Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cinta Mati atau Obsesi: Ini Dia 10 Ciri-Ciri Hubungan Posesif

Kenali ciri-ciri hubungan posesif berikut ini agar tidak terperangkap jebakannya!

Ciri-ciri hubungan posesif yang mungkin muncul dalam sebuah hubungan dapat menjadi pertanda rasa cinta yang terlalu berlebihan dan menjadi sesuatu hal yang berbahaya. Saat seseorang terjebak di dalam hubungan dengan obsesi yang berlebihan karena pasangannya yang posesif maka ia sulit mendapatkan pengalaman cinta yang sehat.

Kehidupan cinta yang dipenuhi dengan obsesi berlebihan akan menciptakan sebuah hubungan yang tidak seimbang dan menyengsarakan. Tentu kita tidak mau mendapatkan pasangan yang posesif yang justru membuat kita tidak bahagia. Oleh karena itu agar tehindar dari hubungan seperti itu yuk ketahui 10 ciri-ciri hubungan posesif seperti berikut ini.

1. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Membuatmu Penuh Marah dan Muak

Penting untuk mengetahui perbedaan antara cinta mati dan obsesi. Saat seseorang memiliki hubungan dengan pasangan yang cinta mati maka besar kemungkinan jika hubungan tersebut terasa menyenangkan dan dimudahkan. Beda halnya dengan hubungan penuh obsesi, kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, marah dan muak saat kamu berada di sekitar pasangan kamu.

Jika hal tersebut pernah kamu alami mungkin kamu sudah menjalani hubungan percintaan yang diawali oleh obsesi. Saat mencintai seseorang dalam menjalin sebuah hubungan tentu keduanya akan berusaha memenuhi hari masing-masing dengan rutinitas positif. Namun pasangan yang obsesi justru akan terus mengejar-ngejar kamu dengan kegiatan yang kurang mengembangkan diri. Hubungan yang tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama secara jelas ini kemudian akan menghambat kamu untuk berkembang.

via freepik

2. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Membuat Kamu Selalu Terlibat dengan Pasangan Tanpa Jeda

Ciri-ciri hubungan posesif yang kedua adalah kamu tidak dapat bergerak bebas dan beraktivitas secara bebas seperti biasanya. Saat kamu berpasangan dengan orang yang posesif, ia akan menuntut kamu untuk selalu bersamanya dan harus mengetahui setiap detail kegiatan yang kamu lakukan. Setiap saat kamu akan mendapatkan berbagai pertanyaan yang melelahkan seperti kamu sedang di mana, dengan siapa, dan apa saja yang kamu lakukan. Tentu saja jika hal ini terjadi pada kamu akan membuat kamu tidak nyaman.

3. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Menjebak dengan Sejumlah Pertanyaan dan Keraguan

Selain menanyakan kegiatan kamu tak jarang pertanyaan yang ditanyakan pasangan kamu menjebak kamu. Ciri-ciri hubungan posesif adalah berusaha menghindari kamu untuk dekat dengan pria atau wanita lain sehingga menjebak kamu dengan sejumlah pertanyaan dan keraguan. Hal ini kemudian akan membuat kamu tidak nyaman sehingga kamu urung untuk melanjutkan aktivitas atau rencana kamu.

4. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Curiga Berlebihan

Saat pertanyaan yang sering kamu dapatkan dari pasangan pada dasarnya karena rasa curiga pasangan kamu terhadap kamu, hal ini menjadi ciri-ciri hubungan posesif. Saat kamu benar-benar mencintai dan menyayangi seseorang tentu kamu akan berusaha untuk saling mempercayai pasangan kamu dan tidak menaruh rasa curiga berlebihan yang akan membuat pasangan kamu tidak nyaman.

Saat kamu mulai diatur dengan berbagai perauran yang terasa mengekang hal ini menjadi ciri-ciri hubungan posesif. Jika sudah begini, kamu harus mempertimbangkan apakah pasangan kamu dapat diajak diskusi atau tidak dalam mengambil setiap keputusan saat menjalin hubungan. Jika pasangan kamu mencintai kamu dengan tulus tentu ia akan mencoba mempercayai kamu dan mendukung kamu sepenuhnya.

@carolinahdzz via Unsplash

5. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Kebahagiaan yang Cuma Kamu Rasakan dengannya Saja

Hidup tidak sekedar tentang hubungan sepasang kekasih. Saat kamu merasa kebahagiaan hanya hadir saat kamu bersama kekasih saja kamu harus mulai mencari tahu apa penyebabnya. Ciri-ciri hubungan posesif adalah pasangan yang mencoba memanipulasi kamu bahwa tidak akan ada kebahagiaan di hidup kamu jika kamu hidup tanpa dirinya. Padahal kamu memiliki keluarga dan teman-teman yang bisa membuat kamu bahagia bukan hanya dirinya saja.

6. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Menuntut Keingintahuan Tentang Semua Hal

Pasangan kamu mungkin sering merasa was-was saat kamu melakukan kegiatan terutama dengan orang lain yang merupakan lawan jenis. Hal ini bisa membuat pasangan kamu cemburu dan menuntut keingintahuan tentang semua hal tentang kamu yang merupakan ciri-ciri hubunga posesif. Sebagian pasangan merasa bahagia saat pasangannya merasa cemburu namun jika pasangan kamu cemburu secara berlebihan sehingga membatas ruang gerak kamu dalam beraktivitas maka kamu patut curiga.

Kamu adalah manusia yang mandiri sehingga kamu tidak perlu bergantung sepenuhnya terhadap pasangan kamu. Pasangan kamu tidak perlu menuntut keingintahuannya atas segala hal di hidup kamu. Pasangan yang mendukung kamu akan memberikan kebebasan terhadap kamu secara wajar dan tidak mengekang.

7. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Sulit Berkehidupan di Lingkungan Sosial

Pasangan yang posesif akan membatasi ruang gerak kamu termasuk saat melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Hal ini menjadi ciri-ciri hubungan posesif ketika kamu menjadi merasa sulit untuk saling terhubung dengan teman-teman atau bahkan keluarga kamu sendiri. Ia akan membatasi ruang gerak kamu hanya untuk pasangan kamu saja dan membuat kamu justru malah merasa kesepian.

Hal ini tentu akan menjadi sesuatu yang negatif karena akan memecahkan hubungan kamu dengan teman-tean atau keluarga kamu. Larangan dan juga ancaman dari pasangan mungkin akan kamu terima saat kamu berusaha menyanggah aturan tidak masuk akal pasangan kamu. Sebelum hubungan kamu dengan pasangan yang posesif terlalu jauh, lebih baik kamu pikirkan lagi ya!

ciri-ciri hubungan posesif

8. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Sabotase, Mengecilkan, Menyalahkan

Ciri-ciri hubungan posesif selanjutnya adalah pasangan yang secara dengan sengaja merusak reputasi, prestasi, dan kesuksesan kamu. Hal ini dilakukan dengan sengaja agar membuat kamu terlihat buruk atau menyabotase prestasi kamu. Pasangan kamu bisa melakukannya dengan cara menggangu pekerjaan kamu agar karier terhambat, membuat kamu tidak produktif dalam bekerja, atau menyebarkan rumor tentang kamu.

9. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Pasangan tidak Bertanggung Jawab

Pasangan dalam hubungan yang tidak sehat sering kali membuat beribu alasan untuk menutupi kesalahannya. Pasangan kamu bisa saja justru menyalahkan kamu, orang lain, atau hal lain atas perilakunya yang buruk. Hubungan yang tidak sehat ini kemudian membuat kamu merasa tidak berharga karena kamu selalu menjadi sasaran tempat ia menyalahkan berbagai kesalahan yang justru pasangan kamu buat sendiri.

10. Ciri-ciri Hubungan Posesif: Terjadi Pengkhianatan

Ciri-ciri hubungan posesif yang terakhir dan yang tidak sehat adalah pasangan yang sering berbohong dan dengan sengaja meninggalkan kamu tanpa kepastian. Hal ini ia lakukan karena ia menyembunyikan sesuatu atau bahkan selingkuh dan mengkhianati kepercayaan kamu.

Hindari Hubungan Toxic dan Jaga Kesehatan mental Kamu

Jika kamu berada dalam hubungan toxic atau baru saja keluar dari hubungan semacam itu, kini saatnya kamu berbenah dan menata diri kamu. Jauhkan juga diri kamu dari pengaruh pasangan yang toxic agar kamu bisa berpikir jernih. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar pikiran kamu lebih resfreshed adalah dengan staycation di Bobobox.

Kamu juga bisa keliling-keliling pods Bobobox dari rumah, lho! Klik di sini untuk memulai virtual tour. 

Yuk segera unduh aplikasinya di PlayStore dan App Store dan refresh diri kamu di Bobobox!

bobo
travelingyuk.com

You might also like