Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa Itu Ghosting dan Cara Terbaik untuk Menyikapinya!

Hati-hati jadi korban ghosting!

Mungkin kamu sudah mendengar tentang kasus ghosting yang sedang ramai dibicarakan di media sosial akhir-akhir ini. Ghosting merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sikap seseorang yang tiba-tiba menghilang dari kehidupanmu tanpa ada sedikitpun penjelasan.

Banyak alasan yang membuat seseorang melakukan ghosting, misalnya untuk menghindari konflik yang berkepanjangan atau pergi demi kebaikan bersama. Namun, apapun motifnya, ghosting tetap saja merupakan sikap yang tak bertanggung jawab dan mengecewakan.

Biar nggak sedih berkepanjangan saat kamu menjadi korban ghosting, Bob punya beberapa cara menyikapi ghosting yang bisa membantumu. Cek di bawah ini, ya!

cara menyikapi ghosting

(Photo by @IvanSamkov from Pexels)

1. Cuekin Aja

Cara menyikapi ghosting yang pertama dan paling penting untuk kamu lakukan adalah dengan tetap “cuek”! Tidak perlu mencarinya. Tidak perlu meratapinya. Pokoknya, tidak perlu bersikap seolah kamu tidak bisa bahagia dengan tidak adanya dia di dalam hari-harimu.

Sulit memang, namun cara menyikapi ghosting yang satu ini semata-mata untuk kebaikan dirimu. Selain untuk menjaga harga dirimu, cara menyikapi ghosting yang satu ini juga bertujuan agar dia tidak menjadi besar kepala. Toh, kamu cuek saja, kan, dengan kepergiannya yang tidak jelas?

2. Jangan Menunjukkan Kegalauan di Social Media

Saat menjadi korban ghosting, sudah pasti kamu akan merasa sedih, bingung, dan galau. Namun, jangan pernah sekalipun berpikir untuk menunjukkannya di media sosial. Ini merupakan salah satu cara menyikapi ghosting yang wajib kamu lakukan.

Perlu kamu ingat, bahwa menumpahkan kegalauan dan membuatnya menjadi “status” di media sosialmu tidak akan bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Selain itu, mengumbar masalah pribadimu di media sosial juga malah akan membuatmu terlihat seperti kekanak-kanakan.

Maka dari itu, lakukanlah cara menyikapi ghosting yang satu ini untuk menghindari hal tersebut. Jika kamu memang membutuhkan teman curhat, kamu bisa langsung menghubungi temanmu atau orang terdekatmu tanpa harus “memancing” perhatian mereka terlebih dahulu dengan update di media sosial.

3. Jangan Meminta Penjelasan

Ditinggal tanpa alasan yang jelas pasti akan menyisakan tanda tanya besar di benakmu. Setiap saat kamu akan berpikir dan bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya salah dalam hubungan tersebut.

Hal tersebut sangat wajar, kok. Sebab ditinggalkan begitu saja tanpa tahu alasannya memang sangat membingungkan dan tidak adil untukmu. Namun, perlu kamu ingat, janganlah sekalipun mencoba untuk meminta penjelasan darinya.

Cara menyikapi ghosting yang satu ini memang terdengar sulit. Namun, ini merupakan sikap terbaik yang bisa kamu ambil. Jangan mengharapkan penjelasan yang baik dari tukang ghosting. Sebab, apa yang mereka lakukan saja pun merupakan hal yang tak bertanggung jawab, bagaimana bisa mereka memiliki alasan yang baik?

cara menyikapi ghosting

(Photo by @IvanSamkov from Pexels)

4. Tahan Diri untuk “Menyambutnya” Saat Dia Kembali

Selain tidak meminta penjelasan, cara menyikapi ghosting yang satu ini juga sebaiknya kamu lakukan jika suatu saat dia mencoba kembali lagi padamu. Bukan berarti kamu harus menjadi orang yang kejam dan seolah-olah tak kenal lagi padanya.

Cukup bersikap biasa saja. Jangan terlalu menanggapinya jika tidak ada sesuatu yang penting. Cara menyikapi ghosting ini bertujuan untuk melindungi hatimu dari patah hati yang kedua kali. Tunjukkan padanya, bahwa dia tidak bisa pergi begitu saja, lalu tiba-tiba ingin kembali seenaknya.

5. Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

Sangat wajar jika kamu terus bertanya-tanya dalam hati mengapa kamu tiba-tiba ditinggal tanpa alasan. Kamu pasti akan terus mencari tahu apa yang salah dan kurang dari dirimu, seolah-olah ini semua hanya salahmu.

Please, janganlah terlalu menyalahkan dirimu sendiri untuk hal ini. Kalaupun memang ini salahmu, atau ada sikapmu yang tak dia suka, bukan berarti dia bisa pergi seenaknya tanpa penjelasan. Bukankah jika datang baik-baik, seharusnya pergi baik-baik juga?

6. Jangan Sampai Terbawa Emosi

Cara menyikapi ghosting yang satu ini juga penting untuk diingat dan dilakukan, loh. Meskipun kamu kecewa karena diperlakukan tidak adil bahkan sampai merasa ingin marah, namun sebisa mungkin tahanlah emosimu.

Hindari untuk meluapkannya secara berlebihan. Terutama jika suatu hari nanti kamu bertemu kembali dengannya. Jika ingin bicara, bicaralah dengannya dengan kepala dingin, dan pastikan bahwa hatimu sudah tidak lagi diselimuti emosi. Cara menyikapi ghosting yang satu ini tentunya akan membuatmu bersikap lebih dewasa dibanding dia.

cara menyikapi ghosting

(Photo by @IvanSamkov from Pexels)

7. Tak Perlu Buru-Buru Cari yang Baru

Dengan perginya seseorang dari kehidupanmu, bukan berarti kamu harus buru-buru mencari yang baru untuk menggantikan posisinya. Cara menyikapi ghosting yang satu ini bertujuan untuk menghindarkanmu dari sikap gegabah dalam mengambil keputusan.

Ingat, kan, bagaimana sakitnya jadi korban ghosting? Agar hal tersebut tidak terulang, belajarlah dari pengalaman dan jadilah lebih selektif lagi dalam memilih seseorang yang boleh mengisi hatimu.

Apalagi jika tujuanmu mencari yang baru hanya untuk bikin cemburu atau menunjukkan pada si tukang ghosting bahwa kamu bisa dengan cepat mendapatkan yang baru. Duh, jangan banget!

Jika tetap melakukan hal tersebut, kamu malah hanya akan menyakiti dua hati, yakni hatimu dan hati kekasih barumu. So, pikirkan baik-baik dan lakukanlah cara menyikapi ghosting yang satu ini, ya.

8. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Menjadi korban ghosting pasti akan membuatmu sedih dan kecewa. Selain itu, bukan hal yang tak mungkin jika kamu juga akan merasa sedikit kesepian karena tiba-tiba ditinggalkan oleh seseorang yang tadinya selalu ada mengisi hari-harimu.

Daripada bersedih saja, lebih baik lakukanlah cara menyikapi ghosting yang satu ini. Bersenang-senanglah dengan sahabat, keluarga, dan orang-orang terdekat lainnya.

Berusahalah untuk tidak meratapi kesedihanmu. Kamu bisa pergi nonton atau jalan-jalan bersama sahabat atau keluargamu. Dijamin, cara menyikapi ghosting yang satu ini akan membantumu melewati masa-masa sulit ini dengan hati ceria, dan kamu juga akan lupa kalau kamu lagi di-ghosting-in.

cara menyikapi ghosting

(Photo by @IvanSamkov from Pexels)

9. Relakan

Dari sekian banyak cara menyikapi ghosting yang tengah menimpamu, mungkin cara inilah yang paling mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan. Wajar kok, karena memang sangat sulit merelakan sesuatu tanpa tahu alasannya.

Kamu mungkin masih berharap adanya closure dari hubungan tersebut, agar semuanya jelas. Namun, ingatlah bahwa tidak ada yang bisa diharapkan dari seseorang yang tiba-tiba pergi tanpa penjelasan.

Satu-satunya cara menyikapi ghosting yang paling bijak adalah dengan merelakannya. Relakanlah. Sebab, apa yang memang ditakdirkan untukmu akan tetap jadi milikmu.

10. Count Your Blessings

Cara menyikapi ghosting yang terakhir adalah dengan mensyukuri apa yang kamu miliki. Seperti kata pepatah, selalu ada pelangi yang indah setelah hujan badai.

Tidak perlu terlalu menyesali dia yang telah pergi. Ingatlah, bahwa kamu masih memiliki segudang hal-hal berharga lainnya di hidupmu. Bersyukurlah atas apapun yang terjadi, karena semua akan baik-baik saja. Move on and be happy!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Butuh tempat yang nyaman untuk menenangkan hatimu dari permasalahan ghosting yang tengah melanda kisah percintaanmu ini? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu ketenangan sekaligus pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like