terjadi, Inggris menempatkan pulau Mauritius sebagai wilayah yang penting sehingga dijadikan lokasi untuk membangun pertahanan. Letaknya yang strategis membuat kerajaan Inggris memutuskan untuk membangun pangkalan militer angkatan laut.

Pangkalan militer angkatan laut di Mauritius ini pun kemudian memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh dan menunjang pertahanan perang dunia kedua. Inggris kemudian memutuskan untuk memperluas wilayahnya dan memasukkan stasiun udara. Teknik perang Inggris di pulau Mauritius ini dilakukan dengan cara meningkatkan operasi kapal selam yang mungkin menyusup. Selain itu peran penting yang dijalankan di Mauritius selanjutnya adalah pengumpulan intelejen.

5. Fakta tentang Negara Mauritius: Sejarah Burung Dodo di Mauritius

Poin kelima ini akan menjadi salah satu fakta tentang negara Mauritius yang menyedihkan yaitu kepunahan burung Dodo yang dikenal melegenda. Burung Dodo merupakan salah satu burung yang bersahabat dengan manusia. Namun karena karakteristik burung Dodo yang memang tidak dapat terbang menjadi salah satu alasan kepunahan burung ini dari ancaman predator. Burung Dodo diyakini punah setelah manusia menginjakkan kakinya di Pulau Mauritius.

Burung Dodo terakhir di dunia tercatat terbunuh pada tahun1681 silam. Burung Dodo sampai saat ini dikenal sebagai burung nasional Mauritius meskipun sudah lama punah. Keindahan burung Dodo ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti untuk mengenal lebih dekat mengenai spesies burung Mauritius ini.

@Photo by Easycab Mauritius on Unsplash

6. Fakta tentang Negara Mauritius: Memiliki Sejarah Sebagai Pulau Budak

Fakta tentang negara Mauritius yang sempat dijajah pun menyisakan masa lalu yang pahit bagi para penduduknya. Salah satu diantaranya adalah sejarah perbudakan yang gencar dilakukan di pulau ini sehingga Mauritius dikenal sebagai pulau budak di masa lalu.

Sejarah mencatat bahwa pulau Mauritius ini diperebutkan oleh tiga negara yaitu Belanda, Prancis dan Inggris. Saat masa penjajahan Perancis, Perancis membawa budak-budak dari Afrika untuk kemudian diperkerjakan di Mauritius. Hal yang sama dilakukan oleh Inggris dengan cara membawa orang-orang India sebagai budak untuk bekerja di sana.

7. Fakta tentang Negara Mauritius: Memiliki Beragam Budaya

Memiliki sejarah penjajahan oleh tiga negara yang berbeda membuat negara Mauritius ini memiliki kebudayaan yang beragam. Jika kamu perhatikan, masyarakat Mauritius ini merupakan campuran dari orang berlatar belakang Afrika, India, Eropa, dan Tionghoa. Mengingat mayoritas penduduk Mauritius adalah orang India, hal inilah yang membuat negara di benua Afrika ini dihuni oleh banyak pemeluk agama hindu.

8. Fakta tentang Negara Mauritius: Memiliki Air Terjun Bawah Laut yang Memukau

Salah satu kekayaan alam yang menjadi kebanggaan penduduk Mauritius adalah fenomena air terjun bawah laut yang berada di tepi laut Le Morne. Pemandangan air terjun di bawah laut ini bahkan bisa terlihat dari ketinggian. Air terjun yang menjorok ke dasar laut ini merupakan sebuah ilusi optik atau tipuan mata. Fakta tentang negara Mauritius ini mengungkapkan adanya aliran arus bawah laut yang membawa pasir dan membentuknya mirip dengan air terjun.

9. Fakta tentang Negara Mauritius: Pemilik Jumlah Terumbu Karang Terbesar Ketiga Dunia

Senang melakukan kegiata diving? Kamu wajib untuk mencoba kunjungi Mauritius dan menyaksikan keindahan pemandangan bawah laut Mauritius dengan terumbu karangnya yang mempesona! Faktanya Mauritius adalah salah satu pulau termuda dunia yang dikelilingi oleh terumbu karang sehingga dinobatkan menjadi pemilik jumlah terumbu karang urutan ketiga terbesar dunia.

10. Fakta tentang Negara Mauritius: Menggunakan Bahasa Inggris dan Perancis

Penasaran kira-kira bahasa apa yang sehari-hari digunakan masyarakat Mauritius? Jika kamu datang ke sini kamu bisa menggunakan bahasa Inggris dengan nyaman karena bahasa ini menjadi salah satu bahasa resmi. Tak jarang juga bahasa Perancis digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Ada juga bahasa Creole yang merupakan campuran dari bahasa Prancis, Inggris dengan dialek India dan Afrika

Jadi, Kapan Kamu akan Liburan?

Jangan lupa bawa oleh-oleh ya kalau pulang jalan-jalan. Nah sekarang daripada kamu pusing mikirin jalan-jalan ke luar negeri, mending mampir dulu ke rumah Bob. Kamu cukup unduh aplikasi Bobobox lalu cari kamar yang kamu inginkan. Di Bobobox, kamu bisa merasakan sensasi menginap yang berbeda dari biasanya. Kamarnya didesain seperti kapsul. Kecil tapi nyaman banget. Cocok buat kamu yang doyan travelling.

Fasilitasnya juga lengkap, lho. Terus, kamarnya juga dilengkapi dengan teknologi yang bisa bikin tidur kamu semakin aman. Soalnya, kunci kamarnya terintergrasi dengan telepon genggam kamu via aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan rasakan sendiri pengalamannya!

You might also like