Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Buah-Buahan? Intip 10 Buah Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuhmu!

Buah kesukaanmu masuk daftar di bawah ini nggak, ya?

Sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh merupakan sistem yang bertanggung jawab atas imunitas dan membuat tubuh mampu melawan penyakit. Jika imun tubuh sedang lemah, maka tubuh biasanya tidak akan mampu melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan, dan tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

Melemahnya imun tubuh bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya dehidrasi, kekurangan asupan nutrisi, stress, kurang tidur, dan masih banyak lagi. Banyak upaya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuhmu, mulai dari rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang bergizi, salah satunya yaitu buah untuk meningkatkan imun tubuh.

Ini dia 10 buah untuk meningkatkan imun tubuh kamu. Check these out!

1. Jeruk

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @Giselle via Pexels)

Buah untuk meningkatkan imun tubuh yang ada di peringkat pertama adalah buah jeruk. Mengapa? Karena jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk-jerukan seperti jeruk limau atau lemon, sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh. Sebab, mengonsumsi buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini mampu meningkatkan produksi sel darah putih.

Selain itu, buah jeruk juga merupakan buah yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, serta kaya akan anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Pepaya

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @alleksana via Pexels)

Meski banyak yang kurang suka dengan rasa dan aroma dari buah tropis yang satu ini, namun pepaya adalah salah satu buah untuk meningkatkan imun tubuh yang sebaiknya mulai rutin untuk kamu konsumsi. Sebab, dalam buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini terkandung banyak sekali nutrisi penting.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya di antaranya adalah vitamin A, B, dan C. Meski buah pepaya rasanya manis, namun kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi, yakni sekitar 94 mg dalam setengah buah pepaya sedang. Selain itu, terdapat pula kandungan nutrisi lainnya seperti potasium, folat, dan papain. Papain merupakan enzim pencernaan yang memiliki khasiat anti-inflamasi.

3. Kiwi

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @DmitryDemidov via Pexels)

Buah berbulu dan berwarna cokelat dengan daging buah hijau segar satu ini merupakan salah satu buah untuk meningkatkan imun tubuh. Sebab, buah kiwi kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, folat, potasium, vitamin K, serta vitamin E, yang sangat baik untuk kekebalan tubuh.

Selain itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu mempercepat proses penyembuhan luka, menurunkan tekanan darah, hingga membantu menjaga sistem pencernaan.

4. Semangka

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by @LisaFotios via Pexels)

Kaya akan kandungan anti-oksidan menjadi alasan utama mengapa semangka masuk dalam deretan buah untuk meningkatkan imun tubuh. Anti-oksidan dalam buah semangka yang disebut glutathione memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi.

Tak hanya itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga bermanfaat bagi kesehatan otak, serta mampu mengurangi peradangan pada pernapasan. Sebab, selain kaya akan anti-oksidan, semangka juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti mineral, vitamin C, dan likopen.

5. Jambu Biji

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @ShivamPatel via Pexels)

Jambu biji merupakan salah satu buah untuk meningkatkan imun tubuh, karena buah satu ini termasuk sumber vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C yang ada dalam jambu biji ternyata dua kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk, lho.

Selain itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga kaya akan kandungan likopen. Likopen merupakan zat karotenoid yang bersifat anti-oksidan dan mampu mencegah kanker.

6. Macam-macam Buah Beri

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @SuzyHazelwood via Pexels)

Selain jeruk dan jambu biji, keluarga beri juga merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak heran kalau buah beri-berian termasuk ke dalam daftar buah untuk meningkatkan imun tubuh.

Salah satunya adalah buah stroberi yang merupakan gudangnya vitamin C. Selain itu, buah untuk meningkatkan imun satu ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, asam folat, dan zat anti-oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah, serta menjaga otak dari efek penuaan.

7. Delima

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @hiteshchoudhary via Pexels)

Buah untuk meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah buah Delima. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, serta zat anti-oksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Selain itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, hiperplasia, serta melawan kanker yang disebabkan radikal bebas. Bukan hanya buahnya, daun delima juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, contohnya mengatasi pilek, diare, jerawat, hingga insomnia.

8. Tomat

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @DmitryDemidov via Pexels)

Hayo… Masih ada yang suka bingung nggak, tomat itu sayur atau buah? Tomat itu termasuk buah-buahan, ya, karena tomat terbentuk dari bunga dan mengandung biji.

Tomat juga merupakan salah satu buah untuk meningkatkan imun tubuh, lho. Sebab, tomat kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C hingga 40 persen.

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A, sehingga mengonsumsi buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulitmu.

9. Pisang

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by: @JuanSalamanca via Pexels)

Buah yang kaya akan gizi dan manfaat ini juga merupakan buah untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Sebab, buah pisang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, B16, serta potasium dan anti-oksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga mampu melawan infeksi dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Untuk kamu yang hobby berolahraga, buah pisang juga merupakan salah satu buah yang sangat disarankan untuk kamu konsumsi, karena buah ini bisa membuatmu tetap berstamina dan tidak mudah lemas.

10. Kelapa

buah untuk meningkatkan imun tubuh

(Photo by @ThunyaratKlaiklang via Pexels)

Buah untuk meningkatkan imun tubuh yang terakhir adalah buah kehidupan atau buah kelapa. Dalam buah kelapa, terkandung banyak zat anti-oksidan yang mampu menangkal racun dan radikal bebas.

Buah kelapa juga mampu mengatasi dehidrasi serta memiliki manfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Tak hanya itu, buah untuk meningkatkan imun tubuh satu ini juga kaya akan vitamin C dan kalsium.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain rutin mengonsumsi buah untuk meningkatkan imun tubuh, hati yang bahagia juga bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita lho. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like