IMG-5309

10 Fakta Blue’s Clues Berikut Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Nostalgia Kembal ke Masa Kecilmu

Kalian yang lahir di tahun 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan serial animasi yang menampilkan karakter anjing lucu berwarna biru bernama Blue. Yup! Apa lagi kalau bukan Blue’s Clues.

BACA JUGA: Ayo Nikmati Nostalgia Masa Kecil Dengan 10 Kartun Dan Anime Ini!

Kamu juga pasti ingat dong dengan pembawa acaranya yang bernama Steve Burns? Setelah memutuskan untuk hengkang dari Blue’s Clues pada tahun 2002 silam, belum lama ini, di hari jadi Blue’s Clues yang ke-25, Steve kembali muncul dalam sebuah klip yang diunggah akun Twitter Nick Jr. yang langsung viral di jagat maya.

1. Pesan Emosional Steve

Dalam klip tersebut, Steve, dengan mengenakan polo shirt hijau ikonik yang selalu dipakai selama membawakan acara Blue’s Clues pun langsung menyapa para penonton dengan pesan yang sangat emosional.

Fakta Blue's Clues

(Image by @parents via Instagram)

Selain mengungkapkan bahwa ia pamit dari acara Blue’s Clues karena pergi kuliah, Steve juga mengajak para penonton untuk mengenang masa-masa bahagia di Blue’s Clues. Yakni bagaimana serunya dulu saat mencari petunjuk melalui jejak kaki Blue, bertemu Mr Salt, memeriksa kotak surat, serta memecahkan teka-teki.

2. Rumor Kecelakaan Hingga Overdosis

Steve yang mendadak memutuskan untuk undur diri dari acara Blue’s Clues tentu saja mengundang tanda tanya besar dari para penonton setianya. Bahkan hingga ada rumor yang mengatakan bahwa Steve meninggal karena kecelakaan mobil atau overdosis.

Rumor tersebut pun ditampik oleh Steve Burns dengan klarifikasinya di acara “The Rosie O’Donnell Show” dan “Today”. Dan secara mengejutkan, belum lama ini Steve juga muncul dan mengungkapkan alasannya pergi dalam sebuah klip yang diunggah akun Twitter Nick Jr., yang tentu saja langsung menjadi viral di media sosial.

3. Fakta Blue’s Clues: Pembawa Acara Blue’s Clues Seharusnya Seorang Perempuan

Di antara para penonton acara kartun ini, termasuk kamu, pasti tidak banyak yang mengetahui fakta Blue’s Clues yang satu ini. Yakni bahwa pembawa acaranya ternyata seharusnya adalah seorang wanita.

Saat acara ini disusun, tim produksi sebenarnya membayangkan seorang perempuan (yang dianggap akan lebih mudah untuk menyampaikan pesan kepada anak-anak) sebagai pembawa acaranya. Namun, mereka malah memutuskan untuk membuka audisi untuk pria dan wanita.

 

Fakta Blue's Clues

(Image by @bluescluesofficial via Instagram)

Singkat cerita, setelah lebih dari 1.000 orang calon pembawa acara yang mengikuti audisi, Steve Burns-lah (yang saat itu berusia 22 tahun) yang dianggap paling cocok untuk membawakan acara tersebut. Steve dinilai sangat berhasil memikat hati anak-anak dan juga mendapatkan tanggapan terbaik dari penonton uji saat audisi.

4. Fakta Blue’s Clues: Produser Lapangan Menguji Setiap Episode Sebanyak Tiga Kali

Fakta Blue’s Clues selanjutnya adalah bahwa setiap episode yang akan tayang dari kartun satu ini, sudah diuji terlebih dahulu sebanyak tiga kali. Begitu naskah selesai dibuat, tim peneliti acara akan mengujinya pada anak-anak pra-sekolah. Mereka juga akan mencatat bagaimana anak-anak tersebut menanggapi materinya.

BACA JUGA: Cari Tontonan Buat Keluarga? Simak 10 Rekomendasi Film Animasi Untuk Keluarga Berikut Ini

Lalu, para anggota tim peneliti tersebut akan pindah ke grup lain, dan ke grup lainnya, mencatat respon dari anak-anak tersebut, untuk kemudian mengembangkan lebih lanjut setiap episode saat akan memasuki fase animasi. Kabarnya, dibutuhkan waktu sekitar sembilan hingga sepuluh bulan untuk memproduksi satu episode saja.

5. Fakta Blue’s Clues: Tim Produksi Sendiri yang Mengisi Beberapa Suara

Fakta Blue’s Clues selanjutnya adalah bahwa pengisi suara beberapa karakter di kartun ini adalah para kru atau tim produksi sendiri. Sebab, pada awal produksi, mereka bekerja dengan anggaran yang terbatas, sehingga mereka memutuskan untuk tidak merekrut pengisi suara.

Fakta Blue's Clues

(Image by @bluescluesofficial via Instagram)

Suara Mr Salt diisi oleh Nick Balaban, yang menggubah musik dalam acara ini. Sementara itu, co-composer-nya yakni Michael Rubin bertugas mengisi suara The Sun. Dan untuk menentukan siapa yang paling cocok dan memiliki suara gonggongan terbaik untuk mengisi suara Blue, para anggota tim produksi berkeliling semua meja, dan terpilihlah Traci Paige Johnson, yang aslinya bertugas sebagai co-creator.

6. Fakta Blue’s Clues: Kartun Blue’s Clues Memiliki Beberapa Versi Lainnya, yakni Versi Inggris dan Portugal

Nah, fakta Blue’s Clues yang satu ini juga mungkin belum diketahui oleh kamu yang biasanya menonton serial kartun ini dalam versi Amerika yang dibawakan oleh Steve Burns. Ternyata, kartun Blue’s Clues ini memiliki beberapa versi lainnya, loh, yakni versi Inggris dan Portugal.

Fakta Blue's Clues

(Image by @officialbluesclues via Instagram)

Dalam versi Inggris-nya, acara ini dipandu oleh aktor asal Inggris yang bernama Kevin Duala. Sedangkan Blue’s Clues versi Portugal dibawakan oleh seorang aktor asal Portugal, yaitu Duarte Gomes.

7. Fakta Blue’s Clues: Blue Aslinya adalah Kucing

Fakta Blue’s Clues yang satu ini pun mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, yakni bahwa Blue aslinya adalah seekor kucing. Loh, kok bisa?

Awalnya, pilihan pertama untuk karakter utama di acara tersebut adalah seekor kucing oranye yang bernama Mr Orange. Namun, para pencipta kartun ini yakni Johnson, Santomero, dan Kessler tidak menyukai warna tersebut. Mereka kemudian berinisiatif untuk mengubah warnanya menjadi biru dan menamainya Mr Blue.

Fakta Blue's Clues

(Image by @officialbluesclues via Instagram)

Sayangnya, ternyata sudah ada serial animasi di Nickelodeon yang menampilkan karakter seekor kucing. Maka, tim diminta untuk mengganti karakter Blue menjadi hewan lain, dan jadilah karakter anjing kecil bernama Blue yang dikenal hingga sekarang.

8. Fakta Blue’s Clues: Blue adalah Seekor Anjing Betina

Mungkin banyak dari kamu yang mengira bahwa karakter Blue adalah seekor anjing jantan. Ternyata kamu salah besar! Fakta Blue’s Clues yang pertama adalah bahwa Blue merupakan seekor anjing betina.

Kalau nggak percaya, coba deh kamu tonton lagi kartun satu ini di YouTube (tentunya yang versi tidak di-dubbing, ya). Dengarkan baik-baik kata ganti apa yang digunakan oleh Steve saat memanggil Blue.

Steve memanggilnya dengan kata ganti “she” yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti dia (perempuan). So, fakta Blue’s Clues yang satu ini sudah jelas terbukti bahwa Blue memanglah anjing betina.

9. Fakta Blue’s Clues: Adik Steve yang bernama Joe belum pernah menonton Blue’s Clues sebelumnya

Pada tahun 2002, Donovan Patton muncul di serial Blue’s Clues sebagai Joe, yang tak lain adalah adik Steve. Joe menggantikan Steve untuk menjaga Blue, sebab saat itu Steve diceritakan harus pergi untuk kuliah.

Fakta Blue's Clues

(Image by @joe.blueclues via Instagram)

Namun, ada sebuah fakta Blue’s Clues yang cukup lucu, yakni bahwa Donovan Patton alias Joe ternyata belum pernah sama sekali menonton kartun Blue’s Clues sebelum ia mengikuti audisi sebagai pemeran Joe. Namun, sama seperti Steve Burns, Donovan Patton akhirnya tetap dipilih oleh tim produksi karena hasil audisinya yang sangat memuaskan.

10. Fakta Blue’s Clues: Acara Blue’s Clues Sangat Efektif untuk Belajar

Sejak Blue’s Clues memulai debutnya, banyak studi dilakukan untuk meneliti efektivitasnya sebagai alat pembelajaran. Contohnya penelitian dari University of Alabama, yang menunjukkan bahwa penonton reguler menunjukkan peningkatan pemahaman belajar dibandingkan dengan yang bukan penonton.

BACA JUGA: Khusus Untuk Para Orangtua! Ini Dia Rekomendasi Game Anak-Anak Terbaik Untuk Pembelajaran Versi Bob

Selain itu, ada pula studi lain yang dilakukan oleh Vanderbilt University. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa menonton acara Blue’s Clues ternyata mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak-anak, dan juga meningkatkan kosakata mereka.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Ingin nonton berbagai serial favoritmu sambil bersantai dan me time di hotel yang nyaman namun harganya terjangkau? Langsung datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa membuat kegiatan nonton kamu jadi lebih seru, deh.

Selain bisa santai di pod-nya yang unik dan nyaman, kamu juga bisa streaming terus tanpa hambatan setiap waktu, karena Bobobox dilengkapi jaringan WiFi yang pastinya lancar banget. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

hotel kapsul untuk keluarga

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles