Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Destinasi Terbaik di Dunia untuk Wisata Virtual

Bosan dengan hiburan yang itu-itu saja? Coba wisata virtual berikut ini!

Di tengah kondisi yang menyulitkan kamu untuk berlibur, wisata virtual hadir untuk melepas penat selama di rumah, terutama di saat pandemi belum berakhir.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan orang untuk pergi liburan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan intensitas waktu yang dihabiskan oleh setiap orang banyak dihabiskan di rumah. Tidak hanya itu, hiburan pun didapatkan paling sering dari balik layar.

Untung ada wisata virtual. Meskipun masih dilakukan melalui layar telepon genggam atau laptop, setidaknya wisata virtual bisa membantu kamu mendapatkan suasana baru. Selain itu, wisata virtual yang ada juga tersedia di berbagai negara. Daripada penasaran, mending langsung aja kita simak 10 destinasi wisata virtual yang bisa kamu kunjungi.

Jakarta

wisata virtual
Photo by ekoherwantoro on Unsplash

Sebagai kota yang bersejarah, Jakarta menyimpan segudang cerita. Mungkin kamu sudah pernah mengunjungi Jakarta untuk berwisata, dan rasanya begitu-begitu saja. Akan tetapi, kali ini bersama tim dari Jakarta Good Guide, kamu bisa menikmati wisata virtual Jakarta dengan cara yang berbeda.

Kamu akan diajak mengelilingi Kota Tua Jakarta, Monas, toko kopi, dan tempat populer Ibu Kota lainnya. Wisata virtual ini dilakukan di aplikasi Google Street. Pemandu akan memberi penjelasan sepanjang wisata melalui aplikasi Zoom.

Selengkapnya di: Jakarta Good Guide

Palembang

wisata virtual
https://palembang.indonesiavirtualtour.com/

Tidak hanya kota-kota di luar negri saja yang bisa dikunjungi secara virtual. Wisata virtual di Palembang juga bisa kamu nikmati berkat kerja sama Indonesia Virtual Tour, Dinas Pariwisata Kota Palembang, dan Pesona Indonesia.

Melalui situsnya, kamu bisa menikmati berbagai daerah wisata di Palembang. Ada Jembatan Musi, Jembatan Ampera, Museum Balaputra Dewa, Pasar Cinde, Masjid Agung, dan masih banyak lagi. Bahkan, wisata virtual LRT Palembang pun disediakan di sini. Menarik sekali bukan?

Selengkapnya di: Indonesia Virtual Tour

Kebun Raya Bogor

wisata virtual
http://vtkrb.pddi.lipi.go.id/

Siapa di sini yang sudah nggak sabar ingin melihat yang hijau-hijau? Kebun Raya Bogor menyediakan fasilitas wisata virtual buat kamu yang ingin berwisata ke hutan. Melalui teknologi realitas virtual, di sana kamu akan melakukan tur yang terarah. Saat masuk ke situsnya, kamu akan memulai tur dari gerbang depan.

Nah, ketika di dalam kamu bisa memilih akan mengunjungi bagian kebun yang mana. Ada panah interaktif yang akan memandu tur kamu. Selain itu, ada juga pusat informasi yang menyediakan fakta-fakta menarik tentang area yang kamu kunjungi.

Selengkapnya di: Kebun Raya Bogor

Museum Konferensi Asia Afrika

wisata virtual
http://museumkaa.indonesiaheritage.org/

Tanggal 18 April kemarin, Konferensi Asia Afrika menginjak usia yang ke 65. Seharusnya, ada perayaan besar yang diadakan setiap tahun. Akan tetapi, akibat wabah virus corona hal tersebut tidak bisa dilakukan. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Jika kamu ingin melakukan perayaan kecil-kecilan, Museum Konferensi Asia Afrika menyediakan wisata virtual yang menarik. Di sana, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang sejarah Konferensi Asia Afrika.

Ada tokoh-tokoh dan juga tempat bersejarah. Saat pertama kali masuk ke situsnya, kamu bisa melihat video pidato Presiden Soekarno di Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Selengkapnya di: Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Nasional Indonesia

wisata virtual
https://www.museumnasional.or.id/

Di Museum Nasional Indonesia, kamu akan menemukan sekitar 160.000-an benda-benda bersejarah seperti koleksi prasejarah, arkeologi dari zaman klasik atau Hindu–Budha, Numismatik dan Heraldik, keramik, etnografi, geografi, dan sejarah. Semua ini bisa kamu nikmati secara virtual.

Selengkapnya di: Museum Nasional Indonesia

Great Barrier Reef, Australia

wisata virtual
Photo by Daniel Pelaez Duque on Unsplash

Kalau kamu pernah menonton tayangan di National Geographic Wild, seharusnya kamu tidak asing lagi dengan suara Sir David Attenborough. Beliau adalah pengisi suara profesional dan legendaris, khususnya tentang satwa. Melalui situsnya, kamu bisa melakukan wisata virtual di Great Barrier Reef, Australia.

Tak hanya melakukan wisata virtual, kamu juga akan belajar tentang ekosistem laut khususnya batuan karang. Situsnya pun sangat interaktif. Kamu tidak hanya akan menonton video tapi juga terlibat dalam menjalankan wisata virtual tersebut.

Selengkapnya di: Attenboroughs Reef

Hutan Hujan Amazon, Benua Amerika

wisata virtual
https://www.conservation.org/

Hutan Hujan Amazon adalah bagian penting dari ekosistem bumi. Sepuluh persen spesies hewan yang kita terkenal berasal dari sana. Dua puluh persen air bersih mengalir melalui sungai Amazon. Dua puluh persen dari oksigen yang kamu hirup juga berasal dari Hutan Hujan Amazon.

Lembaga Conversation International mengajak kamu untuk mengintip keadaan Amazon melalui wisata virtual. Dengan judul Under The Canopy, kamu akan melihat keindahan alam Hutan Hujan Amazon.

Selengkapnya di: Conservation International

Air Terjun Niagara, Kanada

wisata virtual
Photo by Edward Koorey on Unsplash

Air Terjun Niagara adalah salah satu air terjun paling populer di dunia. Namanya bahkan digunakan untuk wahana permainan seperti di Dunia Fantasi. Seperti apa sih kira-kira keindahan air terjun yang satu ini?

Nggak perlu jauh-jauh, kamu bisa menyaksikannya melalui wisata virtual yang dipersembahkan oleh Niaga Falls Tourism. Di wisata virtualnya, kamu akan merasa seperti turis.

Kamu akan dibawa dari mulai pintu masuk hingga tempat mengamati air terjun. Terlebih, ada juga turis lain yang membuat kamu serasa benar-benar sedang mengunjungi Air Terjun Niagara.

Selengkapnya di: Niagara Falls Tourism

Kastil Praha

wisata virtual
Photo by Jason Blackeye on Unsplash

Praha adalah salah satu kota paling romantis di Eropa. Jalanan yang berbatu, sungai-sungai yang indah, dan kastil-kastil menghiasi kota yang berada di Republik Ceko ini. Kastil Praha merupakan daya tarik kota ini. Sebelum datang langsung ke tempatnya, kamu bisa menikmati wisata virtualnya terlebih dahulu.

Di situsnya, kamu akan dibawa menjelajahi kemegahan kastil yang sudah ada sejak tahun 870 ini. Dari mulai halaman, hingga ke bagian dalam istana. Pokoknya lengkap deh.

Selengkapnya di: Prague Castle

Mars

wisata virtual
Photo by Nicolas Lobos on Unsplash

Iya, kamu nggak salah baca kok. Wisata virtual tak hanya tersedia untuk objek wisata di bumi saja. Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, kamu juga bisa melakukan wisata virtual ke planet Mars.

Direkam oleh rover Curiosity milik NASA, kamu dibawa mengelilingi Mars. Tak hanya itu, ada juga misi yang bisa kamu lakukan sehingga membuat tur virtual ini semakin menarik.

Selengkapnya di: Access Mars with Google

Nikmati wisata virtual di Bobobox

bobobox

Jangan hanya menikmati wisata virtual di rumah. Cari suasan baru dengan menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini  memiliki suasana tenang dan hening sehingga cocok untuk menyendiri dengan wisata virtualmu.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Sangat mudah dan praktis kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan laptop lalu nikmati suasana wisata virtualmu di Bobobox!

You might also like