Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Cara Sehat Menahan Kantuk tanpa Kopi!

Tanpa kopi kamu pun kamu bisa menahan kantuk dengan efektif, lho!

Kopi menjadi salah satu andalan banyak masyarakat untuk menahan rasa kantuk yang melanda. Selain menahan kantuk, kopi pun dapat membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga mampu kembali beraktivitas dengan penuh semangat. Namun apa jadinya jika kamu bukan salah seorang pencinta kopi? Tak jarang juga ditemukan orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi kopi karena masalah kesehatan.

Kafein memang mampu membuat kamu tetap terjaga, namun sayangnya kafein secara tidak langsung dapat mengubah aturan normal tidur kamu. Oleh karena itu tak selamanya kopi menjadi solusi terbaik untuk kamu menahan kantuk. Selain itu kafein pada kopi juga tidak dianjurkan diminum oleh anak-anak. Meskipun kopi aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, namun dapat berdampak negatif pada gizi anak.

Konsumsi kopi dapat membuat nafsu anak menjadi turun. Oleh karena itu anak disarankan untuk tak meminum kopi saat belajar atau sedang di sekolah. Selain itu kopi juga tidak disarankan dikonsumsi wanita yang sedang hamil dan menyusui.  Lalu adakah cara lain untuk mengusir kantuk yang aman bagi siapapun baik dewasa, muda, dan aman bagi ibu hamil dan menyusui? Berikut beberapa tips menghilangkan kantuk yang bisa kamu coba langsung!

kopi

1. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Olahraga

Tips menghilangkan kantuk tanpa kopi yang pertama adalah dengan melakukan olahraga. Selain dapat menghilangkan kantuk, olahraga pun membantu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Cara kerja olahraga dalam menghilangkan rasa kantuk adalah dengan membantu menaikkan sirkulasi darah dari setiap gerakkan tubuh yang kamu lakukan. Badan yang dipakai untuk berolahraga dapat tetap segar dan terus berenergi setiap saat.

2. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Atur Pernapasan

Tanpa perlu menyeduh kopi kamu dapat menghilangkan rasa kantuk kamu dengan mengatur pernapasan, Kamu dapat mencoba menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya secara perlahan. Mengatur pernapasan faktanya dapat membantu mengoptimalkan asupan oksigen dalam tubuh dengan baik. Kadar oksigen yang mencukupi dan teraturnya  pernapasan dapat membuat pikiran kamu lebih tenang.

Saat pikiran kamu sudah tenang, maka kamu bisa terjaga dan lebih fokus. Bob jamin deh semua pekerjaan akan terselesaikan dengan baik! Lalu mengapa rasa kantuk bisa datang? Selain kurangnya istirahat, rasa kantuk juga bisa datang karena kamu merasa bosan. Untuk mengatasi rasa kantuk yang disebabkan rasa jenuh, cobalah untuk keluar rumah atau kantor sejenak untuk mencari udara segar. Dengan menghirup udara segar maka pikiran kamu akan kembali jernih.

3. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Hindari Stres

Stres merupakan salah satu biang keladi munculnya berbagai masalah baik secara fisik maupun mental. Stres berlebih pun akan membuat tubuh lesu sehingga malas melakukan berbagai aktivitas sehingga menimbulkan rasa kantuk. Untuk mengatasi rasa kantuk dan stres berlebih ini cobalah untuk menenangkan pikiran dengan baik.

Kamu bisa menghilangkan stres dengan melakukan refreshing, melakukan hal yang kamu sukai, atau sekedar menenangkan diri dengan menghirup udara segar. Dengan mengelola pikiran dengan baik maka tubuh akan selalu bersemangat. Salah satu contoh mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan jalan sebentar ke luar kantor atau sekadar ke halaman belakang untuk menghirup udara alami di luar ruangan. kamu juga bisa melakukan ini sambil melakukan peregangan tubuh.

4. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Makanan Sehat

Tanpa kamu ketahui makanan yang masuk ke tubuh kamu ternyata dapat berkontribusi pada munculnya rasa kantuk. Untuk menghindari rasa kantuk itu datang menyerang kamu dapat mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan sehat. Dengan memenuhi nutrisi tubuh secara baik maka metabolisme tubuh akan menjadi semakin baik.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kamu dapat mengonsumsi sayuran, buah yang kaya akan serat, vitamin dan mineral tinggi agar energi tetap terjaga. Bob jamin deh kamu tidak akan merasa mudah mengantuk dengan melakukan tips ini!

5. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Minum Air Putih

Tips selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan cairan. Kekurangan air putih atau dehidrasi faktanya dapat menyebabkan kantuk diakibatkan kurangnya oksigen. Selain rasa kantuk, dehidrasi pun dapat membuat badan kamu terasa amat sangat lelah.

Oleh karena itu jangan lupa untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih. Bob sarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari. Selain ampuh mengusir kantuk, air putih pun dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui pengeluaran buang air kecil.

6. Tips Menghilangkan Kantuk: Minum Teh

Bagi kamu yang tidak menyukai kopi kamu bisa coba meminum secangkir teh untuk mengusir rasa kantuk. Sama seperti kopi, teh memiliki kadar kafein. Namun kamu tak erlu khawatir karena kadar kafein pada teh tidak seberapa besar seperti kopi. Jadi kamu tak perlu takut karena teh tidak akan membuat jam istirahat malam kamu terganggu.

Aroma teh yang menyegarkan pun mampu membuat tubuh kamu kembali segar dan berenergi. Kamu juga bisa mencampurkan teh kamu dengan jahe atau peppermint yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa teh kesukaan kamu? Kamu bisa mengonsumsi teh hijau, teh hitam, teh lemon, atau teh madu hangat yang menyehatkan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

7. Tips Menghilangkan Kantuk: Turunkan Suhu AC

Tahukah kamu jika sebenarnya suhu ruangan juga dapat memengaruhi rasa kantuk? Faktanya saat suhu terasa hangat, orang cenderung lebih nyaman dan terbawa suasana. Pada suhu hangat inilah tak jarang rasa kantuk akan datang dan mengganggu kamu saat beraktivitas. Oleh karena itu kamu bisa mensiasatinya dengan mencoba menurunkan suhu pendingin ruangan atau membuka jendela ruangan agar udara yang sejuk masuk dan ruangan terasa lebih dingin.

8. Tips Menghilangkan Kantuk: Meditasi Sebentar

Seringkali stres yang kamu rasakan membuat tubuh kamu mudah terasa lelah dan kamu cenderung tak bergairah untuk melakukan apapun. Saat stres melanda rasanya ingin tidur saja seharian, tak heran jika kamu mudah merasa mengantuk. Daripada tidur coba deh untuk melakukan meditasi agar stres kamu berkurang.

Lakukan mediasi untuk menenangkan pikiran dan beristirahatlah sebentar. Kamu juga bisa melakukan latihan pernapasan yang membantu melancarkan sirkulasi oksigen yang masuk ke dalam tubuh kemudian mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Bye-bye ngantuk!

9. Tips Menghilangkan Kantuk tanpa Kopi: Istirahat yang Cukup

Tips terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur beritirahat pada malam hari. Saat kamu kurang tidur tubuh kamu akan terasa lemas keesokan harinya dan kamu akan merasa mengantuk. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas ya!

Agar kebutuhan istirahat di maam hari kamu terpenuhi, kenyamanan tempat dan suasana tidur adalah faktor utama agar bisa tidur dengan nyaman dan cukup. Bobobox adalah salah satu penginapan nyaman dengan harga terjangkau yang menawarkan berbagai fasilitas agar kamu bisa tidur lelap! Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk informasi lebih lengkap!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.