Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman

10 Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi

Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi berikut ini akan membantu kamu untuk memastikan agar kamu tidak mudah kcewa dan bersedih dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya ekspektasi merupakan salah satu hal yang seringkali membuat seseorang menjadi mudah kecewa, bersedih, dan tidak bersemangat. Padahal ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak berekdpetasi berlebihan. Penasaran? Yuk simak cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi berikut ini!

1. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Seimbangkan Perasaan dan Logika

Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi yang pertama adalah dengan belajar menyeimbangkan antara perasaan dan logika dalam keseharian kamu. Cara ini akan membantu kamu dalam mengontrol ekspektasi sehingga kamu tidak berharap berlebihan.Saat akan memutuskan sesuatu kamu bisa coba untuk memperhatikan semua aspek terlebih dahulu tanpa perlu terburu-buru mengambil keputusan berdasarkan apa yang kamu rasakan. Namun penting juga untuk tidak terlalu berpikir secara logis karena kamu akan cenderung bersikap terlalu realistis.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Self-Healing Untuk Membantu Memulihkan Hati

2. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Pikirkan Risiko Terburuk

Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi selanjutnya adalah dengan memikirkan risiko terburuk yang mungkin bisa muncul. Dengan melakukan cara ini kamu bisa lebih perhitungan dan mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi dan menjaga ekspetasi kamu. Dengan begitu jika usaha kamu tidak berjalan sesuai keinginan kamu tak begitu kaget dan kecewa karena kamu sudah memerhatikan risiko yang sudah kamu perhitungkan sebelumnya dan kamu bisa dengan mudah meninjau ulang semuanya.

3. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Bandingkan Tanggung Jawab dengan Kemampuan

Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi berikutnya adalah dengan mencoba membandingkan tanggung jawab dengan kemampuan kamu. Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi ini akan membuat kamu mampu meninjau seberapa jauh kemampuan kamu dalam mengerjakan sebuah tanggung jawab. Dengan mengetahui hal ini dengan baik maka kamu tidak akan mungkin mengambil suatu keputusan di luar kemampuan kamu hanya akan mengakibatkan kamu kecewa dengan ekspetasi kamu sendiri.

4. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Mengelola Motivasi

Mempelajari hidup atau cara orang sukses melakukan berbagai hal memang selalu berhasil menjadi motivasi agar kamu bisa berjuang lebih keras. Namun penting untuk diingat bahwa kamu harus memastikan agar tidak terlalu tinggi dalam berekspektasi. Jangan tempatkan motivasi kamu kepada seseorang dan bentuklah motivasi dari diri kamu sendiri. Jika kamu menaruh motivasi dari orang lain dan saat orang tersebut mengecewakan kamu, kamu menjadi tidak bersemangat.

5. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Realistis

Menyiapkan rencana dengan matang tidak menjamin bahwa rencana kamu akan berjalan dengan mulus dan lancar. Saat  kamu berekspektasi bahwa jalan hidup kamu akan selalu berjalan mulus maka hal ini merupakan hal yang sangat tidak masuk akal. Pada dasarnya manusia tidak memiliki kendali penuh atas apa yang akan terjadi pada hidupnya sehingga kamu harus lebih hati-hati dalam berkespektasi agar tidak ditampar oleh kenyataan.

6. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Selipkan Rasa Humor

Menjaga ekspetasi itu merupakan hal yang sulit karena sadar atau tak sadar segala hal pasti disertai ekspektasi meskipun tanpa disengaja. Oleh karena itu kamu bisa mencoba untuk menyelipkan rasa humor agar ketika ekspektasi tidak berjalan seperti harapan kamu akan lebih mudah untuk berdamai dengan kenyataan dan kegagalan tersebut. Cara ini bisa kamu lakukan agar kamu tidak merasa kecewa berlebihan.

7. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Belajar Bersabar

Dalam prakteknya bersabar tentunya merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Saat kamu sudah merencanakan semua hal dengan baik dan ternyata gagal, hal ini tentunya mengecewakan. Namun penting untuk slelau memahami bahwa ekspektasi kadang tak sesuai realita. Dengan belajar memahami dan bersabar terhadap situasi yang tak sesuai ekspektasi, maka kamu akan belajar lebih baik lagi untuk lebih lapang dada dalam menerima kenyataan.

8. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Cari Sisi Positif

Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi

Meskipun cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi akan terasa sulit namun faktanya memang seburuk apapun realita yang berbanding terbalik dengan ekspektasi pasti masih memiliki sisi positif. Kamu bisa belajar untuk lebih jeli lagi dalam mencari sisi positif atas berbagai hal dan kejadian yang kamu temukan. Tanpa adanya kebiasaan melihat dan mencari sisi positif maka kamu akan lebih mudah tidak puas dan bersedih.

9. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Kegagalan Jadi Peluang Baru

Tak kalah penting dengan cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi yang di atas, cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi yang ini pun penting untuk kam paktikkan. Kamu harus belajar memahami bahwa kegagalan yang kamu hadapi adalah sebuah pintu gerbang yang akan mengantarkan kamu menuju peluang baru. Kamu bisa merubah kegagalan sebagai salah satu bagian dari skenario besar yang membawa kamu ke situasi jauh lebih baik.

Baca Juga: Sering Silent Treatment Pasangan? Berikut Alasan-Alasan Kamu Harus Menghentikannya

10. Cara Menjaga Ekspektasi Agar Tidak Terlalu Tinggi: Berpikir dengan Fleksibel

Cara menjaga ekspektasi agar tidak terlalu tinggi yang terakhir adalah dengan berpikir fleksibel sehingga kamu bisa mengelola ekspetasi kamu agar tidak berlebihan. Dalam praktiknya saat kamu menghadapi situasi yang berjalan tak sesuai rencana maka kamu bisa coba langsung alihkan pola pikir secara fleksibel pada rencana atau situasi lain.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles