Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Destinasi Agrowisata Jogja untuk Menyegarkan Pikiranmu

Agrowisata Jogja merupakan salah satu cara menikmati liburan yang seru, lho!

Agrowisata Jogja merupakan salah satu opsi destinasi wisata Jogja yang menarik untuk kamu coba kunjungi. Tak sekedar memberikan kamu pengalaman yang seru untuk liburan, agrowisata Jogja pun menawarkan berbagai keindahan dan kekayaan alam Jogja yang mengagumkan. Penasaran seperti apa sajakan destinasi agrowosata Jogja? Berikut adalah 10 agroeisata Jogja yang patut untuk kamu kunjungi!

1. Agrowisata Jogja: Salak Bangunkerto

Bagi kamu pecinta buah salak kamu harus coba kunjungi agrowisata Jogja bernama Salak Bangunkerto. Agrowisata Jogja ini tidak hanya memiliki satu varian salak tapi 17 varietas salak yang menarik untuk kamu icip langsung! Salak-salak tersebut diantaranya adalah salak madu, pondoh super, pondoh hitam, pondoh merah, pondoh manggala, pondoh kuning, dan pondoh gading. Ada juga salak pondoh gula pasir, pondoh klinting, bali, tanonjaya, semeru, dan beberapa varietas salak lainnya.

Destinasi agrowisata Bangunkerto ini berlokasi di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman dan memiliki luas lahan 27 hektar. Banyaknya pohon salak di sekitar agrowisata Jogja ini membuat udara di sekitar terasa sejuk juga teduh. Saat berkeliling di wilayah kebun kamu akan dibimbing dan ditemani oleh seorang pemandu. Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat panen buah salak antara bulan Mei-Juni atau November-Desember.

2. Agrowisata Jogja: Salak Trumpon

Masih tentang agrowisata Jogja yang terkenal yaitu buah salak, desa wisata ini pun cukup terkenal dengan salak pondohnya. Desa ini bernama Trumpon yang tepatnya berlokasi di Dusun Trumpon, Desa Merdikurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Sama halnya dengan desa Bangunkerto, di desa Trumpon kamu bisa menjelajahi setiap sudut kebun salak, memetik buah salak, dan memakan langsung buah salak. Dengan bergitu kamu bisa belajar mengenai budidaya buah salak secara langsung.

3. Agrowisata Jogja: Buah Naga Kusumo Wanadri

Selain salak kamu juga bisa kunjungi kebun buah naga saat berkunjung ke Jogja, lho. nama perkebunan yang membudidayakan buah naga di Jogja ini berna Kusumo Wanadri. Lahan perkebunannya sangat luas hingga mencapai 2,5 hektar! Kamu bisa menemukan beragam macam buah naga dimulai dari buah naga merah dan buah naga putih. Kusumo Wanadri ini berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Kamu bisa berkeliling di sekitar perkebunan, memetik langsung buah naga, dan membeli berbagai produk olahan buah naga seperti sirup atau selai. Produk olahan tersebut banyak diproduksi dalam skala rumahan oleh penduduk sekitar. Dengan membelinya kamu membantu perekonomian sekitar perkebunan.

4. Agrowisata Jogja: Kebun Buah Langka Sedayu

Sesuai namanya perkebunan ini faktanya memelihara berbagai varian buah-buahan langka yang belum tentu bisa kamu temukan di erkebunan lain di Indonesia. Kebun Buah Langka Sedayu berlokasi di Dusun Sundi Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Terdapat sekitar 300 tanaman langka yang dibudidayakan di agrowisata Jogja ini dan didatangkan langsung dari berbagai daerah di Indonesia juga mancanegara. Kamu bisa menemukan buah tin, anggur Brazil (Jaboticaba), blackberry, jeruk nagami, kacang amazon, dan masih banyak lagi di sana.

@Trip Jogja

5. Agrowisata Jogja: Kebun Buah Mangunan

Bagi kamu pecinta buah belimbing, durian, dan rambutan kamu harus kunjungi Kebun Buang Mangunan yang berlokasi di Kecamatan Dingo, Kabupaten Bantul ini. Kebun ini memeliki luas 23 hektar dan terletak di daerah perbukitan sehingga udaranya dijamin sejuk. Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu wisata perkebunan yang sangat populer di Jogja sehingga selalu ramai oleh pengunjung. Aksesnya yang strategis dan pemandangan dari perbukitan yang menawan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk datang berkunjung.

6. Agrowisata Jogja: Agromina Karangsari

Jika kamu sedang berkunjung ke Gunung Merapi kamu bisa coba kunjungi Agromina Karangsari yang terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Di agrowisata Jogja ini kamu bisa mempelajari budidaya salak dan mencoba berbagai berbagai kegiatan pertanian seperti kegiatan membajak sawah, memanen padi ataupun sayuran, belajar cara beternak sapi, kerbau, atau kambing, memberi makan, hingga memandikan hewan ternak.

7. Agrowisata Jogja: Kampung Flory Sleman

Kampung Flory Sleman merupakan salah satu agrowisata di Jojgja yang kini tengah populer sehingga banyak didatangi oleh wsatawan Jogja maupun luar kota. Tempat wisata ini memang bisa dibilang tidak seluas perkebunan lainnya. Kampung Flory Sleman berdiri di atas lahan seluas empat hektar. Namun meskipun demikian kamu bisa menemukan banyak hal di sana yang terbagi menjadi 3 zona berbeda.

Zona pertama bernama Taruna Tani, di zona ini kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman buah dan tanaman hias serta berwisata kuliner. Zona kedua bernama Dewi Flory yang berisi homestay dan pelatihan wirausaha agrobisnis. Zona terakhir adalah Agro Bush yang merupakan zona bagi para pengunjung memetik buah langsung dari pohonnya dan juga edukasi tentang tanaman yang dibudidayakan di sana.

8. Agrowisata Jogja: Agro Durian Banjaroya

Jika sudah memasuki musim durian ada baiknya kamu coba kunjungi Agro Durian Banjaroya. DI sana kamu bisa menemukan beragam macam durian termasuk jenis Manoreh yang terkenal. Pohon-pohon durian di sana telah tumbuh sejak beratus tahun yang lalu dan kualitasnya selalu dijaga. Saat memasuki musim durian tempat ini pun sering mengadakan festival durian, lho.

9. Agrowisata Jogja: Taman Buah Nglanggeran

Taman Buah Ngglangeran berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul dan menawarkan budidaya durian jenis montong dan kelengkeng. Selain itu kamu juga bisa menemukan budidaya rambutan, kakao, dan alpukat. Agrowisata Jogja ini, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran yang memesona. Jangan lupa bawa pulang beberapa buah segar sebagai buah tangan dari Jogja ya!

10. Agrowisata Jogja: Kampung wisata anggur Plumbungan

Agrowisata yang terakhir ini bisa dibilang pendatang baru yang berlokasi di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Di sana kamu bisa menemukan budidaya tanaman anggur terutama anggur Ninel yang didatangkan dari Ukraina. Anggur Ninel ini memiliki kelebihan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim panen.

Bobobox rules

Liburan ke Jogja? Bobobox aja!

Jika kamu memiliki agenda berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk coba pengalaman menginap di Bobobox ya! Bobobox kini telah banyak dibuka di beberapa kota besar di Indonesia tak terkecuali di Jogja. Kamu juga bisa menyaksikan acara Bobobox Virtual Launch di akun Instagram @bobobox_id melalui IGLIVE untuk menyaksikan virtual launching dua cabang baru Bobobox yaitu di Jogja dan Jakarta!

Virtual Launching Bobobox ini akan dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Agustus 2020 pada pukul 15.00-17.15 WIB. Selain menyaksikan acara peresmian dua cabang baru Bobobox, kamu pun berkesempatan untuk menyaksikan tur hotel kapsul Bobobox melalui IGLIVE tersebut! Acara ini akan dipandu oleh salah satu influencer sekaligus penyanyi cantik, Indah Kusuma, dan dimeriahkan oleh penampilan dari Feelkoplo, lho! Jangan sampai ketinggalan ya dan ayo segera unduh aplikasi Bobobox sekarang!

You might also like