Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 10 Buah Yang Dianggap Paling Eksotis Di Dunia Namun Bertebaran di Indonesia

Bentuk unik, rasa ciamik!

Buah-buahan seperti apel, jeruk, semangka, melon dan anggur mungkin dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai belahan dunia. Namun, hal ini tidak berlaku bagi sejumlah buah-buahan tropis yang dianggap eksotis karena tidak mudah didapatkan kecuali di negara-negara asalnya.

Sebagaimana kamu tahu, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang kaya akan sumber daya alamnya termasuk buah-buahan yang oleh para turis asing memiliki tampilan dan rasa eksotis. Karenanya, tidak mengherankan jika buah-buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia. Apa saja buah paling eksotis di dunia tapi ada di Indonesia? Berikut ini adalah 10 di antaranya.

Manggis

@mero_dnt via Unsplash

Salah satu buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia, namanya manggis atau dalam bahasa Inggris disebut mangosteen. Cangkangnya berwarna ungu kemerahan dan kerap kali diambil ekstraknya untuk dijadikan obat pencegah kanker. Sementara itu, di bagian dalamnya kamu akan mendapati daging buah berwarna putih dengan rasa manis bercampur asam yang menyegarkan indra perasa kamu.

Selain bersifat antikanker, buah manggis ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi alergi, bersifat antibakteri, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Buah dengan julukan Ratu buah tropis ini memang berasal dari Indonesia, namun kamu juga bisa menemukannya di negara-negara Asia Tenggara lainnya, serta Hawaii, Karibia dan Amerika Selatan dan Tengah. Di Jamaikan, buah ini sangat populer lho!

Durian

@jimteo via Unsplash

Buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia dan yang satu ini mendapat julukan Raja Buah lho. Durian, buah dengan bau menyengat yang khas namun memiliki rasa yang lezat, kerap kali mengundang rasa penasaran terutama bagi turis asing. Sebagian langsung jatuh cinta namun sebagian lain justru kapok karena tidak bisa menerima aromanya yang kerap disamakan dengan bau kentut atau telur busuk.

Sama halnya seperti manggis, buah satu ini juga bisa dijumpai di negara-negara Asia Tenggara lainnya selain Indonesia seperti Malaysia dan Thailand. Buah ini sendiri terbilang mahal bahkan untuk di Indonesia. Salah satu yang bikin geleng-geleng kepala adalah jenis durian Kanyao yang dikabarkan bisa bernilai ratusan juta.

Lengkeng

@spams via Freepik

Apa lagi buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia? Jawabannya adalah kelengkeng, lengkeng atau juga disebut longan fruit. Bentuknya bulat kecil dengan cangkang berwarna cokelat muda yang keras namun tipis sehingga kamu dapat dengan mudah membuka buah tersebut. Di dalamnya, kamu akan menemukan daging buah yang sedikit mirip leci dengan rasa manis asam dan tekstur berair dan agak kenyal seperti jeli.

Rambutan

@suksao via Freepik

Selain lengkeng dan durian, apa lagi buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia? Rambutan! Siapa yang tidak mengenal buah satu ini. Bagi warga Indonesia yang sering melihat dan memakan rambutan mungkin tidak melihat kesan eksotis yang ditampilkannya. Namun, bagi para turis asing, buah satu ini terlihat unik bahkan menyeramkan karena rambut mencuat di bagian luarnya mirip seperti bulu babi (hewan laut berduri tajam nan beracun).

Hal itu tentu tidak benar. Bentuknya memang unik namun rambut-rambut tersebut sama sekali tidak tajam sehingga kamu bisa dengan mudah membuka buah tersebut. Di bagian dalam, tersimpan daging buah berwarna putih yang berair. Rasanya bisa saja manis atau asam tergantung tingkat kematangan buah tersebut.

Buah Naga

Milada Vigerova via Unslplash

Dari bentuknya, kamu mungkin bisa memaklumi mengapa buah naga terbilang eksotis. Bagian luar buah berwarna merah dengan tanduk-tanduk berwarna hijau. Untuk daging buahnya, ada yang berwarna putih dan juga keunguan yang jika digigit cairannya terlihat seperti darah.

Di dalam daging tersebut, juga terdapat biji-biji kecil berwarna hitam. Biji tersebut tersebar merapat dan tentunya bisa dimakan karena ukurannya terbilang sangat kecil seperti biji selasih. Buah satu ini merupakan buah asal Meksiko namun sudah dibudidayakan di negara-negara Amerika Latin dan Asia termasuk Indonesia.

Sirsak

@olegdoroshenko via Freepik

Melihat betapa unik dan beragamnya bentuk buah-buahan tersebut dari luar, tidak salah memang jika sejumlah buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia, termasuk buah sirsak atau soursop. Buah satu ini berwarna hijau, berukuran cukup besar dan bagian luarnya berduri. Duri tersebut tidak tajam namun memang tidak nyaman rasanya saat bersentuhan dengan kulit.

Di dalamnya, terdapat daging buah berwarna putih dan cukup berserat dengan rasa asam manis. Dari kejauhan, daging buah tersebut tampak seperti es krim rasa vanilla. Buah ini dipercaya berasal dari Amerika Selatan dan Tengah namun bisa juga dijumpai di negara-negara Asia Tenggara, Hawaii, Eropa Selatan dan beberapa negara Afrika.

Nangka

@suriyawutsuriya via Freepik

Nangka atau jackfruit merupakan buah yang terbilang besar dengan berat mencapai sekitar dua kilogram dan panjang 90 cm. Buah satu ini juga memiliki aroma khas yang bisa menempel cukup lama dan kadang terasa mengganggu.

Untuk memperoleh daging buahnya yang berwarna kuning cerah bisa dibilang tidak mudah. Kamu perlu memisahkan daging buah dari getahnya yang super lengket serta serat-serat yang melindunginya. Selain buahnya, biji nangka juga bisa kamu konsumsi lho tapi jangan mentah-mentah. Orang-orang biasanya akan merebus biji tersebut lalu memakannya sebagai camilan. Saat masih muda dan daging buah belum berwarna kuning, nangka bisa diolah menjadi masakan pendamping nasi. Salah satunya sering kamu jumpai dalam hidangan masakan Padang. Karena teksturnya yang seperti daging, di Amerika buah nangka pun dijadikan makanan alternatif pengganti daging yang tentunya lebih sehat.

Markisa

@jcomp via Freepik

Dikenal dengan nama passion fruit dalam bahasa Inggris, markisa merupakan buah jenis beri yang berbentuk bulat seperti bola golf dan berwarna hijau saat mentah lalu menguning atau menjadi ungu jika sudah matang. Kulit buah tersebut cukup keras sehingga  kamu akan memerlukan bantuan pisau untuk membukanya.

Daging buahnya terdiri dari sejumlah biji berlapiskan daging tipis berwarna oranye dengan aroma yang unik. Biji-biji tersebut bisa kamu makan namun sebaiknya jangan digigit, langsung telan saja dengan daging buahnya. Rasanya sendiri terbilang manis cenderung asam dan menyegarkan sehingga seringkali digunakan sebagai perasa sirup. Meskipun mudah ditemukan di Indonesia, markisa ini sebenarnya merupakan buah asal Brazilm Paraguay dan Argentina.

Salak

@tontoey2531 via Freepik

Salak atau snake fruit merupakan buah yang dapat dengan mudah kamu jumpai di Indonesia dengan harga yang terbilang murah. Buah ini sendiri memang asli Jawa dan Sumatra namun bisa dijumpai di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Kulit salak berwarna cokelat mengkilap dengan tekstur kasar dan bersisik seperti ular. Bagi warga asing, penampilannya mungkin cukup menakutkan. Namun, jangan khawatir, buah ini tidak beracun kok. Hanya saja, kamu harus berhati-hati saat membuka cangkangnya yang kasar agar tidak melukai tangan kamu. Buahnya sendiri berwarna putih gading dengan tekstur renyah dan rasa manis yang sedikit kesat. Dengan tampilannya yang menakutkan tersebut, tidak salah memang buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia.

Srikaya

@galitskaya via Freepik

Satu lagi buah paling eksotis di dunia ada di Indonesia, namanya srikaya. Buah satu ini memiliki kulit luar yang keras berbentuk benjolan dan berwarna hijau (ada juga yang berwarna merah). Meski begitu, kamu bisa mengupas kulit tersebut satu per satu dengan tangan.

Sementara itu, dagingnya sangat lembut, manis, dan creamy. Seperti makan es krim deh! Daging berwarna putih tersebut bisa langsung kamu sendok setelah kulitnya dikupas atau kamu cukup membelah buah menjadi dua. Seperti makan kamu bisa langsung menyedok buah tersebut Bagi yang belum terlalu familiar dengan buah ini, kamu mungkin sudah pernah merasakan kelezatannya lewat selai dalam roti kemasan.

Selain memiliki banyak buah yang khas, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan kulinernya yang melimpah. Untuk itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk berburu kuliner di kota-kota yang khas dengan makanan enaknya.

Jangan lupa siapkan akomodasi yang strategis sehingga kamu tidak kesulitan untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata kuliner dengan bebas namun tetap dalam jangkaun. Salah satu hotel yang menawarkan lokasi strategis namun dengan harga terjangkau adalah Bobobox. Hotel kapsul ini sendiri sudah bisa kamu temukan di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Yuk unduh dulu aplikasinya untuk kemudahan dalam booking, check-in hingga check-out!

You might also like